Cara Menentukan Tarif Bisnis Jasa Antar Jemput Anak Sekolah


Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas artikel mengenai bisnis jasa antar jemput anak sekolah, dimana salah satu point terpentingnya adalah menentukan berapa besarnya tarif bisnis jasa antar jemput anak sekolah yang akan anda bebankan kepada setiap orang anak agar tarif anda bisa terjangkau, wajar dan kompetitif.

Yuk, ikutin ulasan cara menentukan tarif bisnis jasa antar jemput anak sekolah, dengan formula dan penjelasan sebagai berikut  :
(asumsi 1 mobil 10 anak, jarak tempuh 5 Km, sistim antar jemput) :
  • Harga 1 liter bensin dibagi 8 Km, Jika 1 Liter bensin harganya Rp. 4.500,- maka tarif per Km Rp. 560,-. Jarak tempuh sekolah 5 km, maka tarifnya adalah Rp. 560,- x 5 Km = Rp. 2.800,- , sehingga jika pulang pergi (antar jemput) menjadi Rp. 5.600,- /hr per anak
  • Tarif parkir Rp. 2.000,- /hr per anak
  • Tarif toll (misalnya) Rp. 20.000,- per hari, ditentukan Rp. 3.000,-/hr per anak
  • Gaji  supir Rp. 40.000,-/hr=Rp. 1,2 Juta/bln ditentukan Rp. 5.000,-/hr per anak
  • Biaya maintenance Rp. 600.000,- per bulan,ditentukan Rp. 3.000,- /hr per anak
  • Total biaya per hari menjadi : Rp. 5.600 + Rp. 2.000 + Rp. 3.000 + Rp. 5.000 + Rp. 3.000 = Rp. 18.600,- /hr per anak
  • Jasa/komisi antar jemput, anda tentukan 25 % dari total biaya diatas (Rp. 18.600,- x 25%) = Rp. 4.650,-/hr per anak
  • Sehingga tarif per anak menjadi Rp. 18.600 + Rp. 4.650 = Rp. 23.250,- /hr per anak, jika 1 bulan = 26 hari (senin sd sabtu), maka per anak dikenakan Rp. 23.250 x 26 Hr = Rp. 604.500,- /bln antar-jemput.

Perhitungan Laba Rugi per bulan :
Asumsi 10 anak, pulang pergi, jarak tempuh 5 km plus-minus 20%, tanpa cicilan kredit)
Pendapatan (Rp. 604.500 x 10 anak)                  = Rp. 6.045.000
Biaya-biaya :
Tarif parkir ( Rp. 2.000 x 26 Hr)                = Rp.      52.000
Tarif Tol ( Rp. 20.000 x 26 Hr)                  = Rp.    520.000
Bensin ( 10 Liter/Hr x 26 Hr x Rp. 4.500) = Rp. 1.170.000
Gaji Supir                                                  = Rp. 1.200.000
Maintenance                                             = Rp.    600.000 +
Total Biaya                                                            = Rp. 3.542.000 -
Laba Bersih                                                           = Rp. 2.503.000

Perhitungan diatas hanya bersifat ilustrasi, anda bisa sesuaikan berdasarkan kondisi lapangan, misal jika kendaraan dibeli baru secara kredit, maka angsuran kendaraan/bln bisa anda rumuskan dengan perhitungan  diatas, kemudian jumlahkan seluruh biaya-biaya. Namun untuk jasa/komisi antar jemput sebaiknya anda turunkan agar tarif anda bisa bersaing. Memang terlihat keuntungan anda mengecil, namun jangan lupa anda akan mendapat keuntungan lain bahwa cicilan kendaraan anda sudah bisa ditutupi dari tarif yang anda tentukan dan nantinya jika cicilan kendaraan anda sudah lunas, maka 100 % item biaya cicilan kendaraan sepenuhnya menjadi milik anda.

19 komentar:

  1. ini perhitungan kota mana ? karena bisnis antar jemput "masih " sesuai dengan kota besar spt jakarta , surabaya , semarang dll.

    yang gaji sopirnya minimal UMK sebesar 2jt. Dan bilamana mobil dalam status kredit maka DP maupun cicilan harus diperhitungkan.
    Akan tetapi jika mobil bekas , maka biaya perawatan menjadi lebih besar ( dg asumsi biaya oli , jasa , filter dll ) harus diperhitungkan.

    sehingga tidak bisa se-simple itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Yoshapat Agus K,
      Terima kasih atas komentarnya. Mohon anda baca kembali artikel ini dengan seksama, karena ada sy cantumkan bahwa perhitungan diatas hanya bersifat ilustrasi, sehingga anda bisa sesuaikan dengan kondisi di lapangan seperti jika anda membeli kendaraan secara kredit. Jika anda membeli secara kredit, anda juga harus perhitungkan besarnya cicilan setiap bulannya. Maaf ya mas, perlu anda ketahui bahwa, artikel ini sudah di posting sejak tahun 2012, jadi bila menurut anda upah supir tidak sesuai, silahkan anda lakukan adjustment dan mengikuti ketentuan upah minimum terbaru yang berlaku di kota anda yah. Demikian infonya semoga dapat membantu..... Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
    2. rupanya mas yoshapat tidak membaca seksama.

      Hapus
  2. kalau antar jemput pakai motor bagaimana perhitungannya ga.. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Muhammad Anas,
      Untuk kendaraan roda 2 relatif lebih irit bahan bakar, tidak ada biaya tol, biaya parkir (jika ada) juga relatif murah, namun ada keterbatasan penumpang yang bisa diangkut. Sehingga perhitungan tarifnya bisa disesuaikan layaknya seperti angkutan ojek motor saja mas...
      Ilustrasinya :
      kalo jarak dekat (< 5 Km), maka tarifnya adalah : harga 1 Liter BBM + Jasa,
      contoh :
      1. harga BBM saat ini Rp. 6.500,-
      2. jasa Rp. 6.000,- (ini sudah PP),
      maka tarifnya Rp. 12.500,- per hari.
      Note : Hitungan ini hanya ilustrasi yah mas, silahkan anda sesuaikan dengan kondisi di lapangan..
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  3. mas, mau tanya, itu 600 jasa itu per Km kan ? soalnya kalo di bayar 12,500/ PP terlalu murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Fathur Reza,
      Biaya jasa sebesar Rp. 6.000,- tersebut hanya sebagai ilustrasi saja mas untuk mempermudah contoh perhitungan. Jadi kalo biaya jasa-nya mau di-adjust (disesuaikan) dengan kondisi lapangan misalnya per km atau per 1 kali jalan silahkan saja mas, namun harus juga dipertimbangkan dengan daya beli masyarakat daerah tersebut. jangan sampai karena tarif antar jemputnya terlalu tinggi, maka orang akan berpikir lebih baik naik angkutan umum atau membeli motor sendiri dengan sistim angsuran buat antar anaknya ke sekolah.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  4. mohon penjelasan tentang jasa/komisi antar mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Indra Virdian,
      Untuk simulasi dan contoh perhitungannya seperti pada artikel diatas, anda hanya tinggal melakukan penyesuaian biaya pada pos-pos yang sudah saya contohkan diatas. Kalo artikel mengenai apa itu bisnis jasa antar jemput, coba link tulisan warna biru pada artikel saya diatas.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  5. Saya ingin bertanya tentang uraian diatas. diatas tertulis 1 liter bensin dibagi 8 km. angka 8 km tersebut darimana. jika jarak tempuh 5 km. mohon dijelaskan. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Anton Li,
      Untuk 1 liter bensin = 8 Km, diperoleh dari pemakaian rata-rata bensin mobil yang biasa saya pergunakan di dalam kota. Angka ini juga umumnya dipergunakan sebagai asumsi untuk pemakaian BBM kendaraan operasional perusahaan. Jika jarak tempuh hanya 5 Km, simulasinya seperti pada artikel diatas. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  6. Klo antar jemput sekolah dgn menggunakan mobil brio cara perhitungannya seperti apa. Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas,
      Sebenarnya cara perhitungannya sama dengan diatas, hanya saja jika anda menggunakan mobil brio dengan kapasitas penumpang maksimal 5 anak, maka pendapatan anda yang berkurang.
      Alternatif lain, anda menghitung tarif per km seperti layaknya layanan taksi reguler atau online.
      Coba anda hitung2 terlebih dahulu, alternatif mana yang paling realistis dengan kondisi di kota anda.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  7. Dear Pak Bambang,
    Terimakasih atas ulasannya. Saya ingin bertanya, namun melenceng dari artikel yang Bapak tulis. Jika Bapak memiliki pengalaman, untuk jasa antar jemput ini, sebaiknya pribadi yang mengajukan proposal ke sekolah2 atau bagaimana ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Olivia Handayani,
      Sebenarnya tidak memakai pola kerjasama dengan pihak sekolah, karena kita tidak bergabung dengan angkutan resmi sekolah. Terkecuali pihak sekolah membuka kesempatan untuk kerjasama dengan pihak ke-3. Tips mudahnya, mbak buat brosur dan menunggu di depan pintu gerbang sekolah. brosur bisa dibagikan kepada orang tua yang menjemput anak pulang sekolah. Cara lain adalah dengan membagikan brosur dan menawarkan kepada ibu-ibu yang biasa menunggu anaknya di kantin sekolah. Biasanya info dari mulut ke mulut lebih efektif.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
  8. sorry nanya gan.. mas BW sendiri usaha antar jemput anak sekolah jg ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Dickson Haris,
      Pernah mas, antar jemput anak sekolah...hehehe
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus
    2. Mf mas bambang apa saya boleh minta kontaknya,say mau bnyak tanya smbl blajar masalah perhitungan sewa menyewa or jasa antar jemput kendaraan saya belum begitu paham karna masih awam

      Hapus
    3. Dear mas Chandra Kirana,
      Untuk pertanyaan silahkan ditulis pada komentar saja mas. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita