9 Langkah Ampuh Bisnis Salon Muslimah


Kalau kita berbicara mengenai kaum wanita memang sepertinya tidak pernah habis. Selain urusan fashion, kosmetik, aksesoris, ada satu yang paling penting bagi kaum wanita yakni masalah kecantikan. Sudah menjadi hal yang lumrah bahwa setiap wanita ingin tampil cantik dan menarik. Biasanya kalau untuk urusan kecantikan, wanita tidak akan segan-segan mengeluarkan uang yang banyak. Nah, untuk urusan kecantikan ini maka jika anda sebagai wanita, anda bisa memnfaatkan peluang ini untuk membuka bisnis salon. Tapi tunggu dulu, kalo untuk bisnis salon pada umumnya sudah biasa,. Bagaimana kalau anda mencoba bisnis salon muslimah ?

Bisnis Salon muslimah merupakan salah satu bisnis yang makin marak kehadirannya belakangan ini. Hal ini seiring dengan bertambahnya orang menggunakan jilbab dan dikarenakan salon muslimah ini memberikan kenyamanan dan privasi tersendiri bagi para wanita muslimah yang mengenakan jilbab. Oleh karena tidak semua salon menyediakan pelayanan ini, sehingga para muslimah merasa enggan pergi ke salon yang umum dan terbuka untuk laki-laki dan perempuan.
Sebaiknya sebelum Anda mendirikan sebuah salon muslimah, baca 9 langkah ampuh bisnis salon muslimah berikut ini :
  1. Carilah pengetahuan tentang muslimah dan lakukan survey terhadap target pelanggan, lokasi atau tempat yang akan anda jadikan sebagai lokasi bisnis salon muslimah. Apakah di sekitar lokasi salon muslimah merupakan mayoritas masyarakat muslim (beragama Islam) ?
  2. Konsumen salon muslimah bukan hanya terbatas bagi para muslimah yang mengenakan jilbab saja, namun secara umum juga bisa untuk para wanita yang tidak menggunakan jilbab dan menginginkan tempat yang nyaman dan khusus wanita saja.
  3. Pertimbangkan lagi apakah perlu menyewa tempat atau cukup mengubah fungsi ruangan di rumah anda jika ternyata lokasi rumah anda strategis. Jika menyewa tempat, pilihlah tempat yang strategis dan mudah dijangkau dan banyak lalu lalang orang.
  4. Siapkan tenaga teknis salon, dengan cara perekrutan dan menyeleksi tenaga kerja yang memang terbiasa dan profesional dalam bidang salon serta kecantikan.
  5. Lakukan survey ke salon lain untuk menentukan standard harga jasa salon, fasilitas dan pelayanan yang diberikan. Harga layanan yang anda tawarkan jangan terlalu mahal dan usahakan terjangkau. Dengan menyediakan harga yg terjangkau plus layanan yg ramah pada pelanggan, sambil mengajak pelanggan untuk mengobrol selama berada di salon merupakan salah satu strategi menarik konsumen.
  6. Sediakan berbagai fasilitas untuk pelanggan anda yang khusus wanita, mulai dari perawatan rambut seperti gunting, cuci, blow, creambath, hair masker, hair spa, rebonding, smoothing, keriting, dan sebagainya. Perawatan tubuh seperti pijat, lulur, mandi sauna, perawatan dengan aroma terapi, manicure, pedicure, dan sebagainya. Serta perawatan atau pelayanan yang lain semisal facial, make up, totok wajah, perawatan pranikah, baju dan pernak-pernik untuk acara pernikahan, perawatan pasca melahirkan, dan lain-lain.
  7. Gunakan peralatan dan bahan-bahan kecantikan yang aman sesuai dengan standard dan halal digunakan, karena resikonya nama baik anda dan salon muslimah anda yang menjadi taruhannya.
  8. Jika bisnis salon muslimah anda sukses, mungkin anda bisa menjajaki kerjasama dengan orang lain. Misalnya bila anda mempunyai kenalan seorang dokter ahli kecantikan wanita, anda bisa mengajaknya untuk bekerja sama untuk jasa konsultasi di lokasi salon muslimah anda.
  9. Agar salon muslimah anda dikenal, lakukan promosi melalui media cetak, misalnya melalui brosur, leaflet, pamflet, dan pemasangan iklan., promosi dari mulut ke mulut, memberikan harga khusus dan spesial diskon untuk pelanggan setia, memberikan potongan diskon pada waktu-waktu tertentu kepada member, misalnya saat ulang tahun salon muslimah, membuat kartu nama untuk memudahkan dalam melakukan promosi. Selain itu promosi dimedia internet, facebook, twitter, atau melalui situs blog juga efektif dan perlu dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita