11 Tips Ampuh Mengatasi Susah Buang Air Besar (Sembelit) pada Bayi dan Anak


Kesulitan buang air besar ( BAB ) bisa terjadi pada siapa saja baik orang dewasa maupun bayi dan anak-anak. Mungkin sebagian besar orang tua yang memiliki bayi pernah mengalami masalah susah buang air besar atau konstipasi yang terjadi pada bayinya. Istilah yang umum kita kenal di masyarakat adalah sembelit.. Bayi bisa mengalami konstipasi atau sulit buang air besar bilamana frekuensi buang air besar kurang dari 3 kali per minggu, dengan kondisi tinja (feses) yang keras sehingga harus lebih me-ngeden dan bayi atau anak sering menangis kesakitan untuk mengeluarkan tinja saat buang air besar (BAB). Biasanya hal ini terjadi pada bayi yang berusia diatas 1 tahun. Andaikata pun terjadi pada bayi pada usia kurang dari 1 tahun, lebih disebabkan kurangnya konsumsi air minum, banyak mengkonsumsi susu formula, atau orang tua memaksakan bayi untuk mengkonsumsi makanan dengan tekstur lebih padat sebelum waktunya (usia kurang dari 1 tahun). Sembelit merupakan kelainan yang terjadi pada saluran pencernaan dan karena berbagai faktor penyebab, seperti  :
  1. Kurang konsumsi air minum menyebabkan saluran pencernaan terganggu
  2. Pola makan yang tidak sehat yakni kurangnya konsumsi makanan mengandung serat
  3. Pemberian susu formula yang kurang tepat dengan kadar keenceran yang tidak pas
  4. Pemberian makanan tambahan, dengan tekstur agak kental atau padat padahal usus bayi belum terbiasa mencerna makanan dengan tekstur seperti itu
  5. Hirschprung yakni kelainan syaraf pada usus besar bagian bawah, mulai anus hingga usus di atasnya, sehingga usus tidak mampu melakukan gerakan peristaltik (meremas), yang berakibat penyumbatan kotoran pada usus.
Menghadapi masalah sulit buang air besar atau sembelit terutama pada bayi, seringkali membuat resah dan panik para orang tua. Namun anda tidak perlu khawatir, mudah-mudahan informasi berikut ini bisa membantu Anda mengatasi kesulitan buang air besar pada bayi dan anak anda. Yuk, simak 11 Tips ampuh mengatasi susah buang air besar pada bayi dan anak berikut ini :
  1. Berikan makanan yang mengandung serat yakni dengan memberikan buah-buahan seperti papaya, atau jus buah alami (buah di blender) dan berikan sayuran setiap harinya (misalnya sayuran yang di sup).
  2. Jika bayi anda masih mengkonsumsi ASI, pastikan anda sebagai ibunya mengkonsumsi cukup serat seperti sayuran dan buahan setiap hari
  3. Berikan kacang merah (dibuat sup kacang merah) sebagai sayuran atau bisa dengan memberikan makanan agar-agar yang mengandung serat
  4. Mandikan bayi Anda dengan air hangat agar tubuhnya menjadi rileks sehingga bisa melancarkan buang air besarnya
  5. Berikan air minum (air putih) setiap hari minimal 0.5-0.8 liter (pemberian minum dilakukan secara bertahap sedikit-sedikit namun sering), cara mudahnya anda sediakan saja botol air mineral sesuai ukuran setiap air dan usahakan agar bayi atau anak anda menghabiskannya setiap hari
  6. Jika bayi atau anak anda mengkonsumsi susu formula, coba diencerkan susunya (jumlah air lebih banyak dibanding susu). Jika ini tidak juga menyelesaikan masalah sulit buang besar pada bayi anda, segera ganti susu formulanya dengan yang lain atau ganti dengan susu soya (susu kedelai)
  7. Berikan tepung sagu (nama latinnya Metroxylon Sago Rottbyang biasa dikonsumsi masyarakat di Indonesia Timur sebagai bahan makanan. Sagu mengandung serat yang bisa menjaga mikroflora usus. Penyajian sagu bisa dibuatkan berupa bubur dari tepung sagu yang dimasak, seperti bubur mutiara yang biasanya terbuat dari sari pati sagu yang berbentuk bola-bola kecil dan lebih nikmat dimakan bersama gula jawa ditambah sedikit santan.
  8. Jika anda repot menyediakan sagu dalam bentuk bubur, bisa anda coba melarutkan 3 - 5 sendok makan tepung sagu dalam segelas air hangat, campurkan gula jawa dan garam sebagai penyedap alami dan berikan kepada bayi atau anak anda dengan frekuensi 3 x sehari dan waktu penyajian ½ jam sebelum waktu makan bayi atau anak anda.
  9. Selain untuk mengatasi susah buang air besar, sagu juga bermanfaat sebagai obat untuk penyakit lain seperti maag, kanker usus, disentri, dan berbagai penyakit lainnya yang berhubungan dengan saluran pencernaan.
  10. Jangan anda coba-coba memberikan bayi Anda obat pencahar tanpa resep dokter, karena salah-salah justru akan menimbulkan iritasi pada anus bayi atau anak anda.
  11. Jika tips diatas tidak juga membuahkan hasil, segera bawa bayi atau anak Anda ke dokter untuk berkonsultasi masalah sembelit atau konstipasi ini. Dokter akan mendiagnosa dan mencari tahu penyebab serta akan memberikan penanganan medis yang tepat untuk bayi atau anak anda. Dokter biasanya akan memberikan resep obat-obatan untuk melicinkan jalan kotoran di bagian pencernaan (usus) sehingga bisa membantu memperlancar buang air besar.

149 komentar:

  1. mkasaih mas tips nya. entar may sy coba k anak saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Eko, semoga tipsnya bermanfaat buat anak anda... terima kasih yah sudah berkenan mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
    2. Akan saya coba pk sagu..mksh info nya

      Hapus
    3. Dear mbak Mizukage Herwiati,
      Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
    4. Ikutan nnya mas. Iza serimg susah pup. Umurnya 9 bulan. Kalo susu di campur sagu bsa ga? Kalau bsa carany bgaimana yah? Thx

      Hapus
    5. Dear mbak Uzi,
      Mengingat usianya kurang dari 1 tahun, jika si kecil susah BAB kemungkinan hanya kurang mengkonsumsi air putih, susu formulanya terlalu kental (kurang encer), bayi sudah diberikan makanan pendamping dengan tekstur yang sedikit padat atau kalo mengkonsumsi ASI kemungkinan si Ibu kurang mengkonsumsi serat (sayuran dan buahan).
      Untuk mengatasinya :
      1. Jika memberikan susu formula sebaiknya lebih diencerkan
      2. Berikan air putih sekitar 500 ml - 800ml per hari dan diselang-selingi antara pemberian air putih dan susu formula (jika ia mengkonsumsi susu formula)
      3. Boleh diberikan buah-buahan dalam bentuk jus asli yang anda buat sendiri
      4. Bila ingin memberikan sagu, sebaiknya 30 menit sebelum waktu makannya. Caranya seperti diatas ya, mbak (boleh dibuatkan bubur atau melarutkannya dalam segelas air.
      Maaf mbak, saya belum pernah mencoba mencampurkan susu formula dengan sagu. Saran saya, sebaiknya tidak dicampur dengan susu formulanya, mbak..
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
    6. Anak saya usia 1 tahun 7 bulan ... Saya sudah mencoba sgala mcam hingga tiap bab pke mikrolak trus ... Cuman sekarng sdh bbrpa hari ga bab. Mikrolak nya sdh ga reflek lagi.. Dan ada yg bilang pakai tepung kanji. Saya blm mncoba msih ragu.. Lebih baik mana kanji atau sagu .. Terima kasih mas

      Hapus
    7. Dear mama Dima,
      Bila si kecil mengalami susah BAB, untuk pertolongan pertama sebaiknya bisa dipakai yang alami yakni dengan memberikan bubur sagu. Kalo merasa repot, bisa dengan melarutkan 3 - 5 sendok makan tepung sagu dalam segelas air hangat, campurkan gula jawa dan garam. Berikan dengan frekuensi 3 x sehari dengan waktu penyajian ½ jam sebelum waktu makan.
      Untuk tips lainnya, sebagai berikut :
      1. Berikan buah-buahan, boleh dalam bentuk jus buah asli
      2. Berikan sayuran berupa sup bening, kacang merah, dsb
      3. Banyak mengkonsumsi air putih 800 ml-1000 ml per harinya yang diberikan secara bertahap. Gunakan botol air mineral ukuran 1 Liter dan targetkan dihabiskan setiap hari.
      4. Bila si kecil masih mengkonsumsi susu formula, maka sebaiknya agak diencerkan.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
    8. Mas untuk takaran air
      + tepung sagu (merk rosebrand) airnya seberapa ya? Dan kl di simpan di kulkas boleh ga ? Krn anak2 suka dingin

      Hapus
    9. Takaran airny berapa ya mas untuk campuran sagu ? Dan sisanya bisa di simoan di lemari es kah ? Kl di minim dingin bisa ?

      Hapus
    10. Dear mbak Naomi Juwita,
      Untuk merk tepung sagunya terserah saja yang penting ada tertera komposisinya tepung sagu. Untuk takaran airnya adalah 1 gelas. Kalo mau didinginkan dan anak anda menyukainya tidak ada masalah.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  2. untuk anak setahun harus habis hampir seliter jg air putih nya ya mas? wah banyak sekali yaa. pantas aja anak sy sembelit terus. krn minumnya ga sampe segitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Retno,
      Benar sekali mbak, kira-kira 0.5 s/d 0.8 Liter. Tapi jangan dikasih sekaligus, ntar perutnya malah kembung..hehehehe (sorry, joke..). Caranya, mbak sediakan aja air mineral ukuran 500 ml + 330 ml (harus habis yah), nah berikan secara bertahap, bisa memakai cangkir, atau botol susunya. Bisa diberikan kapan saja, saat makan, dll. Dan ketika memberikan susu sebaiknya agar diencerkan (jangan terlalu kental). Trus sediakan buah-buahan yang mengandung banyak air seperti jeruk, melon, dsb. Supaya si kecil mudah melahapnya, bisa dipotong berbentuk dadu atau dibuat jus.. Jika masih tetap sembelit, ikuti point2 lain pada tips diatas, Insya Allah masalah sembelit si kecil bisa diatasi.. Terima kasih yah sudah berkenan mampir ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
    2. Umur 7 bln udh blh ya mnum air putih sbyk itu?kasian anak saya sembelit n susah pup

      Hapus
    3. Dear mbak Rose Tika,
      Insya Allah gak masalah mbak, kalo minum air putih 500 ml s/d 800 ml dalam 1 hari (maksudnya jumlah minimal air putih yang diperlukan bayi setiap hari). Cuma pemberian air putihnya jangan sekaligus yah, mbak..
      Logika sederhananya, setiap kali kita memberikan susu formula saja, takaran airnya sekitar 100-150 ml. Kalau ia makan biskuit bayi atau makanan pendamping, pastinya juga kita berikan minum air putih, khan mbak...
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
    4. Mas BW, anak saya kurang dari 2 bulan umurnya saat ini, dan sudah susah pup, bisa dibilang frekwensi 1 kali dalam seminggu. Cara mengatasinya bagaimana ya mas....

      Hapus
    5. Dear mbak Wien Winarsih,
      Untuk anak usia 2 bulan, frekuensi BAB sangat tergantung pada banyak sedikitnya asupan. Bila ia hanya mengkonsumsi ASI saja, bisa jadi frekuensi BAB nya 1 kali dalam 1 minggu. Kemungkinan lainnya, si Ibu kurang mengkonsumsi serat (sayuran, buahan) dan kurang minum air putih.
      Namun kalo si kecil mengkonsumsi susu formula, kemungkinan masalahnya karena takaran susu formulanya yang kurang tepat atau terlalu kental. Coba lebih diencerkan lagi susu formulanya. Kalo tidak juga menyelesaikan masalah, ganti susu formulanya dengan yang lain.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
    6. Mas anakku umur 3 tahun kalo pup masih sembelit.. kasian liat nya..

      Hapus
    7. mbak,
      Kemungkinan makanan yang dikonsumsi si kecil kurang serat (sayur dan buah buahan), kurang minum air putih, susu formulanya terlalu kental, dsb.
      Untuk mengatasinya bisa dengan memberikan sagu. Caranya mohon dilihat pada artikel diatas ya. Untuk jangka panjang agar tidak sembelit lagi, berikan air putih yang cukup (sekitar 1000 ml per hari)selang selingi antara pemberian susu formula dan air putih. Untuk susu formulanya agar lebih diencerkan. Jangan lupa berikan sayuran dan jus buah-buahan alami.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  3. klo sudah terlanjur sembelit gmn pak?anak saya 4 hari ini g bab,,dah periksa ke dokter habis minum obat langsng bab klo obat habis g bab lagi,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Irfan,
      Kalo sudah terlanjur sembelit, berikan tepung sagu, caranya sesuai point no. 7 dan 8 diatas, mandikan bayi dengan air hangat agar tubuhnya menjadi rileks. Jika ia sudah bisa BAB, mas bisa lakukan tips no. 1 s/d 8 secara teratur. Demikian infonya mas, semoga dapat membantu.... terima kasih telah mampir ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  4. Hi salam kenal....
    Anak saya umur 7 bln dan kerap sembelit. Apakah bubur sagu boleh diberikan unt bayi saya? Terima kasih... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Ade Firmansyah,
      Salam kenal kembali mas... Gak apa-apa mas, karena tekstur bubur sagu yang lembut dan mengandung serat dan baik untuk mikroflora usus. Namun sebaiknya jangan terlalu kental (agak sedikit encer saja). Jangan lupa berikan minum air putih (500 - 800ml per hari), buah-buahan, sayuran yang dikukus, jika memberikan susu formula sebaiknya agak encer (lebih banyak airnya). Tips lainnya, silahkan baca diatas yah... terima kasih sudah mampir ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  5. Mas, tepung sagunya tu bisa tidak diganti dengan sagu asli? Kebetulan sy tnggal di papua. Lebih gampang dapatin sagu asli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Rina Mariyani,
      Bisa mbak pake sagu yg masih asli, cuma memang teksturnya masih agak kasar. Ntar kalo dilarutkan dalam air hangat atau dimasak juga lembut. Nah, kalo gampang dapatin sagu, mbak bisa gunakan secara teratur misalnya dibuat berbagai jenis panganan untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan agar terbebas dari sembelit.. Demikian infonya semoga dapat membantu... Terima kasih ya sudah berkunjung ke blog mas BW....salam : Bambang Warsita

      Hapus
  6. Balasan
    1. Dear mas Tunggal Budiyono,
      Maaf mas, mengenai teh tawar saya belum dapat informasinya... Terima kasih telah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  7. Assalamualaikum mas. Bagaimana klo dengan mengkonsumsi susu kambing cair (tidak dlam kemasan bubuk) apakah berpengaruh dengan susahnya BAB? dan trimaksih tipsnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Yolla Harde,
      Wa alaikum salam Wr.Wb.
      Maaf mbak, saya belum pernah menemukan informasi bahwa susu kambing cair sebagai penyebab susah BAB. Kebanyakan masalah susah BAB lebih disebabkan pola makan yang kurang mengkonsumsi makanan serat, pemberian susu formula pada bayi dengan takaran air yang tidak pas (terlalu kental), kurang konsumsi air putih, dsb. Jika memang mengalami sembelit atau konstipasi, bisa di coba tips diatas yah, Insya Allah masalah sembelit bisa teratasi. Demikian infonya semoga dapat membantu...Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  8. dear mas bambang,,
    anak saya usia 4 bulan tp sudah sering susah bab.menyajikan sagu nya di cairkan seperti membuat susu y mas?
    sy sudah coba memberikan jus papaya namun my baby belum juga bab.mohon saran ny mas.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Igit Syaifudin,
      Mengingat usia baby masih kurang dari 1 tahun. Coba perhatikan apakah konsumsi air putihnya cukup ? (500ml-800ml per hari). Apakah baby sudah diberikan makanan dengan tekstur lebih padat ? Bila baby diberikan susu formula, apakah saat penyajian susu formula terlalu kental (kurang air) ? Jika hal-hal tersebut dilakukan, kemungkinan besar baby yang berusia kurang dari 1 tahun akan mengalami sembelit.
      Saran saya, ubah pola makannya, banyak konsumsi air putih, berikan buah-buahan (dipotong-potong atau di jus) dan sayuran (bisa dibuat sup). Jika memberikan susu formula, sebaiknya disajikan dengan keenceran yang pas (jangan terlalu kental). Karena usianya masih 4 bulan, sebaiknya jangan diberikan makanan yang bertekstur padat.
      Untuk penyajian sagu, larutkan sekitar 3-5 sendok makan tepung sagu, dalam segelas air hangat, campurkan gula jawa dan garam sebagai penyedap alami. Berikan kepada baby 3 x sehari. Waktu penyajian sekitar setengah jam sebelum waktu makan. Jadi memberikannya dengan cara disuapi, mas..
      Tips lainnya agar baby bisa lancar BAB, silahkan ikuti artikel diatas. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW.... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  9. Anak saya 1th pak sering nangis klo bab ,keluarnya sedikit ,warnanya hijau saat ini makan nasi tim sama sayur keju,minum air putih 150 cc susu sudah diencerkan buah setiap hari dapat ,apa yg harus saya lakukan lagi pak ?terima kasih pak ifonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Bunda Evra,
      Sepertinya anak bunda Evra sedang mengalami sembelit, mungkin saran berikut bisa dicoba :
      1. Berikan air putih 500ml-800ml setiap harinya. Pemberian dibuat selang-seling antara konsumsi susu dan air putihnya. Cara mudahnya, bunda sediakan 1 botol air mineral dengan ukuran 500ml+330ml, targetkan harus habis dalam waktu 1 hari.
      2. Coba berikan tepung sagu, bisa disajikan dalam bentuk bubur atau kalo repot ikuti tips no. 8 diatas, yah.
      3. Saat membuat nasi tim usahakan jangan terlalu kental dan sebaiknya agak sedikit di-encer-kan karena kemungkinan organ pencernaan si kecil belum bisa mencerna makanan tersebut dengan sempurna.
      4. Berikan jus buah-buahan, buah pepaya matang, sup kacang merah, dan panganan agar-agar.
      5. Saat pemberian susu formula sebaiknya lebih diencerkan. Jika masih belum efektif, coba ganti susu formulanya.
      6. Jika berbagai saran tsb tidak juga menyelesaikan masalah, sebaiknya bunda konsultasikan dengan dokter untuk memeriksa apakah ada kelainan atau penyakit pada organ pencernaan si kecil.
      Demikian infonya dan semoga si kecil nanti bisa lancar BAB nya, yah... Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  10. Mas cara sagu itu bisa di terapkan kr unur 20 ke atas gk mas...caranya thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Pratamaputra,
      Sembelit bisa terjadi pada siapa saja termasuk orang dewasa. Hanya saja, bila sembelit terjadi pada orang dewasa dan jika tidak ada masalah pada organ pencernaan, kemungkinan penyebabnya karena asupan makanan yang tidak seimbang seperti kurang mengkonsumsi serat (sayuran, buah-buahan) dan juga kurang mengkonsumsi air putih (minimal 8 gelas atau 2000ml/hari).
      Mengatasi sembelit dengan mengkonsumsi sagu bisa diterapkan untuk segala usia, mas... Silahkan dicoba.
      Demikian infonya semoga dapat membantu.. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  11. Balasan
    1. Dear mas Ipank V,
      Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  12. Dear Mas Bambang,

    Mohon infonya,

    Jika anak saya susah makan buah dan sayur, kalaupun mau itu adalah sayur yang gurih/bersantan sprt soto, bagaimana cara mengatasinya, apakah ada pengganti utk mendapatkan makanan berserat selain kedua asupan tsb, kemarin anak saya sempat tidak BAB hanya 1 hari, namun keesokan harinya BAB keras sekali dan sangat susah, namun utk pemberian sudah cukup, karena dia paling suka minum air putih, saat ini dia minum susu formula, namun sebelumnya tdk pernah ada kendala apapun, apakah pemberian vitamin tetap diperbolehkan saat anak susah BAB.

    Demikian infonya, mohon sarannya.

    Sebelumnya terima kasih..


    BR
    Yulianti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Yulianti,
      Coba sajikan buah dalam bentuk jus buah (diblender), atau dibuat potongan yang menarik misal melon, pepaya, dibuat seperti dadu, bulat (seperti buah pada es buah). Cari buah yang kematangannya cukup (jangan yang masih mentah atau mengkal) agar si kecil menyukainya. Untuk sayuran coba dibuat dengan cara dikukus (misal wortel, kentang, dsb) atau dengan cara di sup (sayur bening, sup kacang merah, dsb). Makanan lainnya yang baik untuk pencernaan seperti agar-agar, yoghurt (misal yakult,dsb). Jika si kecil kesulitan BAB, coba berikan tepung sagu (Lihat Tips No 7 dan 8 pada artikel) dan jangan lupa mandikan si kecil dengan air hangat (Tips No. 4). Untuk supplemen bisa diberikan seperti minyak ikan kod, curcuma, dsb. Saat pemberian susu formula, sebaiknya lebih diencerkan lagi (jangan terlalu kental). Konsumsi air putih sekitar 0.8 Liter (800ml) per hari. Simple-nya, sediakan saja 1 botol air mineral ukuran 1000 ml agar mudah mengontrol kebutuhan air minumnya setiap hari. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  13. dear admin, sagunya itu sagu yang biasa dijual bebas aja kan? mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Ana Gili,
      Benar mbak, tepung sagunya yang biasa dijual bebas di pasar atau swalayan. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  14. nambahin tips klo anak susah makan buah khususnya pepaya, coba buah pepayanya dipotong kotak2 lalu dikucurin perasan jeruk nipis sedikit aja buat sekedar nambah tekstur aroma setelah itu taburin gula pasir secukupnya untuk menyeimbangkan rasa kecut jeruk nipisnya. semoga membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Danol Lea,
      Nice info.... semoga bisa bermanfaat buat pembaca lainnya. Terima kasih yah mbak, atas sharing dan kunjungannya ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  15. Dear Mas Bambang,
    Anak saya udah 2 hr gak BAB, nanti saya coba deh tipsnya...thanks yaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Novaning Prahasti,
      Semoga tipsnya bisa membantu dan si kecil bisa segera BAB, yah... Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  16. Dear admin...!!!

    Informasi yang di sampaikan diatas sangat bermanfaat sekali, semoga para penderita susah buang air besar bisa sehat kembali dan lancar BAB nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  17. intinya perlu serat dan cairan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Huda,
      Benar sekali mas, mencukupi kebutuhan serat dan cairan akan memperlancar BAB... Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  18. Mas, klo anak di bawah 6 bulan memang boleh mengkonsumsi makanan/minuman selain ASI atau susu formula?
    Kebetulan anak saya usia 4 bulan, sudah 2 hari blm BAB.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Angga,
      Untuk bayi usia dibawah 6 bulan, sebaiknya diberikan ASI atau susu formula saja mas karena organ pencernaannya belum sempurna untuk mencerna makanan dengan tekstur yang padat. Kalo anak usia 4 bulan kesulitan BAB, jika ia minum ASI maka kemungkinan si ibu kurang mengkonsumsi serat (sayuran, buahan), dan air putih. Jika bayi mengkonsumsi susu formula, kemungkinan takarannya kurang tepat (terlalu kental). Jika demikian, maka dalam menyajikan susu formula sebaiknya lebih diencerkan. Kalo sebelum2nya bayi normal BAB, dan sekarang susah BAB maka kemungkinan hanya bersifat sementara dan Insya Allah bisa normal kembali jika si Ibu banyak mengkonsumsi serat dan air atau jika susu formulanya lebih diencerkan. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  19. Mas, anak saya umur 1 tahun 5 bulan sudah 3 hari tidak BAB, dan saya sudah memberikan tepung sagu setengah sendok teh yg di campur pada sufor-nya 3x sehari dan saya juga sudah membuat encer sufornya. dan minum air putih juga sudah lumayan banyak. Apakah pemberian tepung sagu boleh diberikan setiap kali minum sufor? tapi kenapa BAB-nya masih tetep ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Wulan,
      Pemberian tepung sagu (point No. 8) sebaiknya dilakukan 1/2 jam sebelum waktu makan tiba, jangan dicampur dengan susu formulanya.
      Kalo memang masih tetap keras BAB nya, kemungkinan kurang serat. Coba ikuti tips point No. 1,3, dan 4 atau kalo perlu ganti susu formulanya sesuai point no. 6 diatas. Demikian infonya semoga dapat membantu... Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  20. dear mas bw, anak saya 2th sering sekali susah bab.Padahal untuk frekuensiny normal 1 -2 hri sekali.Tapi tiap kali bab pasti menangis sambil mondar mandir gelisah.Saya kasian melihatnya.Seingat saya bab nya susah sejak sufornya saya ganti dari sgm ke chilkid. Sekarang sufornya kembali ke sgm lagi tapi dengan menggunakan sendok takaran chilkid. Saya campur 2 sendok sgm sama 1 sendok chilkid,karena stok chilkidnya kebetulan masih ada..sayang klo dibuang.Tapi bab si kecil tetap tidak ada perubahan. Malah kemaren terakhir bab, sangat kesulitan sekali. Karena mengejan hampir 1 jam tidak keluar2, Akhirnya keluar juga, tetapi yang saya kaget ada bercak merah di pub dan sekitar anusnya.Fesesnya kali ini agak lebih besar lagi dan lebih keras .Kenapa bisa seperti itu y mas? apa karena terlalu sering bab keras?ko bisa sampe berdarah?apa perlu saya kasih obat pencahar?kalo untuk minum aer sagu takaranny aer matangnya berapa y?makasi sbelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Dinar Noerharta,
      Penyebab terjadinya sembelit pada bayi, salah satunya karena kadar kekentalan susu formulanya yang kurang pas. Mungkin tips berikut ini bisa membantu :
      1. Larutkan 3 - 5 sendok makan tepung sagu dalam 1 gelas air hangat, campurkan sedikit gula jawa dan garam, berikan kepada si kecil 3 x sehari dan waktu penyajian sekitar ½ jam sebelum waktu makan tiba. Contohnya, kalo bayi anda biasa makan siang pukul 11.00 WIB, maka sekitar pukul 10.30 WIB sudah diberikan air sagu.
      2. Berikan buah-buahan seperti pepaya, (boleh di jus) dan sayuran (misalnya sup kacang merah).
      3. Untuk camilan, berikan makanan agar-agar yang mengandung serat atau makanan yang berbahan dasar sagu (bubur sagu, dsb)
      4. Bila si kecil merasa sulit saat akan BAB, mandikan terlebih dahulu dengan air hangat supaya tubuhnya rileks
      5. Perbanyak bayi mengkonsumsi air putih setiap hari minimal 0.5-0.8 liter (berikan secara bertahap). Misalnya sehabis minum susu, bila ia haus kembali maka berikan air putih pada botol susunya. Cara mudah mengontrolnya : sediakan saja botol air mineral ukuran (500 ml-1000ml) setiap hari dan usahakan agar bayi menghabiskannya dalam 1 hari. tersebut
      6. Ganti susu formulanya, boleh diganti kembali ke SGM karena sebelumnya ia cocok dengan susu formula ini. Jangan dicampur-campur dong mbak antara SGM dan Chilkid, sebaiknya pakai 1 jenis susu formula yang awal saja. Untuk susu formulanya sebaiknya lebih diencerkan (jumlah air lebih banyak dibanding susu).

      Kalo penyebab ada bercak darah, kemungkinan ada iritasi pada bagian anus karena kotoran yang sedikit keras dan ia harus mengejan. Insya Allah kalo BAB nya sudah tidak keras lagi, akan normal kembali (tidak berdarah).
      Jangan diberikan obat pencahar yah, karena belum tentu cocok dan sangat beresiko buat di kecil.
      Demikian infonya semoga dapat membantu dan semoga BAB si kecil bisa lancar kembali yah... Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  21. Apa ice cream dpt menyebabkan susah bab pd bayi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Marnie,
      Kalo dilihat dari teksturnya, Ice cream termasuk jenis makanan yang agak kental atau sedikit padat sehingga usus bayi belum terbiasa mencerna makanan dengan tekstur seperti itu. Jadi kemungkinan bisa saja menyebabkan sembelit. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  22. bayi umur 2 bulan di kasih makan pisang kok malah jarang bab ya? kadang 1 minggu / lebih bayi baru bab. tolong kasih solusinya! makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Janu Budhi Santoso,
      Mas, untuk bayi usia 2 (kurang dari 1 tahun) sebaiknya hanya diberi ASI atau susu formula saja, jangan diberikan makanan apapun, terlebih lagi dengan makanan yang bertekstur padat seperti pisang. Hal ini dikarenakan organ pencernaannya yang belum sempurna dan dikhawatirkan bisa menyebabkan bayi susah BAB (sembelit). Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  23. mas bayi saya 5 bln... dia skrng ngeden2 cuma pub nya keras gak keluar2 sudah d kasih pepaya ngeden doang tp ganjel di pintu keluar ky nya jd batu gitu... ada saran gk mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Sutadarmaidris,
      Mengingat usia si kecil kurang dari 6 bulan, kemungkinan sembelit (susah BAB) disebabkan antara lain :
      1. kurang mengkonsumsi air putih.
      2. mengkonsumsi susu formula dengan takaran yang kurang tepat,
      3. bayi mengkonsumsi makanan dengan tekstur lebih padat (nasi tim, dsb), padahal usianya masih dibawah 1 tahun.

      Untuk memperlancar BAB nya yang keras :
      1. Mandikan si kecil dengan air hangat agar tubuhnya menjadi rileks
      2. Berikan air minum (air putih) minimal 0.5-0.8 liter/hari yang diberikan secara bertahap dan sering. Cara mudahnya sediakan 1 liter air mineral dan usahakan agar ia menghabiskannya setiap hari dengan cara diselang-seling antara pemberian susu dan air putih.
      3. Berikan tepung sagu, penyajian sagu bisa dibuatkan berupa bubur dari tepung sagu yang dimasak, atau kalo repot bisa dengan melarutkan 3 - 5 sendok makan tepung sagu dalam segelas air hangat, campurkan gula jawa dan garam sebagai penyedap alami dan berikan kepada si kecil dengan frekuensi 3 x sehari dan waktu penyajian ½ jam sebelum waktu makan.

      Untuk mencegah sembelit (susah BAB) kembali :
      1. sebaiknya si kecil diberikan ASI atau susu formula saja karena organ pencernaannya belum sempurna untuk mencerna makanan dengan tekstur yang padat.
      2. Bila si kecil mengkonsumsi ASI, maka sebaiknya si ibu rajin mengkonsumsi serat (sayuran, buahan), dan air putih.
      3. Jika si kecil mengkonsumsi susu formula, pastikan takarannya tepat (jangan terlalu kental), bila perlu lebih diencerkan (lebih banyak airnya).
      4. Berikan si kecil buah-buahan dalam bentuk jus buah alami (bukan jus kemasan).

      Bila sebelumnya BAB bayi normal dan sekarang susah BAB maka kemungkinan hanya bersifat sementara, Insya Allah bisa normal kembali. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  24. Salam Pak BW.

    Anak saya umur 18 bulan. Susah BAB, cuma 3 hari sekali. Sudah makan pepaya tapi masih susah BAB. Tidak mau makan sayur apalagi agar-agar. Minumnya susu formula dan ASI. Gimana ya solusinya?

    Terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas
      Mengingat usianya 18 bulan, kemungkinan si kecil mengalami sembelit (susah BAB) disebabkan antara lain :
      1. kurang mengkonsumsi air putih.
      2. kadar/takaran susu formula yang kurang pas,
      3. kurang mengkonsumsi serat (sayur, buahan)

      Untuk memperlancar BAB nya :
      1. Mandikan dengan air hangat supaya tubuhnya rileks
      2. Berikan air minum (air putih) minimal 0.5-0.8 liter/hari yang diberikan secara bertahap dan sering. Cara mudahnya sediakan 1 liter air mineral dan usahakan agar ia menghabiskannya setiap hari dengan cara diselang-seling antara pemberian susu dan air putih.
      3. Berikan tepung sagu, penyajian sagu bisa dibuatkan berupa bubur dari tepung sagu yang dimasak, atau bisa dengan melarutkan 3 - 5 sendok makan tepung sagu dalam segelas air hangat, campurkan gula jawa dan garam sebagai penyedap alami dan berikan dengan frekuensi 3 x sehari dan waktu penyajian ½ jam sebelum waktu makan. Contohnya, kalo bayi anda biasa makan siang pukul 11.00 WIB, maka sekitar pukul 10.30 WIB sudah diberikan air sagu.

      Untuk mencegah sembelit (susah BAB) kembali :
      1. Berikan buah-buahan seperti pepaya, (boleh di jus) dan sayuran dibuat sup supaya ia suka mengkonsumsinya (misalnya sup kacang merah).
      2. Untuk camilan, berikan makanan agar-agar yang mengandung serat atau makanan yang berbahan dasar sagu (bubur sagu, dsb) usahakan bentuknya yang manarik sehingga ia ingin mencoba memakannya
      3. Perbanyak bayi mengkonsumsi air putih setiap hari minimal 0.5-0.8 liter (berikan secara bertahap). Misalnya sehabis minum susu, bila ia haus kembali maka berikan air putih pada botol susunya.
      4. Untuk susu formula, pastikan takarannya tepat (jangan terlalu kental), bila perlu lebih diencerkan (lebih banyak airnya).

      Dicoba dulu yah, mas...Insya Allah bisa normal kembali. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  25. malam,anak saya usia 2th dari bayi sampai sekarang susah bab,padahan sudah pernah operasi hisprung tapi masih tetap susah bab,mohon solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas,
      Karena si kecil kemungkinan ada masalah pada organ pencernaannya, maka untuk memperlancar BAB si kecil, coba tips berikut ini :
      1. Mandikan dengan air hangat
      2. Berikan air minum (air putih) minimal 0.5-0.8 liter/hari yang diberikan secara bertahap dan sering. Coba mas sediakan saja air mineral ukuran 1 liter, usahakan ia menghabiskannya setiap hari dengan cara diselang-seling antara pemberian susu dan air putih.
      3. Berikan tepung sagu, kalo tidak repot bisa dibuatkan berupa bubur. Tapi kalo repot, coba larutkan 3 - 5 sendok makan tepung sagu ke dalam segelas air hangat, campurkan sedikit gula jawa dan garam sebagai penyedap dan berikan dengan frekuensi 3 x sehari dengan waktu penyajian ½ jam sebelum waktu makan. Bila ia makan siang pukul 08.00 WIB, maka sekitar pukul 07.30 WIB sudah diberikan sagu tersebut

      Agar tidak susah BAB kembali, bisa diberikan :
      1. Buah-buahan seperti pepaya, (boleh di jus)
      2. Sayuran yang dibuat berupa sup supaya ia suka mengkonsumsinya (misalnya sup kacang merah).
      3. Camilan seperti agar-agar yang mengandung serat atau makanan yang berbahan dasar sagu (bubur sagu, dsb)
      4. Perbanyak mengkonsumsi air putih setiap hari minimal 0.5-0.8 liter (berikan secara bertahap).
      5. Bila ia minum susu formula, pastikan takarannya tepat (jangan terlalu kental), dan sebaiknya lebih diencerkan (lebih banyak airnya). Susunya juga yang mengandung prebiotik (mikro organisme yang baik untuk pencernaan)
      Dicoba dulu yah, mas...Insya Allah si kecil bisa lancar BAB nya. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  26. Selamat Sore
    Sebelumnya anak saya dari 0 bln sampe sekarang BAB lancar jaya dan tgl 28 Juli ini anak sy genap berumur 6 bulan tapi barusan anak pas BAB keras dan nangis waktu mengejan pas sy liat ternyata kotoran nya berwarna ijo dan keras,, meski sudah lama mengejan kotoran sulit sekali keluar, perlu diketahui anak sy baru saja ganti minum susu formula dari sebelmnya susu formula utk 0~6 bulan sekarang ganti minum 6~12 bulan dan sudah beberapa hari ini jg diberikan makanan lain selain susu formula, kira kira penyebab nya dari susu formula atau makanan pendamping itu ? dan apakah benar anak umur 6 bulan boleh diberikan air putih sebanyak 0,5~0,8 liter per hari ? sagu yg dimaksud apakah sagu kiloan biasa yg bisa kita beli di pasar ?
    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mama ts,
      Mengingat usianya baru 6 bulan, dan sebelumnya BAB nya juga lancar, kemungkinan besar dikarenakan pemberian makanan pendamping padahal seusia si kecil organ pencernaannya belum terbiasa mencerna makanan dengan tekstur agak padat.
      Kalo sebelumnya sudah biasa diberikan susu formula, dan sekarang hanya diganti susunya namun dengan takaran yang sama seperti sebelum2 nya, seharusnya tidak ada masalah (bukan karena ini penyebabnya).
      Gak masalah pemberian air putih, justru baik bagi anak usia 6 bulan dan memang harus banyak diberi air putih, hanya saja pemberiannya jangan sekaligus. Jadi di selang-seling antara air putih dan susu formula. Misalnya ketika ia haus, berikan air putih 50-100 ml, kemudian jika ia haus kembali berikan susu formula.
      Sagu yang dimaksud adalah tepung sagu asli yang biasa dijual di dalam kemasan atau kiloan.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  27. terima kasih banyak Pak atas informasi nya
    kemaren sy bawa anak ke dokter dikasih peancahar dan obat utk pencernaan tapi tdk sy berikan, sy coba berikan dulu buah pepaya dan diberi air putih spt yg sy baca di sini Alhamdulillah BAB nya lancar lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mama ts,
      Alhamdulillah kalo si kecil sudah lancar BAB-nya... Terima kasih kembali... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  28. Siang mas ... anak sy umur 4 bln..sdh 4 hari ini blm bab..sy mau tanya apakah bayi 4 bln sdh boleh makan tepung sagu d larutkan dg air hangat ? Bukan nya 4 bln itu msh asi sj /formula ? Trs apkh tpung sagunya itu yg d jual d pasaran yg brwrn putih kcoklatan itu ? Trm ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Angky Widayanti,
      Bila bayi kurang dari 1 tahun mengalami susah BAB, kemungkinan hanya karena kurang mengkonsumsi air putih, susu formulanya terlalu kental, atau bila ia mengkonsumsi ASI kemungkinan si ibu kurang mengkonsumsi serat (sayur dan buah buahan).
      Karena usianya masih 4 bulan, sebaiknya jangan diberikan tepung sagu dulu. Coba diberikan air putih per harinya sekitar 500 ml s/d 800 ml.
      Bila ia mengkonsumsi susu formula, sebaiknya lebih diencerkan (airnya lebih banyak).
      Trus, mandikan si kecil dengan air hangat pada ember mandinya biar tubuhnya rileks sehingga ia mudah BAB.
      Selain itu, hindari memberikan makanan pendamping karena bisa jadi sumber sembelit berasal dari makanan pendamping yang belum sempurna dicerna oleh organ pencernaannya.
      Jadi sebaiknya saran untuk di kecil hanya diberikan susu formula atau ASI saja yah..
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  29. Mas kan kalo anak dibawah 1 tahun tidak diperkenankan mengkonsumsi glukosa dan natrium berlebihan. Jd sangat dilarang keras pemberian garam dan gula sbelum usia 1 tahun. Jd gimana solusinya si sagu tadi itu? Dicampurkan buah seperti pepaya boleh kali ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Dilla Permatasari,
      Untuk bayi yang berusia kurang dari 1 tahun, bila mengalami susah BAB, kemungkinan besar karena kurang mengkonsumsi air putih, atau susu formulanya terlalu kental. Bila ia mengkonsumsi ASI, bisa jadi karena si ibu kurang mengkonsumsi serat (sayur dan buah buahan). Coba deh mbak baca kembali artikel saya diatas pada paragraph pertama atau mbak bisa juga baca komentar yang sudah saya tanggapi untuk case bayi kurang dari 1 tahun.
      Saya sangat setuju dengan mbak, untuk tidak memberikan glukosa dan natrium untuk usia kurang dari 1 tahun.
      Solusi untuk anak mengalami susah BAB usia kurang dari 1 tahun :
      1. Berikan air putih per harinya sekitar 500 ml s/d 800 ml. Pemberian bisa diselang-selingi antara susu formula dan air putih
      2. Kalo ia mengkonsumsi susu formula, maka takaran airnya agak diperbanyak (lebih diencerkan).
      3. Bila ia mengkonsumsi ASI, pastikan anda sebagai ibunya selalu mengkonsumsi serat (sayuran dan buahan)
      4. Mandikan ia dengan air hangat pada ember mandinya agar tubuhnya menjadi rileks.
      5. Jangan memberikan makanan pendamping dalam tekstur yang padat karena bisa jadi sumber sembelit berasal dari makanan pendamping (organ pencernaannya belum bisa mencerna makanan tersebut).
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  30. mas saya mau nanya anak saya umur 1 tahun 10 bulan,udah 1 minggu ini blm BAB, gimana yah mas penanganan nya? makasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas/mbak,
      Untuk memperlancar BAB nya, kembali coba tips berikut :
      1. Mandikan dengan air hangat supaya ia rileks
      2. Berikan air minum (air putih) minimal 0.5-0.8 liter per hari yang diberikan secara bertahap dan sering. Gampangnya, coba mas/mbak sediakan saja 1 liter air mineral dan usahakan agar ia untuk menghabiskannya setiap hari. Cara pemberiannya diselang-seling antara pemberian susu dan air putih (kalo ia haus berikan susu, kemudian bila haus kembal berikan air putih).
      3. Berikan tepung sagu, penyajian sagu bisa dibuatkan berupa bubur dari tepung sagu yang dimasak, atau bisa dengan melarutkan 3 - 5 sendok makan tepung sagu dalam segelas air hangat, campurkan gula jawa dan garam sebagai penyedap alami dan berikan dengan frekuensi 3 x sehari dan waktu penyajian ½ jam sebelum waktu makan. Contohnya, kalo bayi anda biasa makan siang pukul 12.00 WIB, maka sekitar pukul 11.30 WIB sudah diberikan air sagu.

      Untuk mencegah sembelit (susah BAB) kembali :
      1. Berikan buah-buahan seperti pepaya, (boleh di jus) dan sayuran dibuat sup supaya ia suka mengkonsumsinya (misalnya sup kacang merah, sup bening, dsb).
      2. Untuk camilan, berikan makanan agar-agar yang mengandung serat atau makanan yang berbahan dasar sagu (bubur sagu, dsb).
      3. Perbanyak bayi mengkonsumsi air putih setiap hari minimal 0.5-0.8 liter (berikan secara bertahap). 4. Bila ia mengkonsumsi susu formula, pastikan takarannya tepat (jangan terlalu kental), bila perlu lebih diencerkan (lebih banyak airnya).
      Dicoba dulu yah, mas/mbak...Insya Allah bisa lancar kembali. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  31. Mas bambang, salam kenal. Anak saya berumur 2thn 8 bln. Selama ini siklus bab 1-2 hr. Mau nanya, ambang batas normal utk siklus bab anak itu brp hari ya ? Mksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Alfi,
      Untuk bayi usia 2 tahun, dalam kondisi normal siklus BAB-nya 4-21 kali/minggu. Jadi kalo 1-2 hari sekali, masih wajar mas...
      Demikian infonya semoga dapat membantu... Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  32. salam mas bambang,
    anak saya skrng umur 7bln dlm 2minggu ini susah BAB (keras) selalu nangis saat BAB sampe lemas,
    dari umur 3bln saya beri susu formula + makan bayi SUN,
    awal nya g pp, tp skarang jd begitu, minta penjelasan nya dong mas bambang, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Abdul Gani,
      Bayi usia kurang dari 6 bulan, memang hanya perlu diberikan ASI atau susu formula dikarenakan organ pencernaannya belum berfungsi sempurna. Bila ingin memberikan makanan pendamping, sebaiknya bila usianya sudah diatas 6 bulan, itupun dengan tekstur yang lunak dan penyajian jangan terlalu kental (padat).
      Jika ia mengalami susah BAB saat ini, kemungkinan karena kurang mengkonsumsi air putih atau takaran makanan/susu formulanya yang kurang pas (terlalu kental)
      Untuk mengatasinya, coba tips berikut :
      1. Mandikan si kecil dengan air hangat supaya ia rileks
      2. Untuk tahap awal sekarang ini berikan ia minum segelas air putih hangat
      3. Untuk berikutnya, diberikan air minum (air putih) minimal 0.5-0.8 liter per hari yang diberikan secara bertahap dan sering. (sediakan saja 1 liter air mineral dan usahakan agar ia untuk menghabiskannya setiap hari). Cara pemberiannya diselang-seling antara pemberian susu dan air putih (kalo ia haus berikan susu, kemudian bila haus kembal berikan air putih).
      4. Coba dibuatkan makanan berupa bubur dari tepung sagu, atau kalo repot bisa dengan melarutkan 3 - 5 sendok makan tepung sagu dalam segelas air hangat, campurkan gula jawa dan garam sebagai penyedap alami dan berikan dengan frekuensi 3 x sehari dengan waktu penyajian ½ jam sebelum waktu makan. Contohnya, kalo bayi anda biasa makan siang pukul 12.00 WIB, maka sekitar pukul 11.30 WIB sudah diberikan air sagu.
      5. Berikan buah-buahan seperti pepaya, (boleh di jus) dan sayuran dibuat sup (misalnya sup kacang merah, sup bening, dsb) yang baik untuk pencernaan.
      6. Bila ingin memberikan camilan, berikan makanan seperti agar-agar yang mengandung serat
      7. Jika tidak menyelesaikan masalah (BAB tetap keras), maka coba ganti susu formulanya dengan yang lain.
      Monggo dicoba dulu, mas... Insya Allah bisa mengatasi masalah si kecil. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  33. Mlm mas,,, anak saya umur nya sekrang 18bulan ,,bab nya 5 hari sekali,,, tiap kali bab pasti ada darah nya,,, air putih nya kuat,, sayuran sama bush juga uda,, tpi masih susah bab,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Koko Jun Khiong,
      Kalo BAB-nya setiap 5 hari sekali, kemungkinan besar si kecil mengalami sembelit. Bila si kecil suka minum air putih, makan sayur dan buahan, bisa jadi penyebab sembelitnya karena takaran makanannya terlalu padat atau susu formulanya yang kurang pas takarannya (terlalu kental). Untuk mengatasinya, coba tips berikut :
      1. Mandikan si kecil dengan air hangat agar tubuhnya menjadi rileks
      2. Berikan air minum (air putih) minimal 0.5-0.8 liter per hari yang diberikan secara bertahap dan sering. Supaya gak repot, sediakan saja air mineral botol besar 1 liter dan usahakan ia untuk menghabiskannya setiap hari. Untuk pemberiannya, diselang-selingi antara pemberian susu dan air putih 3. Untuk sekarang ini, coba berikan ini bubur dari tepung sagu, atau kalo repot bisa dengan melarutkan 3 - 5 sendok makan tepung sagu dalam segelas air hangat, campurkan gula jawa dan garam sebagai penyedap alami. Berikan dengan frekuensi 3 x sehari dengan waktu penyajian ½ jam sebelum waktu makan. Contohnya, kalo si kecil makan siang pukul 12.00 WIB, maka sekitar pukul 11.30 WIB sudah diberikan air sagu. Tepung sagu ini sangat baik untuk menyehatkan saluran pencernaan.
      4. Berikan buah pepaya (boleh di jus) dan sayuran berupa sup kacang merah yang baik untuk pencernaan.
      5. Untuk camilan, berikan makanan saja makanan agar-agar yang mengandung serat yang anda buat sendiri.
      6. Kalo setelah dicoba dan BAB nya tetap keras, saran saya coba ganti susu formulanya dengan merk lain.
      Untuk BAB yang mengandung darah, kemungkinan karena keras sehingga melukai selaput pada bagian saluran pembuangan akhirnya. Gak apa, Insya Allah nanti juga akan berangsur sembuh dan sehat kembali bila BAB nya sudah lancar.
      Demikian infonya semoga dapat membantu dan semoga si kecil bisa lancar kembali BAB nya. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  34. Slmt mlm mas. Mau nanya anak sy umur 3 bulan stgah. Dr umur 2 bulan babny sminggu skali. Anak sy asi x. Sy bw k puskesmas ktany wjar klu asi aja. Tp sy takutkan masa stiap bab harus sminggu skali bahkan lebih mas ? apa itu ada masalah ya mas. Mkasih .mhon infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Ratna Lutfi,
      Kalo masih 1 minggu sekali, karena ia mengkonsumsi ASI eksklusif, sebenarnya masih bisa dimaklumi. Namun kalo sudah lebih dari 1 minggu, kemungkinan ada masalah pada pencernaannya. Karena usianya kurang dari 1 tahun dan mengkonsumsi ASI, besar kemungkinan penyebab masalah BAB-nya akibat ibunya kurang mengkonsumsi makanan yang kaya serat. Saran saya sebaiknya anda perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buahan.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  35. Mas BW, anak saya usia 4bln masih konsumsi ASI eksklusif. Anak saya susah Pup. Sempat saya bawa ke dokter karna 5hr belum Pup, dokternya kasih microlax, setelah di coba memang anak saya langsung pup.. tapi seudah dikasih microlax itu udh 4hr sampai hari ini blm pup juga.. saya udh makan sayur dan buah banyak, tpi blm membantu.. aahirnya saya coba kasih anak saya air buah pepaya.. blm membantu juga mas.. gmna ya? Apa harus saya kasih microlax lagi? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Sandra Febryani,
      Karena si kecil usianya 4 bulan dan mengkonsumsi ASI eksklusif, bisa jadi kemungkinan BAB nya tidak setiap hari. Kalo masih kurang dari 1 minggu, masih bisa dimaklumi, mbak.
      Coba mbak sebagai ibunya lakukan tips berikut :
      1. Mengkonsumsi air putih (minimal 8 gelas/2000ml per hari),
      2. Makan sayuran kaya serat seperti kacang
      merah, kedelai,
      3. Konsumsi buah-buahan seperti pepaya, pisang, jeruk,
      4. Konsumsi makanan kaya serat seperti agar-agar,
      Untuk si kecil :
      1. Mandikan ia dengan air hangat supaya rileks.
      2. Berikan air putih, selang selingi dengan pemberian ASI
      Untuk micolax, sebaiknya dipergunakan dengan sangat hati-hati (kondisi darurat) karena salah-salah bisa menyebabkan iritasi pada anus si kecil.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  36. mas BW, anak saya 17 bulan, dy punya masalah BAB yang tidak teratur,.bs 4-5 hari sekali. memang sebelumnya pupnya keras dan suka ada bercak darahnya, tapi setelah dicermati ada kesalahan dalam pembuatan suforna,.alhasil setelah disesuaikan dengan takaran, pupnya sudah tidak keras, namun meskipun sudah tidak keras lagi, tetap saja pupnya tidak teratur,.padahal dy konsumsi banyak air putih, sayur dan buah. itu bagaimana ya mas?mohon infonya. tks sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Febriani Dyas Utami,
      Salah satu penyebab BAB si kecil keras salah satunya memang karena takaran susu formula yang kurang tepat (terlalu kental), selain itu juga karena kurang serat (sayuran dan buahan).
      Kalo permasalahan BAB yang tidak teratur, tergantung dari asupan makanan yang dikonsumsi. Usahakan makanan yang dikonsumsi jangan dalam tekstur yang padat seperti nasi, namun sebaiknya dalam tekstur yang lembut misal berupa nasi tim atau bubur.
      Sudah benar mbak memberikan sayur dan buahan, untuk sayuran bisa berupa kacang-kacangan misal sup kacang merah, sementara untuk buah-buahan bisa dengan pepaya (boleh di jus). Kalo ini juga tidak menyelesaikan masalah BAB-nya, coba berikan si kecil tepung sagu, cara penyajian bisa dibuat berupa bubur atau dilarutkan pada segelas air.
      untuk camilan, bisa dibuatkan panganan dari agar-agar yang anda buat sendiri (higienis).
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  37. Mas apa boleh saya memberi jus pepaya/apel dengan gula pasir stiap hari.krna ank saya berusia 3 thun dan slalu ssah BAB

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Joewandy Joe,
      Untuk memperlancar BAB si kecil, sudah benar mas, dengan memberikan pepaya atau apel yang di jus, hanya saja untuk gula diberikan secukupnya saja sebagai penyedap, jangan terlalu banyak/manis ya...Karena kelebihan gula juga kurang baik buat kesehatan mas..
      Selain itu, coba berikan si kecil makanan kaya serat seperti sayuran, kacang-kacangan (sup kacang merah, kacang buncis, dsb), panganan agar-agar, dsb. dan jangan lupa perbanyak minum air putih yakni sekitar 800-1000 ml per hari atau 1 Liter botol air mineral per harinya.
      Demikian infonya semoga dapat membantu dan semoga si kecil lancar BAB-nya yah...
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  38. Kak klu balita dikasih pencahar alami seperti merendam irisan buah apel.semalaman dengan air panas lalu diminumkan ke balita boleh gak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Yudi Nugroho,
      Mohon maaf mas saya belum mendapat info lengkap mengenai obat pencahar dengan minum air redaman irisan buah apel. Kalo mau memakai obat alami untuk melancarkan BAB balita, bisa dengan memberikan minum air putih 500-800 ml perhari dan mengkonsumsi sagu. Cara penyajian sagu bisa berupa bubur atau dengan melarutkannya dalam segelas air (tips No. 7 dan 8 pada artikel). Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah bekunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Wrasita

      Hapus
  39. Anakku usia 2 thn..stiap hr mkn syr dan buah2an plus anknya doyan minum air putih tp bab nya msh sk keras..kl mengejan sk ga kluar2..gmn solusinya ya buat melembekan kotorannya spy ga keras lg kl bab? Trmksh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Merlia Noviana,
      Kemungkinan besar si kecil mengalami sembelit. Bila si kecil suka minum air putih, makan sayur dan buahan, bisa jadi penyebab sembelitnya karena makanan yang ia konsumsi terlalu padat atau susu formulanya yang kurang pas takarannya (terlalu kental).
      Untuk mengatasinya, coba tips berikut :
      1. Mandikan si kecil dengan air hangat biar tubuhnya menjadi rileks
      2. Berikan air minum (air putih) minimal 0.5-0.8 liter per hari yang diberikan secara bertahap dan sering. Gampangnya, sediakan saja air mineral botol besar 1 liter dan usahakan ia untuk menghabiskannya setiap hari. Nanti pemberiannya, diselang-selingi antara susu dan air putih (kalo haus kasih susu, dan kalo haus lagi kasih air putih)
      3. Untuk saat ini, berikan ia bubur dari tepung sagu, atau bisa juga dengan melarutkan 3 - 5 sendok makan tepung sagu dalam segelas air hangat, campurkan gula jawa dan garam sebagai penyedap alami. Berikan dengan frekuensi 3 x sehari dengan waktu penyajian ½ jam sebelum waktu makan. Contohnya, kalo si kecil makan siang pukul 11.00 WIB, maka sekitar pukul 10.30 WIB berikan air sagu. Tepung sagu ini sangat baik untuk menyehatkan saluran pencernaan.
      4. Untuk buahan bisa dengan pepaya (boleh di jus) dan sayuran berupa sup kacang merah, yang baik untuk pencernaan.
      5. Berikan ia makanan agar-agar (buatan sendiri) yang mengandung serat.
      6. Dalam penyajian susu formula, sebaiknya agak diencerkan (jangan terlalu kental)
      7. Bila semua cara diatas sudah dicoba dan BAB nya tetap keras, saran saya coba ganti susu formulanya dengan merk lain.
      Jangan khawatir, mbak...Insya Allah nanti juga kotorannya akan berangsur lembek dan BAB nya jadi lancar kembali.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  40. Kak. Saya baru memiliki bayi umrnya baru 2 bulan dalam dua hari ini bab nya keras .anak saya minum susu formula. Gimana ya kak solusi terbaiknya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Ahen Nicolas,
      Untuk bayi yang berusia kurang dari 1 tahun dan mengkonsumsi susu formula, bila mengalami susah BAB, kemungkinan besar karena kurang mengkonsumsi air putih, atau susu formulanya terlalu kental.
      Untuk mengatasinya, coba tips berikut ini :
      1. Berikan air putih per harinya sekitar 500 ml. Pemberian bisa diselang-selingi antara susu formula dan air putih
      2. Saat menyajikan susu formula, maka takaran airnya agak diperbanyak (lebih diencerkan).
      3. Mandikan ia dengan air hangat agar tubuhnya menjadi rileks.
      4. Kalo tidak juga menyelesaikan masalah, maka ganti susu formulanya dengan merk lain.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  41. Slmt pagi..
    Maf ka sy mau tnya, sy pny Ank umur 4 thn stiap BAB itu 5 hri sekali & sllu keras pdhal sayuran sllu sy kasih... ad yg anjurkn d ksih mikrolak, stiap sy kasih pasti kluar tp stlh itu keras lg.. ms iya hrs ketergantungan sm obat pencahar itu...?? Sy gk tega krn setiap sy ksih dy sllu nangis ksakitan...
    Mohon info'y ka biar ank sy BAB ny kmbali normal.. trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Vicky Riana,
      Mohon maaf agak telat balas komentarnya karena ada kesibukan..
      Kemungkinan si kecil memang mengalami sembelit, coba tips berikut :
      1. Untuk tahap awal sebagai obat pencahar alami, coba melarutkan 3 - 5 sendok makan tepung sagu dalam segelas air hangat, campurkan gula jawa dan garam sebagai penyedap alami dan berikan kepada si kecil dengan frekuensi 3 x sehari, diberikan 30 menit sebelum waktu makan.
      2. Setiap hari berikan air minum (air putih) minimal 0.5- 0.8 liter dan diberikan secara bertahap namun sering dan selang-seling antara pemberian susu dan air putih. Gampangnya, anda sediakan saja botol air mineral sesuai ukuran 500 ml - 1 lite dan usahakan ia menghabiskannya setiap hari.
      3. Bila ia mengkonsumsi susu formula, coba diencerkan susunya (lebih banyak air). Jika tidak juga menyelesaikan masalah, segera ganti susu formulanya dengan yang lain atau ganti dengan susu soya (susu kedelai)
      4. Berikan ia sayuran dan buahan (boleh di jus) yang mengandung serat. Bila ingin berikan cemilan lebih baik dari bahan agar-agar atau sagu.
      Mbak, jangan sering memberikan obat pencahar tanpa resep dokter, karena salah-salah justru akan menimbulkan iritasi pada anus anak anda.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  42. Selamat sore mas, salam kenal... anak saya umur 2 thn, sudah sekitar 1 bulan belakangan sulit BAB. Minimal BAB 2 - 3 hari sekali dan keras. Dan anak saya itu minum susu formula S 26 gold. Boleh saya minta solusi utk anak saya mas? Terima kasih sebelum nya, mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear bang Simatupang,
      Kemungkinan si kecil mengalami susah BAB karena beberapa faktor :
      1. Susu formula terlalu kental
      2. Tekstur makanan terlalu padat (nasi)
      3. Kurang mengkonsumsi air putih
      4. Kurang mengkonsumsi serat
      Untuk mengatasi sulit BAB si kecil, coba tips berikut :
      1. Coba berikan obat pencahar alami yakni dengan melarutkan 3 - 5 sendok makan tepung sagu dalam segelas air hangat, campurkan gula jawa dan garam sebagai penyedap alami dan berikan kepada si kecil dengan frekuensi 3 x sehari, diberikan 30 menit sebelum waktu makan.
      2. Berikan air putih minimal 0.5- 0.8 liter dan diberikan secara bertahap namun sering dan selang-seling antara pemberian susu dan air putih. Usahakan ia menghabiskannya setiap hari.
      3. Saat minum susu formula, coba lebih diencerkan susunya (lebih banyak air).
      4. Bila tidak juga menyelesaikan masalah, gantilah susu formulanya dengan merk lain atau bisa juga diganti dengan susu soya (susu kedelai)
      5. Selalu berikan makanan yang mengandung serat seperti sayuran (misal sup bening, sup kacang merah, dsb) dan buahan (boleh di jus)
      6. Bila ingin memberikan cemilan, sebaiknya dari bahan dasar agar-agar atau sagu.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  43. Kalo pake spirulina gimana mas, karena saya pake malah jadi langsing perutnya. Sehatkah ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear liseum,
      Mohon maaf mas saya belum mendapatkan info yang lengkap mengenai spirulina (ganggang biru-hijau). Mungkin pada artikel berikutnya saya akan coba membahas mengenai hal ini. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  44. Kak BW, saya umur 12 tahun, babku 3-4 hari sekali. Hari ini bab saya susah sekali. Saya sudah minum air banyak, dan tadi saya juga sudah makan pepaya yg banyak. Tetapi masih aja susah. Di kota saya susah cari sagu, kak. Oh, ya. Sehabis makan pepaya yg banyak, perut saya tidak sakit lagi. Ttapi wktu duduk di kursi toilet, kayak ad sesuatu yg menggjal di anus saya. Mohon kasih solusinya secepatnya ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dik Faustine Lewinata,
      Mohon maaf sebelumnya telat balas komentarnya karena saya banyak kesibukan...
      Susah BAB disebabkan karena beberapa sebab, salah satu diantaranya akibat kurangnya mengkonsumsi air putih dan makanan berserat (sayur dan buahan). Bila susah BAB ini terus terjadi dikhawatirkan menyebabkan penyakit lain salah satunya adalah wasir atau ambeien.
      Untuk mengatasi susah BAB, bisa dengan tips berikut :
      1. Mandi dengan air hangat
      2. Mengkonsumsi sayuran (misal kacang-kacangan) dan buahan (seperti pepaya)
      3. Mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas atau 2000 ml per harinya
      4. Mengkonsumsi sagu (coba cari tepung sagunya di swalayan/hypermart/carrefour/dsb)
      Oleh karena infonya ada sesuatu yang mengganjal pada saluran pembuangan, saya khawatir itu merupakan gejala wasir. Untuk lebih jelasnya, coba baca artikel saya dengan judul : 8 Cara Mujarab dan Paling Ampuh Mengobati serta Mencegah Wasir atau Ambeien atau URL : http://bambang-warsita.blogspot.com/2013/11/8-cara-mujarab-dan-paling-ampuh.html
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  45. Nanya pak,sy pny anak umr 3 th susah bab klu pun bab 3,4 hr itupun keras susunya bukan susu formula tp susu yg udh siap minum makannya pun gkbanyk syr sm buah gk mau airputih pun krg,sy gk tega nengk dia pas mau pup nangis karna keras,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak/mas,
      Mohon maaf agak telat balas komentarnya karena saya banyak kesibukan...
      Untuk mengatasi susah BAB, bisa dengan tips berikut :
      1. Mandikan si kecil dengan air hangat agar tubuhnya rilex
      2. Berikan tepung sagu, cara penyajiannya bisa dengan membuat bubur, panganan sagu, atau bisa juga dengan melarutkan 3-5 sendok makan tepung sagu dalam segelas air dan diberikan gula jawa dan garam sebagai penyedap alami.
      3. Berikan buah-buahan (sebaiknya di jus)
      4. Berikan sayuran seperti sup kacang merah, sup bening, dsb sebagai sayuran saat ia makan
      5. Berikan air putih 800 ml - 1000 ml per harinya
      6. Selang selingi pemberian antara susu dan air putih (bila ia haus, sebaiknya diberikan air putih)
      Silahkan dicoba dulu ya, bila tidak menyelesaikan masalah maka sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk mengetahui apakah ada masalah pada pencernaannya.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  46. Saya boleh bertanya ? Anak saya bru berusia 2 bulan pada tggal 8 november kmari thn 2016. Tapi wktu sbelum dia 2 bulan. Udah dicoba kasih makan SUN beras merah. Lalu BABnya jadi tidak lancar/fesesnya keras. Kadang nangis saat ingin mau BAB. Tpi tidak bisa keluar. Apakah itu trmasuk tnda bahaya ? Bgaimna cra mngatasinya yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Fanly Kadir,
      Waduh mbak... anak usia kurang dari 6 bulan, sebaiknya jangan diberikan makanan pendamping ya. Kalo usianya masih 2 bulan, sebaiknya mengkonsumsi ASI atau susu formula saja karena organ pencernaannya belum sempurna. Bila tetap dipaksakan akan menyebabkan susah BAB atau sembelit.
      Solusinya, mulai sekarang jangan diberikan makanan pendamping lagi ya... cukup ASI atau susu formula saja.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  47. Tanya pak,anak saya usia 3,5 tahun susah bab tapi kentut terus padahal makan banyak,sayuran mau tapi ya tetep aja susah bab gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Zahra,
      Penyebab susah BAB kemungkinan karena kurang mengkonsumsi serat, air putih, atau bisa juga dikarenakan gangguan organ pencernaannya. Untuk mengatasinya coba tips berikut :
      1. Memberikan makanan berupa bubur sagu. Atau bisa juga dengan melarutkan 3 - 5 sendok makan tepung sagu dalam segelas air hangat, campurkan gula jawa dan garam. Berikan dengan frekuensi 3 x sehari dengan waktu penyajian ½ jam sebelum waktu makan.
      2. Berikan buah-buahan, boleh dalam bentuk jus buah asli
      3. Berikan sayuran berupa sup bening, kacang merah, dsb
      4. Banyak mengkonsumsi air putih 800 ml-1000 ml per harinya yang diberikan secara bertahap. Untuk mudahnya gunakan botol air mineral 1 Liter dan targetkan dihabiskan setiap hari.
      5. Bila masih mengkonsumsi susu formula, maka sebaiknya agak diencerkan.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  48. Mau tanya donk, anak saya kan skrg umurnya 6 bln 21 hari, ASI full dan sudah di berikan Mpasi, nah skeg ini lg susah buang air besar. Td sempat kluar sdikit2 pup nya sampai menangis dan pinggir duburnya juga lecet, cuma spertinya belum kluar semua pup nya. Bagaimana y cara nya saya tidak tega kalau mengeden sampe nangis dan skrg agak panas badannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Umilaty,
      Bila bayi anda mengkonsumsi ASI dan juga diberikan makanan pendamping ASI. Kemungkinan besar masalah susah BAB berasal dari makanan pendamping ASI tersebut. Saran saya :
      1. Sebaiknya anda mengkonsumsi makanan berserat seperti sayuran dan buahan, sehingga nutrisi yang baik untuk mencegah susah BAB bisa disalurkan lewat ASI.
      2. Coba anda perhatikan kembali apakah makanan pendamping dalam tekstur yang padat ? Jika ya, maka sebaiknya anda pilih berupa bubur saja (jangan nasi padat/lembut)
      3. Untuk langkah darurat bila masih susah BAB, coba berikan tepung sagu yang dilarutkan dalam segelas air hangat dan diberi gula jawa serta garam. Cara penyajian lengkapnya, silahkan baca artikel diatas.
      4. Mandikan si kecil dengan air hangat biar tubuhnya rileks
      Monggo dicoba dulu.. bila dalam waktu 3 hari tidak ada kemajuan. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter anak.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  49. Slmt malam mas, tepung sagunya harus dalam segelas air? Ala boleh cuman dilarutkan dengan sedikit air, anak saya agak rewel kalau diberikan sesuatu yg dia rasa baru.. atau boleh dicampur di susu? Atau bubur saat makan?? Utk perasa alaminya gula jawa boleh diganti dg gula lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Rean Reaneey R,
      Sagu boleh disajikan dalam bentuk bubur bila anak anda rewel diberikan sagu yang telah dilarutkan dalam segelas air.
      Untuk perasa alami memang idealnya gula jawa, namun bila anda ingin memberikan gula pasir maka sebaiknya takarannya dibatasi (sedikit saja).
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih ya sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
    2. Ms bw ank saya bru umur ,2thun .anak saya nga bab selama 5hri. Biasa NY dIA bab setiap hari sekali... Dah gitu perut NY selalu skit.. Gmina cara NY biar bab NY normal lg. To long Bantu ya ms bw

      Hapus
  50. Selamat malam pak, saya mau tanya anak saya umurnya 3,5 bln, sudah 1 minggu lebih gak bab, masih asi esklusif, apa ada masalah dalam pencernaannya, mohon infonya. Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear bang Sahala,
      Coba berikan tepung sagu, dan untuk penyajiannya seperti point no.8 yakni dengan melarutkan 3-5 sendok tepung sagu dalam segelas air diberikan gula jawa dan garam. tips lainnya bisa dibaca pada artikel ya. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  51. Assalamualaikum mas bambang anak saya usia 1th 5bln sdg mengalami sembelit. Untuk penggunaan sagu.. Bisa sagu yg dijual di pasar.. Dan pembuatan seperti point 8 lalu bisa langsung dikonsumsi ke anakny..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Saputra,
      Bisa mas, merk nya bebas yang penting komposisinya 100 % sagu. Untuk penyajiannya seperti point no.8 adalah yang paling mudah. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  52. Salam kenal mas,
    tepung sagu nya ada merk khusus atau bagaimana mas?
    merk pak tani yang banyak dijual dipasaran apa bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Mila Kurnia,
      Untuk merk nya bebas saja yang penting pada kemasan jelas tertera bahwa komposisinya tepung sagu. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  53. As..mas BW..
    Saya mau tanya...
    Anak saya umur 2 tahun 7bulan sudah 4 hari gak BAB
    Beberapa hari sebelum nya pernah pake mikrolac 2x...karena jarang BAB sampe 2 ato 3 hari..sampai takut pake cara itu....
    Padahal sudah banyak minum air putih...dan makan buah pepaya...
    Tp sudah 4 hr bblum pup...
    Kira2 apa solusinya ya mas??
    Apa berpengaruh ya mas sekarang sudah makan nasi...Sebelum nya masih makan bubur..trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Sri Yanti,
      Untuk solusi jangka pendek, coba anda berikan tepung sagu yang dapat disajikan berua bubur atau panganan. Bisa juga dengan melarutkan 3-5 sendok tepung sagu dalam segelas air hangat, diberikan sedikit garam dan gula jawa. Sajikan 30 menit sebelum waktu makan tiba.
      Bila ia sudah makan nasi, coba nasinya dibuat agak lembek. Selain itu, coba berikan ia sayuran seperti sup kacang merah. Untuk buah-buahan, boleh pepaya, jeruk, dsb.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  54. Klo anak sy beda lg.. Minum air putih banyak.. Sayur buah cukup.. Tp dia memang jrg sekali BAB kadang sampe 10 hari sekali.. Paling semggu sekali.. Udh biasa gt.. Makn.n kuat.. Tp perut.n lo g mules g sakit.. Sampe kdg sy heran.. Gmna tu ?? Bahaya g ??

    BalasHapus
  55. Klo anak sy beda lg.. Minum air putih banyak.. Sayur buah cukup.. Tp dia memang jrg sekali BAB kadang sampe 10 hari sekali.. Paling semggu sekali.. Udh biasa gt.. Makn.n kuat.. Tp perut.n lo g mules g sakit.. Sampe kdg sy heran.. Gmna tu ?? Bahaya g ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak,
      Kalo usia si kecil kurang dari 1 tahun dan hanya mengkonsumsi ASI, sering terjadi BAB sampai 1 minggu. Namun bila usianya lebih dari 1 tahun dan BAB nya lebih dari 1 minggu sekali, kemungkinan ada masalah pada organ pencernaannya. Saran saya, coba anda konsultasikan dengan dokter spesialis anak.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW.. salam : Bambang Warsita

      Hapus
  56. Udh berbagai macam cara dari makan buah2an ttap saja gak bisa BAB :(
    Pengen coba obat pencahar tpi takut efek sampingx.Tolong donk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Fhemy Rahman,
      Coba berikan tepung sagu, cara penyajiannya bisa dibuatkan bubur sagu, panganan sagu, atau bisa juga dengan melarutkan 3-5 sendok tepung sagu dalam segelas air hangat diberikan gula jawa dan garam. Untuk tips lainnya bisa dibaca pada artikel diatas dan komentar yang sudah saya tanggapi. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang warsita

      Hapus
  57. Anak saya 4 thn & sangat2 aktif klo bermain dan sudah 3 minggu blm bab.bagaimana mengatasinya.tolong di bantu.trim

    BalasHapus
  58. Anak saya 4 thn & hyperaktif banget.sdh 3 minggu blm bab.bagaimana cara mengatasinya?tolong dibantu.trim

    BalasHapus
  59. Anak saya 4 thn & sangat2 aktif klo bermain dan sudah 3 minggu blm bab.bagaimana mengatasinya.tolong di bantu.trim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Nirmal Darlianis,
      Coba berikan tepung sagu, cara penyajiannya bisa dengan membuat bubur sagu atau bisa juga dengan melarutkan 3-5 sendok tepung sagu dalam segelas air hangat dan diberi gula jawa serta garam sebagai penyedap alami. Untuk tips lainnya bisa dibaca pada artikel dan komentar yang sudah saya posting. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  60. kl d liat dari tanya jwb d atas,yg paling ampuh itu pake sagu y mas,,kl d kasih puding apakah dapat mempererlancar susah bab,anak sy umur 1,5 tahun..mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ryan R Z,
      Berdasarkan pengalaman memang sagu yang terbukti ampuh. Pemberian puding, sifatnya hanya untuk pemenuhan kebutuhan serat tubuh dalam kondisi normal seperti halnya sayuran dan buahan, namun belum menuntaskan masalah bila balita sudah terlanjur susah BAB.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  61. Mas...saya pernah baca di salah satu blog , sagunya dicampur susu bila anak balita yang sedang minum susu . Itu gapapa ya mas klu diminumkan rutin ? Saya sudah coba 3 kali alhamdulillah lancar , tp saya berhentikan susunya sekarang malah keras lagi .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Alaika,
      Memang ada pengalaman beberapa pembaca yang mencampur sagu ke dalam susu dan berhasil mengatasi susah BAB pada balita. Bila anda sudah mencoba dan berhasil, namun sekarang BAB nya keras kembali maka saran saya sebaiknya anda ganti susu formulanya.
      Pemberian sagu sebaiknya 30 menit sebelum waktu makan. Cara penyajiannya bisa dengan melarutkan 3-5 sendok sagu ke dalama segelas air hangat, diberikan gula jawa dan sedikit garam sebagai penyedap alami.
      Sagu aman dikonsumsi dalam jangka panjang karena sebenarnya sagu baik untuk kesehatan pencernaan. Coba anda variasikan dengan membuat penganan dari sagu seperti bubur sagu, kue sagu, dsb.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  62. mas mau tanya anak saya umur 7 bulan 16 hari susah bab...kalau bab 3 hari sekali sambil ngeden...minumnya asi sama susu formula..kalau air putih anaknya agak susah bagaimana solusinya ya mas trima kasih

    BalasHapus
  63. mas anak saya umur 7 bulan 15 hari susah bab..bab agak keras kalau bab sambil ngeden3 sudah makan jus pepaya sama alpokat masih susah bab minumnya asi sama sufor...anaknya susah minum air putih mas paling beberapa sendok saja terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Sovi Atun,
      Mengingat usianya kurang dari 1 tahun, kemungkinan besar masalah susah BAB nya hanya dikarenakan kurangnya asupan serat atau kadar susu formulanya yang terlalu kental.
      Coba tips berikut :
      1. Sebaiknya anda mengkonsumsi makanan berserat seperti sayuran dan buahan yang baik untuk mencegah susah BAB, dan nantinya bisa disalurkan lewat ASI.
      2. Bila ia mengkonsumsi susu formula, coba diencerkan susunya (lebih banyak air). Jika tidak juga menyelesaikan masalah, segera ganti susu formulanya dengan merk lain
      3. Setiap hari berikan air minum (air putih) minimal 0.5- 0.8 liter dan diberikan secara bertahap namun sering dan selang-seling antara pemberian susu dan air putih. Gampangnya, anda sediakan saja botol air mineral sesuai ukuran 500 ml - 1 lite dan usahakan ia menghabiskannya setiap hari.
      4. Jangan memberikan makanan dengan tekstur padat seperti nasi, bila anda tetap ingin memberikan makanan sebaiknya berupa biskuit bayi atau bubur bayi.
      5. Pemberian buah-buahan sebaiknya berupa jus alami.
      Monggo dicoba mbak, bila tidak ada kemajuan dalam 1 minggu ke depan silahkan berkonsultasi dengan dokter spesialis anak.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  64. Anak saya usia 2 tahun 1 bulan sudah 4 hari gak bab.. Gimana dok.. Bahaya gak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Sondari Yani,
      Untuk mengatasi susah BAB coba tips berikut :
      1. Larutkan 3-5 sendok sagu ke dalam segelas air hangat, diberikan gula jawa dan sedikit garam sebagai penyedap alami.
      2. Pemberian sagu sebaiknya 30 menit sebelum waktu makan.
      3. Bila tidak menyelesaikan masalah, sebaiknya anda ganti susu formulanya dengan merk lain.
      4. Berikan makanan berserat seperti sayuran dan buahan (boleh di jus), camilan seperti puding agar-agar, bubur sagu.
      Monggo dicoba dulu, mbak...
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  65. anak saya umur 4 thn 3 bln.. saat ini saat bab sering kesakitan.. babnya yg keluar sedikit, dan ada bab yang mngeras di rektum. bagaimana cara mengatasi bab yang mengeras??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Kak Basarohana Simanjuntak,
      Bila anak usia 4 tahun ke atas susah BAB saat ini, kemungkinan karena kurang mengkonsumsi air putih atau makanan berserat seperti sayuran dan buahan.
      Untuk mengatasinya, coba tips berikut :
      1. Mandikan si kecil dengan air hangat supaya ia rileks
      2. Tahap awal, berikan ia minum segelas air putih hangat
      3. Berikan air minum (air putih) minimal 1,5 sd 2 liter per hari yang diberikan secara bertahap dan sering. (sediakan saja air mineral ukuran 1,5 liter dan usahakan agar ia untuk menghabiskannya setiap hari). Ingat ya, pemberian secara bertahap bukan sekaligus
      4. Berikan makanan yang terbuat dari tepung sagu, seperti bubur sagu. Atau kalo rasanya repot, bisa dengan melarutkan 3 - 5 sendok makan tepung sagu dalam segelas air hangat, campurkan gula jawa dan garam sebagai penyedap alami dan berikan dengan frekuensi 3 x sehari dengan waktu penyajian ½ jam sebelum waktu makan. Contohnya, kalo ia makan siang pukul 12.00 WIB, maka sekitar pukul 11.30 WIB sudah diberikan air tepung sagunya.
      5. Jangan lupa berikan buah-buahan seperti pepaya, (boleh di jus) dan sayuran dibuat sup (misalnya sup kacang merah, sup bening, dsb) yang baik untuk pencernaan.
      6. Bila ingin memberikan camilan, berikan makanan seperti : agar-agar yang mengandung serat
      Silakan dicoba dulu ya, bila tidak menyelesaikan masalah maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter anak.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  66. Ass kak sya mw brtanyya ..
    Anak saya bru umur 2blan 16hari,klo anak sya BAB ngerasa ksakitan krna pupnya keras . Cuma keluar sedikit. Mkanannya klo pagi n sore pisang . Mhon blasannya apa smua ini karna efek mkn pisang krna pupnya keras . Cara mengatasinya gmnh ya

    BalasHapus
  67. Mas saya mau tanya, anak saya umur 2,5 thn susah bab. Anak saya ngga doyan buah buahan, kalau minum banyak minum air putih terutama yg dingin. Mohon sarannya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Oedel,
      Kemungkinan kurang mengkonsumsi serat seperti sayuran dan buah-buahan. Bila ia tidak suka buah, maka sebaiknya dibuat jus (minuman) saja. Untuk air putih, tidak masalah dingin namun alangkah baiknya air putih yang hangat atau netral (tidak panas/dingin). Untuk tips lainnya bisa dibaca kembali di artikel atau komentar yang sudah saya posting ya...
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  68. Mas anak sya 9 bulan susah bab dan bab 1 x swminggu. Sy coba kasih bubur sagu pas hari 1 gak ppa hari ke 2 pagi2 nangis trus kya ada yg skit di perut gmna mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Radhitya Pradita,
      Bila anak kurang dari 1 tahun susah BAB kemungkinannya :
      1. kurang mengkonsumsi air putih
      2. Susu formulanya terlalu kental
      3. Bila mengkonsumsi ASI, kemungkinan si ibu kurang mengkonsumsi makanan mengandung serat (sayur, buah-buahan)
      4. Bayi sudah diberikan makanan bertekstur padat (misal nasi tim, dsb)
      Saran saya :
      1. Berikan air putih minimal 500-800 ml per harinya, yang diberikan secara bertahap (selang-selingi antara pemberian susu formula dan air putih)
      2. Susu formula jangan terlalu kental (takaran air dan bubuknya harus pas, coba baca petunjuk pada kemasannya)
      3. Bila ia mengkonsumsi ASI, anda harus banyak mengkonsumsi serat (sayur dan buahan)
      4. Jangan berikan makanan bertekstur padat seperti nasi, bila tetap ingin memberikan makanan pendamping, berikan berupa bubur atau biskuit bayi.
      5. Mandikan ia dengan air hangat agar tubuhnya rileks
      6. Untuk balita kurang dari 1 tahun, pemberian bubur sagu hanya opsi terakhir.
      Bila dalam 3 hari tidak menyelesaikan masalah, silahkan berkonsultasi dengan dokter spesialis anak.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  69. Mas saya mau nanya.. Anak saya umur 1th 14hari.. Mengalami kesulitan bab.. Dulu sekitar 3blnan udah pernah susah pup n akhirnya dikasih mikrolax trus keluar.. N sekarang ngalamin lagi setelah saya ganti sufor pediasure pdhal anak saya jarang banget minum sufor sehari paling 1 sampai 2x pagi n malam hari soalnya ga pernah mau kalau saya buatin sering2 n buah n sayur sudah saya kasih juga tapi pernah papahnya kasih mnunan botol n jus jambu biji nah setelah itu besok nya pupnya kera. Saya bawa kedokter n dikasih mikrolax n resep dari dokter tapi masih keras juga.. Saya ga tega lihatnya ngejan2 terus sampe kadang nangis.. Apa saya perlu ganti sufor lagi soalnya anak saya berat badannya ga naik2 7.5kg umur 1th jadi saya kasih pediasure buat nambah gizi nya.. Padahal anak saya suka ngemil n makan pun bnyak.. Tapi bb nya ga naik2 tapi sekarang pupnya malah keras.. Saya bingung harus gimana lagi mas.. Makasi sebelumnya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Ery Ermawati,
      Penyebab bayi susah BAB karena beberapa hal, seperti kurang mengkonsumsi serat, susu formula yang terlalu kental, kurang mengkonsumsi air putih, dsb. Untuk mengatasinya coba berikan air putih sedikitnya sekitar 800 ml per hari dan pemberiannya secara bertahap. Usahakan di selang seling dengan pemberian susu formula. Untuk makanan sebaiknya teksturnya jangan terlalu padat (bukan nasi seperti orang dewasa). Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan (boleh berupa jus), sayuran seperti sup kacang merah, atau camilan seperti agar-agar. Untuk jangka pendek, bila bayi susah BAB, bisa dengan memberikan 3-5 sendok tepung sagu yang dilarutkan alam segelas dan diberikan gula jawa dan garam sebagai penyedap alami. Berikan 30 menit sebelum makan.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita