15 Tips Rahasia dan Paling Jitu Agar Tubuh Sehat Bugar, Tahan Lapar dan Dahaga saat Berpuasa (Ramadhan)

Bulan suci Ramadhan sudah hampir tiba, umat Muslim di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh. Puasa Ramadhan merupakan ibadah spiritual yang mengandung hikmah luar biasa besarnya, tidak hanya sekedar menahan lapar dan dahaga namun lebih daripada itu puasa Ramadhan juga mengajarkan kesabaran, menahan diri dan hawa nafsu, dan segala sesuatu yang dapat membatalkannya, mulai waktu imsak hingga terbenamnya matahari. Banyak orang bertanya, bagaimana caranya agar selama menjalankan ibadah puasa tidak terasa lapar dan dahaga serta stamina tubuh tetap terjaga, sehingga aktivitas kita sehari-hari tetap dapat dilaksanakan seperti biasa tanpa hambatan yang berarti.

Nah, agar selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan tubuh anda sehat, bugar, dan anda tetap bisa menjalankan aktivitas sehari-hari sampai akhir Ramadhan, saya akan membeberkan 15 Tips Rahasia dan Paling Jitu agar Tubuh Sehat Bugar, Tahan Lapar dan Dahaga saat Berpuasa (Ramadhan), sebagai berikut :

  1. Berniat, segala sesuatu itu dimulai dari niatnya. Niatkan dalam diri anda untuk  menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan Ikhlas.
  2. Makan sahur mendekati waktu imsak yakni sekitar 20 s/d 30 menit sebelum imsak tiba.
  3. Saat makan sahur, konsumsi  karbohidrat seperti nasi. Lebih baik lagi jika anda bisa mengkonsumsi nasi dari beras merah. Selain itu, karbohidrat dari bahan makanan gandum, oatmeal, sereal, dsb juga sangat baik untuk dikonsumsi.
  4. Konsumsi sayur-sayuran yang kaya akan serat antara lain brokoli, bayam, kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang kedelai (tahu dan tempe), kacang merah, kacang buncis, kacang panjang, dsb sebagai makanan sehat dan  mengenyangkan.
  5. Jika ingin lebih mantap lagi, anda bisa membuat semangkuk sup dengan kaldu ayam yang ditambah seledri dan bayam, atau sup kacang merah.
  6. Konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin seperti alpukat, pear, apel, pisang, dsb. Jika anda buat menjadi jus buah juga lebih nikmat, sebaiknya tanpa gula (atau jika terpaksa campurkan sangat sedikit saja).
  7. Konsumsi bahan makanan yang mengandung protein seperti ikan, telur, ayam, daging sapi/kambing tanpa lemak, namun sebaiknya bahan makanan tersebut direbus, dikukus, panggang (dengan microwave), dipepes (ikan) atau dibuat campuran sup (menghindari makanan yang digoreng dengan minyak)
  8. Minum air putih (air hangat) setidaknya 2 hingga 3 gelas saat sahur, dan lebih baik jika ditambah dengan minum segelas susu (susu sapi atau susu kedelai), atau minum segelas sari kacang hijau (bisa anda buat sendiri atau beli yang sudah jadi di pasar atau swalayan), agar cairan tubuh tetap terjaga selama berpuasa.
  9. Saat sahur, jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis (gula atau pemanis buatan), makanan berminyak (digoreng),  makanan dari tepung terigu (roti), dan makanan berlemak
  10. Lakukan kegiatan olah raga agar peredaran darah lancar, tubuh sehat bugar dan tidak lekas loyo. Pilih olahraga ringan yang tak membutuhkan banyak energi, seperti jogging ringan atau jalan kaki. Olah raga sebaiknya dilakukan pagi hari atau sore menjelang waktu berbuka selama kira-kira 30 menit
  11. Hindari melakukan aktivitas yang tidak penting dan menguras banyak energi, dan anda mesti bisa mengendalikan hawa nafsu, emosi, sabar, agar energi dalam tubuh tidak terbuang untuk hal-hal yang tidak bermanfaat (sia-sia).
  12. Untuk menghindari tubuh menjadi lemas dan dehidrasi, sebaiknya anda tidur jika sedang tidak melakukan aktivitas. Tidur baik untuk kesehatan dan stamina anda selama berpuasa dan selain itu tidur orang yang berpuasa juga merupakan ibadah.
  13. Saat waktu berbuka tiba, segeralah berbuka dengan mengkonsumsi buah kurma sebanyak 3 buah dan minum segelas air, kemudian segerakan untuk sholat Maghrib dulu.
  14. Setelah selesai sholat Maghrib, anda bisa menyantap makanan yang manis seperti kolak, minum segelas air hangat (boleh minum teh hangat). Sementara untuk makan nasi, dsb sebaiknya dilakukan setelah selesai sholat Tarawih
  15. Selama berpuasa mungkin timbul bau mulut karena mulut kering dan kurang konsumsi air. Untuk mengatasi masalah bau mulut tersebut anda bisa melakukan beberapa tips jitu yang dapat anda baca selengkapnya pada artikel disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita