18 Cara Paling Manjur Mengobati dan Mencegah Sakit Perut pada Anak dan Orang Dewasa


Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas mengenai 4 penyebab sakit perut yang perlu diwaspadai. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara mengobati dan mencegah sakit perut. Jadi bila anak atau anda mengalami sakit perut, jangan panik, simak saja 18   tips atau cara paling manjur mengobati dan mencegah sakit perut pada anak dan orang dewasa, berikut ini :

Pengobatan sakit perut
  1. Berbaringlah di tempat tidur untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul.
  2. Bila sakit perut karena diare (mencret), berikan larutan elektrolit pencegah dehidrasi seperti Oralit™, Pharolit™, dll. Larutan elektrolit bisa dibuat sendiri dengan mencampurkan 1 sendok teh gula pasir dan ¼ sendok teh garam, seduh air hangat, aduk, minum 3-4 kali sehari. Pengobatan juga bisa dengan beberapa lembar daun jambu biji, cuci bersih, tumbuk halus, seduh air hangat, saring,  airnya diminum 3-4 kali sehari. Untuk mengatasi diare pada bayi, selengkapnya baca artikel disini.
  3. Jika balita sakit perut disertai deman, berikan sirup obat mengandung parasetamol untuk menurunkan demam. Ukur suhu tubuh anak dengan thermometer. Cara mengukur suhu tubuh baca artikel disini. Untuk mengatasi demam pada anak, selengkapnya baca artikel disini.
  4. Sakit perut akibat makan tidak teratur, sering minum kafein atau minuman beralkohol, bisa menyebabkan sakit maag (Gastritis). Maag timbul karena kelebihan asam pencernaan sehingga meng-iritasi lambung. Gejalanya nyeri ulu hati, perut kembung, cepat kenyang, bersendawa ketika lapar, mual, muntah. Pengobatan alami dengan kunyit, dicuci bersih, diparut, tambah sedikit air, peras, airnya diminum 2 kali sehari, pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur. Bisa juga dengan makan teripang laut (sea cucumber sering disebut gamat atau timun laut). Hindari minum obat anti maag yang dijual bebas sebelum anda berkonsultasi  dengan dokter.
  5. Sakit perut karena makan makanan yang pedas sehingga usus sulit mencernanya, dapat diatasi dengan minum air seduhan rempah-rempah butiran jintan hitam atau Habbatussauda (Nigella sativa) ditambah sedikit garam. Khasiat habbatussauda lainnya selengkapnya bisa anda baca pada artikel disini
  6. Sakit perut karena kembung akibat gas dari makanan berserat seperti sayur kubis (kol), sawi, umbi-umbian, dll atau mengkonsumsi buahan seperti apel, cherry, bisa diobati dengan minum banyak air hangat dan mengoleskan minyak kayu putih di sekitar perut agar angin dapat keluar (buang angin). Bisa juga dengan minum teh hangat (jangan pakai gula) untuk menetralisir gas. Pada bayi,  dengan mengoleskan minyak telon di bagian perut, kemudian ambil daun pohon jarak pagar, dihangatkan di atas kompor (perapian), tempel pada bagian pusar bayi. Kadang gas akan keluar bersamaan dengan kotoran saat buang air besar ( BAB ). Mengenai perut kembung dan cara cepat dan paling mujarab mengobatinya, dapat anda baca selengkapnya pada artikel disini
  7. Bila setelah mengkonsumsi makanan atau minuman mengandung laktosa (susu atau produk turunan susu), tiba-tiba anda merasakan sakit perut, mual, kram, perut kembung, dan diare, maka anda mengalami alergi yang disebut Intoleransi Laktosa. Pengobatan dengan menghentikan konsumsi susu tersebut dan menggantinya dengan susu kedelai atau dari sumber protein lain
  8. Sakit perut karena disentri, umum dialami balita dan anak-anak, disebabkan bakteri Shigella atau disentri amoeba (Entamoeba hystolitica). Gejalanya mual, muntah, buang air besar ( BAB ) dengan tinja berdarah atau tinja berlendir (mucus), diare dengan volume sedikit, dan nyeri saat buang air besar. Pengobatan dengan pemberian larutan elektrolit untuk mencegah dehidrasi, konsumsi makanan dengan tekstur lunak (bubur, nasi tim, dll), tinggi kalori dan berprotein.
  9. Sakit perut karena  kolera (Asiatic cholera) atau muntaber bersifat menular, disebabkan oleh bakteri Vibrio cholerae yang masuk ke tubuh melalui air minum yang telah terkontaminasi karena sanitasi buruk atau karena mengkonsumsi hewan laut (ikan atau kerang yang tidak dimasak benar ,/ setengah matang). Gejalanya diare (mencret), perut keram, mual, muntah, dan tubuh lemas (dehidrasi). Penanganan dengan minum larutan elektrolit (oralit, Pharolit, dll). Jika penderita terlihat  lemas karena dehidrasi, maka sebaiknya dibawa ke klinik kesehatan untuk diberikan cairan infus dan obat antibiotik.
  10. Sakit perut karena gumpalan dalam kantung empedu (batu empedu). Gumpalan terjadi karena kolesterol mengeras dan cairan empedu menggumpal, akibat konsumsi makanan tinggi lemak. Gejalanya rasa nyeri bagian atas perut tengah bahkan sampai sisi sebelah kanan hingga bawah tulang rusuk. Terkadang diikuti demam, mual, muntah, dan semakin terasa sakit sehabis makan. Pengobatan alami bisa anda coba adalah dengan minum jus apel 4 gelas/ hari selama 5 hari, kemudian hari ke 6 minum air putih yang dicampur sedikit garam.
  11. Sakit perut karena batu ginjal, gejala nyeri yang hilang-timbul di antara tulang rusuk dan tulang pinggang, menjalar ke perut bagian bawah, daerah kemaluan dan paha sebelah dalam. Kadang diikuti mual, muntah, perut kembung, demam, menggigil, terdapat darah pada air seni akibat penyumbatan kandung kemih atau infeksi. Pengobatan dilakukan dengan minum banyak air putih untuk meningkatkan pembentukan air seni yang bisa membuang batu sedikit demi sedikit. Jika batu telah hilang, maka tidak perlu lagi dilakukan pengobatan secara operasi atau dengan gelombang ultrasonic.
  12. Sakit perut karena sembelit (konstipasi) salah satunya disebabkan kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayur dan buah-buahan, sehingga feses (tinja) mengeras dan menyebabkan susah buang air besar (BAB) dan perut menjadi sakit. Untuk mengatasi sembelit, selengkapnya  baca artikel disini.
  13. Sakit perut disebakan cacing yang masuk ke dalam saluran pencernaan melalui tangan yang kotor atau makanan yang tidak higienis, terinfeksi telur cacing, dan makanan tidak dimasak dengan baik (matang). Gejala cacingan dapat dibaca pada artikel disini. Untuk mengatasi cacingan pada anak ataupun orang dewasa, bisa dibaca artikel disini.
  14. Sakit perut sekitar pusar sampai bagian bawah, disertai demam, mual dan muntah, perut membengkak, tidak nafsu makan, terkadang menyebabkan kaku otot perut ketika berjalan, bisa jadi indikasi terjadi radang usus buntu (apendistis). Mengetahui radang usus buntu, bisa dengan meletakan 3 jari di sebelah kanan dari pangkal pinggang, coba angkat kaki kanan, bila terasa sakit dan perih, maka dicurigai sebagai gejala radang usus buntu. Segera bawa ke dokter untuk segera dilakukan pembedahan ringan.
  15. Saat sakit perut jangan minum obat sakit perut yang dijual bebas tanpa berkonsultasi dengan dokter, salah-salah sakit perut akan menjadi lebih parah
  16. Untuk sementara waktu sampai kondisi kembali normal, konsumsi makanan dengan tekstur lembut seperti nasi tim, bubur, roti atau biskuit.
  17. Jangan mengkonsumsi kafein (kopi), minuman beralkohol, minuman berkarbonasi (soda), buah yang masam seperti jeruk, mangga, tomat, dll, susu, makanan berminyak atau digoreng, dan makanan berlemak.
  18. Segera ke dokter jika sakit perut tidak kunjung sembuh atau terdapat salah satu atau lebih gejala berikut seperti : Sakit perut sudah berlangsung lebih 1 minggu, sakit perut cendrung menjadi lebih parah, pada bayi atau anak-anak sering muntah dan buang air besar dalam 12 jam terakhir (muntaber), diare lebih dari 2 hari, sulit buang air besar  (sembelit), berat badan menurun, nafsu makan berkurang, terjadi demam tinggi, pada feses (tinja) terdapat darah, kram dan keras pada perut, sulit bernafas, dll
 Pencegahan sakit perut :
  1. Menjaga kebersihan tempat dan alat makan, sanitasi (air, sumur, jamban), kebersihan lingkungan, dan biasakan mencuci tangan dengan sabun sebelum makan
  2. Konsumsi air putih (air mineral) 8 sampai 10 gelas per hari
  3. Konsumsi makanan yang bersih, sehat, dimasak sampai matang (higienis)
  4. Atur waktu makan, jangan telat makan
  5. Hindari konsumsi makanan  pedas dan asam
  6. Hindari konsumsi makanan berlemak atau berminyak secara berlebihan
  7. Hindari mengkonsumsi makanan penghasil gas (umbi-umbian, kol, sawi, dsb)
  8. Konsumsi makanan mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan.
  9. Konsumsi obat cacing secara teratur.
  10. Olahraga teratur untuk menjaga kesehatan organ pencernaan
  11. Istirahat cukup dan hindari stress karena rutinitas sehari-hari
  12. Segera tangani sakit perut dengan tepat dan bila tidak kunjung sembuh, segera periksa ke klinik kesehatan.

97 komentar:

  1. Terima kasih untuk info 18 tips mengatasi sakit perut pada anak dan dewasa, mampir juga ya ke blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya, semoga sukses yah...

      Hapus
    2. terimakasih atas info nya . alhamdulillah sangat bermanfaat

      Hapus
    3. Dear mbak Azizah Mutia Kurniati,
      Amin... Terima kasih ya sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
    4. Klo gk bisa buang air besar kak gimana??? Tolong segera jawab saya sedang sakit nih

      Hapus
    5. Dear mas Yusuf Afandi,
      Coba tips berikut :
      1. Larutkan 3 - 5 sendok makan tepung sagu dalam segelas air hangat, campurkan gula jawa dan garam sebagai penyedap alami, frekuensi 3 x sehari. Penyajian ½ jam sebelum waktu makan.
      2.Banyak minum air putih setiap hari : minimal 2 liter atau 8 gelas/hari
      3. Mandi atau berendam dengan air hangat agar tubuh menjadi rileks sehingga bisa melancarkan buang air besar.
      4. Konsumsi makanan yang mengandung serat berupa sayuran dan buah-buahan (seperti pepaya, atau jus buah alami)
      Silahkan dicoba mas...
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  2. terimakasih banyak atas informasinya semoga bermanfaat bagi kita semua.aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminnn.....Terima kasih yah mas atas kunjungannya.... salam : Bambang warsita

      Hapus
  3. Bisa dapet Nigella Sativa di mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Calista Raisya, Nigella Sativa adalah nama latin dari Habbatussauda atau biasa dikenal sehari-hari dengan nama Jintan Hitam. Coba mbak cari di toko yang menjual rempah-rempah atau yang menjual jamu. Kalau yang sudah dalam bentuk jadi (kapsul) juga ada, biasa diperoleh di toko obat tradisional, toko jamu, atau toko obat herbal... demikian infonya, semoga dapat membantu...terima kasih ya telah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  4. Kalau Sakitnya Di bagian perut kanan Pas di tengah" rasa sakitnya hanya di samping saja Kalau di Bawa duduk dan Berjalan kerasa nyeri tapi di bawa tidur gak masalah Apa Itu gejala Ginjal??apakah Obat Herbal yang bisa Ngilangin Sakitnya?? saya sudah Coba Minum air Sebanyak Mungkin teteap saja Sakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Dadan, coba letakan 3 jari di sebelah kanan dari pangkal pinggang, angkat kaki kanan, bila terasa sakit dan perih, bisa jadi kemungkinan sebagai gejala radang usus buntu, sebaiknya segera ke dokter. Atau bisa jadi gejala yang hampir mirip, kemungkinan batu empedu, pengobatan batu empedu, bisa dengan minum jus apel 4 gelas/ hari selama 5 hari berturut-turut, kemudian hari ke 6 minum air putih yang dicampur sedikit garam. Kalo Mas Dadan mau pakai obat herbal, sebaiknya minum obat herbal habbatussauda dalam wujud minyak (biasanya berbentuk kapsul tapi yang berisi minyak bukan yang berisi bubuk), carinya di toko obat tradisional (biasanya yang jual pedagang turunan timur tengah/arab), di toko obat herbal, atau bisa pesan via online (internet). Banyak kok merknya, seperti : Habbasyifa, Habbatussauda oil, Nigellive, Habbasyi oil, dll. Semoga lekas sembuh ya, mas... Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
    2. Mas bambng itu aturn minum jus apel ny gmn ...boleh di selangin sma mlan atw minum jus apel aja

      Ooh ia mav apel ny jenis yg kya apa ia

      Hapus
  5. kalau saat perut kembung, terasa ada nyeri di bagian perut kiri bawah, terus sering muntah dan susah buang angin, penanganannya bagaimana yah? Kira2 sakit apa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Jocelyn,
      Kemungkinan perut kembung dan mengandung gas, caranya spt point no. 6 dengan minyak kayu putih/minyak telon dan daun pohon jarak yang dihangatkan. Jangan lupa minum teh pahit hangat dan mengkonsumsi habbatussauda (belinya di toko herbal, berbentuk kapsul dan isinya bisa berupa serbuk atau minyak cth merk habbasyifa).. demikian infonya semoga bisa membantu.. terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  6. pagi mas saya mau tanya anak saya usia 2,5th 3hari yg lalu awalnya mencret setelah sembuh ganti panas setelah sya obati paracetamol sembuh eh kemaren muntah2 lendir yg keluar n nafsu makannya hilang sampe hari ini,apa langkah saya mas krn anak saya sempat bilang perutnya sakit,terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas ians,
      Karena sebelumnya pernah diare dan sekarang demam, sebaiknya segera dibawa ke dokter atau klinik kesehatan/rumah sakit mengingat beberapa penyakit seperti demam tifoid (tifus), DBD, dsb gejala awalnya mirip-mirip seperti ini. Jangan ambil resiko mas kalo usianya masih balita karena sistim kekebalan tubuhnya yang belum baik. Demikian infonya semoga dapat membantu. Semoga anaknya lekas sembuh yah.. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  7. Ibu saya beberapa bulan ini mengeluh kalo habis makan perut nya kembung berasa begah, namun tidak merasakan adanya perih atau sakit, itu kr2 knp ya pak?trus habis bangun tidur juga biasanya perut juga kembung jd ky org hamil gt.tp it terjdi pling bbrp jam stelh it tdk kembung lg,info ny u pak obt ap yg cocok dminum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Helma Maulida,
      Perut kembung dapat disebabkan beberapa hal seperti : masuk angin, banyak makanan bersodium tinggi (garam), terlalu banyak makan, faktor usia menyebabkan toleransi permukaan usus (mukosa) menurun/rendah, gangguan atau kelainan pada sistem pencernaan (Penyakit celiac), penyakit lambung, masalah pada hati, dsb.
      Kalo mau memastikannya sebaiknya diperiksakan ke dokter dengan metode endoskopi, yaitu pemeriksaan dengan selang kecil panjang yang dimasukkan ke dalam tubuh, untuk melihat lambung dan saluran pencernaan sehingga dapat menemukan penyebab kembung, apakah karena berasal dari udara yang berkumpul di usus halus atau kemungkinan adanya kanker/tumor.
      Namun demikian bila mbak mau coba obat alami, bisa dengan :
      1. mengkonsumsi daun kemangi
      2. mengkonsumsi prebiotik seperti yoghurt
      3. minum air hangat
      4. makan sayuran seperti asparagus, tomat, (ingat jangan makan sayur kol, sawi, brokoli, toge, karena bisa menghasilkan banyak gas penyebab kembung)
      5. olah raga ringan 30 menit sehari
      6. jangan mengkonsumsi obat kimia bebas (seperti obat sakit maag) tanpa berkonsultasi dengan dokter
      7. Coba konsumsi obat alami seperti madu propolis, habbatussauda, jahe, minyak zaitun, dan delima. Selengkapnya silahkan baca artikel di blog mas BW : 5 Obat Alami Paling Manjur dan Mujarab Menyembuhkan Lebih dari 99 Penyakit Berbahaya pada Manusia atau http://bambang-warsita.blogspot.com/2013/10/5-obat-alami-paling-manjur-dan-mujarab.html
      Demikian infonya semoga dapat membantu. semoga ibunya cepat sembuh yah. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  8. Terimakasih informasinya, izin share,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Ahmaddan N,
      Silahkan mas, semoga bermanfaat bagi orang lain dan Insya Allah menjadi amal jariyah buat mas... amin. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  9. Pak BW yg terhormat,
    Anak saya(laki") umur 4 thn sakit perut, muntah, diare, demam, perut kembung dan lemaz, mohon petunjuk kira" anak saya sakit apa ya dan obat herbalnya apa ya... atas petunjuk Bpk Bambang W, saya haturkan terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Tri Prio,
      Banyak penyakit yang gejala awalnya mirip-mirip misal diare, tifus, disentri, DBD, dsb. Untuk pertolongan pertama agar tidak kekurangan cairan yang membuat lemas, sebaiknya diberikan larutan elektrolit (pralit, pharolit, dsb). Kalo sudah dalam kondisi lemas, muntah, diare, dsb sebaiknya segera dibawa ke dokter saja mas untuk mendapat perawatan yang tepat.
      Kalo obat alami bisa dengan mengkonsumsi habbatussauda atau madu-propolis. Demikian infonya semoga dapat membantu dan semoga si kecil lekas sembuh yah. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  10. mantap gan infonya... thaankss....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  11. Mas, anak saya umur 5 th. Sakit perut bbrp kali dalam sehari bagian pusar. Udah 1 bulan. Banyak buang angin. Lekosit rendah dan ada pembengkakan kelenjar kgb d perut. Kira2 knp ya. Uda di cek urine feses darah semuanya sisanya baik. Diobati tetap ga kunjung sembuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Lisa,
      Sakit perut bisa juga disebabkan karena terganggunya organ pencernaan (lambung, usus) yang berfungsi melakukan aktivitas penggilingan, pencernaan, dan penyerapan makanan, akibat meningkatnya kandungan gas pada saluran pencernaan dan menyebabkan perut kembung atau perut menggelembung. Gas meningkat pada saluran pencernaan bisa karena berbagai faktor penyebab, seperti :
      1. banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung garam atau gas
      2. faktor psikis, seperti gelisah, stres
      3. gangguan pada organ hati, empedu, iritasi usus 12 jari, intoleransi laktosa, sembelit atau konstipasi atau susah BAB
      Nah untuk mengobatinya, coba lakukan :
      1. Minum segelas air putih hangat untuk membantu menyeimbangkan kandungan natrium (garam) dalam tubuh
      2. mengkonsumsi minum yang mengandung jahe (teh jahe atau chamomile)
      3. mengkonsumsi buah-buahan seperti pepaya, alpukat, yang dipercaya mampu membantu memperbaiki sistim pencernaan
      4. mengkonsumsi makanan atau sayuran yang mengandung potasium seperti asparagus, tomat, biji-bijian dan kacang-kacangan (misal sup kacang merah).
      5. mengkonsumsi panganan dari sagu (bubur sagu) yang dipercaya bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan.
      Jika berbagai cara diatas tidak juga menyelesaikan masalah, sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat (bisa jadi kemungkinan ada penyakit lain pada sistim pencernaan). Demikian infonya semoga dapat membantu dan semoga anaknya lekas sembuh yah.. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  12. Asalamuallaikum bang sy sekarng menderita sakit perut dan mual mual tidak hanya itu sy kepala sy pusing buat sy lemas.. Dan satu lagi pergelangan kaki sy jgk sring kedinginan.. Mohon tipsya bang sy udah ngk tahan dngn sakit ini. Wasalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Mamet s,
      Wa alaikumsalam wr. wb.
      Berhubung info yang diberikan sangat minim, mohon informasinya kembali, apakah ada gejala seperti berikut ini:
      1. pusing, sakit kepala, mual, muntah, tidak nafsu makan, diare terus menerus, konstipasi (sembelit), sakit perut, nyeri lambung.
      2. Lidah terlihat kering dan kotor (ada selaput lendir putih di bagian tengah) sementara di pinggir dan ujung lidah terlihat merah terang, dan akan merasa lidahnya pahit, bibir kering, tubuh terasa lemas, nafas berbau tak sedap, kulit kering.
      3. Demam tinggi dan menggigil dengan suhu tubuh 39°C hingga 40°C dan menurun pada pagi hari, kemudian meningkat lagi pada sore dan malam hari.
      4. Demam cenderung meningkat setiap hari sampai puncaknya di akhir minggu pertama atau kedua.

      Atau mungkin mas bisa menyampaikan lebih spesifik lagi, karena saya belum bisa memastikan apakah sakit yang sedang mas alami dan memberikan tipsnya, khawatir salah memberikan saran pengobatannya.
      Jadi saya tunggu informasi dari mas kembali, yah... bisa disini atau kirim pesan di Google+ saya aja.
      salam : Bambang Warsita

      Hapus
  13. Mas setiap pagi hari perut saya sering sakit,kalau BAB sering mencret.kadang kadang badan saya nggak enak.cara mengatasinya gimana mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Joe Rizky,
      Kemungkinan ada masalah pada organ pencernaan. Coba lakukan beberapa tips berikut ini :
      1. Perbanyak minum air putih hangat untuk menetralkan kandungan mineral tubuh
      2. Mengkonsumsi obat alami seperti madu, jahe, habbatussauda (jintan hitam), untuk habbatussauda coba cari di tempat yang menjual obat-obatan herbal muslim biasanya sudah ada yang dikemas berbentuk kapsul dan lebih baik yang berisi minyak daripada yang berisi serbuk.
      3. Mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung probiotik seperti yoghurt terutama yogurt yang memiliki bakteri aktif (misal : Loctobacillus), untuk menyehatkan organ pencernaan.
      4. Berhenti merokok atau mengkonsumsi tembakau, minuman beralkohol, minuman bersoda (karbonasi)
      5. Jangan mengkonsumsi makanan dengan bumbu lada hitam, pala, cengkeh, bubuk cabai, saus sambal/tomat, bawang, bawang putih, mustar, dan cuka yang bisa menyebabkan iritasi lambung dan usus
      6. Jangan biasakan mengkonsumsi makanan sebelum beranjak tidur terutama yang karbohidrat tinggi seperti nasi, kalo pun mau mengkonsumsi sebaiknya yang terbuat dari gandum atau lebih baik lagi sagu yang kaya akan serat.
      Demikian infonya semoga dapat membantu dan semoga lekas sembuh yah. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  14. dear mas bambang,
    sudah beberapa hari ini saya tidak bisa BAB. pertama kali stlh saya minum obat dr dokter karena batuk, hmpir 4 hari tidak bab. kemudian saya minum dulcolax bisa tp itupun tdk terlalu bnyak & hanya mules2 saja pd siang harinya. hari selanjutnya saya tidak bisa bab lagi,sampai perut saya besar, kembung,keras & di dada ini rasanya sesek. mohon info untuk obatnya, karena ini sangat menyiksa saya.Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Lia,
      Untuk mengatasi susah buang air besar tersebut, coba lakukan beberapa hal berikut :
      1. Mandi dengan air hangat, supaya tubuh menjadi rileks
      2. Konsumsi air putih 2 liter atau 8 gelas per hari
      3. Larutkan 3 - 5 sendok makan tepung sagu dalam segelas air hangat, campurkan gula jawa dan garam sebagai penyedap alami dan konsumsi sekitar 30 menit sebelum makan (pagi, siang, malam).
      4. Konsumsi buah-buahan seperti pepaya, sayuran seperti kacang merah dan makanan berserat seperti agar-agar.
      5. Mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung probiotik (bakteri baik untuk pencernaan) seperti yoghurt, dsb.
      Dicoba dulu yah mbak yang alami (sedapat mungkin hindari mengkonsumsi obat pencahar). Ntar mbak boleh update kembali perkembangannya disini yah. Demikian infonya semoga dapat membantu...Salam : Bambang Warsita

      Hapus
  15. Mas nama saya Adit, Saya sudah 5 hari mengalami radang batu ginjal di bagian bawah perut saya dan di pinggang sebelah kanan. Apakah masih dapat ditangani, Kalau bisa berapa liter per hari saya harus minum air putih ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Adit,
      Untuk mengatasi batu ginjal, coba perbanyak konsumsi air putih minimal 8 gelas perhari (2000 ml), mengkonsumsi madu-propolis, dan habbatussauda (jintan hitam). Untuk Habbatussauda bisa dibeli di toko herbal atau di toko obat-obatan muslim. Habbatusauda biasanya berbentuk kapsul, dan lebih baik kalo pada kapsulnya yang berisi minyak daripada yang berisi serbuk. Demikian infonya semoga dapat membantu dan semoga lekas sembuh yah... Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  16. Salam pak BW,
    Akhir2 ini sayang sering perut kembung di malam hari dn paginya selalu diare, setelh brngkat kerja sampai pulang kerja perut udah ga kembung dan tidak ke belakang, udah ke dokter katanya asam lambung naik, tapi sampe sekang kok belum sembuh udah 2 minggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas,
      Penyebab terjadinya perut kembung seperti :
      1. Banyak mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung sodium tinggi dan mengandung gas, berbumbu pedas, mengandung soda, gorengan, dsb
      2. Gangguan pada saluran pencernaan (lambung), sembelit (susah BAB), dsb
      3. Faktor psikis, seperti gelisah, stres, dan depresi yang menyebabkan gangguan saluran cerna sehingga makanan tertahan di lambung atau tidak dapat dicerna dengan sempurna
      Untuk mengobatinya :
      1. Konsumsi minuman yang mengandung jahe
      2. Minum segelas air putih hangat
      3. Mengkonsumsi obat alami seperti madu propolis, habbatussauda, jahe, minyak zaitun, delima
      4. Mengkonsumsi buah-buahan seperti mentimun, alpukat, semangka, melon, dan sitrus (jeruk limau)
      Selengkapnya untuk mengobati perut kembung secara mujarab bisa dibaca pada artikel saya dengan judul : 21 Cara Cepat dan Paling Mujarab Mengobati serta Mencegah Perut Kembung atau URL : http://bambang-warsita.blogspot.com/2014/01/21-cara-cepat-dan-paling-mujarab.html .
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  17. mas mw tanya, anak angkat saya itu keki dan tangan'a kecil sedangkat perutnya buncit serta keras. Dia juga tidak bisa berbicara sedangkan usianya sudah 4tahun, sebenarnya dia sakit apa y? hal ini baru dimulai ketika dia berusia 9 bulan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Didi Bastarie,
      Mbak, karena banyak penyakit yang gejalanya hampir sama, kalo tidak keberatan boleh diinfokan ke saya lebih detail mengenai kondisinya ? Trus apakah sudah diperiksakan ke dokter ? Bila sudah, kira-kira apa hasil diagnosa dari dokter ? Saya tunggu informasinya kembali yah... Bila perlu privasi dan panjang lebar, mbak boleh kirim pesan di Google+ atau via facebook blog mas BW... Insya Allah saya akan coba bantu berbagi informasi sepanjang yang saya ketahui... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  18. Anak saya,bila di tekan perut nya sakit,dan hingga kini panas nya tinggi hingga 39,5,apa penyebab nya ya mas,,,,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Ali Hanafiah,
      Mas, banyak penyakit dengan gejala bisa menyebabkan perut menjadi sakit ketika ditekan dan terkadang disertai demam seperti : Kembung, Sembelit, Cholera, Disentri, Batu Empedu, Usus Buntu, DBD, dsb. Untuk lebih memastikannya sebaiknya si kecil diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat. Namun untuk tindakan sementara (darurat), coba berikan sirup obat paracetamol dan kompres tubuhnya untuk menurunkan demamnya. Bila tersedia obat alami seperti habbatussauda (jintan hitam) bisa diberikan untuk mengurangi rasa sakit atau bisa juga memberikan teh jahe...
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  19. begini pak tadi malam istri sayaerasakan sakit yg teramat sangat serupa angin gitu bilangnya mutar2 gitu apa yg harus di lakukan ya..minta jawabnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Sudarman Sudar,
      Sebelumnya saya mohon maaf agak telat membalas komentar karena ada kesibukan..
      Mas, jika tidak memiliki riwayat penyakit seputar organ pencernaan (lambung, usus, dsb), kemungkinan hanya perut kembung biasa, akibat terjadi nya peningkatan kandungan gas pada saluran pencernaan. Penyebabnya macam-macam, antara lain :
      - banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung garam atau gas,
      - gangguan pada organ hati, empedu, iritasi usus 12 jari, intoleransi laktosa, sembelit atau konstipasi (susah BAB), dll
      Akibatnya, udara (gas) akan berkumpul pada saluran pencernaan (usus), sehingga mengganggu kerja usus dan perjalanan udara ke saluran pembuangan akhir. Penderita akan merasakan mual, muntah, perut kembung, perut serasa melilit, bahkan menjadi menggelembung.
      Untuk mengobatinya, bisa dengan :
      1. Minum segelas air putih hangat untuk menyeimbangkan kandungan natrium dalam tubuh
      2. Konsumsi minum yang mengandung jahe seperti teh jahe atau chamomile
      3. mengkonsumsi buah pepaya juga dipercaya bisa memperbaiki sistim pencernaan
      4. mengkonsumsi obat alami lainnya seperti madu propolis, habbatussauda, jahe, minyak zaitun, delima. Habbatussauda sangat efektif, coba cari di toko yang menjual obat herbal atau biasa dijual di toko obat-obatan muslim.
      Demikian infonya semoga dapat membantu dan semoga isterinya lekas sembuh. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  20. pak saya mau tanya bagaimna cara terbaik tuk mngurangkan kandungan gula darah dalam tubuh .kakak saya katanya kena gula darah kering gemna cara mngobati sakit tersebut /ada herba khas atau obat yg sesuai dan makanan yg harus di makan .tolong di balas ya pak kasian kakak saya itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Sudarman,
      Untuk menurunkan kadar gula darah bisa dengan cara :
      1. Mengkonsumsi habbatussauda, coba cari di toko yang menjual obat-obatan muslim atau biasanya ada dijual oleh pedagang di sekitar halaman mesjid raya
      2. Olah raga ringan seperti berjalan kaki selama 30-45 menit setiap hari
      3. Mengkonsumsi sayuran serta buah-buahan
      4. Mengkonsumsi suplemen yang mengandung seng (zinc), magnesium
      5. dsb
      Untuk penanganan selengkapnya, bisa dibaca mas pada artikel saya dengan judul :
      13 Tips Manjur, Paling Mujarab dan Paling Ampuh Mengobati Penyakit Diabetes Mellitus atau URL : http://bambang-warsita.blogspot.com/2013/08/13-tips-manjur-paling-mujarab-dan.html
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  21. pak saya mau tanya saya udah kena penyakit di perut bagian atas tengah selama 5 hari dan setiap ditekan dan gerak terasa sakit dan ngilu , itu penyakit apa ya dan bagaimana cara mengatasinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Didin,
      Banyak penyakit yang gejalanya mirip-mirip, mas...karena informasi yang mas berikan juga terbatas, saran saya coba perhatikan ciri-cirinya apakah sama seperti sakit yang terjadi pada kantung empedu ? (sesuai point 10 pada artikel saya diatas). Bila ya, coba obat yang alami saja dengan minum jus apel 4 gelas/ hari selama 5 hari berturut-turut, kemudian hari ke 6 minum air putih yang dicampur sedikit garam.
      Untuk obat-obatan alami lainnya bisa dengan mengkonsumsi madu-propolis, habbatussauda, coba cari keduanya di toko obat-obatan muslim.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  22. Mas kalok sakit perutnya diatas pusar itu karena apa ya? Dan bagaimana menanganinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Anton Dino,
      Bisa diinfokan lebih detail lagi mas gejalanya seperti apa ? Saya belum bisa menyimpulkan penyeb dan cara mengobatinya, karena info yang mas berikan sangat terbatas. Saya tunggu infonya kembali ya, mas.... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  23. informasi yang bagus sekali mas...
    boleh ijin share mas...? terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Arief Lukman,
      Monggo mas... Insya Allah bisa bermanfaat buat orang lain dan menjadi amal jariyah buat mas dan keluarga... amin.
      Terima kasih ya sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  24. Bila tak ingin minum obat sakit perut, lakukan pencegahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear admin Buletin Sehat
      Benar sekali mbak, 2 jempol buat sarannya... Terima kasih yah sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  25. Mas saya rajin minum air putih sayuran buah2 an jg saya makan tetapi knp bab saya tidak lancar yaa ? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Rizka Putri,
      Untuk orang dewasa, bila sudah rajin mengkonsumsi air putih (minimal 8 gelas/2000 ml per hari), mengkonsumsi sayuran dan buahan, namun BAB-nya tetap tidak lancar, ada kemungkinan akbat :
      1. Faktor psikis yakni tekanan yang dialami (stres), 2. Makanan yang dikonsumsi kurang sehat (junk food),
      3. Kelainan pada organ pencernaan (usus), dsb.
      Untuk mengatasinya :
      1. Usahakan tubuh rileks yakni dengan mandi air hangat (berendam di kolam air hangat),
      2. Mengkonsumsi minuman yoghurt (misal yakult, dsb) mengandung bakteri yang baik untuk organ pencernaan,
      3. Olah raga secara teratur, dan
      4. Istirahatlah yang cukup.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  26. Assalamualaikum
    Mas, mlm hari perut saya sakitbdi bagian kanan bawah. Rasanya seperti mau buang gas tp tdk bisa. Saya minum segelas air hangat. Pagi hari nya sudah mendingan tp msh trasa sakit. Saya sudah coba tempelkan 3 jari di pangkal pinggang dan mengangkat kaki kanan saya tp tdk terasa sakit. Saya jg tdk merasa mual dan demam. Memang sebelumnya saya makan satu Kali dlm sehari pada pukul 3sore. Kira2 knp ya mas? Saya harus bagaimana? Terimakasih sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Rita Rachmanita,
      Kalo berdasarkan infonya, makan hanya 1 kali dan pukul 3 sore, kemungkinan besar sakit perut hanya karena perut kembung saja.
      Penyebabnya bisa karena faktor stres, banyak mengkonsumsi makanan/minuman bersodium tinggi dan mengandung gas.
      Untuk mengobatinya coba lakukan hal berikut :
      1. Konsumsi minum yang mengandung jahe (wedang jahe, teh jahe, dsb)
      2. Mengkonsumsi buah pepaya untuk membantu memperbaiki sistim pencernaan
      3. Minum segelas air putih hangat untuk membantu menetralisir kandungan natrium dalam tubuh
      4. Lakukan olahraga secara teratur (seperti berjalan, jogging, dsb) sekitar 30 sampai 45 menit
      5. Mengkonsumsi madu-propolis, habbatussauda
      Monggo, dicoba dulu ya mbak...
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  27. Assalamualaikum mas saya sering merasa ingin BAB ketika di sekolah saya sudah kena penyakit ini ketika sd tolong sarannya ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Yasril Ananda,
      Wa alaikum salam wr. wb...
      Kalo berdasarkan infonya, kemungkinan sakit perut tersebut hanya disebabkan stress saat belajar di sekolah atau kemungkinan akibat sarapan pagi terlalu banyak atau bisa juga pola makan yang tidak teratur misal lupa makan karena menyelesaikan tugas sekolah, dsb.
      Solusinya :
      1. Usahakan sarapan pagi secukupnya
      2. Jangan terlalu stress menghadapi pelajaran di sekolah (rileks aja, mas)
      3. Istirahat yang cukup dan olahraga secara teratur, karena aktivitas ini baik untuk saluran pencernaan
      4. Makan secara teratur, sarapan pagi, siang, dan makan malam pada waktunya
      5. Konsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan
      6. Jangan lupa minum 8 gelas air per hari atau 2000 ml
      Monggo dicoba dulu mas... kalo belum ada perubahan dalam 1 minggu ke depan, silahkan tulis komentar kembali ya..
      Demikian infonya semoga dapat membantu.
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  28. Balasan
    1. Terima kasih ya, sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  29. Mas... kalau sakit perut boleh minum Pocari Sweat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Mona Lisa,
      Waduuhh, mohon maaf mbak saya gak begitu paham mengenai zat apa saja yang terkandung pada minuman yang mbak, maksudkan.
      Intinya kalo sakit perut, ketahui dulu ciri-cirinya dan untuk solusi atau penanganannya bisa dicoba sesuai point yang sudah saya sampaikan pada artikel diatas.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  30. Terima kasi mas atas info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Hisham Muslim,
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  31. Ass, pak saya mau tanya:
    Saya mengalami sakit perut kanan bawah, pusing & mual. Lalu saya menyimpulkan penyakit point ke 10 & 11. Setelah saya periksa dokter memberikan resep dan menyarankan saya harus cek (USG Abdomen), tapi saya selalu ketakutan kalo berhadapan dg dokter dan sampai sekarang saya selalu rajin minum jus apel alhamdulillah rasa sakit itu hilang.
    1. Apakah penyakit itu sudah hilang?
    2. Perlukah saya cek ke dokter?
    3. Makanan pokok apa yang layak bagi saya? nasi, bubur, pisang atau umbi (kentang) kah?

    Terimakasih BW..
    Blog ini sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Niza R. Suherman,
      Waalaikumsalam wr. wb.
      Kalo hasil diagnosa dokter besar kemungkinan terdapat batu empedu, maka untuk memastikannya memang dokter memrlukan pemeriksaan salah satunya dengan USG.
      Saya coba bantu menjawab ya...
      1. Kemungkinan batu empedu tersebut sudah kembali bersama cairan empedu atau terbuang ke usus, sehingga keluhan batu di kandung empedu pun akan menghilang (tidak sakit lagi)
      2. Saran saya supaya mbak tidak khawatir atau was was maka sebaiknya di check ke dokter. Gak apa2 koq, kan cuma diperiksa aja.
      3. Kalo makanan pokok yang baik untuk kesehatan dan sumber karbohidrat misalnya beras merah atau gandum murni.
      Selain itu, mbak sebaiknya banyak mengkonsumsi protein, misalnya ikan, telur, hati sapi,dsb.
      Untuk sayuran kaya serat seperti kacang polong, kacang merah, buncis, brokoli, tomat, dsb,
      Untuk buah-buahan seperti pepaya, jeruk, jambu biji, pisang, apel, mangga, belimbing buah (manis), dsb.
      Jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas atau 2000 ml per hari
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  32. siang pak saya mau tanya anak saya berusia 10 bulan dia mengalami kesakitan ketika mules hendak BAB tetapi ketika sudah keluar kotorannya normal. (tidak berdarah , tidak keras maupum tidak encer.
    mengapa demikian ya pak.. bagaimana cara mengobatinya ya pak? kasihan kalo dia sedang kesakitan melukin saya hingga erat sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Susi Ernawati,
      Kemungkinan si kecil mengalami sembelit/susah BAB. Apakah ia mengkonsumsi ASI ? Jika ya, coba mbak sebagai ibunya banyak mengkonsumsi sayuran, buahan, dan banyak minum air putih. Namun bila ia mengkonsumsi susu formula, coba susunya lebih diencerkan (jangan terlalu kental). Jika ia sudah diberikan makanan pendamping, usahakan jangan diberikan nasi, lebih baik mengkonsumsi bubur dengan lauk pauk berupa sayuran sup (misal sup bening), ikan/telur, dsb. Selain itu berikan juga si kecil buah-buahan (boleh anda buat jus), cemilan berupa agar-agar, bubur sagu, dsb yang anda buat sendiri. Jangan lupa berikan air putih setiap harinya 600-800 ml yang diberikan bertahap dan selang-selingi antara pemberian susu formula dan air putih.
      Bila tidak juga menyelesaikan masalah, berikan ia sagu. Caranya : larutkan 3 - 5 sendok makan tepung sagu dalam segelas air hangat, campurkan gula jawa dan garam sebagai penyedap alami dan berikan kepada bayi atau anak anda dengan frekuensi 3 x sehari dan waktu penyajian ½ jam sebelum waktu makan si kecil. Contoh kalo ia makan pukul 11.00 maka berikan larutan sagu tersebut pukul 10.30.
      Untuk penanganan sembelit atau susah BAB, selengkapnya bisa dibaca pada artikel saya dengan judul : 11 Tips Ampuh Mengatasi Susah Buang Air Besar (Sembelit) pada Bayi dan Anak atau URL : http://bambang-warsita.blogspot.com/2013/03/11-tips-ampuh-mengatasi-susah-buang-air.html
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  33. anak sy lk usia6thn,sdh hmpr semngg ini perutnya kmbng dan kdng trsa sakit.sdh mengalami muntah 3-4x,bab lncr tp mencret.mengeluh bdnnya lemes dan pegel2 jd suka mnt dipijitin.makan biasa tapi sedikit,sy juga sdh kerikin bbrp kali tp ko ga ilang ya kmbngnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Aisyah Adinda Putri,
      Sebelumnya mohon maaf telat balas komentarnya karena banyak kesibukan...
      Kemungkinan masalah perut kembung tersebut disebabkan oleh beberapa hal :
      1. Banyak mengkonsumsi makanan bersodium (garam) atau yang mengandung gas
      2. Faktor psikis, gelisah, stres, dsb
      3. Kelainan ada sistim pencernaan
      4. Sembelit (susah BAB), iritasi usus, gangguan pada hati, dsb
      Untuk mengobatinya coba tips berikut :
      1. Mengkonsumsi minum yang mengandung jahe (teh jahe, wedang jahe, dsb), untuk menetralisir gas pada saluran pencernaan
      2. Minum segelas air putih hangat untuk menyeimbangkan kandungan natrium
      3. Mengkonsumsi buah pepaya untuk memperbaiki sistim pencernaan
      4. Mengkonsumsi sayuran yang mengandung potasium seperti biji-bijian dan kacang-kacangan untuk mengimbangi sodium.
      5. Mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung probiotik seperti yoghurt terutama yogurt tawar organik yang memiliki bakteri aktif (misal : Loctobacillus). Bakteri-bakteri ini akan membantu menguraikan sebagian lactosa sehingga menghasilkan lebih sedikit gas sehingga menyehatkan organ pencernaan.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  34. Pak, sy mau tanya. sy diare, lalu disertai kram perut bbrp kali dlm sehari itu. setelah minum larutan gula+garam, diare sembuh tetapi kram perutnya masih ada sampai hari berikutnya. kram di perut bagian tengah. yg sy ingin tanyakan, apakah kram inindr diare atau ada batu di empedu ya? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Ika Rahmawati,
      Banyak penyebab sakit perut dengan gejala yang mirip-mirip. Coba mbak perhatikan dulu apakah ada gejala seperti berikut :
      1. nyeri kuat pada bagian kanan atas perut (biasa orang menyebutnya ulu hati),
      2. mules dan keram pada perut yang akan bertambah dengan cepat dalam (1-4 jam),
      3. lebih terasa pada malam hari sehingga tidur tidak nyenyak (terjaga dari tidur)
      4. nyeri di punggung atau bahu kanan,
      5. nyeri di antara dua tulang belikat, nyeri di bagian bawah bahu kanan,
      6. demam (meskipun ringan) atau panas dingin,
      7. tinja berwarna seperti tanah liat.
      Bila terdapat beberapa gejala diatas, maka positif batu empedu. Namun bila tidak, kemungkinan bukan batu empedu.
      Selengkapnya mengenai sakit perut dan pengobatannya, bisa mbak baca pada artikel saya dengan judul : 18 Cara Paling Manjur Mengobati dan Mencegah Sakit Perut pada Anak dan Orang Dewasa atau URL : http://bambang-warsita.blogspot.com/2013/05/18-cara-paling-manjur-mengobati-dan.html
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  35. permisi,mau nanya pak
    sudah 2 hari perut saya(terutama bagian pusar kebawah) sakit perih & nyutnyutan
    saya tidak kuat mengangkat kaki kanan dan kiri,setiap saya mencobanya, perut saya terasa sangat perih sekali.. yg ingin saya tanyakan apakah itu termasuk radang usus buntu?
    tetapi dengan catatan:saya TIDAK MENGALAMI demam, mual,muntah,kembung dan kurang nafsu makan
    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Ahmad Fauzan Arafah,
      Kalo melihat gejalanya, mirip sekali dengan radang usus buntu. Saran saya, segera periksakan ke dokter, atau klinik terdekat untuk lebih memastikan penyebabnya dan mendapat penanganan yang sesegera mungkin.
      Demikian infonya smeoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  36. Terima kasih infonya mas. Lengkap banget bersama jawaban dari komentar pengunjung, jadi saya tidak perlu bertanya lebih lanjut. Sekali lagi terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Ady Kenzie,
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  37. slamat pagi mas... skitar jam 12 malam bapak saya terserang muntah muntah kontak di sertai sakit pinggang . hampir 3 jam muntah nya parah bnget sampai gak tega saya liatnya... padahal udah di kerokin,diurut,malah tmbah parah ... periksa ke dokter di kasih pil doanx... tapi dia nggak bgasih tahu apa penyakitnya... mhon infonya mas opo pnyakit beliau ini... trmksh sblmnya

    BalasHapus
  38. slamat pagi mas,mau nanya ne apa pnyakitnya saya sering muntah2 langsung kontak ke sakit pinggang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Fredi Siswanto,
      Banyak gejala penyakit yang bisa menyebabkan mual dan muntah baik yang disebabkan oleh bakteri (berasal dari makanan), virus, atau karena perut kembung, dsb. Kalo disertai sakit pada pinggang, kemungkinan akibat kontraksi otot di sekitar perut saat beliau muntah. Apakah beliau punya riwayat sakit tertentu ? Jika ya, bisa jadi kemungkinan penyakit tersebut. Namun bila tidak memiliki riwayat penyakit tertentu, kemungkinan muntahnya akibat makanan yang terkontaminasi bakteri. Untuk lebih memastikan sebaiknya segera diperiksakan ke dokter. Namun demikian untuk pertolongan pertama agar tidak mengalami dehidrasi (kekurangan cairan), maka bisa dengan memberikan larutan elektrolit seperti oralit, parolit, dsb. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  39. trimakasih mas atas infonya suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Fredi Siswanto,
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  40. mas tadi udah diperiksa ke dokter,di kasih pil bkn nya,pas pil di mkan bkn nya brkurang malah tambah parah mas,gak mau makan perut dan pinggang tmbah sakit, muntah berkali2,yg sya ingin tanyakan obat apa kira2 untuk mengurangi sakitnya beliau mas,trmksh bnyak atas waktunya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Fredi Siswanto,
      Kalo boleh tahu, hasil diagnosa dokternya penyakit apa, mas ? trus pil yang diberikan boleh disebutkan jenisnya ? Saya tunggu infonya kembali ya... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  41. mas setiap hari perut saya sebelah kiri terasa sakit dan perih apalagi kalo setelah makan rasanya perih..bagaimana cara mengatasi perihnya ini?saya juga sembelit,BAB 3hari sekali..mohon dijawab..terima kasih

    BalasHapus
  42. mas perut saya sering terasa perih..kalo ditekan rasanya mual..dan saya BAB 3hari sekali..perut saya rasanya tidak nyaman...setiap habis makan perut saya juga terasa perih.jadi diisi atau tak diisi makanan perut saya terasa perih.perut sebelah kiri yg perihnya tak tertahankan..apa obat yg mujarab untuk mengurangi rasa perih ini?terutama disaat perut kambuh terasa perih..karena dibuat tidur pun juga tidak bisa.karena rasa perih ini mengganggu waktu istirahat saya..mohon jawabannya..terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak TyTy,
      Sepertinya ada masalah dengan saluran pencernaan. Kemungkinan bisa perut kembung atau gangguan pada lambung. Untuk mengatasinya coba tips berikut :
      1. Konsumsi minum yang mengandung jahe (teh jahe, wedang jahe, dsb), untuk menetralisir gas pada saluran pencernaan
      2. Minum segelas air putih hangat yang bertujuan menetralisir kandungan natrium yang terdapat pada makanan yang dikonsumsi
      3. Makan buah pepaya agar sistim pencernaan jadi lebih baik
      4. Konsumsi sayuran yang mengandung potasium seperti biji-bijian dan kacang-kacangan untuk mengimbangi sodium.
      5. Konsumsi makanan/minuman yang mengandung probiotik seperti yoghurt terutama yogurt tawar organik yang memiliki bakteri aktif (misal : Loctobacillus). Bakteri-bakteri ini akan membantu menguraikan sebagian lactosa sehingga menghasilkan lebih sedikit gas sehingga menyehatkan organ pencernaan.
      Monggo dicoba dulu, bila 2-3 hari tidak kunjung membaik, segera dibawa ke dokter untuk diperiksakan lebih lanjut dan mendapat penanganan yang tepat.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
    2. Dear mas bambang, salam kenal, saya baru mau memulai bisnis properti, saya mau tau apa saja si yg diperlukan sebagai pebisnis properti apakah kita harus ada surat izin, meskipun kita bisnis dengan modal sendiri?,,, yg ke 2, setiap kita membeli rumah untuk di jual lagi.. itu harus balik nama atas nama kita atau tidak,,? Maaf mungkin pertanyaan saya terlalu dangkal, tapi tidak mau mengulang kesalahan untuk yg ketiga kalinya.. 2 kali sudah saya coba bisnis, yg pertama dibidang jasa, yg kedua kuliner semua gagal.. dan sekarang saya ingin mencoba bisnis properti. Mohon penjelasannya ya mas. Makasih

      Hapus
    3. Dear mas Oji Way,
      Mohon maaf telat balas komentarnya...
      Sepertinya salah artikel neh mas... next komentarnya sesuai artikel ya, namun untuk kali ini gak apa saya tanggapin disini...
      Saya coba bantu jawab ya :
      1. Untuk bisnis sebagai broker property, bila anda baru memulai bisnis ini secara kecil-kecilan, maka belum dipandang perlu memiliki izin. Namun andaikata bisnis anda mulai berkembang, maka sebaiknya anda mengurus izin seperti SIUP, TDP, dsb dan jangan lupa mengurus NPWP sebagai bukti warga negara yang baik dan taat pajak.
      2. Kalo bisnis jual beli rumah, maka bisa menggunakan PPJB (Perjanjian Perikatan Jual Beli) yang memungkin anda tidak melakukan balik nama. Cara lain bisa menggunakan teknik flip. Untuk lebih jelasnya mengenai kedua cara ini, silahkan baca artikel saya dengan judul : Membongkar Tuntas 10 Cara Rahasia dan Paling Jitu Teknik Flip atau Menjadi Flipper Properti (Property) dan 15 Tips Jitu Bisnis Menjadi Agen atau Broker Properti ( Property ).
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW.. salam : Bambang Warsita

      Hapus
  43. Alhamdulillah bs membantu dengn cepat atw pertolongn per1 jk trjd sakit perut..tdny mau dbw k rmh sakit tp cb 18 cra ini akhrny bs smbuh...trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalo artikelnya bisa membantu... Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  44. Maaf mas klo anak 6 thn sakit perut bagian atas pusar gmn y.. dah tk kontrol ke dok ter 2 kali katanya g pa2... tp sakitnya g kunjung reda... kdang kumat.. sembuh lg kumat lg... mksh bnyk sblmny... gmn solusinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Hafidz Pratama,
      Bila menurut pemeriksaan dokter tidak ada penyakit apa2, kemungkinan besar hanya perut kembung yang salah satunya disebabkan kelebihan gas pada saluran pencernaan.
      Penyebabnya akibat banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung garam atau gas, sehingga udara akan berkumpul pada saluran pencernaan (usus), menyebabkan gangguan peristaltik atau iritasi pada usus sehingga perjalanan udara ke saluran pembuangan akhir pun berjalan lambat dan akibatnya orang tersebut akan merasakan mual, muntah, perut kembung atau perut menjadi menggelembung.
      Untuk mengatasinya coba tips berikut:
      1. Berikan segelas air putih hangat untuk menyeimbangkan kandungan natrium dalam tubuh
      2. Berikan minuman yang mengandung jahe (misal teh jahe, bandrek, dsb)
      3. Berikan makanan yang mengandung lemak sehat seperti salmon, alpukat, dan minyak zaitun yang membantu mengurangi peradangan
      4. Lakukan pemijatan pada bagian perut dengan arah gerakan mengikuti saluran pencernaan yakni dimulai dengan menekan pelan dengan jari daerah dekat panggul atau pangkal paha kanan, terus gerakan jari anda dengan gerakan melingkar menuju tulang iga, kemudian menyeberang ke bagian kiri, lalu turun mendekati usus besar.
      Untuk info lengkap mengenai cara mengobati perut kembung, dapat dibaca di artikel saya dengan judul : 21 Cara Cepat dan Paling Mujarab Mengobati serta Mencegah Perut Kembung atau URL : http://bambang-warsita.blogspot.com/2014/01/21-cara-cepat-dan-paling-mujarab.html
      Monggo dicoba dulu mas...
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  45. maksih gan buat tipsnya,,
    sangat membantu salam kenal,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear bang Sitompul,
      Salam kenal kembali. Terima kasih sudha berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  46. Mas cara ngobatin sakit perut dilambung gimana...soal nya saya kemaren beli maklor pedes tolong jawab secepat nya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Hilal Hilmi,
      Sebenarnya banyak penyebab sakit perut di lambung, bisa karena mengkonsumsi makanan tertentu (pedas), penyakit tertentu, dsb. Namun kalo hanya karena makanan tertentu, solusinya bisa dengan minum air putih yang banyak minimal 2 Liter/hari, dan mengkonsumsi segelas teh hangat. atau bisa juga dengan mengkonsumsi obat sakit perut/diare yang mengandung ekstrak daun jambu biji. Bila dalam 2 hari tidak menyelesaikan masalah, sebaiknya anda segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita