21 Tips Jitu dan Paling Ampuh Bisnis Doorsmeer atau Jasa Mencuci Kendaraan Roda 2 (Motor) dengan Teknik Snow Wash (Cuci Salju)

Saat ini kebutuhan alat transportasi berupa kendaraan seperti motor dan mobil bisa dikategorikan sebagai kebutuhan primer. Hampir setiap rumah tangga di Indonesia memiliki alat transportasi pribadi, minimal kendaraan roda 2 atau motor. Banyaknya jumlah kendaraan roda 2, menyebabkan jalan raya hampir sebagian besar didominasi oleh jenis kendaraan tersebut. Untuk memiliki motor pun relative tidaklah sulit, alternatifnya anda bisa membeli motor baru ataupun motor bekas (second), merknya pun kian beragam dengan harga yang semakin terjangkau, sistimnya bisa cash, bisa juga kredit.

Tapi tunggu dulu, dibalik kondisi tersebut ternyata kita bisa mendapatkan peluang usaha yang sangat menjanjikan yakni bisnis cuci kendaraan atau sering disebut doorsmeer. Bisnis cuci kendaraan ini prospeknya sangat bagus mengingat setiap tahun terus terjadi peningkatan jumlah pemakai kendaraan yang signifikan. Artinya, selama masih banyak pemilik kendaraan maka peluang bisnis ini tidak akan pernah surut. Alasannya sederhana, karena kenyataannya, tidak semua pemilik kendaraan memiliki waktu untuk menjaga penampilan kendaraannya karena kesibukannya ataupun tidak mau repot-repot. Selain itu, harga jasa cuci motor atau doorsmeer relative murah, lebih menghemat waktu dan tenaga, serta kualitas hasilnya relative lebih baik dibanding mencuci kendaraan sendiri di rumah. Itulah sebabnya mengapa kebanyakan pemilik kendaraan lebih senang untuk menggunakan jasa cuci kendaraan atau doorsmeer. Apalagi buat anak-anak muda yang gaul, penampilan kendaraan sangatlah mereka perhatikan dan diusahakan kendaraan mereka tampil lebih bersih dan kinclong (mengkilap) terutama ketika acara kumpul bareng bersama teman, acara pesta, saat apel malam mingguan, dsb

Untuk memulai bisnis jasa mencuci kendaraan atau doorsmeer ini juga relative mudah dan murah. Dengan anggaran yang terbatas sekalipun bisnis jasa cuci kendaraan ini bisa dilakukan. Nah, jika anda tertarik ingin menekuni bisnis ini, yuk simak 21 Tips Jitu dan Paling Ampuh Bisnis Doorsmeer atau Jasa Mencuci Kendaraan Roda 2 (Motor) dengan Snow Wash (Cuci Salju) berikut ini :
  1. Pilih lokasi yang strategis, yakni daerah yang banyak dijumpai kendaraan roda 2, misalnya di sekitar lingkungan perumahan, daerah padat penduduk, sekitar kos-kosan, sekitar bengkel sepeda motor, sekitar SPBU, dll. Satu hal yang terpenting bahwa lokasi usaha cuci kendaraan yang sangat baik adalah bila berada di pinggir jalan umum yang ramai lalu lalang kendaraan (jangan cari lokasi yang berada di dalam gang/lorong).
  2. Jika rumah anda kebetulan berada di pinggir jalan umum, anda bisa memanfaatkan halaman rumah sebagai lokasi usaha. Namun bila tidak, sebaiknya anda menyewa lahan kosong yang berada di pinggir jalan umum sebagai tempat usaha. Untuk ukuran disesuaikan dengan rencana pengembangan bisnis anda kedepan, misalnya untuk tahap awal ukuran kurang dari 36 m2 sampai dengan 60 m2 relatif sudah memadai.
  3. Sediakan peralatan yang diperlukan untuk memulai usaha ini seperti : Mesin compressor air (alat semprotan air),  alat snow wash (pembuat sabun salju)   dari bahan stainless stell, compressor angin (nantinya bisa disambungkan ke alat snow wash), tong air (bak penampung air), sumber air (sumur atau membuat sumur bor), mesin penghisap air (mesin pompa air), shampoo, semir ban, pengkilap body, peralatan lainnya seperti kuas, sikat (brush), minyak tanah/solar, chamois lap (kanebo), lap kain (microfiber cloth), dsb.
  4. Agar menghemat biaya operasional, sebaiknya pilih mesin-mesin yang sudah menggunakan listrik sehingga tidak perlu repot-repot membeli BBM untuk mengoperasikannya, apalagi sekarang harga BBM sudah naik, kan ? Hanya saja sebagai konsekuensinya, anda perlu menambah daya listrik untuk menggerakan semua mesin tersebut.
  5. Untuk instalasi dan cara menggunakan mesin-mesin tersebut sebaiknya anda berkonsultasi dengan suppliernya agar tidak terjadi salah pasang dan salah mengoperasikannya, karena bisa menyebabkan mesin bekerja tidak optimal dan bahkan mesin menjadi rusak. Biasanya instalasi dan cara penggunaan sudah termasuk dalam paket pembelian mesin.
  6. Gunakan shampoo khusus yang mengandung wax (pengkilap), agar cat motor tidak rusak. Shampoo jenis ini juga ramah terhadap kulit tangan. Jangan gunakan detergen atau sabun colek karena selain menyebabkan cat motor menjadi rusak, juga bisa menyebabkan kulit tangan iritasi (gatal-gatal atau rusak).
  7. Penggunaan dan takaran shampoo agar mengikuti instruksi yang terdapat pada kemasan/label. Sebagai ilustrasi, 1 liter shampoo dapat dicampur dengan ± 30 liter air, dan larutan tersebut bisa dipakai untuk mencuci sekitar 30 motor.
  8. Jika anda menggunakan alat snow wash, maka larutan shampoo tersebut dituangkan ke dalam alat snow wash. Keunggulan mencuci motor dengan busa salju adalah hasil cucian jauh lebih baik karena selain membersihkan kotoran, wax juga berfungsi melindungi dan melapisi cat motor.
  9. Disamping itu, dengan alat snow wash bisa menghemat biaya bahan pencuci yakni shampoo, sehingga keuntungan anda bisa optimal.
  10. Untuk mendapatkan hasil cucian yang sempurna, cara mencuci motor sebaiknya dengan urutan : bagian lingkar dan ban dibersihkan dulu dengan semprotan air, sikat, dan pembersihnya memakai shampoo.
  11. Pekerjaan berikutnya, membersihkan mesin motor dengan memakai kuas yang dilumuri dengan minyak tanah/solar. Tujuannya agar sisa oli yang menempel pada mesin mudah dibersihkan.
  12. Selanjutnya, semprotkan seluruh bagian motor dengan air agar debu, kotoran pasir, dan lumpur yang menempel seluruhnya rontok. Setelah itu, semprotkan busa shampoo ke seluruh bagian motor dengan alat snow wash. Gosok memakai spon lembut dengan gerakan putaran kecil agak ditekan sedikit, agar wax meresap. Bilas busa dengan menyemprotkan air hingga bersih.
  13. Keringkan dengan memakai kanebo (chamois) sampai benar-benar kering. Bagian lekukan atau sela-sela pada dasbord motor, spion, mesin, kap lampu, dsb agar disemprot dengan semprotan angin (air gun) untuk menghilangkan sisa air yang tertinggal. Setelah itu, biarkan motor dianginkan beberapa saat agar kering. Untuk mendapatkan hasil cucian lebih sempurna, bisa digosok dengan microfibre cloth (lap halus).
  14. Jangan lupa bagian ban juga di semir dengan cairan khusus ban yang mengandung silicon. Hal yang mesti diingat bahwa kondisi ban harus dalam keadaan kering ketika akan disemir. Ban di semir hanya bagian sisi sampingnya dengan menggunakan kuas atau spon sampai benar-benar rata sehingga hasilnya ban akan hitam mengkilap seperti baru, kilapnya tahan lama, dan tidak membuat ban rusak.
  15. Namun, bila pelanggan menginginkan mem-polish motornya, anda bisa menggunakan cairan pengkilap body. Lakukan polish dengan gerakan putaran kecil, biarkan kering beberapa saat, lap dan gosok dengan menggunakan lap halus dengan gerakan memutar sampai mengkilap. Finishing dengan menggunakan microfiber cloth.
  16. Untuk menentukan harga, haruslah yang terjangkau. Anda bisa melakukan survey dulu ke usaha sejenis untuk mengetahui harga dari para pesaing. Misalnya untuk cuci salju biasa Rp. 10 ribu, polish body saja Rp. 5 ribu, dan jika paket cuci salju sekalian polish Rp. 13 ribu
  17. Untuk mendukung usaha cuci motor ini, anda harus merekrut karyawan minimal 4 orang dengan perincian 2 orang tukang cuci, 1 orang tukang lap, 1 orang untuk finishing (polish body dan semir ban).
  18. Untuk sistim penggajiannya, dapat dilakukan dengan 2 alternatif yakni : pertama, sistim bagi hasil berdasarkan omset yang diperoleh, misalnya dengan ketentuan 60 % untuk anda selaku pemilik, dan 40 % untuk karyawan (ilustrasi). Kedua, sistim gaji harian, misalnya Rp. 20 ribu per hari plus uang makan Rp. 10 ribu per hari, sehingga total Rp. 30 ribu per karyawan setiap hari dan dibayarkan setiap minggu (ilustrasi). Selain itu agar karyawan lebih bersemangat dalam bekerja, anda bisa memberikan insentif kepada mereka 1 bulan sekali jika omset per bulan mencapai nominal tertentu. Nominal  insentif sebaiknya anda hitung terlebih dahulu dan anda sepakati di awal, misalnya 1 % dari total omset per bulan (ilustrasi).
  19. Untuk memudahkan pengelolaan keuangan, sebaiknya anda mencatat setiap aktivitas pemasukan dan pengeluaran uang, sehingga anda dapat mengetahui berapa besarnya omset per bulan, biaya-biaya, laba bersih, dan menentukan besarnya insentif yang akan diberikan.
  20. Lakukan promosi dengan memajang papan nama (plang) atau spanduk yang menarik perhatian dan mudah terlihat orang yang lalu lalang, atau bisa dengan membagikan brosur kepada pengendara yang melintas. Untuk menarik pelanggan serta menjaga loyalitas, anda bisa menggunakan strategi membagikan kupon/kartu berlangganan dengan reward, misalnya 10 kali cuci, gratis 1 kali cuci
  21. Untuk memaksimal keuntungan anda dan agar pelanggan tidak bosan selama menunggu motornya dicuci, sebaiknya anda membuka usaha tambahan berjualan makanan dan minuman seperti mie instant, gorengan, roti, snack, minuman botol, juice, dsb. Jika perlu sediakan televisi di tempat tersebut, sehingga konsumen merasa betah menunggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita