17 Cara Cepat dan Paling Mujarab Menghilangkan dan Mencegah Masalah Bau Badan ( Bromhidrosis atau Bromidrosis)

Pernahkah anda punya pengalaman bertemu dengan orang yang memiliki bau badan (BB)? Atau barangkali saat ini anda sedang mengalami masalah bau badan ? Masalah bau badan sudah umum kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Bukan tidak mungkin orang yang ada di sekitar kita merasa terganggu ketika mencium aroma bau badan yang tak sedap tersebut. Sehingga mempengaruhi penampilan dan mengurangi rasa percaya diri saat kita berinteraksi dengan orang lain misalnya saat kumpul dengan teman, di kantor, di kendaraan umum, tempat umum, dll.

Bau badan atau bromhidrosis ( bromidrosis) atau osmidrosis atau ozochrotia adalah bau yang disebabkan reaksi bakteri dengan keringat yang dikeluarkan oleh tubuh. Bau badan bisa dialami siapa saja, baik pria maupun wanita. Namun, pria lebih sering mengalami masalah bau badan bila dibandingkan dengan wanita,  alasannya sederhana karena pria memiliki kelenjar keringat lebih aktif, sehingga banyak memproduksi keringat.

Pada umumnya bau badan dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti  :
  1. Keringat yang bercampur dengan bakteri, debu atau kotoran yang menempel pada permukaan kulit. Keringat dihasilkan dan dikeluarkan melalui bagian tubuh terutama ketiak. Jumlah bakteri akan terus bertambah dengan adanya keringat yang timbul dan akhirnya menimbulkan bau badan.
  2. Pola hidup yang tidak sehat dan kurang menjaga kebersihan tubuh
  3. Mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu (mengandung alcohol), merokok, dsb
  4. Perubahan hormon, seperti pada saat beranjak dewasa (masa pubertas)
  5. Saat stress atau gugup sehingga tubuh mengeluarkan banyak keringat (keringat dingin)
  6. Penyakit tertentu, misalnya diabetes, dll 
Untuk mengatasi bau badan ini, yang paling umum dilakukan orang adalah dengan menyemprotkan parfum. Kenyataannya parfum hanya menghilangkan bau badan sebentar saja. Malahan pemilihan parfum yang tidak tepat bisa menyebabkan bau badan lebih parah karena keringat akan bercampur dengan bahan aktif parfum, celakanya lagi sering menyebabkan iritasi pada kulit.

Jika anda mengalami bau badan jangan khawatir, simak 17 Cara Cepat dan Paling Mujarab Menghilangkan dan Mencegah Masalah Bau Badan, berikut ini :

  1. Mandi minimal 2 kali sehari atau setelah melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat seperti sehabis berolah raga.
  2. Saat mandi, pakai sabun anti bakteri (anti septic) untuk meminimalisir bakteri penyebab bau badan. Di pasaran saat ini sangat banyak merk sabun antiseptic dengan wangi yang beragam, pilih sesuai selera anda. Gosok seluruh tubuh dengan sabun perlahan-lahan (biasanya pria suka mandi terburu-buru) agar semua kotoran (daki) yang menempel di badan hilang
  3. Jika kulit anda sensitive dengan sabun anti septic, anda bisa membuat anti septic alami dengan beberapa lembar daun sirih, rebus dalam panci, campur air dingin sampai hangat-hangat kuku, dan airnya dipakai untuk mandi. Jika tidak ada daun sirih, bisa diganti dengan jahe (caranya tetap sama).
  4. Selesai mandi, lap badan hingga benar-benar kering terutama bagian ketiak. Pergunakan handuk yang bersih dan seringlah mengganti handuk agar  kebersihan badan tetap terpelihara dan setelah digunakan agar handuk dijemur dibawah terik matahari untuk mencegah bakteri menempel pada handuk dan kemudian berpindah ke tubuh anda (bakteri menyukai kondisi lingkungan yang lembab dan basah)
  5. Bagian ketiak harus tetap dijaga kebersihannya sebab ketiak merupakan sumber bau badan. Cukur bulu ketiak untuk mengurangi kemungkinan keringat tertampung di bulu ketiak yang akhirnya bisa menimbulkan bau badan.  Kalau anda ingin menghilangkan bulu ketiak secara permanen, setelah anda mencukur atau mencabut bulu ketiak, gosoklah ketiak dengan kunyit yang sudah dicelupkan air kapur sirih.
  6. Ambil tawas atau alum (bentuknya seperti Kristal) yang bisa anda beli di pasar tradisional (biasanya sehari-hari sering dipakai dan dikenal untuk menjernihkan air, karena tawas bisa mengendapkan partikel kotoran). Celupkan dalam air dingin/hangat, kemudian oleskan pada bagian ketiak seperlunya. Selain menghilangkan bau badan, tawas juga bisa menghilangkan warna hitam pada ketiak, dan juga menyerap racun.
  7. Kalau anda tidak mau memakai tawas dan mau praktis saja, bisa mengoleskan deodorant yang mengandung anti perspirant pada ketiak atau bagian tubuh untuk mengurangi keringat yang biasanya menyebabkan bau badan. Perlu diingat, kadang-kadang deodorant belum tentu cocok dengan kulit anda dan bisa menyebabkan iritasi kulit. Jadi sebaiknya pastikan dulu reaksinya, bila anda ingin memakai deodorant untuk menghilangkan bau badan setiap hari.
  8. Jika anda khawatir terjadi iritasi kulit akibat deodorant, anda bisa menggunakan sari cuka apel sebagai pengganti deodorant setiap hari. Asam asetat yang terkandung dalam cuka adalah zat anti bakteri yang bisa membunuh bakteri yang ada di ketiak, sehingga bau badan anda akan hilang. Caranya, campur cuka apel dengan sedikit air, oleskan dengan menggunakan kapas pada ketiak sehabis mandi (seperti memakai deodorant). Kalau tidak ada cuka apel, bisa diganti dengan cuka putih
  9. Menjaga kebersihan pakaian dan rajin mengganti pakaian yang telah terkena keringat. Gunakan pakaian bersih, terbuat dari bahan  yang menyerap keringat seperti kaos, katun. Karena biarpun badan bersih kalau pakaian tidak bersih maka bakteri penyebab bau badan akan mudah berkembang biak
  10. Kurangi mengkonsumsi bahan/makanan yang berbau tajam secara berlebihan seperti bawang putih, bawang merah, petai, jengkol, durian, minuman beralkohol, merokok, dsbl.
  11. Konsumsi sayuran berwarna hijau, sayuran yang mengandung serat, kedelai, serta buah-buahan untuk menjaga metabolisme tubuh tetap sehat serta sebagai anti toksin untuk mengurangi timbulnya bau badan.
  12. Minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter per hari agar organ hati dan ginjal yang berperan mengatur metabolisme tubuh tetap prima dan sehat, sehingga keringat tidak berbau dan pertumbuhan bakteri penyebab bau badan juga dapat ditekan.
  13. Untuk menghilangkan bau badan secara permanent bisa dengan daun sirih. Caranya rebus beberapa helai daun sirih hingga mendidih, dan minum air rebusan daun sirih tersebut 1 gelas/hari hingga bau badan anda hilang. Cara lain, haluskan  daun sirih, tambahkan kapur sirih, lalu oleskan pada ketiak. Biarkan dulu kira-kira 15 – 20 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih.
  14. Tanaman lainnya untuk mengatasi bau badan adalah lobak (mirip seperti wortel). Caranya lobak diparut kemudian tempel pada ketiak, biarkan kira-kira 10 menit, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih. Lakukan setiap hari, sampai bau badan hilang secara menyeluruh.
  15. Jeruk nipis juga bisa menghilangkan bau badan, caranya : peras jeruk nipis, campur  air perasannya dengan kapur sirih, oleskan pada ketiak, biarkan 15-20 menit, bilas dengan air bersih, lakukan setiap hari sampai bau badan hilang.
  16. Alternatif lain menghilangkan bau badan, dengan mengkonsumsi daun kemangi (mengandung minyak atsiri) sebagai lalapan. Khasiat daun kemangi bila dikonsumsi kaum wanita yang sedang datang bulan (haid), justru bisa menghilangkan bau tak sedap pada bagian kewanitaan. Nah, jika di rumah anda tersedia minyak atsiri, anda hanya tinggal menambahkan sedikit air, lalu oleskan pada ketiak untuk menghilangkan bau badan
  17. Jika di sekitar tempat tinggal anda terdapat tempat rekreasi berupa kolam pemandian air panas yang mengandung belerang (sulfur), anda dapat memanfaatkannya untuk membantu menghilangkan bau badan. Caranya seperti biasa, anda berendam di dalam kolam air panas, dan gosok seluruh anggota tubuh sampai kotoran (daki) yang menempel hilang.. Selain menghilangkan bau badan, belerang juga dapat menghilangkan gatal-gatal pada kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita