8 Cara Mujarab dan Paling Ampuh Mengobati serta Mencegah Wasir atau Ambeien

Penyakit wasir atau ambeien (hemorrhoid) merupakan peradangan (pembekakan) pada bibir anus sehingga mengalami perubahan fisiologis yakni munculnya benjolan seperti bisul berwarna merah kebiru-biruan atau kehitaman yang biasanya disertai dengan pendarahan dan akan terasa sakit ketika posisi duduk atau berdiri. Peradangan atau pembengkakan disebabkan adanya tekanan lebih pada pembuluh darah di panggul dan rectum. Pembengkakan pembuluh darah ini bisa terjadi pada bagian bawah poros usus, baik di sebelah dalam maupun di sebelah luar lubang dubur. Pembesaran sekelompok pembuluh darah balik (vena) yang berada pada anus (dibawah selaput yang membatasi bagian rectum dan anus), menyebar ke jaringan di sekitarnya sehingga timbul penyakit yang disebut ambeien atau wasir. Jadi wasir atau ambeien bisa berupa peradangan dengan terbentuknya bekuan darah, pendarahan, atau benjolan yang menonjol keluar dari anus. Bila pembengkakan terjadi dalam rectum disebut wasir (ambeien) Internal. yang tidak bisa dilihat atau diraba, tidak menimbulkan rasa sakit, namun terjadi pendarahan saat buang air besar. Sebaliknya wasir (ambeien) eksternal terjadi bila penggumpalan (trombosis) yang berwarna biru-ungu menyerang anus sehingga menimbulkan rasa sakit, perih, dan gatal bila terdorong keluar oleh feses

Jika ditinjau dari jenis kelamin, kaum wanita lebih beresiko menderita wasir dibanding pria. Ini dikarenakan ketika wanita mengalami menstruasi atau kehamilan, membuat pembuluh balik atau pembuluh vena (hemorrhoidal) melebar akibat perubahan hormonal serta tekanan janin dari dalam perut. Pada masa kehamilan, kadar hormon progesteron cendrung meningkat. Hormon progesteron berfungsi memperkuat dan menahan janin di dalam rahim, hormon tersebut bisa menghambat gerak peristaltik pada otot pencernaan yang seyogianya berperan melancarkan perjalanan makanan menuju saluran pembuangan akhir (anus). Semakin meningkatnya usia kehamilan, janin dan rahim akan membesar sehingga tekanan bagian perut dan panggul juga meningkat. Kondisi ini sering menyebabkan wanita hamil menderita sembelit dan bila tidak segera ditangani, beresiko mengalami ambeien atau wasir. Beberapa penyebab wasir, antara lain  :

  1. Sembelit atau konstipasi (Sulit buang air besar) menyebabkan kotoran sulit untuk keluar saat buang air besar, sehingga mengejan terlalu keras yang berdampak pada peningkatan risiko untuk terkena ambeien
  2. Kesalahan dalam melakukan gerakan pada olahraga tertentu misalnya pada olahraga angkat beban atau olahraga pernapasan (seperti : tenaga dalam)
  3. Gaya hidup kurang berolah raga (gerak) dan pola makan kurang serat sehingga mengalami gangguan pencernaan.
  4. Terlalu banyak duduk atau berdiri
  5. Diare yang tidak kunjung sembuh
  6. Faktor keturunan (genetic)
  7. Hubungan seks yang tidak wajar (seks melalui anus atau sodomi)
  8. Kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat
  9. Obesitas (kegemukan), disinyalir juga bisa meningkatkan tekanan pada vena rectum sehingga menyebabkan wasir atau ambeien. Pengertian serta penanganan obesitas, selengkapnya dapat anda baca pada artikel disini
Gejala atau tanda tanda umum penyakit ambeien atau wasir
  1. Gejala awal ambeien atau wasir ditandai dengan keluarnya darah, terutama pada saat buang air besar (BAB) sehingga feses atau tinja mengandung darah. Pendarahan pada dubur biasanya tanpa rasa sakit meski darah yang keluar berupa tetesan atau mengalir deras saat buang air besar.
  2. Muncul tonjolan atau benjolan yang keluar dari anus (dubur) karena pembesaran pembuluh darah (membengkak), dan terasa sakit yang luar biasa saat buang air besar. Rasa sakit ini bisa jadi akibat pembuluh darah yang bengkak terkena penekanan dari feses atau bila terkena gesekan.
  3. Rasa gatal pada anus karena adanya iritasi ringan anus dengan sisa feses di sekitar tonjolan pada dubur yang sulit dibersihkan.
  4. Keluarnya lendir dan membuat anda merasa bahwa masih ada isi rectum yang belum dikeluarkan
  5. Setelah buang air besar, penderita merasa masih ada yang mengganjal sehingga merasa bahwa buang air besar belum selesai akhirnya mengejan lebih kuat dan hal ini justru membuat ambeien semakin parah
  6. Timbul rasa panas pada anus saat duduk terlalu lama atau sehabis buang air besar (BAB). Penyebabnya  karena pembuluh darah balik (vena) mendapat tekanan dan mulai meradang (bengkak). 
Nah, jika anda mengalami wasir atau ambeien jangan panic dan bingung, yuk simak 8 Cara mujarab dan paling ampuh mengobati serta mencegah wasir atau ambeien, sebagai berikut :
Mengobati wasir atau ambeien :
  1. Bila wasir atau ambeien masih dalam tahap ringan yakni bila tonjolan masih dapat dimasukan kembali secara perlahan ke dalam anus dengan menggunakan tangan atau membiarkannya masuk dengan sendirinya, ini menandakan wasir masih termasuk ringan namun tetap saja harus segera ditangani. Pengobatan bisa dengan duduk dan berendam dalam air hangat sekitar 15 menit, dilakukan 3-4 kali sehari yang bertujuan mengurangi rasa nyeri pada bagian anus sekaligus untuk meredakan pembekakan (bekuan pembuluh darah)
  2. Minum air putih sekitar 2 liter/hari dan mengkonsumsi makanan berserat seperti sayuran dan buahan untuk melunakan tinja (feses) dan mengurangi keluhan sembelit sehingga saat buang air besar tidak mengejan terlalu kuat. Penanganan sembelit selengkapnya dapat anda baca pada artikel disini
  3. Jangan mengkonsumsi makanan yang pedas (cabe, merica), mengandung banyak lemak (daging yang berlemak) seperti jeroan, usus, minuman berkarbonasi serta minuman beralkohol.
  4. Lakukan olah raga ringan secara teratur yang disinyalir bisa mempercepat proses penyembuhan misalnya jalan kaki atau jogging.
  5. Minum obat wasir yang mengandung bahan aktif daun handeulum (daun wungu) atau nama ilmiahnya Graptophyllum pictum yang dipercaya ampuh mengobati wasir internal dan eksternal. Contoh merk obatnya : Ambeven™ produksi Medikon Prima. Dosis pemakaian : 3 kali sehari 2 kaplet.
  6. Oleskan salep yang mengandung zat aktif anti-peradangan, analgetik, antiseptic untuk menghilangkan rasa gatal pada dubur, menghentikan perdarahan pada penderita wasir, luka terbuka pada dubur, dsb.  Contoh merk obatnya : Borraginol-N™ produksi Takeda Indonesia. Caranya bersihkan terlebih dahulu bagian anus hingga benar-benar bersih dengan menggunakan air (jangan pakai sabun) dan keringkan tisu lembut (tanpa alcohol), kemudian oleskan kira-kira 2-5 gram salep pada sepotong kasa pembalut, lalu tempelkan pada tempat radang dan gantilah 2-3 kali setiap hari.
  7. Jika wasir atau ambeien tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera dibawa ke klinik kesehatan atau berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Pengobatan wasir bisa dilakukan dengan penyuntikan, pengikatan, dan operasi. Penyuntikan skleroterapi diberikan kepada penderita wasir yang mengalami pendarahan dan bertujuan untuk mematikan pembuluh darah agar tidak terus membesar serta menggantikannya dengan jaringan parut. Sementara pengikatan yang dimaksud adalah pengikatan pembesaran pembuluh darah yang keluar dari anus dengan pita karet. Tujuannya agar darah tidak mampu lagi mengalir dan pembuluh darah akan mati (layu) dan putus dengan sendirinya tanpa rasa sakit. Sedangkan operasi bertujuan untuk menghilangkan pembuluh darah yang membesar. Pembedahan mungkin saja dilakukan jika semua pengobatan gagal. Pembedahan bisa dengan laser, sinar infra merah atau arus listrik disebut juga elektrokoagulasi
  8. Bila anda lebih menyukai pengobatan wasir secara tradisional /alami bisa dilakukan dengan lidah buaya yang dioleskan lendirnya pada bagian yang bengkak, minum air rebusan daun wungu (daun handeulum atau dikenal dengan nama Graptophyllum pictum) yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Obat alami wasir lainnya adalah madu propolis dan buah delima. Mengenai khasiat madu propolis dan delima lainnya untuk menyembuhkan penyakit selengkapnya dapat anda baca pada artikel disini. 
Mencegah wasir atau ambeien :

  1. Minum air yang cukup (minimal 2 liter/ hari)
  2. Makan makanan berserat (gandum, sereal, biji-bijian, dsb), kacang-kacangan (hazelnut, almond, kacang polong, dsb), buah-buahan (blueberry, cerry, aprikot, melon, cranberry, jeruk, stroberi, kismis, papaya, dsb), sayur-sayuran (labu, wortel, brokoli, kubis, selada, bayam, peterseli, bawang putih, tomat, paprika dan terong, dsb) yang bertujuan untuk mengurangi resiko sembelit, sehingga tinja atau feses senantiasa tetap lunak, lebih mudah untuk dikeluarkan melalui anus dan mengurangi tekanan serta tegangan pada anus untuk mengurangi mengejan (ngeden) ketika buang air besar (BAB).
  3. Konsumsi yoghurt (susu fermentasi) yang baik untuk kesehatan organ pencernaan terutama merangsang kerja usus agar lebih aktif
  4. Olahraga (berjalan, jogging, senam, dsb) secara teratur sehingga aliran pembuluh darah balik (vena) menjadi lancar. Manfaat lain dari olah raga selengkapnya dapat anda baca pada artikel disini
  5. Jangan merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, narkoba, dll
  6. Hindari melakukan aktivitas hubungan seks yang tidak wajar
  7. Hindari duduk atau berdiri terlalu lama termasuk duduk atau jongkok saat buang air besar karena tekanan tekanan pembuluh darah balik pada anus menjadi meningkat.
  8. Bila ada rangsangan ingin buang air besar (BAB) jangan pernah menahan, namun sebaiknya tuntaskan sesegera mungkin. Menahan BAB terlalu lama menyebabkan feses menjadi kering , keras, dan semakin sulit keluar melalui anus, sehingga harus mengejan lebih kuat yang justru akan meningkatkan tekanan pembuluh darah balik pada rectum dan anus. 

38 komentar:

  1. Artikel yang sangat mencerahkan. Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Dedi,
      Terima kasih yah sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  2. Tks info nya,mudah2an manjur,n semoga kebaikan mas bw yg dah mau berbagi info menjadi amalan baik buat mas bw,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Rochim rnb,
      Amin Ya Rabbal Alamin... Terima kasih atas do'anya dan mudah-mudahan bisa bermanfaat yah, mas... Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  3. Dear:Mas Bambang Warsita.mas ni sy menderita wasir juga.di bagian mulut anus sy ada benjolan mas.seperti daging tumbuh.gimana ya mas penangananya...makasih mas Bambang Warsita.By:Eza

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Danang Eko Saputro,
      Untuk mengobati wasir tersebut, coba lakukan tips berikut :
      1. Berendam dalam air hangat sekitar 15 menit, tujuannya untuk mengurangi pembengkakan di bagian wasir tersebut
      2. Bagian anus (benjolan) dibersihkan hingga benar-benar bersih dan dilap dengan tisu
      3. Oleskan salep Borraginol-N pada bagian benjolan (wasir) tersebut, lalu tutup dengan kasa/kapas, lakukan 2-3 kali sehari
      4. Minum obat wasir Ambeven 2 kaplet 3 kali sehari (setelah makan)
      5. Selama pengobatan perbanyak konsumsi air putih (8 gelas/2 Liter per hari), makan sayuran, buah-buahan (boleh di jus), mengkonsumsi yoghurt, jangan merokok, jangan minum alkohol, dan sebaiknya lakukan kegiatan olahraga ringan (misal joging, jalan pagi, senam, dsb)
      Dicoba dulu yah mas, nanti 2-3 minggu lagi boleh update kembali disini. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  4. selamat pagi dok. maaf sebelumnya saya mau tanya.. beberapa hari yang lalu saya melakukan sex menyimpang.. tetapi hanya melalui jari.. setelah itu isteri saya sering perih ketika berdiri. duduk terkadang saat pipis juga merasakan perih. katanya anusnya sakit. bagaimana cara mengatasinya dok? makasih sebelumnya dan semoga menjadi pelajaran buat saya kedepannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Dwiki Darmawan,
      Kemungkinan besar telah terjadi peradangan dan iritasi pada bagian anus, mas...
      Coba tips berikut ini :
      1. Untuk mengurangi rasa nyeri, bisa duduk dan berendam di air hangat selama 15 menit, lakukan 3-4 kali sehari
      2. Bersihkan bagian anus, pakai air hangat yang sudah dicampur larutan antiseptic (misal dettol) hingga benar-benar bersih dan dilap dengan tisu hingga kering
      3. Untuk mengobati peradangan pada bagian luar anus, oleskan salep Borraginol-N pada kapas/kain kasa dan tempelkan pada bagian anus tersebut, lakukan 2-3 kali sehari
      4. Minum obat Ambeven 2 kaplet 3 kali sehari (setelah makan), ini untuk membantu menangani peradangan dari dalam
      5. Selama pengobatan perbanyak konsumsi air putih (8 gelas/2 Liter per hari), makan sayuran, buah-buahan (boleh di jus), mengkonsumsi yoghurt, dan sebaiknya lakukan kegiatan olahraga ringan (misal joging, jalan pagi, senam, dsb)
      Sebaiknya jangan melakukan sex yang menyimpang seperti itu yah, mas...
      Dicoba dulu tips nya, nanti 1 minggu lagi boleh update kembali disini.
      Demikian infonya semoga dapat membantu dan semoga isterinya lekas sembuh yah... Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  5. Selamat sore Mas Bambang Warsita,
    Gini mas, saya ini mengalami wasir,
    Saya merasa ada tonjolan kecil sebesar cilok yang terasa mengganjal gitu mas, trus cara menghilangkannya gimana mas?
    Saya juga mengalami pendarahan yang tidak bisa berhenti mas, gimana cara menanggulangi pendarahan tersebut supaya tidak terjadi lagi di kemudian hari?
    Trus bagaimana menyembuhkan wasir dengan cara yang cepat serta efisien mas?
    Maklum, saya kan pelajar mas,
    Malu kan kalau ketahuan teman teman,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Zulfan Fahmi,
      Coba tips berikut :
      1. Duduk berendam dalam air hangat sekitar 15-20 menit, gunakan ember besar. Tujuannya untuk mengurangi pembengkakan pada bagian wasir. Lakukan 3-4 kali dalam sehari
      2. Bersihkan bagian benjolan pada anus dengan air hangat yang sudah dicampur larutan antiseptic (misal dettol, betadine, dsb). Lakukan sampai benar-benar bersih, lalu lap kering dengan tisu
      3. Oleskan salep Borraginol-N pada kapas lalu tempelkan pada bagian benjolan (wasir) tersebut, lakukan 2-3 kali sehari (pagi, sore, dan menjelang tidur)
      4. Minum obat wasir Ambeven 2 kaplet 3 kali sehari (setelah makan)
      Selama pengobatan :
      1. Banyak mengkonsumsi air putih (8 gelas/2 Liter per hari),
      2. makan sayuran, buah-buahan (boleh di jus),
      3. Konsumsi yoghurt,
      4. Jangan merokok, minum alkohol, dll
      5. Lakukan olahraga ringan (misal joging, jalan pagi, senam, dsb)
      Monggo, dicoba dulu mas, nanti 2-3 minggu lagi silahkan update perkembangannya disini. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
    2. Malam mas Bambang
      Saya mo tanya, apakah ambeven itu benar recomended buat pengobatan wasir...karna saya pernah pake tp sepertinya tdk berpengaruh.
      Trus, utk borraginol sebaiknya gunakan yg salep ato seperti peluru itu yg dimasukkan k dalam anus...?
      Makasih mas dan mohon penjelasannya...:)

      Hapus
    3. Dear mas Enggus Fatriyadi,
      Untuk mengobati wasir, bisa dengan mengkonsumsi obat yang mengandung daun handeulum (daun wungu) salah satu merknya ambeven. Obat ini mudah diperoleh, dijual bebas, mengandung daun wungu, juga mengandung ramuan tradisional rimpang temu giring (Curcuma heyneana - rhizoma), sebagai antiseptic alami, Kaempferia angustifolia - rhizoma (sejenis kunyit), dll... Kalo mau memakai merk lain monggo mas..
      Untuk pengobatan dari luar, pakai salep Borraginol-N, caranya :
      1. Bersihkan dulu bagian anus dengan air sampai bersih saja (jangan pakai sabun atau apapun)
      2. Lap kering pakai tisu lembut
      3. Oleskan sekitar 2-5 gram salep pada kapas/kain kasa, lalu tempelkan pada bagian yang meradang
      4. Gantilah 2-3 kali setiap hari.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  6. Mas bw saya kan penderita wasir untuk menghilangkan penyakit saya itu gi mana sedangkan saya bekerja jadi super . . untuk wasir saya tidak kembali lagi saya ingin tau cara nya.. Terima kasih mas bw atas waktu nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Marwan Hermawan,
      Saya mengerti pekerjaan mas sebagai supir...
      Supaya wasirnya sembuh total dan tidak kambuh kembali, coba tips berikut :
      1. Bila terasa sangat sakit sekali, berendamlah dalam air hangat sekitar 15-20 menit (coba pakai embe besar). Tujuannya untuk mengurangi pembengkakan pada bagian wasir. Kalo memungkinkan, lakukan 3-4 kali dalam sehari atau bila ada kesempatan.
      2. Bersihkan bagian benjolan pada anus dengan air hangat yang sudah dicampur larutan antiseptic (misal dettol, betadine, dsb). Lakukan sampai benar-benar bersih, lalu lap kering dengan tisu
      3. Oleskan salep Borraginol-N pada kapas lalu tempelkan pada bagian benjolan (wasir) tersebut, lakukan 2-3 kali sehari (pagi, sore, dan menjelang tidur) atau kalo ada kesempatan sedang tidak menyetir.
      4. Minum obat wasir Ambeven 2 kaplet 3 kali sehari (setelah makan)
      Selama pengobatan, coba dibarengi dengan :
      1. Banyak mengkonsumsi air putih (8 gelas/2 Liter per hari),
      2. Konsumsi sayuran, buah-buahan (boleh di jus),
      3. Konsumsi yoghurt,
      4. Jangan merokok, minum alkohol, dll
      5. Lakukan olahraga ringan sebelum menjalankan aktivitas seperti joging, jalan pagi, senam ringan, dsb
      Silahkan dicoba dulu mas, nanti 2-3 minggu lagi kalo tidak ada kemajuan, silahkan tulis komentar kembali disini.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih ya sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  7. Apakah gejala ini termasuk wasir atau ambein
    Saat bab pernah keluar darah segar cair, lalu kedua kalinya darah sedikit hitam kental.
    tapi, disekitar anus saya tidak ada benjolan
    Bab saya pun terkadang keras dan bisa seharian sakitnya.
    Pas bab lunak keluar anus saya perih.
    Itu kenapa ya pak ? Tapi tidak ada benjolan
    Gimana cara menghilangkan rasa perih saat feses keluar ?
    Sedangkan saya, selalu minum banyak air putih, makan banyak pepaya, makan sayur.

    Dan sebelumnya udah periksa kedokter sembuh beberapa minggu. Sekarang kambuhnya sering perih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Sela Listinawati,
      Kalo berdasarkan ciri-cirinya, kemungkinan memang wasir atau ambeien meskipun tidak ada benjolan. Wasir bisa terjadi karena terbentuknya bekuan darah atau peradangan/benjolan yang terjadi di dalam rectum (wasir internal) maupun yang menonjol keluar dari anus (eksternal).
      Kalo wasir internal tidak terasa saat diraba, tidak menimbulkan rasa sakit, namun ketika buang air besar terjadi pendarahan.
      Untuk mengobatinya coba tips berikut :
      1. Berendamlah dalam air hangat sekitar 15-20 menit (coba pakai ember besar), untuk mengurangi rasa sakit atau perih. Lakukan 3-4 kali sehari
      2. Bersihkan bagian anus dengan air hangat yang dicampur larutan antiseptic (misal dettol, betadine, dsb). Lakukan sampai benar-benar bersih, lalu lap kering dengan tisu
      3. Oleskan salep Borraginol-N pada kapas lalu tempelkan pada bagian tersebut, lakukan 2-3 kali sehari (pagi, sore, dan menjelang tidur)
      4. Minum obat wasir Ambeven 2 kaplet 3 kali sehari (setelah makan)
      Untuk mencegah wasir kambuh kembali :
      1. Banyak mengkonsumsi air putih (8 gelas/2 Liter per hari),
      2. Konsumsi sayuran, buah-buahan (boleh di jus),
      3. Konsumsi yoghurt,
      4. Lakukan olahraga ringan seperti joging, jalan pagi, senam ringan, dsb.
      Monggo dicoba dulu, mbak...
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  8. trims mas BW, sangat membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Joko Panggabean,
      Terima kasih ya sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  9. Info yang sangat bermanfaat. Sekadar berkongsi maklumat, luka dubur juga boleh menjadi cepat sembuh sekiranya kawasan luka tersebut kerap disapu dengan krim yang mengandungi Vitamin A dan Vitamin D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Dr Akbar Abdullah,
      Terima kasih atas informasi dan sharingnya yang sangat bermanfaat buat pembaca lainnya. Mudah-mudahan anda mendapat balasan kebaikan dari Allah SWT dan semoga anda sukses selalu.... amin. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  10. wasir saya masih mengalami pendarahan, bagaimana cara menyembuhkannya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Ahmad Hermansyah,
      Bila wasir masih mengalami pendarahan, coba tips berikut :
      1. Berendam dengan air hangat sekitar 15-20 menit (bisa pakai ember besar), tujuannya untuk mengurangi rasa sakit. Lakukan ini 3-4 kali sehari
      2. Bersihkan bagian wasir yang menonjol dengan air hangat, campur sedikit larutan antiseptic (misal dettol, betadine, dsb).
      3. Setelah bersih, lap kering dengan tisu atau kapas. Oleskan salep Borraginol-N pada kapas dan tempelkan pada bagian tersebut, lakukan hal ini 2-3 kali sehari (pagi, sore, dan menjelang tidur)
      4. Minum obat wasir yang banyak dijual seperti Ambeven 2 kaplet 3 kali sehari (setelah makan)
      Untuk mempercepat penyembuhan :
      1. Minum air putih (8 gelas/2 Liter per hari),
      2. Mengkonsumsi makanan mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan (boleh di jus),
      3. Mengkonsumsi minuman sehat yakni yoghurt,
      4. Olahraga ringan secara teratur seperti joging, jalan pagi, senam ringan, dsb. Cukup 15-20 menit 3 kali dalam 1 minggu
      Silahkan dicoba, mas..Bila tidak juga sembuh maka sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan segera.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  11. pak, istri sy sdg hamil 2 bln, dan menderita sembelit parah, sampai2 otot anusnya tdk sanggup mendorong kotorannya keluar, sehingga hrs dibantu tangan. Dan terakhir sy lihat, ambeiennya jg sdh keluar, yg ingin sy tnyakan obat apa yg ampuh digunakan utk ibu hamil? sementara istri sy sdh berobat, dan dokter tdk mw memberi obt dg alasan usia kandungan msh blm kuat...mohon jawabannya. terimakasih byk pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear bang Hutauruk,
      Mohon maaf baru sempat balas komentarnya karena banyak sekali kesibukan..
      Karena isteri anda sedang hamil, maka untuk mengatasi sembelit, coba yang alami yakni :
      1. Mengkonsumsi makanan mengandung serat seperti sayuran, buah-buahan, minum air putih minimal 8 gelas/hari atau 2000 ml.
      2. Mengkonsumsi sagu (boleh dibuat panganan seperti bubur, dsb), dan mengkonsumsi agar-agar.
      3. Olahraga ringan secara teratur (joging, senam ringan, jalan pagi, dsb)
      Untuk mengobati wasir (ambeien) yang masih belum terlalu parah, coba tips berikut :
      1. Berendam dengan air hangat sekitar 15-20 menit untuk mengurangi rasa sakit ambeien. Lakukan ini 3-4 kali sehari.
      2. Bersihkan dubur dengan air hangat yang sudah dicampur larutan antiseptic (misal dettol, betadine, dsb).
      3. Lap kering dengan tisu atau kapas, lalu oleskan salep Borraginol-N pada kapas kemudian tempelkan pada bagian tersebut, lakukan hal ini 2-3 kali sehari (pagi, sore, malam/sebelum tidur)
      Silahkan dicoba dulu bang... semoga lekas sembuh
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  12. gini mas, saya jg kena wasir karena tiap hari kerjanya didepan komputer (operator)

    saya kemaren ke apotek beli salep borraginol s .. setelah saya pake kok dubur saya jd agak gatal ya? apa itu efek samping obatnya ?

    mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Ega Atmaja,
      Kemungkinan gatal tersebut timbul dikarenakan adanya bakteri yang berasal dari sisa kotoran. Coba sebelum dioleskan salepnya, bersihkan terlebih dahulu dengan air yang sudah dicampur larutan antiseptik seperti dettol, betadine, dsb. Setelah itu di lap kering, lalu oleskan salepnya pada kapas dan tempelkan pada bagian wasir. Ulangi cara tersebut 2-3 kali sehari.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  13. Kak mau tnya cara naruk buraginolxa di qnus gmn msak kasanya dibiarin nempel di anus kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Fira Untag,
      Memang demikian, supaya salep bekerja efektif dan tidak menempel di bagian celana. Prinsipnya sama halnya seperti para wanita yang memakai pembalut saat menstruasi.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  14. Pak,tolong tanya, saya mengalami abses diluar dubur, awalnya ditangani oleh puskesmas, sampai nanahnya keluar semua, dan kering, ternyata setelah itu malah tumbuh seperti daging kecil yang perih, setelah berjalan 3 bulan, akhirnya saya memutuskan untuk melakukan operasi, pasca operasi kira2 seminggu malah keluar benjolan di tempat lain,dengan awalnya spt bisul. Saya sdh rendam duduk dg PK, dan benjolan serta bekas operasi saya olesi garamycin dan ditutup kasa,tp benjolan kecil tsb koq tidak mengecil. Kira2 bagaimana Dok? ( awal benjolan kecil kata dokter pasca operasi cm jerawat kecil,lha koq malah jadi benjolan kecil)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Lukas Hartanto,
      Kemungkinan merupakan ambeien (wasir) mas. Untuk mengobatinya, coba tips berikut :
      1. Duduk dan berendam dalam air hangat sekitar 15 menit, lakukan 3-4 kali sehari
      2. Bersihkan bagian benjolan hingga benar-benar bersih dengan menggunakan air (jangan pakai sabun)
      3. Lap kering dengan tisu lembut (tanpa alcohol), oleskan salep Borraginol-N pada sepotong kasa pembalut, lalu tempelkan pada bagian benjolan.
      4. Ulangi proses diatas 3x sehari (pagi, sore, malam/menjelang tidur)
      5. Selama pengobatan, minum obat wasir yang mengandung bahan aktif daun handeulum (daun wungu)seperti : Ambeven
      6. Jangan lupa minum air putih sekitar 2 liter/hari
      7. Mengkonsumsi makanan berserat seperti sayuran dan buahan
      8. Olahraga (berjalan, jogging, senam, dsb) secara teratur sehingga aliran pembuluh darah balik (vena) menjadi lancar.
      Monggo dicoba mas, bila dalam 1 minggu tidak kunjung membaik maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  15. maaf mau tannya dr teman saya katanya habis di sodomi dia bengkak di bagian anus kalo mau buang air besar pasti benjolannya keluar .cara pengobatannya bagi mana ya dr.trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Adi Sidarta,
      Kalo berdasarkan ciri-cirinya, kemungkinan memang wasir atau ambeien. Wasir bisa terjadi karena terbentuknya bekuan darah atau peradangan/benjolan yang terjadi di dalam rectum (wasir internal) maupun yang menonjol keluar dari anus (eksternal).
      Untuk mengobatinya coba tips berikut :
      1. Berendamlah dalam air hangat sekitar 15-20 menit (coba pakai ember besar), untuk mengurangi rasa sakit atau perih. Lakukan 3-4 kali sehari
      2. Bersihkan bagian anus dengan air hangat yang dicampur larutan antiseptic (misal dettol, betadine, dsb). Lakukan sampai benar-benar bersih, lalu lap kering dengan tisu
      3. Oleskan salep Borraginol-N pada kapas lalu tempelkan pada bagian tersebut, lakukan 2-3 kali sehari (pagi, sore, dan menjelang tidur)
      4. Minum obat wasir Ambeven 2 kaplet 3 kali sehari (setelah makan)
      Untuk mencegah wasir kambuh kembali :
      1. Banyak mengkonsumsi air putih (8 gelas/2 Liter per hari),
      2. Konsumsi sayuran, buah-buahan (boleh di jus),
      3. Konsumsi yoghurt,
      4. Lakukan olahraga ringan seperti joging, jalan pagi, senam ringan, dsb.
      5. Hindari perlakuan seks menyimpang
      Demikian infonya semoda dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  16. Pak mau tanya, teman saya cowok. Kata dia, dia nginep dirumah temennya, pas malem ada sesuatu yg masuk dilubang anusnya. Diapun sadar karena benda itu sangat besar. Pertanyaannya. Setelah kejadian itu dia merasa duduk ngak nyaman. Bab sakit, tapi tdk mengeluarkan darah. Dia juga sdh sempat mendingan minum obat puskesmas (kebetulan dia pas lagi diare) jadi periksa di puskesmas juga tentang diare, bkn tentang disodomi. Ini termasuk ambeyen atau gejala umum (robeknya anus). Tolong pak jawabannya. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Sidik Satria,
      Bila sesuatu masuk ke bagian anus dikarenakan sesuatu benda besar atau dikarenakan hubungan seks yang tidak wajar (seks melalui anus atau sodomi) bisa mengakibatkan peradangan pada anus. Bila peradangan berupa bekuan darah, pendarahan, atau benjolan yang menonjol keluar dari anus dan pembengkakan terjadi dalam rectum itulah yang disebut wasir (ambeien) Internal. Cirinya : tidak bisa dilihat atau diraba, tidak menimbulkan rasa sakit, namun terjadi pendarahan saat buang air besar.
      Saran saya sebaiknya diperiksakan ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan apakah itu wasir atau bukan.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  17. Maaf dok,mau nanya nich.... kl boraginol s sama yg n itu perbedaannya apa ya dok....? Dan kl habis operasi ambeyen itu efeknya apa buat tubuh kita dok.... ini saya terkena wasir,dah masuk stadium 2 jalan ke 3 kata dokternya.... apa masih bisa sembuh tanpa hrs operasi ya dok.....? Trima kasih sblmnya dokter...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Wesiaji Caroko,
      Kalo diperhatikan kemasannya, perbedaan terletak pada komposisi bahan obatnya. Namun mohon maaf saya tidak mengetahui pasti perbedaan khasiat kedua jenis obat tersebut. Umumnya boraginol yang digunakan untuk wasir adalah jenis N.
      Mengenai perlu tidaknya operasi, harus diperiksa lanjut dan silahkan berkonsultasi dengan dokter anda.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW..salam : Bambang warsita

      Hapus
  18. Dok,mau tanya.udah 2hari ini anus saya bagian luar ada benjolan dan terasa perih.itu terasa pas bangun pagi.itu wasir atau jerawat ya dok? Soalnya sakitnya itu bangun tidur,gak beraktifitas, dan bukan setelah bab..udah tak rendam pakek air hangat dan dettol tambah suakit.tak ksih minyak tawon jd agak mendingan.awalnya saya kira karena gesekan dr pembalut,saya baru 3minggu operasi sesar.mohon jawabannya ya dok,makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Deewii,
      Belum tentu wasir, namun kalo perih saat di rendam pake air hangat+dettol, kemungkinan memang ada peradangan atau pun luka. Saran saya sebaiknya anda periksakan terlebih dahulu ke dokter untuk lebih memastikannya. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita