10 Cara (Tips) Paling Jitu Mengobati dan Mencegah Gatal Kulit pada Anak Bayi ( Balita )

Pernahkah anak anda mengalami gatal-gatal baik pada bagian tangan, kaki, kulit kepala, wajah, mata, dll ? Gatal terjadi pada kulit sehingga menimbulkan respon pada tangan untuk melakukan penggarukkan yang jika dilakukan terus menerus bisa menyebabkan kulit mengalami iritasi, timbul bentol-bentol, dan bisa menyebabkan infeksi. Penyakit gatal kulit ini bisa dialami siapa saja mulai dari balita sampai orang dewasa. Namun balita ( bayi usia dibawah 5 tahun) merupakan kelompok yang rentan mengalaminya karena kulit balita masih relative tipis, sangat sensitive, lebih halus, memiliki sedikit pigmen, dan belum mampu mengatur temperatur seperti halnya anak-anak usia diatas 5 tahun ataupun orang dewasa. Penyebab kulit gatal pada bayi dan anak-anak pun bermacam-macam seperti : iritasi karena popok, pakaian tertentu (misal wool), sabun mandi, detergen saat mencuci pakaian bayi, alergi makanan, kurangnya kelembaban kulit, keringat, gigitan serangga, virus, bakteri, jamur, parasit (kutu), dsb.

Nah, jika anak balita anda mengalami gatal-gatal, jangan anda buru-buru panik, yuk simak 10 Cara (Tips) paling Jitu Mengobati dan Mencegah Gatal Kulit pada Anak Bayi ( Balita ), berikut ini :
  1. Gatal karena biang keringat (milliaria), tandanya kulit banyak bintik-bintik berwarna merah, terutama wajah, leher, punggung, dada, ketiak, tangan, dan kepala. Bayi biasanya menjadi lebih rewel, sering menangis, sehingga tidurnya pun terganggu. Kulit bayi yang lembut menjadi sangat sensitif terhadap keringat dan menjadi kering karena udara panas sehingga timbul biang keringat (ruam merah). Pengobatan dengan memandikan bayi, lap dengan handuk yang  lembut, biarkan kira-kira 10 - 15 menit agar kulit bayi mendapatkan udara segar, oleskan baby cream, baby lotion, atau baby oil untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kulitnya, mengurangi pengelupasan, gesekan kulit, serta mendinginkan kulit bayi, sehingga bayi merasa nyaman. Cara tradisional,  dengan memakai bedak dingin yang bisa dibeli di toko obat dan jamu.
  2. Gatal karena alergi termasuk biduran atau kaligata (urtikaria), timbulnya bentol-bentol kulit yang gatal serta tersebar pada kulit setelah mengkonsumsi jenis makanan tertentu seperti sea food yang mengandung histidain atau minum susu formula. Hal ini akibat sistem kekebalan tubuh yang hypersensitive terhadap zat tersebut. Pengobatan alami menggunakan madu propolis, madu hitam, minyak zaitun, habbatussauda (Jintan hitam), curcuma,  dan sari kurma. Biasanya, alergi pada anak berangsur menghilang saat berusia antara 2 - 5 tahun. Khasiat madu propolis, habbatussauda, minyak zaitun untuk menyembuhkan lebih dari 99 jenis penyakit berbahaya, bisa anda baca selengkapnya pada artikel disini
  3. Gatal karena gigitan serangga terutama nyamuk, semut, dsb. Pengobatan  dengan mengoleskan minyak kayu putih, minyak telon, atau minyak kelapa / goreng (bukan minyak bekas/jelantah) dan campurkan sedikit garam.
  4. Gatal karena kerak kepala atau kerak topi pada bayi. Kerak muncul saat usia bayi kurang dari tiga buIan, membuat gatal, tidak nyaman, serta mengganggu pertumbuhan rambut bayi. Ingat, jangan mengorek atau mencabut kerak dari kepala bayi karena bisa menimbulkan infeksi pada kulit kepala. Pengobatan dilakukan dengan mengoleskan baby oil, minyak rambut khusus bayi, atau minyak kelapa, pada bagian tersebut. Kemudian saat mandi, cucilah dengan shampoo khusus bayi dan usap perlahan dengan washlap agar kerak tersebut rontok. Cara lain, bisa dengan minyak zaitun yang dioleskan pada kulit yang berkerak, biarkan beberapa jam agar kerak melunak, saat mandi, keramas kepala bayi agar keraknya rontok. Oleskan secara teratur 2 kali sehari yakni malam hari ketika tidur dan siang hari, sehingga kepala bayi bisa dikeramas saat mandi pagi dan sore.
  5. Gatal yang disebabkan virus misalnya virus Rubella atau Morbilli atau Measles atau yang kita kenal dengan penyakit campak atau tampek atau gabag. Penyakit ini bersifat menular dengan tanda dan gejala yang dapat anda baca pada artikel disini. Pengobatan dan pencegahan penyakit campak bisa anda baca pada artikel disini.
  6. Gatal yang disebabkan virus lainnya adalah Cacar Air atau Varicella Simplex atau chickenpox yang disebabkan oleh virus Varicella zoster dan bersifat menular. Tanda dan gejala cacar air, dapat anda baca pada artikel disini. Pengobatan dan pencegahan penyakit cacar air, bisa anda baca pada artikel disini.
  7. Gatal yang disebabkan karena reaksi kimia antara bakteri dengan ammonia dari air seni dan tinja bayi sehingga menyebabkan ruam popok, penyebabnya bisa dibaca pada artikel disini.  Pengobatan dan pencegahan ruam popok, bisa anda baca pada artikel disini.
  8. Gatal karena jamur akibat kurangnya menjaga kebersihan tubuh bayi. Biasanya terjadi pada lipatan paha, selangkangan, sekitar alat kelamin, anus, perut, bokong, tangan, kaki, di sela jari-jari, daerah telapak, dan punggung. Pengobatan bisa dengan memberikan salep anti jamur yang mengandung Clotrimazole, dioleskan 2-3x sehari, contohnya Fungiderm™. Mengenai gatal karena infeksi jamur seperti panu dan kadas/kurap, selengkapnya dapat anda baca pada artikel disini.
  9. Gatal karena parasit, contoh Sarcoptes scabiei (tungau, kutu) yang menyebabkan  penyakit scabies kudisan atau gudikan atau budukan. Penyakit ini mudah menular dan menimbulkan rasa gatal terutama di malam hari. Penyakit ini ditandai dengan munculnya gelembung berair pada kulit, berwarna merah, menyebabkan iritasi dan rasa gatal pada kulit. Biasanya terdapat di sela-sela jari, telapak tangan dan telapak kaki, siku, selangkangan, dan lipatan paha. Gejala lainnya adalah terdapat garis halus berwarna kemerahan di bawah kulit yang merupakan terowongan yang digali Sarcoptes betina. Untuk pengobatan dan pencegahannya scabies bisa anda baca pada artikel disini.
  10. Jika ternyata gatal pada bayi tidak juga kunjung sembuh, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter atau klinik kesehatan untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat. Dokter biasanya akan memberikan obat antihistamin syrup seperti Ceterizine™, Incidal OD™, Intrizine™, Histrin™, dsb untuk mengurangi rasa gatal-gatal. Selain itu biasanya dokter juga memberikan salep Hydrocortisone™, Inerson™ untuk mencegah gatal menyebar ke bagian tubuh lain.
Pencegahan gatal-gatal :

  1. Ruangan di rumah harus memiliki sirkulasi dan ventilasi udara yang baik supaya kondisi ruangan tidak panas dan tidak lembab
  2. Tempatkan bayi anda pada ruangan sejuk (ber-AC) dan hindari perubahan suhu ruangan yang drastis, misal dari ruangan ber-AC dibawa keluar rumah.
  3. Gunting kuku bayi untuk mencegah iritasi atau luka akibat garukan tangannya ketika dia merasa gatal atau pakaikan bayi anda sarung tangan bayi.
  4. Mandikanlah bayi secara rutin 2 kali sehari. Jika bayi berkeringat segera lap keringatnya agar tidak timbul biang keringat.
  5. Selain itu sering-sering mengganti baju bayi agar keringat  tidak menempel di kulit dan kebersihan kulit bayi tetap terjaga. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan iritasi pada kulit bayi.
  6. Pilihlah baju yang berbahan lembut (seperti bahan katun atau kaos), dan longgar, agar memiliki sirkulasi udara yang baik. Jangan gunakan pakaian dari bahan wool atau pakaian yang ketat karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi.
  7. Cuci baju bayi dengan detergen khusus untuk bayi, bilas hingga detergen benar-benar bersih, jemur diterik matahari, setrika agar sterill dari kuman dan bakteri.
  8. Untuk mencegah biang keringat berikan bedak tabur ataupun bedak cair yang mengandung salycil, misalnya talkum talc™, dettol™, purol™, dll. Sehabis mandi, oleskan baby lotion, baby cream, atau baby oil untuk menjaga kelembaban kulit bayi.
  9. Hati-hati saat memberikan makanan yang bisa memicu alergi dan gatal pada bayi seperti susu sapi, telur, kacang tanah, dan makanan laut (seafood). Jika terjadi alergi segera hentikan konsumsi makanan tersebut.
  10. Berikan vitamin C untuk mencegah atau mengurangi timbulnya milliaria (biang keringat)

141 komentar:

  1. mas Bambang, jika gangguan kulit aterjadi pakai balita bagaimana penggunaan salepnya? apakah cukup aman, atau ada rekomendasi khusus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Andreas,
      Boleh diperinci lagi, mas gatalnya disebabkan krn apa, dibagian mana, obat yang sudah diberikan, dsb ? Saya tunggu informasinya kembali dari mas Andreas yah... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  2. Bapak Bambang. Anak saya 17 Bulan kulitnya mudah bentol, berwarna merah dan gatal jika udara panas atau digigit nyamuk. Bahkan sangat sering di telapak kaki dan tangan merasa gatal meskipun tidak merah atau digigit nyamuk dan ini terjadi pada malam hari sewaktu mau tidur. Bagaimana cara mengatasinya karena sangat menganggu istirahatnya.
    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Siti Zulaikha,
      Kemungkinan kulit bayi sangat sensitif terhadap keringat dan menjadi kering karena udara panas sehingga mudah timbul ruam merah termasuk akibat gigiutan serangga. Yang perlu dilakukan adalah :
      1. Tempatkan bayi pada ruangan sejuk (ber-AC) atau ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga terasa sejuk.
      2. Mandikanlah bayi secara rutin 2 kali sehari.
      3. Selesai mandi, bisa dipakaikan pada tubuhnya bedak cair yang mengandung salycil, misalnya talkum talc™, dettol™, purol™, dll untuk mengurangi rasa gatal.
      4. Bila terlihat kulitnya kering, bisa dioleskan baby lotion, baby cream, atau baby oil untuk menjaga kelembaban kulitnya.
      5. Cukupkan asupan vitamin C untuk mencegah atau mengurangi timbulnya ruam merah.
      6. Bila timbul bentol merah, bisa dioleskan salep Hydrocortisone™
      7. Bila bentol karena gigitan nyamuk atau serangga, bisa dengan mengoleskan minyak kayu putih, minyak telon, minyak minol, dsb dan sebaiknya ruangan diberi kasa nyamuk agar balita terhindar dari gigitan nyamuk.
      8. Bila balita sering berkeringat, segera lap keringatnya untuk mencegah gatal-gatal dan iritasi kulit
      9. Sering mengganti pakaian untuk menjaga kebersihan kulitnya
      Demikian infonya semoga dapat membantu...Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
    2. Kalau salep hydrocortisone g mempan pake apa mas selain salep mico z ada yg lain ga?

      Hapus
    3. Dear mbak Janan Zahia,
      Salep Myco-Z mengandung Zinc Oxide yang bisa mengatasi ruam. Sepengetahuan saya Myco Z lebih sering digunakan untuk mengatasi ruam popok pada bayi yang juga efektif untuk mengatasi bentol pada bayi. Saran saya sebaiknya pakai salep ini bila hydrocortisone tidak efektif.
      Alternatif lain, bisa pakai merk Apolar produksi Actavis Indonesia atau Andantol produksi Transfarma Medika.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
    4. Terima kasih mas BW
      Sang membantu sekali

      Hapus
    5. Dear mbak Janan Zahia,
      Terima kasih kembali, mbak... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  3. Mas anakku skg sdh seminggu gatal pada batang penis dan bagian samping buah zakarnya bentuknya spt benjolan kecil dan sering d garuk2 smp lecet skg gatalnya menjalar ke selangkangan,di bawah perut dan sampai ke bokong,gmna ya mas dan solusinya apa,obat salep apa ya yg cocok. Makasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Noviani Komilawati,
      Mohon infonya, Si kecil usianya saat ini berapa tahun ? apa gatal terjadi setiap saat atau hanya tertentu pada malam hari saja ? Apa benjolannya berisi air dan banyak pada suatu tempat ? Apa sudah dibawa ke dokter ? Jika sudah, apa obat yang sudah diberikan ? Saya tunggu infonya kembali atau mbak bisa kirim pesan ke saya via Google+ supaya bisa secara panjang lebar menjelaskannya... salam : Bambang Warsita

      Hapus
    2. kasus ibu novi sama dengan yg dialami anak" sy.. kakaknya yg pertama kena gatal" sampe alat kelaminnya bentol merah.. sdh berobat... msh gatal". berobat msh gatal smpe sekarang.. kaki nya penuh bekas garukannya.. sekarang adiknya kena juga.. kalo malam garuk" dr dada sampe perut.. disekitar jari".. jadi saya harus pake bedak atau salep ya.. sampai sekarang blm sembuh.. kata dokternnya kmrn jemur kasur.. ganti spreinya.. baju yang tergantung cuci semua..

      Hapus
    3. Dear mbak Angel Pujiarti,
      Karena informasi yang mbak berikan terbatas, coba baca artikel saya terlebih dahulu dengan judul : Tips Ampuh Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Kudis atau Kudisan (Scabies) atau URL : http://bambang-warsita.blogspot.com/2013/04/tips-ampuh-pencegahan-dan-pengobatan.html.
      Apakah ada gejala klinisnya seperti yang disebutkan pada artikel tersebut ? Jika ya, mbak boleh tuliskan komentar pada artikel tersebut, insya Allah nanti akan saya tanggapi. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW.. salam : Bambang Warsita

      Hapus
  4. pak bambang:mau tny,gmb cara mengobati gatal gatal pada batita d daerah pantat..?mksh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Aira,
      Gatal pada daerah (maaf) pantat bayi biasanya disebabkan karena banyak hal, misalnya :
      - Infeksi jamur atau bakteri
      - Sisa urin dan kotoran bayi membuat kulit bayi menjadi basah dan lembab sehingga menyebabkan gatal
      - dsb
      Untuk penyebab lengkapnya, mbak bisa baca artikel saya dengan judul : 11 Penyebab Ruam Popok pada Bayi atau URL : http://bambang-warsita.blogspot.com/2012/12/11-penyebab-ruam-popok-pada-bayi.html.
      Untuk mengatasinya bisa dengan memberikan krim khusus untuk ruam popok yang mengandung zinc oxide (misal merk pigeon baby cream diaper rash™, dsb). Nah, untuk mencegahnya bisa dengan tips yang selengkapnya bisa dibaca pada artikel saya dengan judul : Cara Mujarab Mengobati dan Mencegah Ruam Popok pada Bayi atau URL : http://bambang-warsita.blogspot.com/2012/12/cara-mujarab-mengobati-dan-mencegah.html.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  5. Mas bambang saya sudah 1 minggu gatal2 di daerah leher bagian depan dan ada bintik merahnya kalo di garuk bintiknya semakin bnyak dan gatal, bintik merah gatal ini tak mau hilang(sembuh), umur saya 19thn, penyakit apa yg saya alami ini ? Dan apa solusinya ?
    Trmks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Irwan Sampurna,
      Jika bintik hanya di bagian tertentu saja (tidak menyebar), kemungkinan hanya akibat iritasi,
      1. Bersihkan bagian yang gatal dengan air hangat yang sudah diberi larutan antiseptic (misal dettol, betadine, PK) atau kalo mandi pakai sabun antiseptic
      2. Di lap sampai kering, lalu oleskan salep hydrocortisone pada bagian tersebut 2-3 kali sehari atau sehabis mandi
      3. Jika sedang tidak memakai salep dan ternyata timbul rasa gatal, jangan digaruk yah karena bisa menimbulkan iritasi dan infeksi.... solusinya, pakai bedak salycil atau baby oil untuk mengurangi rasa gatal.
      Dicoba dulu mas, nanti 2-3 hari kalo tidak ada perubahan, mas bisa update kembali disini. Demikian infonya semoga dapat membantu... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  6. maaf mas..
    Anak saya usia 6th,beberapa minggu ini sering gatal2(kaligata),sampai2 bibirnya bengkak,apa mungkin karena faktor turunan dari ibunya yg sering gatal2? Mohon solusinya,terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Ahmad Sobari,
      Kaligata atau biduran terjadi karena kekebalan tubuh yang hypersensitif terhadap zat tertentu misal susu, seafood, dsb.
      Untuk mengobatinya bisa dengan mengkonsumsi salah satu bahan alami : madu-propolis, habbatussauda, atau minyakzaitun.
      Coba cari di toko yang menjual obat-obatan muslim atau terkadang sering dijual oleh pedagang dadakan di seputar areal/halaman mesjid.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  7. Mas.bayi sy 10bulan gatal bgt di bagian wajah.garuk2 telinga dan wajahnya..jd timbul bintik2 halus dan merah..ga bs tidur krn gatal udh ke dokter dikasi salep infeksi jamur dan obat masih blm sembuh..ini sudah sminggu..kira2 kenapa ya..obatnya apa ya..trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Fitria Ulfah,
      Dugaan saya kemungkinan besar biang keringat (ruam merah) bukan infeksi jamur.Si kecil mengalami gatal-gatal karena kulitnya yang lembut dan sangat sensitif terhadap keringat dan menjadi kering karena udara panas.
      Untuk sementara ini, coba tips berikut :
      1. Oleskan baby cream, baby lotion, atau baby oil (pilih salah satu) pada bagian yang gatal (sering ia garuk). Baby oil atau lotion juga berguna untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kulitnya, mengurangi pengelupasan, mengurangi rasa gatal, serta mendinginkan kulit bayi, sehingga bayi merasa nyaman (tidak merasa gerah).
      2. Bila ada bagian yang meradang (bentol merah), sebaiknya dioleskan salep hydrocortisone (tipis saja),
      3. Sebaiknya si kecil dipakaikan sarung tangan bayi untuk mencegah ia menggaruk bagian yang gatal dan bisa menimbulkan peradangan/luka (lecet)
      4. Untuk mencegah biang keringat pada bagian tubuh lainnya bisa diberikan bedak cair yang mengandung salycil, misalnya talkum talc, bedak dettol, bedak purol, dll.
      5. Saat mandi, usahakan memakai air hangat yang dicampurkan dengan larutan antiseptic seperti dettol, betadine, PK, dsb (pilih salah satu aja)
      6. Saran saya, salep anti jamurnya untuk sementara waktu dihentikan dulu
      Dicoba dulu mbak, kalo tidak ada kemajuan dalam 3-4 hari kedepan, silahkan kirim pesan via Google+ atau facebook blog mas BW, beserta foto bagian tubuh si kecil yang mengalami gatal tersebut, agar saya bisa lebih memastikan penyebabnya dan insya Allah saya upayakan mencarikan solusinya.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  8. mas bambang saya mau tanya anak saya umur 2 tahun udah lama gatel ga ilang" di bagian kepala, badan dan leher , kulit badanya kasar kalau di garuk bintik merah apa penyebabnya. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Cahyana Wijaya,
      Kalo bintik merah dan kasar pada badan, bisa jadi itu biang keringat, mas. Kemungkinan karena kulitnya yang sangat sensitif terhadap keringat dan menjadi sangat kering ketika suhu udara yang panas.
      Coba tips berikut ini :
      1. Pakai baby cream, baby lotion, atau baby oil (pilih salah satu) yang berguna untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kulitnya, mengurangi pengelupasan, mengurangi rasa gatal, serta mendinginkan kulit bayi, sehingga bayi merasa nyaman (tidak merasa gerah). Pakai sehabis mandi atau bila ia merasa gatal.
      2. Bisa juga memakai bedak cair yang mengandung salycil, misalnya talkum talc, bedak dettol, bedak purol, dll.
      3. Saat mandi, pakai air hangat yang dicampurkan dengan larutan antiseptic seperti dettol, betadine, PK, dsb
      4. Atur suhu ruangan/kamar tidurnya agar sejuk (bisa memakai AC).
      Dicoba dulu yah, mas... nanti kalo tidak ada kemajuan dalam 1 minggu kedepan, silahkan kirim pesan via Google+ atau facebook blog mas BW.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  9. mas gimana cara mengobati kulit kepala kering berkerak pada anak usia 6 tahun ?? saya sudah pake shampo anti ketombe trus saya ganti shampo anak2 tapi masih tetep berketome. biasanya saya bersihkan pake baby oil. tapi masih tetep juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Halimatus,
      Kemungkinan kerak yang terjadi pada kulit kepala adalah akibat infeksi jamur pada kulit kepala atau yang dikenal dengan Tinea capitis atau Tinea tonsurans (kurap kulit kepala). Untuk mengobatinya memang bisa dengan memakai shampo tertentu yang mengandung anti jamur misal merk Nizoral.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  10. Pak bambang,, mau tnya apa obat gatel buat bayi umr 2,5 thun, gtel di kelamin,,, mkasih,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Andi Gb,
      Karena informasi yang mas berikan sangat terbatas, coba mas baca artikel saya terlebih dahulu dengan judul : Tips Ampuh Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Kudis atau Kudisan (Scabies) atau URL : http://bambang-warsita.blogspot.com/2013/04/tips-ampuh-pencegahan-dan-pengobatan.html.
      Pastikan, apakah ada gejala klinisnya seperti yang disebutkan pada artikel tersebut ? Jika ya, mas bisa tinggalkan komentar pada artikel tersebut, insya Allah nanti akan saya tanggapi. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW.. salam : Bambang Warsita

      Hapus
  11. Mas Bambang mau nanya nih mas .......
    Anak saya umur 11 tahun gatal ² pada kaki ( betis ) kiri kanan sudah lebih 2 tahun belm sembuh total
    Paling lukanya kering tapi kemudian gatal lagi mas
    Yang kemarin tuh gatalnya datang lagi, setelah kedokter luka dikakinya kering , tapi ada lagi yang muncul di perut dan badannya kata dokter alergi ......

    Kira ² obat yang cocok apa sih mas ?
    Tolong dijawab ya mas , terima kasih sebelumnya !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Arya Ariel,
      Karena informasi yang mas berikan sangat terbatas, saya belum dapat memastikan apakah gatal tersebut akibat infeksi jamur, bakteri, atau tungau. Kalau hanya gatal biasa dan menimbulkan luka, bisa menggunakan salep hydrocortison, mas..
      Atau kalo mas bisa memberikan info kembali yang lebih detail (bentuknya seperti apa, kondisinya hanya pada kaki dan perut atau menyebar ke bagian tubuh lain, hasil diagnosa dan obat yang diberikan dokter, dsb) saya akan coba bantu memberikan info penanganan yang cocok.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  12. Mas, anak saya umur 3tahun, badannya jadi bentol-bentol diarea tertentu , sekitar bokong dan kelamin, tangan, dan leher . awalnya hanya ditangan saja lalu saya mandikan dan dikasih bedak, tp malam harinya muncul dibokong dan leher, dan dia jadi gatal, saya kasih bedak salicyl , tp dia masih mengeluh gatal, sampai tidurnya tidak nyenyak. Mohon bantunnya dan solusinya ya mas , bagaimana cara mengobati dan cara pencegahannya kembali? Trims mas Bam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mommy Felisha,
      Karena info yang mbak berikan sangat terbatas, saya belum bisa memastikan bentol tersebut apakah karena alergi, bakteri, virus, jamur, atau tungau (scabiei). Untuk sementara waktu, coba pakai salep hydrocortisone atau bisa juga pakai salep Myco-Z yang mengandung Zinc Oxide (biasa dipakai untuk mengatasi ruam/bentol). Alternatif lain pakai salep merk Apolar atau Andantol. Oleskan tipis saja pada bagian yang bentol. Pakai sehabis mandi 2-3 kali sehari.
      Untuk bagian bokong dan kelamin, selesai mandi sebaiknya diangin-anginkan sebentar lalu bisa dioleskan salepnya. Kalo bisa setelah dioleskan, ditutup pakai kapas/kasa dan diplaster pita supaya tidak lepas atau bergesekan dengan pakaian (celana). Jangan lupa kalo mandi pakai larutan antiseptic (misal dettol, dsb) atau pakai sabun antiseptic seperti betadine, dsb untuk mencegah infeksi.
      Monggo dicoba dulu, mbak... kita lihat 3-4 hari ke depan. Kalo tidak ada perubahan silahkan tulis kembali komentar disini...
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  13. mas anak saya usia 4thun sering gatal di area tngan punggung kaki.kadang bibir smp ikut bentol.tlong infonya dan cara pnymbuhannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Lusi Siah,
      Banyak kemungkinan penyebab gatal tersebut, mbak... Apakah si kecil punya riwayat alergi ?Apakah sudah diperiksakan ke dokter atau diberi obat ?
      Kalo belum, coba untuk sementara pakai salah satu salep berikut (cari yang mudah diperoleh) :
      1.Hydrocortisone,
      2. Myco-Z
      3. Apolar atau
      4. Andantol.
      Oleskan tipis saja ya, pada bagian yang bentol. Dipakainya sehabis mandi 2-3 kali sehari. Usahakan kalo mandi pakai larutan antiseptic (misal dettol, dsb) atau pakai sabun antiseptic seperti betadine, dettol, dsb untuk mencegah infeksi.
      Dicoba dulu ya, mbak... kalo dalam 3 hari tidak ada perubahan, boleh tulis kembali komentar disini...
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  14. Dear pak bambang,

    anak saya berusia sekitar 4 tahun, sejak kecil dia mengalami kulit kering, gatal dan agak bersisik terutama di bagian kaki, karena sering di garuk2 maka kulitnya banyak luka, terutama di belakang lutut dan di bagian sikut, atau bagian yang berlempit. mohon bantuan petunjuk dan saran obat apa yang tepat untuk kasus anak saya itu

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Maslakah Murni,
      Untuk bagian kulit si kecil yang luka, coba tips berikut :
      1. Bersihkan bagian yang luka dengan povidone iodine (misal betadine, dsb)
      2. Biarkan kering sebentar, lalu oleskan salep hydrocortisone.
      3. Tutup bagian tersebut dengan kapas atau kain kasa dan diplaster supaya tidak lepas atau tanpa sengaja terpegang oleh di kecil
      4. Ulangi proses ini 2-3 kali sehari atau selesai mandi dalam keadaan tubuh sudah dikeringkan.
      Untuk bagian kulit yang kering, kemungkinan karena kurang kelembabannya. Coba oleskan baby oil atau baby lotion sehabis mandi.
      Untuk bagian kulit yang bersisik, kemungkinan bisa saja akibat infeksi jamur. Kalo demikian coba oleskan salep yang mengandung miconazole+hydrocortisone saja biar lebih efektif misal merk Thecort, Brentan, dsb.
      Selama pengobatan :
      1. Berikan minum air putih 800-1000 ml per hari
      2. Berikan sayuran (misal di sup, dsb) dan buah-buahan (boleh di jus)
      3. Berikan supplemen/vitamin terutama yang ada kandungan vitamin E
      Monggo dicoba dulu mbak, kalo dalam 1 minggu ke depan tidak ada perubahan, silahkan kirim komentar kembali.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
    2. kami akan coba petunjuk bapak dan terima kasih banyak atas saranny.

      Hapus
    3. Dear mbak Maslakah Murni,
      Terima kasih kembali, mbak...dan semoga si kecil lekas sembuh ya... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  15. mas bambang mau tanya, anak saya 3thn muncul bentol kecil-kecil disepanjang tangan&kaki dlm jumlah yg cukup banyak dan terasa gatal, kalau biang keringat dileher dan sekitar kepala justru malah tidak ada, kira-kira itu penyebabnya apa ya? dan apa obat yg cocok? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Rika Kartika Dwiguna,
      Coba dipastikan terlebih dahulu penyebab gatal-gatalnya. Bila karena biang keringat, bisa menggunakan bedak salycil atau baby oil. Namun bila bukan karena biang keringat, mungkin diperlukan pengobatan dengan salep. Untuk lebih memastikannya, coba mbak kirim foto bagian yang gatal pada si kecil via facebook atau google+, Insya Allah akan saya bantu info mengenai obatnya. Saya tunggu ya...
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  16. Pak Bams..ank saya bentol sprti gigitan nyamuk/semut..di kpla n wjah. Tp ntah kbetuln to gk..tu mncul abis mkan ikan segar. Kyky gk gtal c..soale ankq gk garuk" tp y ndal tau. Tu knp y mz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Sri Sugiyanti,
      Mohon maaf telat balas komentarnya karena kesibukan saya...
      Banyak penyakit dengan gejala yang mirip-mirip seperti timbulnya bentol2 pada bagian tertentu di tubuh (kepala, wajah, tangan, dsb). Kalo bentol muncul setelah makan ikan, kemungkinan besar si kecil mengalami alergi.
      Namun kalo berdasarkan infonya bentol tersebut tidak gatal, bisa jadi merupakan gejala penyakit tertentu. Untuk lebih memastikan, memang sebaiknya segera diperiksakan ke dokter spesialis.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  17. Pak bambang anak saya bayi baru 2bulan. Karena terlalu sering pake pempers, Bayi saya kena ruam popok, dan di lipatan leher ,telinga, sekitar pipi,punggung bawah,Banyak bintik merah merata. Kalo di telapak tangan dan kaki ada bintik bintik merah,bila ditekan telapaknya terasa kaya bentol kecil.. Itu apakah jamur kulit,kuman air, ataw apa yah pak.. Maksih.. Cara mengobatinya gimana... Karna kalo yg di telapak tangan dan kaki kaya didalam kulit.. Terimakasih pak bambang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas,
      Kalo bintik merahnya merata dan bila ditekan tidak hilang, kemungkinan si kecil sedang terserang penyakit tertentu seperti campak (morbilli). Apakah si kecil sudah mendapatkan vaksinasi campak ?
      Untuk lebih memastikannya, segera bawa si kecil ke dokter spesialis anak guna mendapat penanganan yang tepat.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
    2. pagi pak bambang anak sy usia 3 th kemarin siang bangun bobo tiba-tiba badanya memerah semakin lama semakin lebar dan gatal bagian mukanya juga agak bengkak, cuma anehnya kok memerahnya lama-lama menggaris kayak gambar tp merah gt kenapa ya pak....sy bawa ke bidan katanya alergi cm dikasih vitamin sm antibiotik saja, mohon bantuannya.....terimakash

      Hapus
    3. Dear mbak Titis,
      Mohon maaf telat balas komentarnya...
      Banyak kemungkinannya, bisa karena alergi, biang keringat, dsb. Coba lihat dulu perkembangannya 2-3 hari setelah diberikan vitamin dan antibiotik. Kalo gatal tersebut tidak juga hilang dengan pemberian antibiotik maka kemungkinan besar penyebabnya jamur ataupun virus. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  18. Pak bambang anak saya umur 1 tahun dy selalu merasa gatal di bagian muka dan badan nya,tidak bentol tp kulit nya kering dan merah.dari usia 3 bulan sprti ini padahl udah berobat ksna kmri,kasian kalo ngeliat dy lagi garuk2 karena selalu merasa gatal . Apa ya obag nya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak/Mas,
      Kalo berdasarkan infonya kemungkinan besar kulit si kecil sangat sensitif. Penyebabnya bisa dari keringat (kemungkinan karena dia aktif bergerak), bahan detergen yang digunakan untuk mencuci pakaian, alergi terhadap bahan makanan tertentu (biasanya makanan laut seperti ikan, udang, cumi, dsb). Bila ia mengkonsumsi ASI dan anda mengkonsumsi makanan tersebut, maka kemungkinan ia mengalami alergi makanan dengan perantaraan ASI bisa jadi penyebabnya.
      Coba tips berikut ini :
      1. Pakai baby cream, baby lotion, atau baby oil (pilih salah satu) untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kulit si kecil. Baby oil atau baby lotion juga berguna mengurangi pengelupasan, mengurangi rasa gatal, serta mendinginkan kulit bayi, sehingga bayi merasa nyaman (tidak merasa gerah). Pemakaian sehabis mandi atau bila ia merasa gatal.
      2. Gunakan bedak cair yang mengandung salycil, misalnya talkum talc, bedak dettol, bedak purol, dll.
      3. Ketika mandi, campurkan air hangat yang dengan larutan antiseptic seperti dettol, betadine, PK, dsb
      4. Ruangan/kamar tidurnya agar temperaturnya dibuat sesejuk mungkin (gunakan AC atau sejeisnya).
      5. Selalu mengganti pakaian si kecil apabila banyak mengeluarkan keringat
      6. Cuci pakaian dengan menggunakan detergen khusus untuk pakaian bayi.
      Monggo dicoba mas/mbak... bila dalam 1 minggu tidak ada perubahan, silahkan tulis kembali komentar disini. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  19. anak saya 3 tahun 4 bulan laki, muncul benjolan kecil merah tengahnya nanah tapi nongolnya 1 by 1 gitu, misal ini hari nongol di kaki 1, besok di punggung 1 gitu si, kenapa ya, kecil merah segede angka o pd tulisan ini tp tengahnya ada nanah, anak si ga demam total si ada 4; 2 dikaki 1 diatas perut dan 1 dilengan. terimakasi jwbnya,
    nana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Nana Yap,
      Kalo bentol timbul nanah, kemungkinan bisa saja akibat infeksi bakteri. Nah, bakteri ini dapat berpindah tempat bila tanpa sengaja kita menggaruk dengan tangan dan bakterinya menempel pada tangan lalu kita memegang bagian tubuh lain. Sehingga bakterinya menular ke bagian tubuh lain.
      Untuk mengatasinya coba pakai salep hydrocortisone. Oleskan pada bagian yang bentol 3x sehari (pagi, sore, dan menjelang tidur), lalu tutup dengan kapas dan di plaster supaya tidak lepas.
      Silahkan dicoba dulu mbak, bila 3-4 hari tidak ada perubahan, silahkan tulis komentar kembali disini ya. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  20. mas bambang, makasih anaku sudah sembuh, sdh tak kasi salep dan saya tambahi PK saat habis mandi... malamnya saya kasi salep, Pujituhan sudah sembuh kemaren dan tidak muncul lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Nana Yap,
      Syukur kalo sudah sembuh, mbak... jangan lupa cara pencegahannya dengan menjaga kebersihan pakaian dan mandi memakai sabun atau cairan antiseptik ya.. salam : Bambang Warsita

      Hapus
  21. Pak bambang anak sya baru lahir usia 10 hari sudah 3 hari ini kena biang keringat. Biang ketingatnya ada cairan kuningny. Di area kepala,muka,leher,dan tangan. Sudah sy kasih caladin cair tp blm ad perubahan. Bolehkah jika sya beri hidrokortison untuk bayi baru lahir sya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Hindun Asfa,
      Kemungkinan besar kulit si kecil sangat sensitif terhadap perubahan suhu (panas atau berkeringat), atau karena bahan detergen yang digunakan untuk mencuci pakaian (popok, pakaian dalam, dsb).
      Penggunaan salep hydrocortisone untuk bayi yang baru lahir, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis anak.
      Namun demikian, tidak ada salahnya mbak coba tips berikut ini :
      1. Pakai baby cream, baby lotion, atau baby oil (pilih salah satu) untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kulit si kecil sekaligus mengurangi rasa gatal.
      2. Gunakan bedak berbentuk serbuk yang mengandung salycil, misalnya talkum talc, bedak dettol, bedak purol, dll.
      3. Campurkan air hangat untuk mandi dengan larutan antiseptic seperti dettol, betadine, PK, dsb
      4. Atur suhu pada ruangan/kamar tidurnya sesejuk mungkin (gunakan AC atau sejeisnya).
      5. Menjaga kebersihan dengan mengganti pakaian si kecil apabila banyak mengeluarkan keringat atau bila popoknya atau perlak (pelapis) basah karena air seni nya.
      6. Cuci pakaian dengan menggunakan detergen khusus untuk pakaian bayi.
      Dicoba dulu ya mbak... bila dalam 2-3 hari tidak ada perubahan maka sebaiknya segera dibawa ke dokter anak karena bisa jadi kemungkinan si kecil terserang penyakit Campak atau Rubella atau Morbilli atau Measles atau Gabag yang merupakan penyakit akibat infeksi virus.Untuk lebih jelasnya mengenai campak bisa baca artikel saya dengan judul : 9 Langkah Jitu Penanganan dan Cara Ampuh Pencegahan Penyakit Campak pada Anak atau URL : http://bambang-warsita.blogspot.com/2012/11/9-langkah-jitu-penanganan-dan-cara.html
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  22. pak BW anak saya usia 3 thn dari kecil dia sering bnget gatal2 tapi gatal yg timbul berbeda2 kadang bentol . merah .bintik . kadang juga ampe bisul yg tmbul saya sudah bbrpa kali brobat. tapi stlah hbis obat pasti tmbul lagi gatal y . ad salep yg bagus banget gak pak buat anak saya kasian klw harus trus mngkmsumsi obat . saya sudh mengikuti dokter gk boleh makan seafood mandi dngen air matang dan sering mngganti kan baju y .

    BalasHapus
  23. pak BW anak saya usia 3 thn dari kecil dia sering bnget gatal2 tapi gatal yg timbul berbeda2 kadang bentol . merah .bintik . kadang juga ampe bisul yg tmbul saya sudah bbrpa kali brobat. tapi stlah hbis obat pasti tmbul lagi gatal y . ad salep yg bagus banget gak pak buat anak saya kasian klw harus trus mngkmsumsi obat . saya sudh mengikuti dokter gk boleh makan seafood mandi dngen air matang dan sering mngganti kan baju y .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Gia Aulia,
      Mohon maaf telat balas komentarnya karena banyak kesibukan...
      Kalo gatal timbul sejak usia 3 tahun, kemungkinan besar kulit si kecil memang sensitif dengan jenis makanan tertentu. Kemungkinan lain bisa juga akibat infeksi bakteri yang dapat menimbulkan bentol. Bila bentol hanya pada bagian tertentu (hanya sedikit), bisa dioleskan salep seperti hydrocortisone. Namun bila merupakan bisul, maka pengobatan bisa dengan salep garamycin atau gentamycin.
      Untuk pencegahannya, mandi dengan air yang telah dicampur larutan antiseptik (misal dettol, dsb) atau memakai sabun antiseptic. Selain itu, selalu menjaga kebersihan, sering mengganti pakaian bila berkeringat, dan memberikan bedak salycil sehabis mandi.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  24. Slam knal mas bam,,anak sya umur3,5 thun gatal" nya tdak knjung smbuh ciri gtal nya brnanah dan apbila d garuk bsa tertular bgian tbuh yg lain!!mngkin penyebabnya dri nanah itu,,tiap d periksa slalu d ksih obat cetirizine tpi abiz obat psti mncul lagi,,sya mnta saran nya dri mas bam...

    BalasHapus
  25. Salam knal mas bam??anak saya umur 3thun 5blan,,gatal nya tdak mw sembuh,,ciri gatal nya bernanah dan apabila d garuk bsa mnular k bgian tbuh yg lain tiap d periksa slalu d kasih obat cetirizine tpi tdak sembuh,,gmna saran mas bam untuk gatal anak saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Ade Dada
      Banyak penyebab timbulnya gatal-gatal, bisa jadi kemungkinan infeksi bakteri ataupun akibat tungau seperti pada kasus scabies. Untuk memastikannya, coba perhatikan apakah bentol tersebut hanya di bagian tertentu dan jumlahnya sedikit atau banyak. Bila hanya sedikit, maka kemungkinan besar hanya infeksi bakteri, pengobatannya bisa pakai salep garamycin atau gentamycin. Alternatif lain, pakai salep hydrocortisone.
      Namun bila letak bentolnya menyebar (tangan, kaki, badan, dll) dan jumlahnya banyak, maka kemungkinan merupakan gejala scabies. Untuk pengobatannya bisa di baca lengkap pada artikel saya dengan judul : Tips Ampuh Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Kudis atau Kudisan (Scabies) atau URL : http://bambang-warsita.blogspot.com/2013/04/tips-ampuh-pencegahan-dan-pengobatan.html
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  26. Pak bambang anak saya usia 4th. Sdh 1minggu yg lalu anak saya bintik2 merah. Pertama dibagian perut,trus kata anak saya gatel.Saya ksh caladine cair.keesokannya yg dibagikan perut sdh mendingan,tetapi skr ganti bagian lipatan lengan, selangkangan dan paha. Kata suami saya alergi telor,sdh tdk saya ksh telur tp tetap gatel. Kira2 diberi apa ya pak,soalnya diberi caladine tetap gatel dan mentol2 kecil. Sebelum dan sesudahnya terima kasih.

    BalasHapus
  27. Pak Bambang,anak sy umur 4 th.Sdh lbh 1minggu mengalami bintik2 merah dibagian perut,saat sy tny gatal gk katanya gatel.sdh sy beri caladine tp cm sembuh sementara dan skr nyebar ke lipatan lengan,selangkangan,bokong dan paha.sdh sy ksh bedak dingin jg cm sembuh sementara.kira2 anak sy knp ya pak,soalnya gk pnh selama ini bintik2nya.trus kira2 diberi obat apa. Seblm dan sesudahnya sy sampaikan trimksh pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Hana Tyas,
      Maaf telat balas komentarnya karena kesibukan saya...
      Kalo hanya terdapat beberapa bintik (ruam) merah dan tidak menyebar ke seluruh tubuh kemungkinan memang hanya alergi terhadap jenis makanan tertentu seperti seafood, dsb.
      Pengobatan alami bisa dengan mengkonsumsi madu, curcuma, habbatussauda, dan minyak zaitun.
      Untuk pengobatan luar dengan memakai salep hydrocortisone, bisa juga dengan salep merk inerson.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  28. Mas bambang saya mau tanya keponakan saya umur 3 tahun sudah sebulan ini mengalami gatal-gatal dibagian telapak tangan dan kaki bahkan sekarang sudah kebagian lain nya warna merah seperti didalam kulit dan menjadi kasar seperti kapalan..mohon info nya mas terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Fhelia Putri,
      Banyak penyebab timbulnya gatal-gatal, karena informasinya sangat terbatas jadi saya belum dapat memastikan apa sebenarnya penyebab gatal-gatal tersebut.
      Namun demikian coba anda perhatikan dan amati, apakah gatal tersebut diiringi dengan demam tinggi ? Apakah bekasnya seperti bersisik ? Apakah bagian tubuh yang diserang seluruhnya (muka, tangan, kaki, badan) ?
      Jika ya, saya khawatir ini merupakan gejala penyakit campak.
      Untuk lebih memastikannya, sebaiknya anda periksakan ke dokter spesialis anak.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
    2. dear mas bambang

      alhamdulillah sekarang sudang sembuh mas setelah periksa ke dr kulit tapi agak mengelupas dibagian telapak tangan dan kaki.

      sekali lagi terima kasih ya mas

      salam

      Hapus
    3. Dear mbak Fhelia Putri,
      Syukur Alhamdulillah kalo sudah sembuh... Terima kasih ya sudah berkunjung kembali... salam : Bambang Warsita

      Hapus
    4. dear mas bambang

      mas saya mau tanya kalau untuk obat penyakit seperti kadas,kurap,panu dll itu yang bagus menggunakan salep apa ya.

      Terima kasih
      salam

      Hapus
    5. Dear mbak Fhelia Putri,
      Untuk mengobati infeksi akibat jamur, sangat tergantung pada jenis jamur yang menyerangnya. Untuk mengobati kadas/kurap bisa menggunakan anti jamur yang mengandung clotrimazole, ketoconazole, miconazole, terbinafine, tolnaftat, butenafine. Sedangkan untuk panu, cukup menggunakan anti jamur yang mengandung clotrimazole, miconazole atau terbinafine. Untuk lebih jelasnya, coba baca artikel saya dengan judul : 16 Tips Ampuh dan Paling Manjur Mengobati serta Mencegah Penyakit Infeksi Jamur (Panu, Kadas/Kurap) atau URL : http://bambang-warsita.blogspot.com/2014/01/16-tips-ampuh-dan-paling-manjur.html.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  29. Dear mz bambang ini ank saya gatal dbagian kaki telapak kaki smpk lutut sama dia dgaruki terus sampai merah merah akhirnya mbekas bulet2 kayk cacar...sdh sya kasik salep garamycin kok ttp ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak/Mas,
      Banyak penyebab gatal, bisa juga dikarenakan bakteri, jamur, tungau, dsb. Karena informasinya sangat terbatas, saya belum bisa memastikan penyebabnya. Namun bila hanya terdapat beberapa bentol, kemungkinan hanya akibat bakteri, pengobatan bisa memakai salep hydrocortisone.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  30. Dear mas bambang

    Apakabar mas...
    Saya mau tanaya,apa obat untuk menghilangkan penyakit kulit seperti kadas,panu ,kudis dll.

    Mohon infonya mas.

    Terima kasih

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Fhelia,
      Sudah saya tanggapi komentarnya diatas. Saran saya, coba mbak baca artikel saya tentang pengobatan infeksi akibat jamur. Kalo kurang jelas, mbak boleh komentar pada artikel tersebut ya...
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Salam : Bambang Warsita

      Hapus
  31. dear mas bambang

    Terima kasih banyak

    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Fhelia Putri,
      Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  32. Dear Pak Bambang, Saya mempunyai masalah pada bayi saya yang berumur 5bulan. Seringkali anak saya menggosok-gosok telinga dan menggaruk telinganya. Bahkan juga sering menusuk-nusuk telinga dengan ujung jari sampai berdarah. Kadang-kadang disertai kotoran telinga yang berlebihan dan bau kotoran telinga yang tajam berbentuk cair dan kadang telinga nya berkerak serta menimbulkan rasa gatal yang memicu anak saya untuk menggaruk. Ada apa dengan anak saya ya? Apa perlu dibawa ke spesialis tht atau spesialis kulit? Untuk saat ini salep apa yang bisa saya gunakan?
    Must to know Anak saya ada bakat alergi dari saya dan suami.
    Terimakasih sebelumnya, mohon dijawab ya Pak Bambang yang baik hati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Reni Widianingsih,
      Besar kemungkinan ada masalah dengan bagian di sekitar rongga telinga. Penyebabnya bisa karena masuk air saat memandikan, infeksi bakteri, dsb. Kotoran akan mudah lengket pada cairan tersebut dan menjadi kerak.
      Saran saya sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis THT. Untuk sementara waktu, coba berikan baby oil di sekitar bagian telinga untuk mengurangi rasa gatal. Dan sebaiknya tangan si kecil diberi sarung tangan supaya tidak luka saat menggaruk bagian sekitar telinganya.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  33. Mlm mas, anak saya 6bln, dijariny ada bintik merah bulat sepertiny berisi cairan ... Kira2 kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Dhee
      Banyak penyebab timbulnya ruam, bisa karena bakteri, jamur, tungau, dsb. Karena info nya sangat terbatas, saya belum bisa memastikan penyebabnya. Namun demikian tidak ada salahnya anda mencoba memberikan lotion yang mengandung zinc oxide (misal caladin) untuk membantu mengatasi ruam tersebut. Bila dalam 3 hari tidak kunjung membaik, maka sebaiknya si kecil diperiksakan ke dokter spesialis anak untuk memastikan penyebab dan pengobatannya. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  34. Mlm mas, bayi sy 6 bln, ada bintik2 kecil bulat dijarinya,ada 3dijari2, 1 yg terlihat paling agak besar dipunggung tangannya berwarna agak merah,terlihat seperti ada cairan didalamnya... Kenapa ya? Sy agak kaget soalny baru kali anak sy sprti itu.takutnya menimbulkan infeksi dikemudian hari karena dia sering memasukkan tangannya itu ke mulutnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Dhee,
      Komentarnya sudah saya tanggapi seperti diatas ya.. salam : Bambang Warsita

      Hapus
  35. mlm mas,mau tanya anak sy berumur 14 bulan,kmrin sempat panas 4 hr,setelah panasnya reda keluar bentol2 tp tdk berair,,kalau roseola ini kok g sembuh2 ya padahal dah hampir 1 bulan,sebagian hilang sebagian muncul bentol baru kdang ada yg spt bengkak kecil dn agak keras,tiap malam gatal terus,,kira2 penyakit kulit jenis apa dan bagaimana penangananya?trima kasih

    BalasHapus
  36. mlm pak,mau tanya anak sy umur 14 bulan kmrin sempat panas 4 hr stlah panas reda muncul bintik2 g berair hanya di bagian tubuh yg terlihat spt kaki tangan dn wajah,kalau roseola kok hampir sbulan blum sembuh malah sbagian hilang lalu muncul yg baru lgi,kdang ada yg spt bengkak kecil dn agak keras,,tiap malam gatal melulu,kira2 pnykit apa dn bagaimana penangananya?trima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Niswa,
      Kalo awalnya demam dan muncul bentolnya tidak berair, kemungkinan merupakan penyakit campak. Coba baca artikel saya dengan judul : Tanda dan Gejala Penyakit Campak pada Anak atau URL : http://bambang-warsita.blogspot.com/2012/11/tanda-dan-gejala-penyakit-campak-pada.html. Dan artikel :
      9 Langkah Jitu Penanganan dan Cara Ampuh Pencegahan Penyakit Campak pada Anak atau URL : http://bambang-warsita.blogspot.com/2012/11/9-langkah-jitu-penanganan-dan-cara.html.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  37. Malam pak bamz..anak sy sdh seminggu mengalami gatal dibagian dalam telapak kaki..gmn ya cara penyembuhannya? Kalo di garuk semakin gatal sperti ada cairan didalam telapaknya.mohon pencerahannya..takutnya digaruk jd luka.anak sy umur 4,5thn.mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Suci Lestari,
      Apakah gatal tersebut menjalar ke bagian tubuh lain atau hanya ada satu titik yakni di bagian telapak kaki. Bila hanya di bagian telapak kaki saja, bisa jadi kemungkinannya akibat infeksi jamur. Untuk memastikannya, coba baca artikel saya dengan judul : 16 Tips Ampuh dan Paling Manjur Mengobati serta Mencegah Penyakit Infeksi Jamur (Panu, Kadas/Kurap) atau URL : http://bambang-warsita.blogspot.com/2014/01/16-tips-ampuh-dan-paling-manjur.html
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  38. Pagi mas... sy punya seorang putri umur 5 bln. Setiap malam sering ngucek2 muka, jidat, telinga, dan mata. Sampai2 semua area yg di garuk atau dikucek timbul ruam merah atau bercak merah. Kadang2 bagian mata sampai seperti sembab krna sering ngucek mata. Kalau boleh tau itu kenapa ya mas. Saya udah kasih bedak kocok bayi, dan caladine cair untuk ngurangin gatalnya tp ttp gk berhasil. Selalu setiap malam suka seperti itu. Apakah ini krn alergi ya mas? Tp semua makanan yg bikin akergi buat bayi udh sy pantangin. Trus tambah lg bayi sy sering keringat banyak di jidat dan kepala klo lagi tidur atau pun lg aktifnya. Salep apa ya mas yg bisa mengurangi rasa gatal dan ruam merah buat bayi umur segitu mas?

    BalasHapus
  39. Pagi mas... sy punya putri umur 5 bulan. Hampi srtiap malam selalu mengalami gatal di sekitar wajah, telinga, mata dan kepala. Sampai2 timbul ruam merah disetiap area yg gatal. Anak saya itu karena alergi atau apa ya mas? Sementara dy masih asi ekslusif. Trus apa ya obat yang bisa mengatasi hal tersebut? Makasih sebelumnya mas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Riecha Ropita,
      Banyak penyebab timbulnya gatal, bisa jadi karena kulit bayi sangat sensitif terhadap suhu udara (panas), sensitif terhadap keringat, sehingga timbul biang keringat (ruam merah) dan gatal.
      Coba tips berikut :
      1. Mandikan bayi dengan air hangat yang dicampur sedikit larutan antiseptic,
      2. Lap dengan handuk yang lembut,
      3. Biarkan sejenak kira-kira 5-10 menit agar kulit bayi mendapatkan udara segar,
      4. Oleskan baby cream, baby lotion, atau baby oil untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kulitnya, mengurangi pengelupasan, gesekan kulit, serta mendinginkan kulit bayi
      5. Tempatkan bayi dalam ruangan yang sejuk (ber AC) dan atur suhu ruangan agar terasa sejuk.
      Bila dalam 3 hari tidak menyelesaikan masalah, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter anak.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  40. mas, anakq usia 5 thn. sjak kemaren gatal tp cm d bagian tangan dan kaki. muncul bintik2 kecil berair dan di bagian telapak tangan dan kaki muncul bintik2 merah. dan sakit pd tenggorokan saat menelan. sebaiknya d kasih salep apa yah?
    g tega saya melihatnya semalam g bs tidur karena gatal. mohon sarannya dan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Alya Azzahra,
      Karena bintik kecil berair, saya khawatir ini gejala penyakit campak. Untuk lebih memastikannya, coba anda baca artikel saya dengan judul : Tanda dan Gejala Penyakit Campak pada Anak atau URL : http://bambang-warsita.blogspot.com/2012/11/tanda-dan-gejala-penyakit-campak-pada.html
      Bila tandanya mirip dengan penyakit campak, maka untuk penanganannya juga bisa dibaca pada artikel tersebut.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  41. Mohon maaf, mau tanya Pak.
    Pada wajah anak saya (usia 6 thn) timbul bercak putih (seperti panu) dan gatal.
    Apa boleh digunakan Salep/Krim "Fungiderm" atau "Hidrocortison Asetat 2,5%" ??
    Mohon penjelasannya.
    Terimakasih sebelum dan sesudahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Yoza,
      Bila bercak putih dan gatal, kemungkinan memang infeksi jamur yang disebut panu. Pengobatan bisa menggunakan obat anti jamur topikal (salep/krim) seperti clotrimazole, miconazole atau terbinafine. Salep Fungiderm mengandung clotrimazole, jadi sudah cocok untuk mengobati panu tersebut.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  42. Mau tanya nih pak..anak saya 1 tahun.. Kemarin demam siangnya muncul seperti jerawat yg bnyak di kedua lututnya..merah tapi tidak berair hanya bila disentuh si bayi langsung nangis..sekarang bentol2 mulai menyebar ke area betis,paha,lengan dan punggungnya... Dia jadi malas minum asi dan makan... Sudah saya kasi salep hydrocortisone tapi masih memerah jerawat2 yg di lututnya itu malah makin banyak.. Tlg di jawab pak byi saya kena apa ya? Klo campak kok bisa padahal dia sudah imunisasi campak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas/Mbak,
      Bila ada gejala demam dan bintik kecil, bisa saja kemungkinan memang campak. Terkadang meskipun balita sudah diimunisasi bisa saja terkena penyakit campak.
      Untuk memastikannya, segera dibawa ke dokter anak untuk medapatkan penanganan. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  43. Permisi pak saya mau tanya anak saya umur 9 bulan dia sering gatal di kepala telinga dan kepala Bagian belakang pak sampai di bagian atas kepala ada luka yang bau nya amis pak itu penyebabnya apa yah dan cara pengobatan nya bagaimana ??

    terima kasih.

    BalasHapus
  44. Permisi pak saya mau tanya anak saya usai 9 bulan jalan dia sering gatal di bagian kepala jidat telinga dan kepala Bagian belakang pak sering keluar bintik merah juga di bagian wajah sampe jadi luka dan di kepala juga tumbuh luka pak itu penyebabnya apa yah dan cara pengobatan nya seperti apa,,
    mohon saran nya pak :-)
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Sigit,
      Gatal tersebut kemungkinan bisa karena keringat, gigitan serangga, bakteri, dsb.
      Bila digaruk maka akan menimbulkan luka dan terinfeksi bakteri. Untuk mengatasinya coba pakai salep hydrocortisone. Namun sebelum diberikan salep, sebaiknya dibersihkan dulu dengan air hangat yang dicampur larutan antiseptik seperti dettol, dsb. Setelah itu, oleskan povidone iodine dan biarkan kering beberapa saat (dianginkan). Lalu oleskan salep hydrocortisone. Tutup dengan kapas/kasa dan diplaster biar tidak digaruk si kecil.
      Ulangi proses ini 3x sehari sampai sembuh.
      Bila tidak kunjung membaik, segera bawa ke dokter spesialis anak untuk mendapat penanganan yang tepat. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang warsita

      Hapus
  45. selamap pagi...
    mau tanya anak saya usia 2tahun lebih terkena gatal2 pada telapak tangan dan telapak kai ada bintik2 merah kira2 pa obatnya dan gimana menaganinya agar cepat sembuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Ari,
      Saya belum bisa memastikan penyakit apa, karena informasinya sangat terbatas. Saran saya, coba pakai bedak yang mengandung salycil untuk mengurangi rasa gatal. Bila tidak menyelesaikan masalah, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  46. Dear pak bambang warsita ,
    maaf pak mau tanya kalau yang terjadi di anak saya gatalnya belum sembuh sudah 2x ke dokter tapi tidak ada perubahan ciri2 gatalnya kayak bintik di telapak tangan dan di telapak kaki banyak bintik ber air dan ada 1 bintik yang sudah besar dan keras kayak kulit mati .mohon bantu pencerahan nya pak . terima kasih

    regards,
    Lutfy Gosal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Lutfy Gosal,
      Saya khawatir itu infeksi akibat tungau atau biasa disebut scabies. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel saya dengan judul : Tips Ampuh Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Kudis atau Kudisan (Scabies) atau URL : http://bambang-warsita.blogspot.com/2013/04/tips-ampuh-pencegahan-dan-pengobatan.html
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  47. Selamat pagi pak, anak saya umur 2tahun.seluruh badan nya merah2 seperti alergi tp sebelumnya tdk makan makanan yg bs mencetus alergi.obat apa yaa pak utk menghilangi gatalnya? Terimaksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak/Mas,
      Banyak penyebab timbulnya merah-merah bentol pada tubuh. Kemungkinan karena kulit si kecil yang sensitif, alergi, bakteri, virus, dsb. Untuk memastikannya memang harus diperiksakan ke dokter. Namun demikian untuk pertolongan pertamanya bisa dengan memakai bedak yang mengandung salycil (merknya bebas).
      Bila tidak kunjung membaik, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter spesialis anak untuk mendapat penanganan yang tepat.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  48. Assalamu alaikum
    Saya mw nanya nih.. Anak sy sring skli menggaruk wjahnya..dari wjah leher kepala smpai punggung digaruk..kl diperhatikan ada bntik kcil dan kasar gitu dbagian yg dgaruk.. Gak mrrah cm kyak kering gitu.. Aplgi kl druangan yg gak ber AC lngsung kumat deh gatalnya.. Wktu umr 2thn prnah sy bawa kdokter ktnya biang keringat.. Skr anak sy sdh berunur 3 thn 9 bln.. Sy ksian dia sring bgt garuknya.. Kira2 apa ya yg bs mnyembuhkan.. Sy gak bw kdokter lg krn stiap abs salep gatalnya mncul lg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Yulianty Ibrahim,
      Wa alaikum salam wr. wb.
      Kemungkinan gatal tersebut karena biang keringat dan akibat suhu udara yang panas (gerah)sehingga membuat kulit balita menjadi kering.
      Untuk mengurangi rasa gatal, coba pakai baby oil agar kulit si kecil bisa tetap terjaga kelembabannya.
      Caranya : Mandikan si kecil dengan memakai air hangat yang dicampurkan larutan antiseptik (seperti dettol, dsb). Tujuannya untuk mencegah berkembang biaknya bakteri pada kulit.
      Setelah selesai mandi oleskan seluruh permukaan kulit si kecil dengan baby oil atau baby lotion Bila terjadi ruam (bentol), bisa digunakan cream yang mengandung zinc oxide (merk terserah, misal baby dee, dsb).
      Bila tidak kunjung membaik, segera dibawa ke dokter spesialis anak untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  49. Dear mbak Widya Septiana,
    Banyak penyebab gatal, bisa karena bakteri, virus, jamur, gigitan serangga,temperatur udara yang panas, alergi, dsb. Untuk memastikannya memang harus dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis anak. Namun demikian untuk mengurangi rasa gatal dan ingin menggaruk pada si kecil, bisa dilakukan dengan memberikan baby oil atau lotion atau bisa juga memberikan bedak yang mengandung salycil. Selain itu, coba atur suhu ruangan (AC) agar terasa sejuk, tidak membuat si kecil merasa gerah, banyak berkeringat, sehingga memudahkan bakteri berkembang biak serta menyebabkan gatal pada si kecil. Bila dalam waktu 3 hari tidak membaik, segera dibawa ke dokter anak untuk dilakukan pemeriksaan.
    Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

    BalasHapus
  50. Mas saya mau tanya dong, anak saya usia 6bln sering bngt keluar bintik berair di telapak tangAn dan telapak kaki, tp ga lama 2 hari ilang, tp hbs itu muncul lg dsebelahnya, kira kira obatnya apa ya

    BalasHapus
  51. Mas bambang mau tanya dong, anak saya usia 6 bln, sering sekali keluar bintik2 berair di telaoak tangAn dan kaki, tp cm 2hr ilang tp nanti keluar lg, kira2 obatnya apa ya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Deva,
      Karena informasinya terbatas, saya tidak bisa memastikan penyebab bintik berair tersebut. Namun kemungkinan besar hanya merupakan biang keringat akibat temperature yang panas atau suhu ruangan yang kurang sejuk. Untuk mengatasinya bisa dengan mengoleskan baby oil atau baby lotion pada bagian yang bintik. Selain itu sebaiknya suhu ruangan dijaga agar senantiasa terasa sejuk, atur suhu AC sekitar 19-24 derajat celcius. Saat memandikan bayi, campur sedikit larutan antiseptic yang banyak dijual seperti dettol, betadine, dsb
      Bila bintik berair tidak hilang dalam 3 hari, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter anak untuk memastikan penyebabnya.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  52. Mas, saya mau tanya anak saya berumur 4thn perempuan beberapa hari yg lalu saya liat bagian bokonngnya bintik2 merah tapi tipis....terus saya kasih salep ruam kemudia hilang...tapi 3 hari kemudia saya liat dia garuk2 pantatnya terus saya lihat ternyata dibagian pantatnya timbul bentol2 kecil merah sampai kedubur bahkan kebagian tepi vagina...saya sudah kasih obat ruam 2hari ini tapi tidak ada perubahan dan anak saya bilang gatal jadi dia garuk2 sampai lecet...kalo saya boleh tau itu kenapa yach..berbahayakah??..atau saya harus kedokter??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Ester Nurcahyadi,
      Banyak kemungkinan penyebab timbulnya bentol (ruam), seperti :
      1. Terjadi reaksi kimia antara bakteri dan amonia dari tinja serta air seni sehingga memicu iritasi kulit
      2. Celana si kecil dicuci menggunakan bahan deterjen atau pemutih dengan proses pencucian dan pembilasan yang kurang sempurna (masih ada sisa zat kimianya) sehingga menimbulkan iritasi pada kulit
      3. Kulit si kecil relative sensitive dan alergi terhadap bahan pakaian (celana) tertentu, dsb
      Untuk mengatasi hal ini sebenarnya bisa menggunakan krim khusus ruam popok yang mengandung zinc oxide, misal baby-dee, pigeon baby cream diaper rash, dll. Namun kalo sudah dicoba dan tidak ada kemajuan, coba gunakan salep hydrocortisone. Oleskan tipis saja pada bagian yang bentol dan usahakan si kecil jangan menggaruk bagian yang bentol karena akan menimbulkan luka/infeksi. Bila perlu tutup dengan kapas atau kasa dan diplaster biar tidak lepas.
      Bila dalam waktu 3 hari tidak ada kemajuan, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  53. Mas bambang,
    Saya agustina punya anak umur 7 bulan
    Sekarang sedang sakit gatal - gatal dibagian kaki ,tangan,muka,dan kepala
    Berupa bintik2 merah sebesar jarum pentul dan sudah menghitam, padat, tidak berair dan tdk menular
    Sakitnya sudah hampir 2 minggu lebih
    Sudah 4 x ke dokter katanya alergi
    Dan smpai sekrg belum sembuh juga
    Dia sering mengaruk disaat malam hari pda waktu tidur,
    Kira2 itu penyakit apa ya dokter
    Dan bagaimana cara menyembuhkannya
    Terima kasih dokter bambang,

    BalasHapus
  54. Malam dokter bambang,
    Saya tina punya bayi usia 7 bulan,
    Mau tanya ya dokter,,
    Bayi saya timbul bintik2 merah paling besar, sebesar jarum pentul dibagian kaki betis hingga telapak dibagian tangan,muka dan kepala,
    Tapi dibagian perut tdk ada,,
    Gejalanya sudah berlangsung 2 minggu lebih sudah 4 x kedokter tapi belum sembuh juga,,
    Dokter bilang itu alergi,
    Gejala lain sering gatal2 tapi hanya pada malam hari saja,
    Saya sangat penasaran bayi saya kenpa apakah memang hanya alergi,kalau iya alergi apa ya atau karna gigitan serangga lalu menyebar atau ada faktor lain,,
    Saya mohon bantuan dan solusi dokter bambang,semoga anak saya bisa sembuh,,
    Sekarang anak saya sedang mengkonsumsi obat cetirizine dan salep gentamicin sulfate 0,1%

    Ditunggu jawabannya ya dokter,terima kasih,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Tina Qila,
      Banyak penyebab timbulnya gatal-gatal, bisa karena alergi, bakteri, jamur, virus, gigitan serangga, dsb.
      Mengingat si kecil baru berusia 7 bulan, saran saya sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak.
      Untuk obat cetrizine sebenarnya hanya mengurangi rasa gatal dan salep gentamicin berfungsi untuk mencegah serta mengobati infeksi akibat bakteri.
      Bila hanya bentol dan tidak berair, coba pakai salep hydrocortisone, oleskan tipis saja pada bagian yang bentol 3x sehari. Bila dalam waktu 3 hari tidak ada kemajuan, silahkan diperiksakan ke dokter spesialis anak.
      Mohon maaf mbak saya bukan dokter, saya berbagi hanya berdasarkan pengalaman pribadi saya dan keluarga.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  55. Pak bambang saya mau tanya anak saya berumur 19bulan udah mau dua minggu dia ada bintik di daerah selangkangan dan suka di garuk garuk mungkin karena gatel obat yang paling ampuh selain salep hydrocortisone apa lagi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Eneng Dinar,
      Kemungkinan gatal disebabkan reaksi kimia antara bakteri dan sisa air seni bayi. Untuk mengobatinya coba pakai cream yang mengandung zinc oxide misal baby-dee, pigeon baby cream diaper rash, dsb. Silahkan dicoba, bila 3 hari tidak ada kemajuan maka sebaiknya segera diperiksakan ke dokter spesialis anak. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  56. Pak bambang yg baik hati.anak saya umurnya masuk 6 bulan.di sekitar leher paha muncul bercak2 merah dan mengakibatkan kulitnya merah dan keputihan. Bisa jadi sebabnya biang keringat.lembab karena badannya gemuk sehingga tdk kena udara.sekalipun sudah di pakaikan baju singlet.dan sudah dikasih beberapa salep flucort_N.serbuk PK yg di campur air mandi dan bedak salicyl.namun masih merah2.sebaiknya bagaimana? dan ini baru mencoba salep inerson...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Saiful Aziz,
      Kemungkinan hanya biang keringat dikarenakan kulit si kecil yang sangat sensitif terhadap suhu (temperature). Untuk mengatasinya bisa dengan mengoleskan baby cream, baby lotion, atau baby oil. Tujuannya agar kelembaban dan kelembutan kulitnya tetap terjaga. Selain itu, baby oil/cream/lotion juga dapat mengurangi pengelupasan dan mendinginkan kulit bayi, sehingga bayi merasa nyaman.
      Bila mandi sebaiknya air mandi dicampurkan sedikit cairan antiseptic (misal dettol, betadine, dsb). Lap dengan handuk yang lembut, dan biarkan kira-kira 10 menit agar kulit bayi mendapatkan udara segar. Setelah itu bisa dioleskan baby oil/cream/lotion.
      Bila dalam waktu 3 hari tidak ada perkembangan, silahkan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  57. Mas BW, anak sy usia 2 thn, skrg kena benjolan berair berair di kaki,sela2 jari kaki, selangkangan,sampai ke pantat. Isi benjolanx bening ky air dan besarx krg lbh sbsar biji kacang ijo. Tp sy lht gk ada garis2 merah(trwongan) apa boleh sy ksh salep scabicid cream ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Ira Wati,
      Perhatikan tanda-tanda scabies, yakni akan lebih terasa sangat gatal saat malam hari, bentol timbul dalam jumlah banyak pada tempat tertentu seperti sela2 jari, telapak tangan, siku, selangkangan, dsb yang bila dilihat sepintas saling terhubung (mirip gundukan/terowongan).
      Kalo ya, berarti kemungkinan besar memang scabies dan bisa menggunakan salep scabicid. Namun bila tidak, bisa jadi hanya infeksi bakteri biasa akibat kulitnya yang masih sangat sensitif.
      Untuk lebih memastikannya, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis anak.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  58. Pak Bambang, anak saya kena demam scarlet sekitar 2 bulan lalu. skrg masih ada pengelupasan kulit di telapak kaki, badannya sekarang gatel2 permukaan kulit yang gatel seperti bulu kuduk merinding agak kasar. Apakah itu penyebabnya demam scarlet juga atau yg lain ya? apakah ada obatnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Debora Sidabutar,
      Sepengetahuan saya demam scarlet disebabkan oleh bakteri Streptococcus dengan gejala timbulnya ruam pada kulit.
      Memang bisa saja terjadi pengelupasan kulit akibat ruam tersebut. Saran saya sebaiknya anda periksakan si kecil ke dokter spesialis anak.
      Untuk sementara bagian kulit yang terasa gatal bisa diberikan bedak salycil atau bisa juga dengan mengoleskan baby oil untuk menjaga kelembaban kulit dan mengurangi rasa gatal.
      Demikian infonya dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  59. salam kenal mas BW. anak sya umur 3th 10bln. dilututnya muncul bintik2 putih, lama2 bernanah. 1 bln tak kunjung sembuh, sudah diobatin berbagai macam salep. pernah kering, eh..muncul lagi bernanah. klo sbelumnya bintik tsb besar paling ad 5 biji, skrg jadi bnyak dan kecil2. kira2 kenapa ya? dan ap obatnya?;

    BalasHapus
  60. kalau malam gatal banget. padahal udah pakai AC di kamar... kdg2 digaruk. mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Bubunaf,
      Saya khawatir anak anda terkena penyakit scabies. Untuk memastikannya, coba anda lihat ciri-cirinya dengan membaca terlebih dahulu artikel saya dengan judul : Tips Ampuh Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Kudis atau Kudisan (Scabies) atau URL : http://bambang-warsita.blogspot.com/2013/04/tips-ampuh-pencegahan-dan-pengobatan.html
      Nanti mbak boleh tulis komentar pada artikel tersebut ya.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  61. hi mas anak saya sudah kedokter dan dibilang scabies udah dikasih salep 24 dan scabimite jg,kami sekeluarga juga pake, masih garuk2 sih katany juga ga kan langsung ilang, nah untuk merah2 akibat digaruk itu bisa sy kasih salep apa ya biar rada mendingan, kasian setiap malam masih garuk2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak,
      Memang benar mbak, tidak bisa langsung hilang. Perlu waktu sekitar 1 minggu untuk memastikan bahwa tungau sudah dibasmi seluruhnya. Bila sudah sembuh tidak timbul rasa gatal-gatal pada kulit.
      Untuk mengurangi rasa gatal, bisa memakai baby lotion atau baby oil saja.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW....salam : Bambang Warsita

      Hapus
  62. Assalamualaikum mas,anak sya berusia 14bulan mengalami gatal2 dan timbul bintik2 merah pada kepala dan seluruh anggota tubuh termasuk kelamin.sudah ke dokter katanya si biang keringat di kasih obatnya malah amoxilin dan anti alergi dan sekrg belum jg sembuh sdh 3 mnggu. Padahal saya coba mandikan dg dicampur PK dan hbis mandi sya taburi bedak salycil kadang herocyn serta salep chloramfecort_H. Mohon solusinya, terimakasih

    BalasHapus
  63. Pa bambang anak saya berusia 14 bulan. Sudah hampir 3 minggu penyakit gatalnya belum juga sembuh.timbul bintik2 merah,sudah ke dokter katanya sih biang keringat. Tp ko lama ya sembuhnya. Padahal setiap mandi saya gunakan PK dan setiap habis mandi sy taburi bedak salycil kadang herocyn.dan saya kasih salep chloramfecort_H.setiap malam anak sya terganggu tidurnya karena menangis dan garuk2 pada kepala,leher,ketiak,tangan,dada,perut, punggung,selangkangan paha,kaki dan dekat kelaminnya. Mohon solusinya pa bambang, terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Witnasari
      Banyak penyebab timbulnya gatal-gatal, bisa karena biang keringat, alergi, gigitan serangga, virus, bakteri, jamur, dsb. Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan gejala lainnya seperti ada tidaknya demam, mual, muntah, dsb. serta pemeriksaan sample darah. Saran saya sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter anak lainnya untuk meminta second opini. Untuk sementara waktu mengurangi rasa gatal, bisa dioleskan baby oil atau baby lotion. Selain itu, usahakan anak ditaruh di ruangan yang sejuk (AC) untuk mengurangi rasa gatal dan menjaga kelembaban kulitnya.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  64. salam pak bambang, anak saya umur 2 bulan, bbrp minggu ini di wajah dan bagian perut terdapat bintik2 merah, kdg hilang kdg ada lg, kdg warnanya merah bgt kdg biasa aj hanya bintik2, sudah ganti sabun mandi bbrp x, trus udh pake salep hydrocortisone tp tetap gitu kdg ada kdg hilang bintik2nya, dan klo mlm hari terasa gatal bayiku suka garuk2 wajahnya, it kira2 knp y pak, mohon solusinya trimakasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Kak Junita hutajulu,
      Mengingat usia nya masih 2 bulan, kemungkinan hanya kulitnya yang sensitif terhadap temperatur (suhu). Untuk mengatasinya :
      1. Tempatkan si kecil di ruangan yang sejuk (AC), atur suhu yang ideal
      2. Bila masih gatal, oleskan baby lotion/baby oil untuk tetap menjaga kelembaban kulitnya sekaligus mengurangi rasa gatal
      3. Bila mandi dengan air hangat campurkan sedikit larutan antiseptic (misal dettol) pada air mandinya dan gunakan sabun baby
      4. Setelah mandi, lap kering dan diangin-anginkan sebentar, lalu berikan bedak salycil (merk terserah) untuk mengurangi rasa gatal.
      Bila dalam waktu 3 hari tidak ada kemajuan, atau ada implikasi gejala lain seperti demam, dsb maka sebaiknya segera diperiksakan ke dokter spesialis anak.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  65. Mas Bambang anak sy usia 6 bln sering timbul bentol2 merah dan keras pada kulitnya,tapi tidak bernanah/berair, ketika sembuh bentolnya membekas jadi berwarna hitam dan susah dihilangkan. Kalo sembuh dibagian yg satu muncul lagi dibagian tubuh yg lain. Kira2 kenapa ya mas ?
    Mohon solusinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Ade Hendy,
      Kemungkinan peradangan bisa dikarenakan infeksi bakteri, virus, gigitan serangga, alergi bahan tertentu, dsb. Saran saya sebaiknya anda periksakan terlebih dahulu ke dokter spesialis anak. Namun kalo untuk sementara waktu mengurangi bentol bisa dengan memakai bedak yang mengandung salycil (merk apa saja) dan juga jangan lupa memberikan baby oil atau baby lotion untuk menjaga kelembaban kulit si kecil.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang warsita

      Hapus
  66. Pak bambang anakku umur 9 bulan anakku sering sekali garuk leher bagian belakang pak? Apa itu termasuk alergi? Trus apa obatnya pak?
    Soalnya tiap malem anak saya juga sering kebangun setelah di kasih ASI tidur lagi?
    Anak saya juga konsumsi sufor SGM ANANDA SOYA Mohon solusinya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak/Mas,
      Belum tentu itu alergi, mungkin hanya biang keringat atau bisa juga karena infeksi bakteri, jamur, dsb. Coba berikan bedak yang mengandung salycil (merk apa saja) atau bisa juga mengoleskan baby lotion atau baby oil. Usahakan suhu kamar tetap sejuk. Bila dalam 3 hari tidak ada perkembangan, segera periksakan ke dokter spesialis anak untuk mendapat penanganan yang tepat.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  67. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Wilis,
      Keringat pada lipatan kulit bila tidak cepat dibersihkan memang menjadi lahan yang subur bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak. Saya tidak bisa memastikan apakah itu akibat infeksi jamur atau karena infeksi bakteri. Saran saya sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter. Namun demikian, untuk sementara waktu mengurangi rasa gatal dan infeksi yang sudah bernanah, anda bisa mencoba tips berikut :
      1. Mandikan si kecil dengan air hangat yang sudah dicampur dengan cairan antiseptic (misal dettol, betadine, PK, dsb)
      2. Keringkan tubuh dengan handuk bersih. 3. Khusus bagian yang bernanah, bersihkan dengan povidone iodine (misal betadine, dsb), biarkan kering sebentar (diangin-anginkan) lalu oleskan salap garamycin atau gentamycin.
      4. Tutup dengan kain kasa biar tidak digaruk atau tersentuh tangan si kecil
      5. Ulangi proses ini setiap habis mandi
      6. Untuk bagian tubuh lain, berikan bedak yang mengandung salycil (merk apa saja) untuk mengurangi rasa gatal
      7. Cara lain adalah dengan memberikan baby oil atau baby lotion untuk menjaga kelembaban kulitnya (agar ia tidak merasa gerah ketika cuaca panas0
      8. Atur suhu ruangan (AC) dalam kondisi sejuk untuk mengurangi rasa gerah atau keringat yang berlebihan
      Bila dalam waktu 3 hari tidak menyelesaikan masalah, silahkan berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW....salam : Bambang Warsita

      Hapus
  68. Slmt sejahtera pk bambg warsita
    Pk sya mw tanya knpa sya setiap pke kalung gatal2 trs ya pk, semua jenis klau maupun emas, dan ap ini dinamakn alerg atau apa pk
    Tolong pk solusi y bagaimna dan ada crakah yg buat ampuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Dinda Inda,
      Kemungkinan besar kulit mbak terlalu sensitif dengan jenis logam atau bisa juga dikarenakan logam tersebut terkontaminasi bakteri tertentu. Saran saya, coba periksakan terlebih dahulu ke dokter spesialis kulit. Untuk sementara waktu bila anda ingin menggunakan kalung (perhiasan), taburkan bedak salycil (merk apa saja) pada bagian kulit di sekitar leher (yang akan dilingkari kalung tersebut). Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  69. Salam pak..anak saya tgl 9 bln agustus ini genap 4 tahun.udah 1 minggu ini gatal dibagian telapak kaki tapi kondisi kulitnya masih normal. Apa itu termasuk alergi? Obat apa yg harus dipakai ? Yg udah saya pakai salep neo ultrasiline clotrimazole selama 3x,tp blm ada pengaruh apa2.malahan semalam tambah parah gatal2 nya. Mohon diberi penjelasan ya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Ina,
      Kalo gatal pada telapak kaki, bisa saja kemungkinan akibat infeksi jamur yang dikenal dengan nama Tinea pedis atau Tinea pedum atau Athlete's foot (kurap kaki) sering disebut masyarakat awam dengan nama kutu air.
      Pengobatan bisa dengan anti jamur topikal (salep/cream) seperti : miconazole , clotrimazole , tolnaftate, terbinafine, butenafine. Nah, salep yang mbak pakai termnasuk mengandung clotrimazole, jadi sudah benar. Hanya saja perlu diketahui bahwa pengobatan akibat infeksi jamur tidak bisa instan (3x pakai langsung sembuh...hehehe). Perlu waktu 2-4 minggu pengobatan rutin dan harus dipakai setiap hari 3x sehari. Untuk alternatif pengobatan, bisa juga dengan larutan 1% kalium permanganat (PK) yang dilarutkan dalam air hangat pada ember/baskom, rendam kaki kira-kira 5-10 menit, lakukan 2x sehari pagi dan sore atau setelah mandi. Bila dalam waktu 2 minggu tidak ada tanda-tanda kemajuan, silakan berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita