14 Tips Ampuh dan Rahasia Sukses Bisnis Agen Wisata dan Perjalanan (Tours and Travel/Travel Agent)

Jika musim liburan tiba, biasanya anda suka berlibur ke mana, wisata domestic, atau mancanegara ? Bila pilihan anda wisata domestic, banyak lokasi wisata di Indonesia yang menyajikan panorama (pemandangan) alam sangat indah dan eksotis (memiliki daya tarik khas karena belum banyak dikenal luas). Namun, tujuan wisata mancanegara juga tidak kalah serunya. Tapi tunggu dulu, kadang-kadang ada keraguan untuk berwisata karena anda tidak memiliki informasi mengenai objek wisata yang akan dituju, dan harus mencari, membuat sendiri perjalanan, menyesuaikan dana, mencari tiket pesawat, hotel, transportasi, dsb. waduh.. pokoknya menyita waktu karena harus browsing cari  informasi ke sana-sini.

Dibalik keresahan calon wisatawan tersebut, sebenarnya ada suatu peluang bisnis yang bisa kita manfaatkan buat mendatangkan keuntungan. Apa itu ? Yakni menjadi agen wisata dan perjalanan atau sering disebut tours and travel ( travel agency atau tourist travel atau travel bureau). Kehadiran agen wisata dan perjalanan (tours and travel) menjadi solusi dengan menawarkan paket perjalanan yang diinginkan konsumen baik paket wisata religi seperti haji dan umroh, wisata domestic, dan mancanegara. Biasanya wisatawan (traveler/tourist) yang ingin berlibur akan mendatangi agen perjalanan untuk mencari informasi paket wisata. Ada beberapa alasan kuat mengapa pelancong menggunakan jasa travel agent / travel agency  (travel bureau), yakni  :

  1. Agen atau Biro perjalanan adalah tempat calon wisatawan berkonsultasi (meminta saran atau nasehat) dalam menentukan lokasi tujuan wisata. Hal ini dikarenakan agen perjalanan punya keahlian, pengetahuan, seluk beluk objek wisata yang layak dikunjungi, seperti tempat bersejarah, lokasi berbelanja, lokasi kuliner, taman bermain, dsb sehingga wisatawan bisa menghemat biaya dan wisata jadi lebih menyenangkan.
  2. Agen perjalanan memiliki akses informasi harga, rute paling efisien, sehingga menghemat waktu dan uang. Para travel agent ini bisa membantu membuatkan paket promosi tour karena memiliki informasi dan akses langsung ke pemilik resort, maskapai penerbangan, pemandu wisata, jalur pelayaran, dsb. yang tidak bisa diakses masyarakat umum. Apalagi jika anda menginginkan perjalanan untuk acara khusus, seperti wisata pernikahan, tour perusahaan, dsb dimana agen perjalanan memiliki akses dan relasi untuk membantu konsumen merencanakan acara tersebut dengan baik.
  3. Agen perjalanan biasanya menyediakan tiket pesawat, akomodasi seperti voucher hotel, antar-jemput ke bandara di kota asal dan kota tujuan, transportasi wisata, pemandu wisata, paket makan, dsb. Biro perjalanan ini sering memberikan penawaran khusus seperti diskon tarif hotel, tiket pesawat (promo), termasuk jika ingin upgrade class  penerbangan, upgrade kamar hotel, dsb dan hal ini tentunya sangat membantu wisatawan daripada harus repot dan bersusah payah mencari, memesan sendiri tiket pesawat, transportasi, hotel, sewa kendaraan, masuk objek wisata, berbelanja, tempat makan, dsb
  4. Agen perjalanan bisa membantu pelancong bila secara tiba-tiba penerbangan  dibatalkan (canceled) oleh maskapai, jadi anda akan dibantu untuk re-booking tiket pesawat, atau misal di negara/kota tujuan anda mengalami masalah seperti kamar hotel full, transportasi ke lokasi wisata tidak ada, kehilangan paspor (jika perjalanan ke luar negeri), kecelakaan, sakit, dsb maka agen perjalanan biasanya bisa mengatasi hal ini dengan memanfaatkan jaringan atau relasi mereka di negara / kota tujuan.
  5. Tanpa agen perjalanan, rencana perjalanan anda terutama ke luar negeri, bisa menjadi membingungkan, banyak menyita waktu, bahkan mungkin anda tersesat bila belum pernah ke lokasi yang dituju.
Lalu, mengapa anda harus memilih untuk menekuni bisnis menjadi agen wisata dan perjalanan (travel agent) ? berikut alasannya :
  1. Jumlah wisatawan domestic dan mancanegara terus meningkat setiap tahunnya, imbasnya jumlah orang yang menggunakan jasa travel agent akan semakin meningkat. Lihat saja maskapai penerbangan dengan rute-rute tujuan wisata mencatat pertumbuhan jumlah penumpang yang signifikan.
  2. Jumlah masyarakat golongan menengah atas di Indonesia semakin banyak, daya beli dan taraf hidup semakin baik, sehingga wisata sudah menjadi kebutuhan, dan mereka memerlukan jasa travel agent untuk melayani kebutuhan berwisata.
  3. Bisnis jasa pariwisata banyak dibutuhkan orang terutama saat musim liburan. Kalo tidak percaya, lihat saja menjelang musim liburan tiba, permintaan dan pesanan paket perjalanan meningkat signifikan, banyak agen perjalanan membuat paket perjalanan wisata domestic maupun mancanegara, mereka kebanjiran dan kewalahan menerima order, dan begitu liburan tiba seluruh paket wisata telah habis terjual.
  4. Bisnis agen perjalanan ini tidak ada matinya karena gencarnya pemerintah Indonesia mempromosikan pariwisata dengan mengadakan event-event, pesta tahunan, promosi ke luar negeri, dsb karena industri pariwisata merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang potensial selain pajak.
  5. Peluang bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan bisa mengoperasikan computer, memiliki modal, mengerti dan memiliki informasi yang lengkap, serta rajin meng-update lokasi baru tujuan wisata untuk dijual sebagai paket perjalanan, dll
Nah, jika anda tertarik untuk menekuni bisnis ini, saya akan memberikan rahasia yang paling jitu. Mau tau ? yuk simak 14 Tips Ampuh dan Rahasia Sukses Bisnis Agen Wisata dan Perjalanan (Tours and Travel/Travel Agent), berikut ini :

  1. Cari dan sewa lokasi usaha sebagai kantor, tidak perlu terlalu luas yang penting lokasinya strategis di pinggir jalan raya, dilalui kendaraan umum, lalu lintas ramai, banyak lalu lalang orang, mudah terlihat, dan lebih baik bila di lingkungan sekitar lokasi usaha terdapat hotel, penginapan, guest house, apartemen, atau sejenisnya.
  2. Sediakan peralatan kantor untuk mendukung usaha seperti: meja, kursi, kursi tunggu tamu, computer, mesin copy multi fungsi untuk fax/copy/scan/printer, line telepon, akses Internet, kendaraan travel untuk operasional, dsb.
  3. Buat Akte pendirian perusahaan (bentuk usaha adalah Perseroan Terbatas), NPWP Perusahaan, dan lengkapi izin usaha dari instansi terkait seperti Surat Domisili Perusahaan, Ijin Tetap Usaha Pariwisata (ITUP) atau Biro Perjalanan Wisata (BPW) dari Dinas Pariwisata setempat, TDP (Tanda Daftar Perusahaan), SITU (Surat Izin Tempat Usaha), dsb, dan mendaftar menjadi anggota ASITA  (Association of The Indonesian Tours & Travel) atau ikatan agen tour dan perjalanan Indonesia.
  4. Jika legalitas usaha sudah lengkap, ajukan permohonan keagenan tiket pesawat kepada maskapai penerbangan domestic. Biasanya pihak maskapai akan meminta anda untuk menyediakan dana deposit sejumlah tertentu sebagai syarat. Jika disetujui, maka travel agency anda akan  bisa langsung menjadi agen resmi penjualan tiket maskapai penerbangan, punya login sendiri atau bisa melalui kantor penjualan maskapai penerbangan. Untuk info lebih jelasnya, silahkan anda tanyakan ke kantor maskapai penerbangan terkait.
  5. Rekrut beberapa karyawan untuk ditempatkan di bagian customer service, pemandu wisata, administrasi, dsb. Tips nya, coba anda mencari beberapa mahasiswi jurusan pariwisata untuk magang dan bekerja paruh waktu sambil membantu mereka mengaplikasikan disiplin ilmu yang mereka pelajari di kampus. Bila mereka telah selesai kuliah, anda bisa mengangkat mereka menjadi karyawan tetap. Penawaran seperti ini tentu saja menjadi sangat menarik bagi para mahasiswi,  disisi lain menjadi keuntungan buat anda karena tidak perlu repot-repot mencari karyawan.
  6. Berikan pelayanan dan kesan yang baik kepada pelanggan karena para pesaing anda juga memberikan penawaran harga yang kompetitif. Ini merupakan salah satu cara memenangkan hati pelanggan. Jika anda melayani secara baik, pelanggan merasa puas, dan ia akan merekomendasikan kepada teman-temannya, tentu saja ini menjadi iklan positif dan gratis buat usaha anda. Sebaliknya bila sekali saja anda mengecewakan pelanggan, maka menjadi pengalaman buruk yang tak terlupakan dan akhirnya ia tidak akan pernah merekomendasikan biro perjalanan anda kepada teman-temannya.
  7. Tempatkan diri anda sebagai konsultan, berikan berbagai opsi (pilihan) dan solusi kepada calon konsumen. Kemampuan berkomunikasi, pemahaman detail terhadap item-item yang ditanyakan, dll mutlak untuk dikuasai oleh anda dan karyawan yang berhubungan langsung dengan pelanggan.
  8. Perhatikan standar penampilan, seragam pakaian, postur tubuh, cara berbicara, cara melayani, dan berikan penjelasan lengkap mengenai aturan yang wajib dipatuhi konsumen ketika memakai jasa anda, termasuk hal apa saja yang bisa anda bantu dan hal apa yang diluar tanggung jawab anda. Sehingga anda tidak akan disalahkan konsumen bila terjadi kesalahan dari pihak lain seperti maskapai penerbangan.
  9. Anda harus kreatif, bisa menjalin hubungan dengan beberapa pengelola tempat-wisata misalnya wisata air, wisata pegunungan, wisata belanja, wisata kuliner, dsb kemudian anda buat paket perjalanan menarik untuk anda tawarkan kepada konsumen. Anda bisa menjadikan mereka sebagai sponsor (partner) dan mencantumkan nama toko, hotel, restoran, atau lokasi wisata mereka pada brosur paket perjalanan anda, sehingga bisa saling menguntungkan.
  10. Sediakan berbagai paket perjalanan atau wisata dengan harga yang wajar dan terjangkau, misal paket perjalanan ibadah seperti haji dan umrah, paket wisata ke daerah eksotis misalnya Lombok (NTB), Bunaken (Sulawesi), Batu Ampat (Papua), Danau Toba (Sumatera Utara), Bali, dsb atau paket wisata belanja misalnya ke Singapura, Thailand, Hongkong, China, Eropa, dsb. Selain itu, tidak ada salahnya anda mencoba menyediakan paket wisata unik dan berkesan bagi wisatawan seperti wisata ke tempat produksi kerajinan misal belajar membuat batik, kerajinan tangan, tenunan kain, atau bisa juga wisata arung jeram, bersepeda menuruni bukit, ke kebun buah-buahan, wisata ke suku pedalaman (Suku Sasak, Asmat, Baduy, Dayak, dsb), pusat konservasi hewan, contoh : orang utan : Bukit Lawang (Sumatera Utara) dan Tanjung Puting (Kalimantan Tengah), Komodo :Pulau Komodo (Nusa Tenggara Timur), Gajah : Way Kambas (Lampung), Badak – Ujung Kulon (Banten), dsb.
  11. Menjalin kerjasama dengan sesama pengusaha agen perjalanan, saling bertukar informasi mengenai daerah tujuan wisata, dsb.Jadi anda bukan hanya sekedar mementingkan keuntungan pribadi saja, namun juga bisa memberikan manfaat dan keuntungan sesama komunitas agen perjalanan. Hal ini dimaksudkan agar anda memiliki jaringan yang kuat dalam bisnis tours dan travel ini.
  12. Buat spanduk extra besar, papan reklame (billboard) ukuran jumbo, sign board air lines, dsb pasang pada kantor anda dan promosikan paket andalan anda di media seperti surat kabar, majalah, atau bisa melalui media online seperti membuat website sendiri, melalui situs jejaring sosial (facebook, twitter, google plus, bbm, dsb),atau melalui iklan berbayar seperti google adwords, iklan PPC, dsb sehingga akan semakin terbuka peluang anda untuk mendapatkan lebih banyak konsumen.
  13. Jika nantinya usaha anda semakin berkembang, anda dapat memperluas cakupan bisnis dengan membuka usaha Money Changer (penukaran uang asing), Penjualan Voucher dan Reservasi Hotel, Agen tiket pesawat maskapai luar negeri, dsb
  14. Bisnis sebagai Travel agent memang memerlukan modal awal yang relative besar, perijinan usaha yang lengkap, dan proses untuk pendiriannya memerlukan waktu, jadi bila anda tidak mau repot membuat sendiri jasa tours and travel, anda bisa menjalin kemitraan atau keagenan dengan sistem waralaba kepada pihak tour dan travel yang sudah memiliki nama. Jika disetujui, maka status anda bisa sebagai sub agen dari travel agent tersebut. Silahkan anda browsing di internet, banyak kok yang menawarkan kerjasama dengan sistim waralaba ini. Harga yang ditawarkan juga sangat bervariasi, mulai dari yang relative murah dibawah Rp. 2 juta hingga puluhan juta rupiah. Tapi ingat, anda harus berhati-hati dan cerdas dalam memilih waralaba, karena disinyalir banyak penipuan yang berkedok usaha waralaba agen perjalanan.

46 komentar:

  1. artikel yang bermanfaat dan menarik. Thanx ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Yudi,
      Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
    2. Terima kasih artikelnya Mas.

      Hapus
    3. Dear mas Gendut Marjoko,
      Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
    4. terimakasih banyak mas atas tipsnya

      Hapus
    5. Dear mas Agus Moritomo,
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Wasita

      Hapus
  2. Info yg bermanfaat mas.
    Sewaktu kuliah, saya sering membuat event traveling untuk tmn" kampus, ya walaupun laba tdk banyak, hitung" bs jalan" gratis :D.
    Saat ini saya lg belajar memahami ttg usaha reservasi tiket online pesawat. Jika sudah kumayan, bru saya akan buat paket tour n travel nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Yosua Girsang,
      Wah, itu sudah merupakan langkah yang sangat tepat mas... Semoga nanti bisa terwujud membuka jasa tour & travel, yah... Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
    2. Permisi Mas Bambang,numpang nimbrung ne.....bro Yosua, jika butuh bantuan untuk berlibur bisa hubungi saya,limaroti.duaikan.tour.n.travel@gmail.com ato +62 81 331 535 219/ +62 361 9261744 untuk trip ke Bali.Suksama

      Hapus
    3. Terima kasih atas informasinya, semoga bisa bermanfaat buat yang lain...salam : Bambang Warsita

      Hapus
    4. Mas limaRoti aq ijin save nomorx mas yaa...????


      Hapus
  3. Informasinya sangat bermanfaat..
    keep share mas BW..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Retsky Muse,
      Semoga sukses selalu...Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  4. Balasan
    1. Dear mas Arya Tirta Samudra,
      Terima kasih yah sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  5. informasi yg sangatt sangatt membantu , thanks ya gan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Asep Zaenal,
      Terima kasih yah sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  6. Manteb infonya. Kebetulan saya mahasiswa bisnis pariwisata dan temen sekelas berencana mendirikan usaha biro perjalanan pariwisata. Infonya sangat membantu. Tengkyu mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Hadiid Akbar,
      Semoga nanti bisnis biro perjalanan wisatanya berjalan lancar dan sukses yah... Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  7. mantap dan sangat bermanfaat artikelnya. kebetulan saya baru memulai usaha travel. terima kasih ya mas BW buat informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Astro Lyrae,
      Semoga bisnis travelnya sukses yah... Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  8. mantab niiihhh artikel nya, saya jg rencana mau buka tour travel dan paket perjalanan, doakan semoga cepat berkembang yaaa mas,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang warsita

      Hapus
  9. Balasan
    1. Mbak,
      Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  10. gan, share pengetahuan menangani pesanan paket tour..
    apa aja yang harus di persiapkan untuk membuka jasa paket tour ..
    plis banget bagi infonya ..
    thx b4 ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Bryan Alvons,
      Untuk membuat jasa tour dan travel, anda bisa membuat perusahaan sendiri (resmi), tentunya dengan persyaratan seperti Tips No. 3 diatas. Namun kalo mau simple, anda bisa mengajak teman yang memiliki usaha biro perjalanan untuk bekerjasama. Untuk share keuntungan, silahkan dibicarakan secara internal (pribadi).
      Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat paket perjalanan :
      1. Moment dan tagline yang sesuai, misal bila saat ini belum masa liburan sekolah, sebaiknya buat paket untuk segment tertentu seperti perusahaan atau kelompok. Contohnya : paket tour + outbond, team building + jungle trek untuk karyawan perusahaan, atau paket wisata religi, dsb
      2. Tentukan lokasi wisata apakah lokal/domestic, atau mancanegara. Kalo lokal, cari lokasi yang unik, mudah ditempuh, menarik, dsb. Misal wisata ke air terjun yang jarang dikunjungi banyak orang namun memiliki panorama yang indah, dsb
      3. Harga paket yang kompetitif, untuk keperluan ini anda harus melakukan survey dan bekerjasama dengan pemilik sarana transportasi, penginapan, restoran, pengelola lokasi wisata, dll. Sehingga dengan harga yang kompetitif, anda masih bisa mendapatkan keuntungan. Jangan buat harga terlalu murah, tetapi yang wajar saja dan disesuaikan dengan fasilitas dan akomodasi yang ingin anda tawarkan. Tidak masalah harga sedikit mahal, namun fasilitas yang diberikan bisa memuaskan peserta.
      4. Buat beberapa paket, sehingga peserta bisa memilih sesuai budgetnya. Alternatif lain, anda bisa menerima permintaan paket tertentu di luar paket yang anda tawarkan, tentunya dengan kompensasi yang telah anda perhitungkan. Contoh : kadang anda membuat paket tour 2 hari 1 malam, namun ada yang menginginkan 3 hari 2 malam.
      5. Jika anda membuat tujuan (destinasi) ke beberapa tempat, perkirakan waktu tempuh dan lamanya pemberhentian, dan usahakan lokasinya saling berdekatan sehingga waktu anda menjadi lebih efisien dan peserta juga merasa puas.
      6. Untuk promosi bisa pakai flyer, brosur, iklan, blog, dsb dan buat semenarik mungkin.
      Tips lainnya bisa dibaca kembali pada artikel diatas yah. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  11. dear Pak, Terima Kasih atas info nya yang sangat bermanfaat,
    just Info nanti jika ada open trip perjalanan menuju sumatera barat dan sekitar bisa menggunakan jasa saya, saya siap melayani tourism lokal dan manca..
    untuk info lebih bisa hub saya pak 081374028787 atau email saya djar.djokam@gmail.com

    Thanks_
    Best regards_Teuku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Teuku Ahmad Fajar K,
      Terima kasih infonya semoga bisa bermanfaat buat pembaca lainnya. salam : Bambang Warsita

      Hapus
  12. Terimakasih pak tutorialnya sangat berguna banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  13. Terima kasih atas ulasan dan tips nya berhubung saya sedang merintis bisnis perjalanan wisata. Sangat membantu. Sukses untuk pak Bambang dan pembaca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Rury Dermawan,
      Semoga bisnis biro perjalanannya sukses yah...
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  14. tx infonya kang... rencananya saya juga akan buka jasa tour travel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Oktavianus Yacob,
      Terima kasih ya sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  15. Thanks info-nya Kang... Saya punya rencana mau buat paket wisata untuk turis asing untuk datang ke Pekalongan. Paket membatik dan kearifan lokal yang menjadi ciri khas Pekalongan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Kang Tatang Khalid,
      Keren banget rencananya itu, kang Khalid... Saya sangat setuju dan mendukung rencana tersebut. Semoga bisa segera direalisasikan karena punya misi yang sangat baik yakni melestarikan budaya daerah/bangsa yang saat ini hampir punah karena pengaruh globalisasi.
      Semoga sukses ya, kang... Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  16. Klw mau bukak biro jasa trus bis pakai bis pariwisata....tu harus ada kerjasama sama P.O tersebut ga mz

    BalasHapus
  17. Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  18. thanks untuk info nya gan saya jadi termotivasi lagi untuk tekun di usaha tour&travel nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas/mbak,
      Semoga sukses selalu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  19. kalau menurut bapak waralaba mana yang paling bagus.....??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas/Mbak,
      Mohon maaf untuk menjaga etika periklanan, saya tidak bisa menyampaikan nama waralaba nya.
      Silahkan anda browsing di internet atau bisa lihat perusahaan tour & travel yang sedang beriklan di blog saya.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  20. Mas Bambang yang terhormat, maaf mas. Semisal belum punya dana besar untuk ijin usaha atau sewa tempat kantor apa ya bisa mas? Apa ya boleh, semisal kita menemui langsung CEO agent travel yang sudah ternama hanya untuk bertanya cara merintis usahanya?Soalnya saya sudah punya branded nama usaha travel dan saudara pun juga punya penginapan untuk para wisatawan. Mohon pencerahannya mas , terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Muhammad Arriza A,
      Bisa saja mas untuk berkonsultasi dengan pengelola agent tour & travel yang berpengalaman siapa tau jodoh dan mereka bersedia membuka kesempatan untuk bermitra dengan anda. Mengenai izin usaha, kantor, dsb nanti bisa sekaligus dibicarakan dalam pertemuan tersebut.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita