13 Cara Cepat, Paling Mujarab serta Paling Manjur untuk Menghilangkan dan Mengatasi Kebiasaan (Masalah) Mendengkur atau Mengorok (Snoring)

Anda sering mendengar suara orang sedang mendengkur atau ngorok ? Apalagi suara yang ditimbulkan ketika mendengkur atau ngorok cukup keras, tentunya anda yang berada di sekitarnya jelas akan merasa sangat terganggu, bukan ? Mendengkur atau ngorok saat tidur tersebut bisa timbul karena adanya resonansi (getaran) ketika aliran udara melewati langit-langit lunak (velum) dan uvula (mirip seperti kerucut yang terlihat menggantung di langit-langit lunak, di bagian belakang tenggorokan), sehingga menimbulkan suara berat napas yang dikenal dengan istilah mendengkur atau ngorok (snoring). Suara dengkuran yang dihasilkan pun bisa lembut, atau bahkan bisa keras sehingga sangat mengganggu. Biasanya suara mendengkur timbul saat posisi menghirup udara atau menarik napas (inspirasi) sewaktu tidur. Sebagian besar mendengkur lebih sering dialami oleh pria daripada wanita. Hal ini dikarenakan kelebihan bobot berat badan pada pria biasanya ada pada dada dan leher, sehingga yang menyebabkan penyempitan saluran udara.

Suara mendengkur atau ngorok bisa terjadi karena tidak teraturnya aliran udara ketika melewati langit-langit lunak dan uvula, disebabkan penyempitan yang diakibatkan beberapa hal seperti :
  1. Posisi tidur yang salah, tidur telentang bisa menyebabkan mendengkur karena gaya gravitasi membuat pangkal lidah jatuh ke belakang sehingg menghalangi aliran udara ke tenggorokan
  2. Tidur dengan bantal terlalu banyak, sehingga bisa mempersempit saluran udara
  3. Adanya lemak yang menekan di sekitar tenggorokan pada kasus obesitas atau kelebihan berat badan dan menumpuk pada leher.
  4. Otot tenggorokan melemah sehingga menyumbat tenggorokan saat tidur, yang diakibatkan kebiasaan merokok, konsumsi alcohol, obat-obatan, dsb.
  5. Bertambahnya usia / faktor penuaan, karena semakin bertambahnya usia akan membuat otot-otot pada saluran pernapasan dan tenggorokan mengalami penurunan kelenturan
  6. Adanya masalah pada hidung, menderita sinusitis, flu, folip, atau masalah radang amandel 
Nah, akibat dari kebiasaan mendengkur itu bisa menyebabkan beberapa hal, seperti  :

  1. Gangguan psikologis (menjadi bahan olok-olokan atau tertawaan) dan gangguan sosial bagi penderita (apalagi jika sudah berkeluarga akan sangat mengganggu pasangan)
  2. Sulit memejamkan mata atau tidur bagi orang di sekitarnya
  3. Sering terbangun di malam hari sehingga kualitas tidur juga terganggu (kurang tidur)
  4. Sering mengantuk sepanjang siang hari
  5. Kurang konsentrasi, mudah lelah, dan cenderung cepat marah (emosional)
  6. Gairah seksual (libido) menjadi menurun, parahnya lagi bisa menyebabkan disfungsi ereksi
  7. Obstructive Sleep Apnea yaitu gangguan tidur karena terhentinya sebagian atau seluruh aliran udara akibat penyumbatan yang berlangsung beberapa saat (detik) ketika bernapas. Akibatnya pasokan oksigen terhenti beberapa saat dan sering mengalami sesak nafas, sehingga terbangun malam tiba-tiba tanpa disadari untuk bernafas. Resikonya bisa menyebabkan depresi, serangan jantung, darah tinggi, diabetes, dan stroke 
Jika anda atau keluarga mengalami masalah dengan mendengkur, jangan khawatir karena saya akan membeberkan 13 Cara Cepat, Paling Mujarab serta Paling Manjur untuk Menghilangkan dan Mengatasi Kebiasaan (Masalah) Mendengkur atau Mengorok (Snoring), sebagai berikut :
  1. Tidur yang cukup dan teratur, karena saat anda tidur terlelap dan kelelahan (capek) bisa menimbulkan kemungkinan mendengkur
  2. Ubah posisi tidur misalnya posisi miring ke kanan/kiri, jangan tidur telentang untuk mencegah pangkal lidah memblokir tenggorokan. Dengan posisi miring ini,  saluran pernapasan akan menjadi lebih terbuka sehingga aliran udara tidak terhalang.
  3. Gunakan bantal panjang untuk mengganjal bagian belakang tubuh atau mempertahankan posisi tidur anda, agar tetap dalam posisi miring.
  4. Posisi kepala sebaiknya lebih tinggi daripada bagian tubuh lainnya, namun perhatikan posisi leher harus tetap nyaman. Karena leher yang tertekan selain menghambat aliran udara saat bernapas yang menyebabkan mendengkur, juga bisa mengganggu kesehatan syaraf. Untuk itu pilih dan gunakan bantal yang nyaman bagi kepala dan leher anda.
  5. Jika anda mengalami masalah obesitas, lakukan upaya mengurangi berat badan secara sehat misalnya dengan berolah raga secara teratur dan mengatur pola makanan yang sehat. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi timbunan lemak pada leher yang bisa menghalangi aliran udara sehingga menyebabkan mendengkur atau mengorok.
  6. Melakukan latihan meningkatkan kekuatan otot saluran napas yang lemah (langit - langit lunak, uvula, dan tenggorokan), misalnya latihan tarik suara (bernyanyi). Selain itu dengan bernyanyi akan melatih pernapasan sehingga menyehatkan otot paru-paru dan jantung anda.
  7. Bila penyebab mendengkur karena masalah pada hidung atau sinusitis, maka gunakan semprotan hidung, nasal strip atau klip hidung, yang bisa membantu menghilangkan kemungkinan mendengkur.
  8. Nasal strip bisa membantu menarik hidung agar terbuka dan membuat bernapas lebih mudah sehingga menghindari dengkuran
  9. Jika anda sedang mengalami flu, bersihkan hidung dari lendir (sekresi) agar aliran udara menjadi lancar
  10. Jangan mengkonsumsi alcohol, merokok, obat-obatan yang bersifat penenang, karena bisa memicu iritasi dan inflamasi pada saluran pernafasan dan tenggorokan sehingga menyebabkan mendengkur
  11. Obat-obatan kimia seperti pseudoefedrin yakni obat yang sering digunakan sebagai dekongestan (pelapang) hidung, dipercaya bisa mengurangi resiko mendengkur
  12. Dengan tanaman obat alami yaitu kunyit, caranya : kunyit dihancurkan sampai gepeng (pipih), lalu rendam kunyit dalam segelas air hangat, saring airnya dan campurkan 2 sendok madu, aduk, dan minum. Dengan meminum 2 gelas/hari secara teratur, Insya Allah bisa menghilangkan kebiasaan mendengkur.
  13. Jika berbagai cara diatas sudah dilakukan dan tidak memberikan hasil, maka sebaiknya anda memeriksakan diri ke klinik atau dokter spesialis THT (Telinga, Hidung, dan Tenggorokan) untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan menghilangkan kebiasaan mendengkur atau ngorok yang anda alami.

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Dear mas Yuswanda Fauzar, terima kasih ya mas atas kunjungannya ke blog sy.... salam : Bambang warsita

      Hapus
  2. Balasan
    1. Dear mbak Turny Soebandry,
      Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita