13 Tips Rahasia dan Cara Jitu Bisnis Pakaian Sepak Bola (Baju Kaos Bola)

Tahukah anda bahwa olah raga yang paling tersohor di dunia ini adalah sepak bola ? Sepak bola tidak memandang kelompok usia mulai anak-anak hingga orang tua, laki-laki atau wanita, kalangan bawah sampai atas, semuanya menyukai dan menggemari olah raga ini. Pokoknya sepak bola sudah menjelma menjadi olahraga yang sangat bergengsi. Berbagai even pertandingan sepakbola di dunia seperti tidak ada habisnya dan hampir sepanjang tahun kita bisa menyaksikan liga sepakbola terutama di benua eropa. Klub-klub besar papan atas Eropa yang merupakan klub favorit yang banyak penggemar fanatiknya di dunia termasuk di IndonesiaPara penggemar ini sangat fanatik mendukung tim kesayangannya, terbukti saat perhelatan akbar sebuah pertandingan bola dan digelar acara nonton bareng, maka para penonton biasanya mengenakan kaos sepak bola dan pernak-pernik tim kesebelasan yang mereka jagokan. Belum lagi bila ada ajang Piala Dunia atau  kedatangan klub serta bintang sepak bola dunia ke Indonesia. Bisa diprediksikan permintaan dan penjualan baju kaos bola pun akan meningkat tajam.

Berdasarkan fakta tersebut terbukti sepak bola bukan hanya sebatas olahraga, namun telah berubah menjadi lahan bisnis yang menjanjikan. Betapa tidak, coba anda bayangkan banyaknya permintaan dan penjualan kaos bola yang akan terjadi selama event pertandingan digelar dan hal ini sudah barang tentu bisa mendatangkan rejeki dan berkah tersendiri bila kita bisa memanfaatkannya menjadi suatu peluang usaha berupa bisnis pakaian sepak bola (baju kaos bola). Namun sepertinya peluang ini belum banyak ditekuni oleh banyak orang, hal ini bisa dilihat dari masih sedikitnya outlet atau toko yang khusus menjual pakaian sepak bola beserta pernak-perniknya.

Nah, jika anda tertarik untuk menekuni dan mencoba peluang usaha ini, saya akan membongkar 13 Tips Rahasia dan Cara Jitu Bisnis Pakaian Sepak Bola (Baju Kaos Bola), berikut ini :


  1. Pakaian sepak bola (baju kaos bola) telah menjadi trend fesyen terutama anak remaja dan orang dewasa yang ingin tampil gaul, sehingga target pasar anda tentunya adalah kelompok ini.
  2. Sediakan berbagai ukuran dan model baju kaos untuk berbagai kelompok umur, sehingga tidak ada segmen konsumen yang luput dari perhatian dan target anda, mulai anak-anak hingga dewasa. Selain itu, penggemar baju kaos bola bukan hanya dari kalangan pria, kaum wanita juga banyak yang menyukainya. Jadi sebaiknya anda juga menyediakan model khusus untuk wanita yang ada lekukan pada bagian pinggangnya
  3. Cari tempat yang strategis untuk memajang barang dagangan anda, seperti menyewa tempat/kios di pinggir jalan yang ramai dilalui orang. Bisa juga berjualan saat pasar kaget, misalnya di sekitar stadion olahraga saat Minggu pagi atau ketika berlangsungnya event pertandingan sepak bola diadakan acara nonton bareng, nah anda bisa berjualan di tempat nonton bareng tersebut.
  4. Pilih baju kaos bola dengan variasi warna misalnya putih, hitam, merah, abu-abu, dan biru, dengan model yang menampilkan logo dari klub-klub papan atas luar negeri yang banyak diminati seperti  Manchester City, Manchester United, Barcelona, Real Madrid, AC Milan, Liverpool, Arsenal, Chelsea, Barcelona, Bayern Muenchen, Juventus, AS Roma, Borussia Dortmund, Inter Milan, Tottenham Hotspur, dsb. Atau bisa juga klub yang berasal dari dalam negeri seperti Persija Jakarta, Sriwijaya FC, Pelita Jaya, Arema Malang, Persib Bandung,  PSM Makassar, Semen Padang, dsb
  5. Lengkapi koleksi anda dengan replika baju kaos sepak bola yang mirip seperti yang dipakai oleh pemain aslinya, sehingga konsumen anda yang termasuk penggemar berat (fanatic) bisa memakai kaos persis dengan pemain idolanya. Baju kaos bola tersebut biasanya menunjukkan nama tim sepakbola, logo, nama pemain, beserta nama nomer punggungnya.
  6. Anda mesti jeli dan mengikuti selera pasar, dengan memilih baju kaos bola seperti yang dikenakan bintang sepak bola yang sedang naik daun dan mempunyai nilai jual tinggi seperti pemain yang memiliki prestasi di lapangan, nilai transfer antar klub yang fantastis, dan banyak penggemarnya seperti pemain sepak bola : Robin van Persie, Steven Gerrard, Wayne Rooney, Shinji Kagawa, Luis Suarez, Eden Hazard, Fernando Torres, Sergio Aguero, Oliver Giroud, Lionel Messi, Christiano Ronaldo, Paul Scholes, Arjen Robben, Ibrahimovic, Diego Milito, Kaka, dsb sehingga dagangan anda akan laris manis diburu konsumen
  7. Barang dagangan dengan level kualitas mulai dari KW3, KW2, KW1, KW Thailand, hingga Grade ORI, memiliki harga yang berbeda-beda. Anda bisa membelinya dari distributor yang ada di Jakarta seperti Tanah Abang, Mangga Dua, dsb atau anda bisa juga memesannya melalui internet di situs jual beli online.
  8. Dalam menententukan harga upayakan bervariatif dan kompetitif sesuai dengan kualitas bahan baju kaos yang digunakan, harga ekonomis dan terjangkau mulai dari Rp. 100 ribu hingga Rp. 200 ribu untuk gambar dan logo klub favorit luar negeri. Sedangkan untuk baju kaos bola klub lokal seperti kaos bola timnas Indonesia, bisa dijual dengan harga sekitar Rp. 50 ribu hingga Rp. 75 ribu, jangan mahal-mahal, hitung-hitung sebagai support buat timnas Indonesia.
  9. Untuk urusan pemasaran, anda bisa menawarkan pakaian sepak bola tersebut ke kerabat, rekan kerja, teman, membuka lapak di setiap event bola dan di pasar kaget, bila anda memiliki dana bisa juga menyewa space/kios/counter di mall atau menyewa ruko.
  10. Bila anda familiar dengan internet, bisa dengan membuat toko online di internet yang relative murah, gampang, dan tidak memerlukan karyawan dibanding bila anda menyewa toko sungguhan. Selain itu, anda bisa juga memanfaatkan situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, dsb untuk memasarkannya
  11. Promosi bisa dilakukan melalui promosi dari mulut ke mulut, membuat website sendiri, forum jual beli seperti kaskus, toko online seperti toko bagus, berniaga.com, facebook fanspage
  12. Selain baju kaos bola, untuk memaksimalkan keuntungan, anda juga menawarkan pernak-pernik lainnya seperti celana sepak bola, sepatu bola, jaket, baju training, bendera klub, tas olahraga, bantal, sticker, jam, topi, syal, gantungan kunci, pin, dll yang berhubungan dengan klub sepak bola favorit.
  13. Jika anda tidak mau repot-repot, anda bisa menjadi distributor atau reseller produk baju bola orang lain. Silahkan anda search di internet untuk menjadi reseller baju bola dan ikuti prosedur serta syarat yang telah ditentukan. Keuntungan jika menjadi reseller baju bola adalah baju dan kaos bola yang dijual memiliki sablon berkualitas tinggi yang dirancang secara kreatif dan  professional. Sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir tidak laku, karena  banyak peminatnya dan selalu dicari konsumen yang ingin memiliki baju kaos bola yang berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita