8 Langkah Mujarab Menangani dan Mengobati Luka Bakar


Apakah anda pernah mengalami luka bakar atau mungkin sedang mengalaminya ? Luka bakar adalah luka yang menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit yang diakibatkan oleh benda panas (seperti knalpot, kompor, strika), energi panas, suhu dingin yang sangat tinggi, bahan kimia, reaksi kimia, arus listrik, radiasi, cahaya atau pancaran panas seperti cahaya matahari dan sinar laser, dsb. Luka bakar bisa beraneka ragam dan penanganannya juga berbeda, tergantung jenis jaringan yang terkena luka bakar, tingkat parahnya luka bakar, kemungkinan komplikasi, dsb. Luka bakar kemungkinan akan meninggalkan bekas pada bagian tubuh yang terluka dan bisa merubah warna kulit pada bagian yang terkena luka menjadi berwarna putih, coklat atau hitam walaupun tidak menimbulkan rasa sakit.

Luka bakar pada permukaan kulit biasanya akan membuat rasa sakit yang sangat dan membuat kulit kemerahan. Luka bakar bisa merusak jaringan yang terdapat pada otot, tulang, pembuluh darah, kulit, bahkan bisa mengakibatkan kerusakan pada sistim syaraf di daerah yang mengalami luka bakar. Berbagai macam komplikasi yang fatal akibat luka bakar ini seperti shock, infeksi, ketidak seimbangan elektrolit dan gangguan pernapasan, dan yang lebih parah lagi adalah secara psikologis yakni  trauma dan cacat akibat luka bakar atau bekas luka.

Berikut ini adalah tingkatan luka bakar, yakni :
  1. Luka bakar ringan (tingkat 1),  yakni hanya pada lapisan kulit paling luar dengan ciri-ciri :berwarna kemerahan, terasa nyeri seperti tersengat, terdapat gelembung cairan (tingkat 2).
  2. Luka bakar sedang (tingkat 2), yakni selain mengenai lapisan kulit paling luar juga mengenai kulit bagian dalam dengan ciri-ciri : kulit akan terasa sakit, terdapat gelembung/melepuh berisi cairan bening, bagian kulit yang terluka  berwarna merah atau pucat.
  3. Luka bakar yang berat (tingkat 3), yakni mengenai semua bagian lapisan kulit termasuk jaringan di bawah kulit, folikel rambut, kelenjar keringat dan sebasea, bahkan kemungkinan mengenai otot atau tulang, dengan ciri-ciri : rasa melepuh seperti meleleh dan tidak terasa nyeri lagi karena ujung syaraf rusak,  area luka berubah warna abu-abu pucat.  
Nah, jika anda mengalami luka bakar dengan kondisi ringan atau sedang, maka harus segera dilakukan penanganan yang tepat. Berikut ini ada 8 langkah mujarab menangani dan mengobati luka bakar :
  1. Saat terjadi luka bakar, segera alirkan air bersih ke bagian yang terkena luka bakar dengan tujuan untuk menormalkan suhu bagian yang terluka bakar dan mengurangi rasa nyeri. Bisa juga di kompres dengan menggunakan kain kasa yang telah dibasahi dengan air.
  2. Jangan gunakan pasta gigi atau odol, mentega, minyak, balsem, atau larutan lainnya karena salah-salah malah bisa memperlambat penyembuhan luka dan bisa beresiko infeksi
  3. Jika bagian luka bakar terdapat gelembung yang berisi cairan, jangan sekali-kali mencoba memecahkan gelembung tersebut, untuk mencegah resiko infeksi dan membuat bekas luka permanent (cacat).
  4. Cuci segera bagian yang terluka bakar dengan sabun antiseptic (cair). Usahakan untuk tidak menyentuh bagian luka melepuh atau gelembung yang berisi cairan untuk mencegah resiko infeksi.
  5. Jika bagian yang melepuh atau gelembung pecah tanpa sengaja, segera bersihkan.
  6. Oleskan salep yang mengandung antibiotic (topical antibiotic) agar tidak terjadi infeksi dan luka bakarnya bisa cepat sembuh. Salep yang digunakan biasanya golongan Sulfate dengan merk dagang yang umum dikenal antara lain : Bioplacenton ®  (mengandung Neomycin Sulfate) , Burnazin Cream ®  (mengandung Silver Sulphadiazine) , Garamycin ® Krim  (mengandung Gentamicin Sulfate) , Terramycin Poly Topical ® Salep Kulit  (mengandung Oksitetrasiklin / Oxytetracycline HCl 3 %, Polimiksin B Sulfat / polymyxin
  7. Jika pada luka bakar terlanjur menimbulkan koloid (scars) yang terkadang keras (misal luka bakar sudah lama), bisa menggunakan salep mederma skin care for scars  yang berguna untuk mengatasi bekas luka bakar atau luka bekas operasi. Dengan pemakaian mederma secara teratur, koloid (scars) akan tampak lembut dan samar-samar terlihat baik bekas luka bakar lama ataupun baru.
  8. Jika luka bakar cukup serius dan parah, langsung saja dibawa ke dokter atau klinik atau pusat perawatan kesehatan untuk mendapat penanganan yang tepat guna mencegah infeksi. Tanda-tanda terinfeksi bakteri adalah gejala demam, radang, atau  terdapat nanah pada bagian luka bakar. 

2 komentar:

  1. Jadi klo luka bakar udah jadi scars obatnya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak,
      Untuk luka bakar yang sudah menjadi scars, bisa memakai mederma skin care for scars atau bisa juga pakai dermatix ultra. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita