18 Tips Jitu dan Cara Paling Mujarab Mengobati (Menyembuhkan) serta Mencegah Sakit Kepala

Anda pernah mengalami sakit kepala ? Sakit kepala adalah penyakit yang umum terjadi pada setiap orang. Biiasanya ditandai dengan perasaan pusing, kepala terasa seperti nyut-nyutan (berdenyut) di bagian atas kiri atau kanan, di bagian dahi, bagian bola mata, leher bagian belakang (tengkuk), dan bagian belakang kepala. Beberapa hal yang diyakini sebagai penyebab sakit kepala, antara lain :
  1. Kurang tidur atau sulit tidur, gelisah, kelelahan, depresi
  2. Sering mengkonsumsi minuman beralkohol, anggur, bir, dsb
  3. Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi kopi
  4. Sering mengkonsumsi makanan mengandung MSG (penyedap rasa), memakai pemanis buatan, memakai bahan pengawet, dsb.
  5. Keracunan makanan atau minuman (makanan atau minuman kadaluarsa),
  6. Stress akibat banyak pikiran, beban pekerjaan, emosional, dll
  7. Penurunan kadar hormon estrogen dalam darah, sering terjadi pada wanita saat datang bulan (menstruasi)
  8. Bagian rongga mulut atau rahang ada yang tidak beres, dan masalah dengan gigi seperti gigi berlubang, radang gusi, dsb
  9. Terjadi infeksi atau infeksi sistemik yang berhubungan dengan sakit kepala, seperti meningitis, ensefalitis dengan gejala demam, leher kaku, ruam, dsb
  10. Kemungkinan gejala kanker otak
Jika anda merasakan sakit kepala secara tiba-tiba, jangan panik dan buru-buru minum obat untuk meredakan rasa sakit, karena biasanya obat-obatan ada efek sampingnya meskipun banyak produsen obat meng-klaim produknya aman tanpa efek samping, berikut ini ada 18 tips jitu dan cara paling mujarab mengobati (menyembuhkan) serta mencegah sakit kepala, yakni :
  1. Banyak minum air putih, karena tubuh kita memerlukan air. Air berguna untuk menjaga kestabilan cairan pada tubuh. Air yang diperlukan tubuh kita setiap hari sekitar 8 hingga 10 gelas. Sakit kepala bisa merupakan salah satu sinyal dan reaksi dari otak bahwa  tubuh sedang kekurangan air.
  2. Banyak mengkonsumsi buah-buahan,  anda bisa juga mengkonsumsinya dalam bentuk juice (jus) buah asli (bukan jus dalam kemasan seperti yang dijual di swalayan). Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan dipercaya dapat meredakan rasa sakit kepala, seperti buah semangka, melon, tomat, dsb.
  3. Mandi dengan air hangat, akan membuat otot-otot tubuh menjadi rileks dan memudahkan anda untuk beristirahat (tidur).
  4. Mengkonsumsi minuman jahe, karena jahe berkhasiat sebagai anti histamin yang dapat meredakan sakit kepala. Khasiat jahe dan obat alami lainnya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, selengkapnya bisa anda baca pada artikel disini
  5. Mengkonsumsi minuman sehat teh herbal seperti minuman teh hijau, teh jahe, teh chamomile, teh kayu manis, dsb
  6. Lakukan pijatan lembut pada bagian kepala, pelipis, dahi, leher bagian belakang (tengkuk), punggung, dan bahu sekitar 15 sampai 20 menit atau sampai rasa sakit kepala berkurang. Lakukan pijatan dengan 2 jari bersamaan, yakni jempol dan telunjuk pada 2 titik di bagian tengkuk, sedikit dibawah tengkorak kepala (mirip metode akupuntur), hal ini bertujuan agar otot leher anda menjadi rileks.
  7. Kompres bagian belakang leher (tengkuk) dan bahu dengan handuk yang sudah direndam dengan air hangat, atau anda bisa menggunakan kompres hangat (hot pack) yang banyak dijual di apotek. Kompres juga bagian pelipis anda dengan ice pack (cold pack) atau bisa juga dengan menggunakan es batu.
  8. Lakukan secara perlahan gerakan pada otot leher ke kiri dan ke kanan, ke depan dan ke belakang, dan lakukan gerakan ke depan dan belakang pada bahu anda. Lakukan gerakan ini sekitar 15 hingga 20 menit
  9. Istirahat (Tidur) akan membantu menghilangkan rasa sakit kepala. Tidur akan membuat tubuh anda menjadi bugar dan fit kembali. Untuk memudahkan anda tidur, buatlah kondisi ruangan yang nyaman dengan suhu yang sejuk, penerangan yang redup (minim cahaya). Jika tidak memungkinkan untuk tidur,  berbaring sejenak sampai sakit kepala anda reda.
  10. Bila sakit kepala anda sudah terlanjur hebat dan tidak tertahankan, serta berbagai tips alami diatas sudah dicoba namun tidak berhasil, maka segera minum obat pereda nyeri sakit kepala yang bersifat analgesic yang mengandung parasetamol, ibuprofen, asetaminofen, naproxen, atau aspirin.
  11. Jika sakit kepala tidak juga berangsur membaik atau sembuh namun sering kambuh kembali, atau sakit kepala akibat gigi berlubang dan peradangan pada rongga mulut, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter atau klinik kesehatan.
 Mencegah sakit kepala :

  1. Waktu tidur yang cukup dan teratur akan mengurangi resiko timbulnya rasa sakit kepala.
  2. Olah raga teratur, seperti senam, aerobic, jogging, jalan kaki, bersepeda, berenang, dsb dapat mengurangi frekuensi dan intensitas sakit kepala
  3. Jangan banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat memicu sakit kepala antara lain : mengandung MSG (monosodium glutamate) atau penyedap rasa, makanan yang memakai pemanis buatan, daging olahan, keju, coklat, minuman beralkohol, kafein (kopi), dsb.
  4. Sering mengkonsumsi makanan karbohidrat sehat terbuat dari gandum seperti roti, sereal, oatmeal, yang bisa memberikan nutrisi dan energi yang baik buat otak
  5. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E seperti kacang-kacangan (kacang hijau, kacang kedelai, kacang merah), dan biji-bijian seperti wijen.
  6. Gunakan tempat tidur atau sofa yang memberikan kenyamanan bagi anda sehingga tidak menyebabkan ketegangan pada leher Anda yang bisa memicu sakit kepala.
  7. Lakukan relaksasi dengan meditasi, yoga, latihan pernafasan, atau mendengar suara alam seperti suara aliran air, pancuran air (air terjun), kicauan burung yang merdu, dsb. Atau bisa juga menggunakan aroma therapy,  agar tubuh senantiasa rileks, segar dan bugar, sehingga aliran darah dan oksigen ke otak menjadi lancar.

2 komentar:

  1. Thanks ya, saya akan memperhatikan 18 tips jitu ini, sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mr Moonlight,
      Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita