Tindakan yang Perlu Dilakukan Saat Anak Demam


Pada artikel terdahulu kita telah membahas apa itu demam. Selaku orang tua terkadang sering menjadi panik saat demam terjadi pada anak kita. Nah, bila anak anda demam jangan khawatir karena ada 5 tindakan yang perlu dilakukan sebagai pertolongan pertama saat demam, antara lain :

  1. Dengan memberikan obat penurun demam dan mengompres. Tindakan ini dilakukan dengan tujuan untuk menurunkan demam tersebut. Agar lebih efektif menurunkan demam, orang tua perlu memahami cara mengompres yang benar.
  2. Dalam kondisi demam pada anak bisa menyebabkan anak menjadi lemah dan tidak nyaman. Orang tua sebaiknya mendorong anaknya untuk cukup istirahat. Sebaiknya tidak memaksa anak untuk tidur atau istirahat atau tidur bila anak sudah merasa baikan dan anak dapat kembali ke sekolah atau aktivitas lainnya ketika suhu sudah normal dalam 24 jam.
  3. Saat demam pada anak terjadi, maka anak akan berisiko terkena dehidrasi (kekurangan cairan). Tanda dehidrasi paling mudah adalah berkurangnya kencing dan air kencing berwarna lebih gelap daripada biasanya. Kita sebagai orang tua sebaiknya mendorong anak untuk minum cairan dalam jumlah yang memadai. 
  4. Demam pada anak terjadi akan menyebabkan anak dapat merasa tidak lapar dan sebaiknya tidak memaksa anak untuk makan. Cairan seperti susu (ASI atau sapi atau formula) dan air harus tetap diberikan atau bahkan lebih sering. Anak yang lebih tua dapat diberikan sup atau buah-buahan yang banyak mengandung air. 
  5. Bila anak tidak mampu atau tidak mau minum dalam beberapa jam, orang tua sebaiknya mengambil keputusan untuk memeriksakan anak ke dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita