17 Kiat dan Cara Jitu Bisnis Jasa Antar Jemput Anak Sekolah


Anda memiliki kendaraan minibus di rumah yang menganggur alias jarang dipakai ? Daripada rusak karena jarang digunakan, yuk kita manfaatkan menjadi peluang bisnis yang bisa menambah penghasilan. Bagaimana caranya mas bro ? Simak ulasannya berikut ini.

Di zaman sekarang yang semua orang serba super sibuk terutama di kota besar, sehingga terkadang untuk mengantar jemput anak sekolah saja sudah tidak sempat. Alasannya beragam, ada yang bilang repot harus bolak-balik ke sekolah, habis waktu di perjalanan, banyak kerjaan, lokasi kerja jauh dari lokasi sekolah, macet, dsb.  Nah, berdasarkan latar belakang itulah kita temukan peluang bisnis yakni bisnis jasa antar jemput anak sekolah.

Bagaimana caranya, mari simak 17 Kiat dan Cara Jitu Bisnis Jasa Antar Jemput Anak Sekolah berikut ini :
  1. Siapkan kendaraan jenis minibus, dengan kapasitas minimal 7 penumpang, sehingga nantinya bisa diisi 10 orang anak.
  2. Kendaraan tidak mesti baru, namun usahakan tahun tinggi (usia kendaraan maksimal 5 tahun dari saat ini) dan layak jalan
  3. Survey terlebih dahulu untuk menentukan lokasi sekolah, wilayah atau rute yang akan dilayani. Jika ingin melayani lebih dari satu sekolah, pastikan rutenya sejalan (saling berdekatan). Tips nya, anda cari sekolah yang membutuhkan jasa antar jemput anak sekolah ini, karena ada sekolah tertentu telah memiliki bus sekolah sendiri.
  4. Lengkapi surat-surat kendaraan dan SIM anda tentunya demi kelancaran anda dalam menjalankan bisnis ini.
  5. Lengkapi kendaraan dengan fasilitas hiburan seperti fasilitas audio multi fungsi dengan monitor LCD di belakang sandaran kepala di tiap tempat duduk sehingga selama dalam perjalanan, bisa diputarkan film atau lagu kesukaan anak-anak.
  6. Selain itu perlengkapan mobil berupa penyejuk udara (AC) dan wangi-wangian menjadi sangat penting agar anak-anak merasa nyaman dan tidak kepanasan.
  7. Lakukan promosi dengan flyer, selebaran, atau poster yang menarik untuk ditempel dan bagikan di sekolah yang ingin kita layani.
  8. Buat komitmen terhadap orang tua dan siswa mengenai ketepatan waktu antar jemput, karena dalam usaha ini waktu pengantaran dan penjemputan sangat penting. Orang tua siswa akan merasa cemas jika anaknya pergi dan pulang sekolah terlambat. Belum lagi jika terlambat tiba di sekolah si anak akan mendapat pengarahan dari gurunya.
  9. Simpan nomor telepon orang tua atau nomor handphone anak, dan juga pihak sekolah, untuk keperluan menanyakan jam masuk dan pulang siswa atau seandainya karena ada kondisi tertentu jam pulang sekolah dipercepat.
  10. Selalu periksa kondisi fisik mobil dan surat-surat kendaraan anda setiap hari untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan seperti mogok diperjalanan, bocor ban atau ada pemeriksaan surat kendaraan oleh aparat polisi.
  11. Lakukan perawatan secara berkala di bengkel resmi kendaraan anda untuk menjamin kondisi kendaraan agar selalu tetap prima
  12. Kemudikan kendaraan anda dengan benar, hati-hati, taati aturan dan tata tertib berlalu lintas dengan baik. Jangan melanggar rambu lalu lintas, apalagi ugal-ugalan, karena bisa menyebabkan kecelakaan dan membahayakan keselamatan anak-anak yang anda bawa.
  13. Membina hubungan yang baik dan erat dengan anak dan orang tua siswa yang telah mempercayakan antar jemput anaknya kepada anda. Nama baik, reputasi, dan kelangsungan bisnis antar jemput anda menjadi taruhannya. Jika pelayanan anda buruk, maka mereka akan mudah beralih ke pesaing anda.
  14. Jika anda harus merekrut pengemudi, lakukan seleksi pengemudi dengan memperhatikan karakternya seperti, pengemudi yang jujur, sabar, disiplin, ramah, humoris, sehingga selama di perjalanan anak-anak menjadi senang.
  15. Tentukan tarif yang terjangkau, petunjuk dan cara menentukan tarif per anak baca artikelnya disini
  16. Tips tambahan, anda bisa mendapatkan keuntungan lebih jika anda sendiri yang mengemudikan kendaraan, karena otomatis gaji pengemudi akan menjadi hak anda sepenuhnya.
  17. Keseluruhan tips diatas juga dapat anda modifikasi untuk pengembangan bisnis jasa antar jemput karyawan.

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Dear mas Sofyan,
      Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita