16 Tips Mujarab Mengajarkan Bayi Agar Cepat Berjalan


Bayi mulai bisa berjalan antara usia 11 sampai 18 bulan. Banyak orang tua merasa cemas jika bayi seusianya belum menunjukkan tanda-tanda bisa berjalan. Anda sebagai orang tua tidak perlu risau karena bila tidak ada gangguan saraf atau kelainan otot, maka anak Anda pasti akan bisa berjalan. Cepat atau lambat anak mulai bisa berjalan tergantung pada stimulasi untuk aktif bergerak Kurangnya pemberian stimulasi pada anak untuk aktif bergerak karena ia terlalu banyak digendong atau berada di kereta bayinya sehingga menyebabkan keterlambatan. Diperlukan kesabaran, dalam membimbing bayi anda cepat berjalan.

Nah, jika anak anda ingin bisa cepat berjalan, simak 16 Tips mujarab mengajarkan bayi agar cepat berjalan berikut ini :
  1. Karena keseimbangannya belum sempurna, biarkan bayi anda berdiri dan berjalan merambat sambil berpegangan pada anda atau perabot rumah tangga. Anda harus ekstra waspada karena bayi anda bisa cedera bila ia lengah dari pengawasan anda.
  2. Ketika ia mulai berdiri, biarkan ia menggenggam jari-jari atau pergelangan tangan anda dan menarik badannya ke posisi berdiri dan kakinya mampu menopang berat badannya sendiri.
  3. Jika bayi anda terlihat limbung dan enggan melangkah sendiri, sangga berat tubuhnya dengan meletakkan kedua tangan anda di bawah lengannya sehingga ia berani melangkah. Raih dan tuntun bayi dengan memegangkan kedua tangan anda kepadanya.
  4. Biarkan bayi berpegangan pada anda dengan satu tangan, lalu berpindah berpegangan pada satu jari saja dan akhirnya melepaskan sama sekali.
  5. Coba anda berlutut di depannya dan mengulurkan kedua tangan atau anda bisa merentangkan kedua tangan seolah ingin memeluknya sambil anda berjalan mundur perlahan.
  6. Letakkan mainan favorit dan usahakan ia melihat anda meletakkan mainan tersebut. Beri semangat ke anak untuk menggapainya sambil menepuk-nepuk tempat tersebut. Bayi Anda akan berusaha meraih mainannya dengan merambat untuk berdiri, dampingi dari belakang sambil terus menyangga bokongnya.
  7. Suasana rumah dibuat seaman mungkin, singkirkan pernak-pernik kecil di rumah yang tajam dan berbahan gelas dari jangkauan bayi anda.
  8. Perabot rumah yang dapat membuat anak cedera seperti siku meja yang tajam, perlu disingkirkan terlebih dahulu.
  9. Biarkan kaki bayi tanpa alas kaki seperti kaus kaki atau sepatu agar kaki-kakinya dapat bergerak bebas dan lincah, dan ia dapat mengenal tempat yang tidak rata seperti tangga.
  10. Jika perlu memakai sepatu, sebaiknya pilih sepatu yang memiliki sol dari karet dan anti slip serta mengeluarkan bunyi kerincing yang membuat bayi Anda lebih semangat dan gembira ketika melangkahkan kaki -kakinya.
  11. Taruh keranjang cucian agar bisa didorong, agar bayi anda lebih bersemangat dalam mengasah kemampuan berjalannya tanpa bantuan orang lain. Latihan ini juga dapat menguatkan otot-otot tangan dan kakinya
  12. Child harness (tali kekang bayi) dapat digunakan untuk membantu bayi anda latihan jalan dan membantu menjaga bayi anda agar tetap aman sekalipun di tempat keramaian dan bayi tetap selalu berada dalam jangkauan Anda.
  13. Coba anda buat latihan berjalan di rumput atau taman agar bayi lebih mantap dalam melangkah untuk menjaga keseimbangannya, sekaligus dapat meningkatkan kepekaan indera peraba di telapak kakinya.
  14. Jangan gunakan baby walker dalam melatih bayi berjalan karena alat ini dapat menyebabkan kecelakaan seperti jatuh dari tangga dan tangan bayi terjepit. Penggunaan alat ini juga dapat menganggu perkembangan otot kaki bayi karena telapak kaki bayi tidak menapak dengan baik atau cenderung berjinjit. Sehingga bayi cenderung malas belajar bergerak dan melangkah dengan kakinya sendiri.
  15. Berikan kata-kata penyemangat, pujian, senyuman, tepuk tangan dan pelukan, jika bayi anda berhasil mengambil mainan favoritnya di tempat yang anda tetapkan atau berjalan menghampiri anda tanpa terjatuh.
  16. Jangan memaksa anak untuk belajar berjalan terlalu awal karena otot-otot kakinya mungkin belum siap, sehingga dapat menyebabkan bayi anda terjatuh berkali-kali, dan menjadikannya takut serta trauma sehingga semakin enggan untuk belajar berjalan sendiri.

56 komentar:

  1. Woshh...
    Trmksih pak bambang infonya..
    Sangat bermanfaat..
    Sbg info, anak saya usia 9 bulan, msh kesulitan duduk, apalagi berdiri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas,
      Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  2. anak sy usia 15 bln, ... lom bisa merangkak, ... apa ada mslh dgn tahapan berjalannya, ... thx utk infonya, ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Iwan Sanwani,
      Seharusnya di usia diatas 12 bulan, bayi sudah mulai bisa berjalan. Namun demikian bila si kecil yang sudah berusia 15 bulan belum bisa juga merangkak, coba anda lakukan stimulus dulu untuk mengajarkan ia cara merangkak secara bertahap. Setelah ia bisa merangkak, baru kemudian anda latih ia cara berdiri dan berjalan, tipsnya silahkan baca pada artikel diatas. Bila tidak ada masalah dengan otot kakinya, Insya Allah secara bertahap ia bisa merangkak. Namun bila anda sudah berusaha dan belum ada tanda-tanda kemajuan dalam 1 bulan ke depan, maka sebaiknya si kecil diperiksakan ke dokter untuk memastikan ada atau tidak kelainan pada otot kakinya.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  3. Anak sy usia 9 bln dia sngt aktif tp untuk duduk dr terlentang msh separo bdan.nya dia g mau merangkak tp minta berdiri jalan" terus sambil di pegangin.ini gmn ya pak ? Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Laily Tara,
      Untuk bayi usia 7-9 bulan, umumnya akan mulai belajar untuk duduk, merangkak, berdiri, sambil merangsang fungsi motoriknya. Coba anda ajarkan terlebih dahulu bagaimana caranya merangkak, misalnya anda menaruh mainan di suatu tempat dan ajak ia bersama-sama untuk merangkak mengambil mainan tersebut. Latihan ini bertujuan untuk menguatkan otot tangan dan kakinya. Setelah ia sudah bisa merangkak, selanjutnya dapat anda ajarkan ia untuk mulai berdiri dan berjalan.
      Kalo si kecil anda minta berdiri, kemungkinan ia sedang mulai berlatih keseimbangan tubuh, namun mengingat otot kaki nya belum terlalu kuat, maka sebaiknya anda jangan memaksanya untuk banyak berjalan.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  4. Selain cara diatas apakah ada vitamin atau susu khusus agar tulang anak bisa kuat ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas M. Yaser,
      Makanan/minuman yang membantu untuk membangun dan menguatkan tulang adalah yang mengandung kalsium dan vitamin D. Sumber makanan/minuman tersebut antara lain : susu,keju sayuran (brokoli, kangkung, dsb), buahan, ikan (lele, salmon, dsb), telur, ayam, dll.
      Untuk susu khusus menguatkan tulang anak, mohon maaf saya belum bisa merekomendasikan karena saya belum mendapatkan informasi lengkapnya.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  5. Anak saya u 10 bln.tp blm bs mrangkak n blm bs dduk sndri.bgmna n p yg hrs sya lkukn .mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Fenti Ferawati,
      Untuk bayi usia 10 bulan, memang sudah mulai belajar untuk duduk, merangkak, berdiri. Namun bila si kecil belum bisa merangkak, anda jangan khawatir, coba tips berikut :
      1. Ajarkan ia terlebih dahulu bagaimana caranya merangkak, misalnya anda menaruh mainan di suatu tempat, anda ajak ia bersama untuk merangkak dan mengambil mainan tersebut. Tujuannya latihan ini untuk menguatkan otot tangan dan kakinya.
      2. Bila ia sudah bisa merangkak maka anda ajarkan ia untuk mulai berdiri dan berjalan.
      3. Sama halnya dengan belajar duduk, untuk tahap awal anda coba sanggah tubuhnya ketika duduk, lama kelamaan ia belajar keseimbangan dan akhirnya dapat duduk sendiri.
      4. Bila ia sudah mengkonsumsi makanan pendamping seperti bubur, maka dapat diberikan makanan/minuman yang membantu untuk membangun dan menguatkan tulang serta mengandung kalsium + vitamin D seperti : susu, sayuran, buahan (boleh di jus), ikan (lele, salmon, dsb), telur, ayam, dll.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  6. Anak saya usia 10 bulan sangat aktif gerak dan banyak celotehannya, duduk juga sudah bisa tegak, tapi belum mau menekuk lutut dan mengangkat siku untuk merangkak, bisanya baru tengkurep sambil gerak ngesot gitu tiap saya stimulasi untuk mengambil benda di hadapannya, dan geraknya pun cepat dan lincah. Stimulasi apa yang harus saya lakukan untuk merangsang kemampuan merangkak dan berjalannya? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak,
      Bila ia sudah bisa duduk tegak dan ingin cepat belajar merangkak atau berjalan, coba lakukan beberapa tips sederhana berikut :
      1. Coba anda ajarkan terlebih dahulu bagaimana cara menopang berat badannya dengan kedua tangan dan kakinya untuk mulai belajar merangkak, Tujuan dari latihan ini adalah untuk menguatkan otot tangan dan kakinya.
      2. Bila ia sudah mulai bisa menopang berat badannya sendiri, coba anda taruh mainan kesukaannya dalam jarak dekat (beberapa langkah)
      3. Anda mulai mengajak ia bersama untuk merangkak dan mengambil mainan tersebut. Biarkan ia mengikuti/mencontoh gerakan anda.
      4. Latihlah hal ini berulang-ulang secara teratur, namun jangan terlalu memaksakan ia agar cepat-cepat bisa merangkak.
      5. Bila ia sudah bisa merangkak, baru anda ajarkan ia untuk mulai berdiri dan berjalan.
      6. Sama halnya saat anda ajarkan ia belajar duduk, untuk mulai bisa berjalan maka tahap awal anda coba sanggah tubuhnya untuk berdiri dan belajar keseimbangan. Setelah bisa berdiri dan menjaga keseimbangan, baru anda ajarkan caranya untuk berjalan. Untuk tips lengkapnya bisa dibaca kembali pada artikel diatas dan komentar yang sudah saya posting.
      Selain itu, anda juga perlu memberikan ia makanan pendamping dan minuman yang bergizi
      yang bisa membantu untuk membangun dan menguatkan tulang serta mengandung kalsium + vitamin D seperti : susu, sayuran, buahan (boleh di jus), ikan (lele, salmon, dsb), telur, ayam, dll.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  7. Anak saya 10 bulan sudah bs duduk tegak, tapi dia belum bisa mengangkat siku dan lututnya untuk merangkak, jd tiap dikasih benda yang ada di hadapannya, dia mengambilnya dengan gerakan seperti ngesot, tapi gerak ngesotnta cepat. Stimulasi apa yang harus saya lakukan agar bisa merangkak kemudian berdiri dan berjalan? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak,
      Sudah saya tanggapi komentarnya diatas ya... Mohon maaf sebelumnya saya agak telat balas komentar karena ada sesuatu hal/kesibukan.
      Terima kasih ya sudah berkunjung kembali... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  8. Pak..anak sy sudah mampu berjalan seoangkah dua langkah...dituntun dgn jari 1 sudah seimbang.rambatanhya sudah cepatmaunya diajak jalan ..anaknya aktif sekali..hanya saja sepertinya dia mash blm berani...usianya 14 bulan ..sy mulai khawatir...bgmn ya cara menstimulus agar dia berani..trmkah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Hadi Hidayat,
      Maaf agak telat balas komentarnya karena ada kesibukan menjelang lebaran..
      Mas, bila ia sudah mulai mampu berjalan meskipun hanya beberapa langkah, itu susah merupakan suatu kemajuan yang baik. Untuk menstimulusnya bisa dengan beberapa tips berikut:
      1. Bila ia berpegangan pada 2 jari, coba mulailah dengan melepaskan 1 jari (ia berpegangan pada 1 jari saja), dan akhirnya melepaskan sama sekali.
      2. Bila ia sudah mulai bisa melangkah, coba berlutut di depannya dalam jarak beberapa langkah, ulurkan kedua tangan seolah-olah ingin memeluknya, namun anda terus mundur perlahan, sehingga langkahnya semakin jauh.
      3. Ambil mainan favorit, taruh di depannya dalam jarak beberapa langkah dan minta ia untuk mengambilnya. Bila ia berusaha meraih mainannya dengan mulai merambat untuk berdiri, lalu mulai berjalan, maka dampingi ia dari belakang.
      4. Untuk latihan setiap saat, taruh keranjang cucian dihadapannya agar bisa ia dorong-dorong untuk mengasah kemampuan berjalannya tanpa bantuan orang lain.
      Demikian infonya semoga dapat membatu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  9. Anak saya udah 15bln mau menginjak 16bln tgl 5nanti tapi blum berani jalan sendiri masih takut,minta nya d teta terus d peganggin pake tangan satu blum berani,padahal udh cept jln nya klu d teta
    Sdh beberapa tips sy praktekin udh pernah jln 2langkah tp sbil berlari sekng udah ngk mau semenjak pernah jatuh jd ky trauma gitu klu beljar berjalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Intan Nia Permatasari,
      Sebelumnya mohon maaf agak telat balas komentarnya karena sy banyak kesibukan...
      Memang kadangkala balita mengalami trauma karena pernah jatuh atau dipaksakan ingin cepat bisa berjalan sebelum waktunya padahal otot kakinya belum kuat. Akhirnya ia menjadi canggung dan takut untuk berjalan sendiri (takut jatuh).
      Saran saya, coba mbak lihat kembali artikel saya diatas dan tidak ada salahnya untuk mencoba lagi :
      1. Tips no. 11 (dengan bantuan keranjang cucian), 2. Tips no. 12 (dengan kekang/child harness),
      3. Tips no. 13 (berlatih berjalan di rumput)
      Demikian infonya semoga dapat membantu dan semoga si kecil bisa cepat berjalan ya..
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  10. Anak saya udh 17bln mau menginjak 18bln tgl15 nnti tp blm bsa brdiri sendiri msih tkut ditatah malah nangis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Ari Wb,
      Bila tidak ada masalah dengan otot kakinya, Insya Allah pasti ia akan dapat berdiri dan berjalan nantinya. Yang perlu dilakukan adalah memberikan stimulus dan semangat agar ia berani berdiri dan berjalan sendiri. Coba tips berikut ini :
      1. Biarkan ia tetap menggenggam jari-jari atau pergelangan tangan anda saat akan ke posisi berdiri. Lakukan hal ini sesering mungkin
      2. Tuntun ia (tatah) dengan memegangkan kedua tangan anda kepadanya.
      3. Bila sudah mulai bisa, coba anda berlutut di depannya sambil ulurkan kedua tangan seolah ingin memeluknya sambil anda terus berjalan mundur.
      4. Pakai keranjang cucian supaya bisa ia dorong. Latihan ini akan menguatkan otot-otot tangan dan kakinya
      5. Bawa ia ke taman dan buat latihan berjalan di rumput agar ia tidak takut melangkah
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudha berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  11. Kl bayi sy 14bln, dy sdh bs rembet, di tuntun 1 tngn jg sdh enteng bngt. Tapi knp kl di ajrkn brdri sndri, dy mrh gk mau. Bayi sy sprtny takut jg malas untk bljr, agk gereget kl ajrin dy, krn hny btuh kberanian dn kemauan aj.. Gmn y cr ny agr bayi sy bs brni dn mw bljr... Kolokan bngt mw ny ngandelin orng2 sekitar aj' gmez sy hehe pngn cpt dy bs brjln sndri....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Saki Uchiha,
      Cepat atau lambatnya bayi belajar berjalan sangat tergantung dari stimulus yang diberikan. Bila ia sudah bisa belajar berdiri dan mulai belajar berjalan, maka kita sebagai orang tua harus bisa membantu membimbingnya sampai ia mulai bisa berjalan sendiri. Cara yang paling gampang adalah, coba anda taruh keranjang cucian lalu biarkan ia mendorong keranjang tersebut sambil berjalan. Selain itu juga bisa anda ajarkan cara berjalan di rumput tanpa rasa khawatir ia akan sakit akibat terjatuh.
      Untuk tips lainnya, dapat dibaca selengkapnya pada artikel diatas.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  12. Terimakasih pak..inffonya edukatif.
    Sudah mulai usia 11 bulan anak sy sdh bisa berdiri namun skrg di usianya yg ke 15 bulan masih blm berani berjalan biarpun hanya 1 langkah. Dia merambat saja melalui dinding dan perabot di rumah. Sy sdh berupaya memberikan alat dorong, tali penyangga jalan. Oh... susah sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Ilinur Hamidah,
      Kemungkinan si kecil takut terjadi, atau ia pernah mengalami trauma akibat jatuh saat belajar berjalan. Untuk lebih mudahnya, coba pakai keranjang cucian sebagai pegangan untuk ia dorong sambil belajar melangkah.
      Selain itu, coba latih berjalan di rumput ya, kalo jatuh juga si kecil tidak terlalu sakit.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  13. Anak saya umur 17 bln mas tpi lum bsa brdiri sdri dia tdk merangkak melainkan ngesot di lantai knp ya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas/mbak,
      Untuk balita seusianya, memang seharusnya sudah dapat berdiri dan berjalan. Namun demikian anda jangan khawatir, bila tidak ada masalah dengan otot kakinya, Insya Allah ia akan dapat berdiri dan berjalan.
      Yang perlu anda lakukan saat ini adalah memberikan stimulasi agar ia dapat belajar berdiri. Coba ulurkan tangan anda dan bantu ia untuk berdiri, lakukan sesering mungkin. Bila ia sudah bisa berdiri, coba bantu ia berjalan dengan cara meletakan keranjang cucian. Biarkan ia mendorong keranjang tersebut sambil berjalan. Tips lainnya bisa anda baca selengkapnya pada artikel diatas.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas Bw... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  14. Anak saya umur 17 bln mas tpi lum bsa brdiri sdri dia tdk merangkak melainkan ngesot di lantai knp ya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Windhie Anugrah,
      Tanggapannya seperti jawaban diatas ya (unknown). Maaf ya tidak menyebut nama mbak karena tidak ditulis identitasnya...
      Demikian infonya... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  15. Selamat sore pak Bambang, sy mau sharing pak bayi sy saat ini sudh mau menginjak 15 bulan pak tp blm bisa berjalan...kdng mau berdiri sendiri kalok lagi mud ja tp kalok mau dituntun tuk berjalan sering nangis...kira2 gmn solusinya pak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Sudirman,
      Coba beberapa tips berikut ini :
      1. Ajarkan cara berdiri untuk menjaga keseimbangannya
      2. Berikan jari anda untuk membantu ia berdiri dan melangkah
      3. Berikan keranjang cucian, biarkan ia mendorong sambil berjalan, sehingga ia berani untuk melangkah
      4. Latih berjalan di rumput (taman), andai kata terjatuh pun ia tidak merasa sakit.
      Yang perlu diingat : anda harus sabar dalam mengajarinya berjalan
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  16. Anak saya berumur 10 bln,tp blm tumbuh gigi n merangkak
    Tp dia sudah kuat duduk sjak umur 6 bln,n skarang berdiri sudah kuat tp klo saya nopang jln dia gk mau mlangkah...gmn y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak,
      Usianya masih 10 bulan, namun si kecil sepertinya sudah ingin belajar berjalan, namun masih takut melangkah.
      Untuk mengajarinya berjalan coba beberapa tips berikut :
      1. Berikan keranjang cucian, dan biarkan ia pergunakan sebagai mainan untuk didorong sambil belajar berjalan.
      2. coba anda latih berjalan di rumput, sehingga bila terjatuh pun ia tidak merasakan sakit
      3. Tuntun bayi anda dan berikan semngat agar ia tidak takut melangkah. Bila perlu taruh mainan favorit di depannya sehingga ia bersedia melangkah.
      4. Bila ia tetap enggan melangkah, sebaiknya jangan anda memaksanya karena bisa jadi otot kakinya belum terlalu kuat untuk melangkah.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  17. Maaf pak mau tanya, InsyaAllah bbrapa hr lg anak saya berusia 1,5 tahun, dia tdk merangkak tp ngesot, sebagian besar dr keluarga kami memang ngesot saat bayi,tp biasanya pd usia 13 bulan sdh bs berjalan, tp ini anak saya blm, utk latihan jalan sdh dimulai sejak usia klo ga salah sejak umur tujuh bulan. Saat ini ketika jalan anak saya hanya brpegangan pd jari saya, tp herannya blm berani utk berjalan sndiri, sprti sangat takut. Saya pun bertanya dlm hati, mungkin anak saya pernah jatuh hingga menimbulkan sdikit trauma, nah pertanyaan saya, bagaimana cara agar anak saya berani berjalan sndiri? Kadang saya pun bertanya2 sndiri, apa ada yg salah dg otot2 di kakinya? Klo saya perhatikan, jari2 anak saya cenderung merapat, blm bs megar sehingga sprtinya dia jd agak kesulitan menyeimbangkan tubuhnya, mungkin ini salah satu salah saya juga krn selama ini kakinya hampir selalu saya pakaikan kaos kaki, br bbrpa black terakhir ini saya lepas kaos kakinya. Terimakasih atas jawaban&masukannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Eri,
      Memang bila anak sering jatuh saat belajar berjalan di usia kurang dari 1 tahun, maka besar kemungkinan ia mengalami trauma (takut) untuk berjalan.
      Nah sekarang usianya sudah 1,5 tahun, maka sebaiknya anda ajarkan terlebih dahulu cara berdiri untuk melatih keseimbangannya. Bila ia sudah bisa berdiri sendiri, maka anda bisa mulai mengajarinya cara berjalan. Tips nya sebagai berikut:
      1. Pakai keranjang cucian, dan biarkan ia berdiri untuk mendorong keranjang tersebut sambil belajar berjalan.
      2. Tuntun si kecil dan berikan semangat agar ia tidak takut melangkah.
      3. Taruh mainan favorit di depannya sehingga ia bersedia melangkah untuk mengambil mainan tersebut.
      4. Latih berjalan di rumput, sehingga bila terjatuh pun ia tidak merasakan sakit dan tidak mengalami trauma
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  18. Mas.. Anak saya sudah 17bln blm berani jln sendiri,segala cara sudah saya coba tp rasa takut mengalahkan semua'y.. Gk mau dorong2 keranjang or strolley,merembet di tembok pun enggan.. Pdhl saya rasa blm pernah trauma jatuh..jd mau'y ditatih dengan dua tangan klo saya lepas satu tangan pasti langsung duduk.. Saya khawatir dengan keseimbangan'y.. Bagaimana ya cara menghilangkan rasa takut'y??dan batas max anak bs berjalan itu umur brapa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Lala,
      Anda mesti bersabar, bila tidak ada kelainan pada otot-otot kakinya, insya Allah ia akan dapat berjalan.
      Saran saya,
      1. coba anda latih berjalan di rumput sambil tetap anda tatih, andaikatapun terjatuh ia tidak trauma
      2. Bantu ia belajar untuk berdiri dan melatih keseimbangannya, lalu bantu untuk melangkah
      3. Tetap pakai keranjang cucian, mungkin ini hanya masalah waktu agar ia bisa membiasakan diri
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunnjung ke blog mas BW... salam : Bambang warsita

      Hapus
  19. Alhmdllah putri saya umur 10 bln dah numbuh gigi 4 atas bawah,dah berdiri sndri bahkan dah mulai berjalan selngkah 2 langkah,,bahkan celotehan'a pun udah mulai jelas dah bs panggil ayah,mimi,maem,ngengeng mnta naik motor...hehe,,alhmdllah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Marsiy Atun,
      Terima kasih sudah berbagi pengalamannya... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  20. Pak Bambang, saya memiliki bayi usia 13 bulan..hingga saat ini dia hanya bisa mengesot cepat dan sudah pandai bicara.. saya oernah melatih berdiri di taman dia masih takut dan kakinya belum bisa menapak di lantai..apakah ini normal? Karena saya sering mennanyakan ke dokter spesialis anak langganan saya dan selalu dijawab semuanya baik2 saja.. apa yang harus saya lakukan pak? Apakah anak saya harus melalui fase merangkak terlebih dahulu? Karena selama ini lututnya tidak mau tegak untuk merangkak, hanya otot tangannya saja yang membantu dia untuk berpindah tempat.. terima kasih atas jawabannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Rhya,
      Bila sudah diperiksakan ke dokter dan tidak ada masalah, maka Insya Allah si kecil akan bisa berjalan. Cepat atau lambat si kecil belajar berjalan sangat tergantung pada stimulus yang diberikan. Coba anda tuntun pelan-pelan dan ajarkan ia berdiri, melangkah, agar ia terbiasa dan berani.
      Berikan keranjang cucian dan biarkan dia mendorong kesana kemari sambil berjalan, sehingga bisa melatih otot kakinya.
      Cara lain adalah dengan mengajarinya berjalan di rumput, andaikata terjatuh pun tidak sakit. Tips lainnya silahkan baca pada artikel diatas.
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas Bw... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  21. Bayi saya 10 bulan tgl 11 bsok,dri 6blan udh duduk jga mulai jaln d babywalker,,cz sya kerja jdi biar anteng d asuh neneky naik babywalker,Naah,,skrg mlah sush berdiri sendri jg kakiy d jinjit truz,Bb y 10kg Tb 75cm APA ngaruh ya..?? Sya mulai kwatir cz temn seumurany udh bsa berdiri sendiri,stimls y gmna ya..mksih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Dina Nura,
      Jangan khawatir, selama tidak ada masalah dengan otot kaki nya, Insya Allah si kecil akan bisa berjalan. Cepat atau lambat si kecil belajar berjalan sangat tergantung pada stimulus. Saran saya, si kecil jangan ditaruh di baby walker, berikan saja dia keranjang cucian dan biarkan dia mendorong kesana kemari sambil berjalan, sehingga bisa melatih otot kakinya. Cara lain adalah dengan mengajarinya berjalan di rumput, andaikata terjatuh pun tidak sakit. Tips lainnya silahkan baca pada artikel diatas.
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas Bw... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  22. anak saya umur 10 bulan udah belajar jalan. Alhamdulillah umur 1 tahun jalannya udah lancar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Yasinta Rahman,
      Mantabb itu si kecil, mbak...
      terima kasih ya sudah berkunjung ke blog mas BW.. salam : Bambang Warsita

      Hapus
  23. Malam mas anak saya 16 bulan sdh merangkak dan bisa merambat jalan jg klo dituntun cepet bgt langkahx tp dia sprti takut utk melangkah gitu gmn ya tips yang jitu buat dia berani melangkah???
    Sblmx terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak/Mas,
      Untuk mengajarkan agar si kecil berani melangkah, coba anda bantu dan ajari berjalan di rumput. Andaikata terjatuh pun, ia tidak merasa sakit. Cara lain adalah dengan memberikan keranjang cucian, biarkan ia mendorongnya sambil berjalan.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  24. assallamualaikum wr.wb mas anak saya umur 15 bulan lebih. anak saya tidak merangkak, tidak ngesot jg tdk duduk sendiri .anak saya jg blm bisa berjalan tp dia suka dititah .jika duduk itupun selalu didudukan. pada saat dititah dan saya ingin lepas kan untuk keseimbanganx dia bisa mas. terkadang tanpa dia sadari dia bisa melangkah sendiri tnpa bantuan. trkadang dia jg terantanan di meja. ygsaya heran kan anak saya selalu merebah kan badanx dengan sengaja. gimana mas solusix? ?? klo saya liat sepertinya anak saya bisa untuk berjalan sendiri ...tp dia sllu dgn sengaja merebah kan badanx ...gimana mas? ?

    BalasHapus
  25. mas anak saya umur 15 bulan lebih. dia tdk merangkak tdk duduk sendiri. tp jika didudukkan dia bs dduk. jg blm bisa brjalan dia suka dititah .pernh saya coba utk lepaskan dis bs berjalan sendiri tnpa bntuan .trkadang saya berdirikan dia ba berdiri .tp sllu saja merebah kan badanx begitu jg dgn dduk dy jg sllu merebh kan badanx. pdhl sesungguhnya dia bs utk berjaln dan dduk sendri .gmna mas solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Yuniati,
      Waalaikum salam wr. wb.
      Selama tidak ada masalah dengan otot kakinya, insya Allah si kecil akan dapat berjalan. Si kecil sudah bisa berdiri dan sudah bisa melangkah meskipun hanya beberapa langkah, berarti tidak ada masalah dengan otot kakinya. Coba lakukan beberapa tips berikut :
      1. Berikan ia keranjang cucian dan biarkan ia mendorong kesana kemari.
      2. Berjalan di rumput, bawa ke taman yang asri dan sejuk dan coba ajarkan ia berdiri dan berjalan (bantu dengan cara di tatih)
      Jangan lupa berikan kata-kata semangat dan pujian sehingga bisa memberikan semangat kepada nya untuk belajar berjalan.
      Kalo masalah ia sering merebahkan badannya, semungkinan karena ia terbiasa dengan suasana tempat tidur dan jarang sekali diajarkan untuk beraktivitas di lantai seperti merangkak, berdiri, melangkah, bermain, dsb.
      Coba anda mulai sering mengajaknya untuk melakukan aktivitas di luar ruangan dan mengurangi aktivitasnya di tempat tidur.
      Monggo dicoba, mudah mudahan berhasil.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  26. Anak sy sudah 17 bln belum bisa jaln..
    Padahal kl dia lg lupa dia jalan tp kl lg inget kaki nya pe gemeteran nahan takut..
    Tolong bantu infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ivay Siaquarius,
      Bila tidak ada masalah dengan otot kakinya, cepat atau lambat bayi akan dapat berjalan.
      Sebenarnya anak anda sudah mulai bisa berjalan hanya saja keberaniannya yang kurang. Kemungkinan sewaktu dulu belajar berdiri atau berjalan sering jatuh sehingga menyebabkan ia trauma.
      Coba tips berikut :
      1. Berikan ia keranjang cucian dan biarkan ia berjalan sambil mendorong keranjang tersebut.
      2. Latih berjalan di rumput/di taman, seandainya pun ia terjatuh juga tidak merasakan sakit.
      3. Berikan kata-kata semangat serta pujian bila ia berhasil melangkah. Tidak masalah dilatih beberapa langkah dahulu dan perlahan-lahan mulai ditingkatkan.
      4. Bila ia sudah mulai capek untuk berjalan, jangan memaksanya. Biarkan saja, nanti setelah ia pingin berjalan lagi baru anda mulai membimbingnya kembali.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW..salam : Bambang Warsita

      Hapus
  27. selamat pagi mas... sy pny putri umur 17 bulan n mo msuk 18 bulan, BB nya cuma 7.8 kg. anak nya aktif n skrg lg demam. yg mo sy tanya kan knpa ya anak sy belum mau brjalan. dy klo bergerak suka ngesot n itu pun cepat sekali klo lg ngesot. wlwpn suka ngesot dy udah bisa manjat2 kursi atwpn turun naik t4 tidur, klo di ajak jln maunya cuma di titah n itu pun udah berpegangan dengan 1 jari sy, tp pas klo sy lepas genggaman jarinya dy lgsung duduk n ngk mo brjalan. sperti takut gt... tp kadang2 klo mood nya baik, pas di lepas klo lg dititah dy mo jalan n itu pun udah bisa sktr 3 mter atw lbih. klo di sandari ke dinding pun dy mo berjalan tp kadang2 jg...sperti tergantung sm mood nya dy... klo di kasih kursi plastik buat dy dorong, bukan nya didorong malah di naikin. klo dikasih jeranjang pakaian buat didorong jg, bkn di dorong malah dia masuk n duduk di dlm nya sambil ketawa2. apakah ketidak mau an dy berjalan itu krna dy belum mau atw gmana mas?

    BalasHapus
  28. selamat pagi mas. sy punya putri umur 17bulan n mo masuk 18 bln. bb nya cm 7.8kg. saat ni anak sy klo bergerak sk ngesot n itu pun cepat sekali. klo dijak jalan mau nya di titah n itupun udah dengan titah sebelah tangan alias berpegangan dengan 1 jari sy. dy belum bs berdiri sendiri tp klo mo berdiri dia bs dengan berpegangan neja atw pun menggapai dinding n dy jg bs berpindah dri satu t4 ke t4 yg lain tp dengan memegang kursi atwpun benda yg bs dy pegang. klo pas dy minta dititah keluar rumah kdg2 sy lepas genggaman tangan nya tp dy nggak mo berjalan n malahan lgsg duduk smbil marah. tp klo mood nya baik, dy bs jalan sampai 3 mter wlwpn msih oleng. begitu jg ketika saya sandarkan dy ke dinding, dy jg mo jln. tp klo saat dititah sy lepas dy lgsg marah. sy sering ngasih dy kursi plastik buat dy dorong, bukannya didirong malah di naikin,begitu jg dgn keranjang pakaian,bukan didorong jg malah dy masuk n duduk didlm krnjang smbil tertawa. yg mo sy tanyakan apakah ketidak mauan dy berjalan itu krna belum kuat nya otot2 kaki atw gmna mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Riecha Rospita,
      Kalo berdasarkan info anda, dia bisa berdiri, bisa berjalan kalau ditatih, dll sepertinya tidak ada masalah dengan otot kakinya. Terlihat hanya kurang stimulus saja agar ia berani berdiri dan melangkah (berjalan). Jadi anda tidak perlu khawatir, yang perlu dilakukan sekarang adalah memberikan stimulus, coba bawa ke taman yang ditanami rumput dan latih ia berjalan. Andaikata pun ia terjatuh tidak akan terasa sakit. Anda bisa memulai dengan menatih, memegang dengan satu jari, berlutut dihadapannya dan mulai melangkah mundur, dsb. Lakukan setiap hari sampai ia benar-benar berani melangkah. Jangan lupa, di rumah tetap diberikan keranjang cucian yang diisi pakaian (sehingga tidak bisa ia duduki, hehehehe...) agar dapat ia dorong kesana kemari sambil mengasah kemampuan berjalannya. Tips lainnya bisa dibaca lebih lengkap pada artikel diatas ya..
      Penting : Anda harus sabar dan tekun mengajari si kecil berjalan, Insya Allah anda akan melihat perubahan kemampuan berjalan si kecil dalam beberapa minggu ke depan.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke bolg mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  29. Slmat malam,, bayi saya umur 18 bulan di tanggal 26 nanti.
    Saya mulai khawatir karena bayi saya belum juga bisa berjalan,, tapi kalau pegangan 1 jari saya saja dia berani jalan, tp kalau mulai dilepas perlahan dia marah dan langsung jongkok. Kalau utk berpegangan dia bisa jalan,, kenapa ya dok, bagaimana mengatasinya. Bicaranya jg masih belum jelas dok, cuma bisa bilang bapak dan maem saja. Terima kasih sebelumnya dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Dina Roze,
      Perlu kesabaran dalam melatih anak berjalan. Jangan khawatir, selama tidak ada masalah pada otot kakinya maka cepat atau lambat ia pasti bisa berjalan.
      Banyak teknik yang bisa dicoba untuk merangsang bayi agar cepat berjalan, seperti mengajarinya berjalan di rumput, memberikan keranjang cucian sebagai alat bantu berjalan, dsb (coba lihat kembali artikel diatas).
      Sementara untuk merangsang ia agar cepat berbicara, bisa dengan teknik yang saya ulas pada artikel di blog ini dengan judul : 13 Cara Jitu Mengajarkan Bayi Agar Cepat Berbicara atau URL : http://bambang-warsita.blogspot.com/2012/11/13-cara-jitu-mengajarkan-bayi-agar.html
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita