12 Tips Mantap dan Paling Jitu Bisnis Menyewakan Lapangan Futsal

Selain sepak bola, olah raga yang satu ini pastinya tidak asing lagi bagi anda yakni olah raga Futsal. Permainan futsal mirip dengan permainan sepak bola, hanya saja masing-masing tim beranggotakan 5 orang (termasuk penjaga gawang) yang bermain untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Futsal telah menjelma menjadi salah satu olah raga yang banyak digandrungi oleh berbagai kalangan masyarakat mulai dari remaja, dewasa, bahkan orang tua juga menyukai olah raga yang satu ini..Permainan futsal bisa dimainkan di dalam ruangan (indoor) maupun diluar ruangan (outdoor), dimana pembatas lapangan hanya berupa garis, seperti garis sentuh lapangan, garis gawang, garis pada ujung lapangan, garis melintang di tengah lapangan, lingkaran tengah lapangan, dsb. Untuk ukuran standard lapangan futsal adalah panjang 25m s/d 43 m dengan lebar 15m s/d 25 m. Peraturan permainan futsal juga mirip dengan sepak bola, hanya saja jumlah pemain 1 tim maksimal 5 orang include 1 orang penjaga gawang, waktu permainan sedikit lebih pendek yakni waktu normal 2 x 20 menit, istirahat (turun minum) 10 menit, waktu perpanjangan 2 x 5 menit, adu penalty  maksimal 5 gol, jumlah wasit 2 orang dan tanpa hakim garis.

Berdasarkan kenyataan di lapangan, tingginya animo masyarakat bermain futsal tidak dibarengi dengan ketersediaan jumlah lapangan futsal yang memadai sehingga tidak heran bila untuk bermain futsal, maka para pengguna harus rela antri menunggu lapangan kosong. Apalagi saat akhir pekan seperti hari Sabtu dan Minggu maupun hari libur nasional. Bahkan seringkali seminggu sebelumnya, lapangan futsal sudah habis dipesan (booking). 

Intinya bahwa olahraga futsal ini masih menjanjikan keuntungan yang menggiurkan bagi mereka yang ingin memiliki bisnis menyewakan lapangan futsal. Gimana, sepertinya anda tertarik ingin menekuni bisnis lapangan futsal ? Upss... tapi nanti dulu, sebelum anda mencoba peruntungan untuk menekuni bisnis penyewaan lapangan futsal ini, sebaiknya anda simak terlebih dahulu 12 Tips Mantap dan Paling Jitu Bisnis Menyewakan Lapangan Futsal, berikut ini:

  1. Cari lokasi lahan yang strategis untuk membangun lapangan futsal, misalnya di pinggir jalan utama, jalan raya, dekat perkantoran, dekat kampus (sekolah), dan mudah dijangkau dengan kendaraan umum.
  2. Pilih luas lahan yang cukup untuk membuat minimal 2 lapangan futsal dengan ukuran standar seperti : 25 m x 35 m, 17 m x 27 m, 16 m x 26 m, 15 m x 25 m, 14 m x 24 m, dll, ditambah dengan space untuk keperluan lahan parkir kendaraan bermotor, ruang tunggu pemain, fasilitas lain seperti kamar mandi yang dilengkapi dengan shower, locker, mushala, kantin, dsb
  3. Untuk pembuatan lapangan futsal ini anda tidak perlu repot-repot, karena saat ini sudah banyak vendor atau perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan lapangan futsal mulai dari design, pengurusan perizinan, konstruksi, pemilihan rumput, pengerjaannya, dsb. Jadi anda hanya perlu menyediakan lahan dan tinggal bernegosiasi mengenai biaya pembuatan dengan vendor, dan anda tinggal menunggu lapangan futsal dalam keadaan ready serta siap untuk anda operasikan (disewakan). Untuk vendor atau perusahaannya, silahkan browsing di internet dan pilih paket pembangunan sesuai kondisi keuangan yang anda miliki.
  4. Tentukan tarif sewa yang terjangkau, misalnya anda membuat tarif antara Rp 75 ribu sampai Rp 150 ribu per jam nya untuk jadwal pagi hingga pukul 18.00 WIB, dan  Rp 175 ribu sampai Rp 250 ribu mulai pukul 18.01 WIB sampai malam hari. Atau bisa juga anda tentukan tarif berdasarkan fasilitas dan kondisi lapangan seperti jenis rumputnya, indoor/outdoor, luas lapangan, dsb. Khusus masa promosi, tidak ada salahnya sambil menarik minat pelanggan baru, anda memberikan potongan harga 10 % sampai 15 % untuk setiap jam nya dengan waktu promosi selama 3 bulan pertama beroperasi atau pada setiap ada event khusus seperti perayaan 17 Agustus, perayaan hari jadi lapangan futsal, dsb. Cara lain adalah dengan menawarkan keanggotaan (membership) dengan keuntungan akan diberikan potongan harga kepada member jika menyewa lapangan futsal. Membership ini juga bertujuan untuk menjaga loyalitas pelanggan anda.
  5. Jika keuangan anda memungkinkan, anda juga bisa membeli dan kemudian menyewakan perlengkapan untuk bermain futsal seperti sepatu futsal, kaos tim, kaos kaki, dsb. tentunya dengan tarif yang ekonomis dan wajar, misalnya Rp. 20 sampai 30 ribu untuk 1 set pakaian per orang dengan syarat uang sewa dipungut sebelum pertandingan, sudah menjadi member, dan menitipkan ID Pengenal (KTP/SIM yang masih berlaku) sebagai jaminan kepada anda.
  6. Untuk menambah penghasilan, tidak ada salahnya anda melengkapi arena futsal anda dengan menjual makanan dan minuman ringan, perlengkapan futsal seperti baju kaos futsal, sepatu futsal, atribut, souvenir, bahkan bila perlu anda bisa menyediakan penyewaan playstation, game online (warnet), dsb. sehingga bagi para pengunjung yang tidak ikut bermain futsal bisa memanfaatkan sarana ini.
  7. Sediakan juga pesawat televisi berukuran besar di ruang tunggu, sehingga para pengunjung yang tidak ikut bermain futsal atau yang kurang hobi menonton permainan futsal, bisa memanfaatkan fasilitas hiburan ini.
  8. Sebagai sarana promosi untuk memperkenalkan brand lapangan futsal, anda bisa memasang papan reklame yang dipasang pada tempat-tempat strategis yang mudah dilihat orang, seperti pada bangunan lapangan futsal, pada petunjuk jalan menuju ke lokasi lapangan futsal anda, dsb.
  9. Promosi juga bisa anda lakukan dengan menyebar brosur ke kantor-kantor, sekolah, kampus, perumahan, iklan di radio atau surat kabar. Selain itu, iklan online juga terbukti efektif seperti Google Adwords, facebook, majalah atau berita online, dsb. 
  10. Jika nantinya bisnis penyewaan lapangan futsal anda berkembang, anda bisa menyediakan space iklan untuk disewa, atau bekerjasama dengan perusahaan tertentu untuk promosi, penjualan produk, dsb misalnya distributor minuman berenergi, minuman isotonic, air mineral, distributor perlengkapan futsal, dsb sehingga dari sini anda juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan.
  11. Sarana promosi lainnya yang tidak kalah menarik dan sangat efektif untuk menarik pelanggan adalah dengan mengadakan turnamen, pertandingan, eksebisi, atau kompetisi futsal dengan hadiah yang menarik. Cara ini selain untuk meningkatkan kunjungan, juga bermanfaat sebagai media untuk lebih memperkenalkan lapangan futsal anda kepada masyarakat luas. Untuk biaya penyelenggaraan, anda bisa bekerjasama dengan mengundang sponsor agar ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, namun tentunya para sponsor juga diizinkan untuk memasang spanduk, memperkenalkan produk, ataupun menjual produk mereka saat event berlangsung, dsb.
  12. Jika anda ingin lebih serius lagi dalam menggarap bisnis futsal ini, anda bisa mengajak pelatih futsal untuk bekerjasama membuka sekolah futsal. Dengan cara ini anda bisa mendapatkan keuntungan dari uang pendaftaran dan iuran bulanan setiap peserta. Silahkan anda bernegosiasi dengan sang pelatih dalam menentukan berapa besarnya pembayaran honor pelatih setiap bulannya.

2 komentar:

  1. Saya mencari investor untuk kerjasama usaha lapangan futsal. Saya memiliki lahan 1300m2 .Lokasi strategis dengan nuansa alami di pusat kota Depok, dekat Stasiun KA Depok Baru & Terminal Depok. Akses masuk 50m dari jalan utama: Jl . Arif Rahman Hakim & Jl Nusantara Raya. Bagi yg minat hubungi: Abraham - 0812 1977 9957. Terima kasih atas perhatiannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pengelola Camp Lucky Ten,
      Saya coba bantu publish di blog saya komentar sekaligus promosinya, siapa tahu ada investor atau pembaca yang berminat. Semoga sukses ya...
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita