Tahap Perkembangan Bayi


Tahap perkembangan bayi dari bulan ke bulan akan menunjukan perkembangan motorik dan emosional bayi yang lebih baik. Walaupun begitu setiap bayi akan memiliki kemajuan yang berbeda-beda sehingga dengan beberapa tulisan berikut mudah-mudahan dapat membantu anda memaksimalkan perawatan pada si kecil mulai usia 4,5,6,7 dan 8 bulan :

Usia 4 Bulan
Tahap perkembangan bayi usia 4 bulan, biasanya bayi akan membuat kejutan yang tentu saja menyenangkan karena hal itu menunjukan kemampuannya yang sedang berkembang. Umpamanya, ia sudah mulai bisa menggulingkan tubuhnya ke samping kiri dan kanan. Untuk memaksimalkan dan melatihnya, anda bisa meletakkan mainan yang menarik di sebelahnya. Berikan semangat dan temani ia dengan senyuman dan tepukan tangan sehingga bisa menghilangkan keragu-raguannya.

Usia 5 Bulan
Tahap perkembangan bayi 5 bulan, dan sejalan dengan bertambahnya usia, maka di usianya yang ke-5, kemampuan motorik bayi akan semakin berkembang terutama yang berpusat pada bagian tangan, kaki, kepala, dan bahu. Bayi anda akan senang sekali untuk melakukan gerakan mulai dari telungkup hingga terlentang. Selain itu di usia ini ia mulai mampu menafsirkan suasana di sekitarnya. Wajahnya akan heran atau bingung bila mendengar suara yang keras, tetapi akan kelihatan tenang bila mendengar suara yang lembut dan menyenangkan. Latihlah keseimbangan emosinya dengan cara memperlihatkan ekspresi wajah yang lucu, seperti pura-pura terjatuh, kesakitan, atau biasakan tertawa ketika ia  mencoba membuat anda tertawa dengan tingkahnya.

Usia 6 Bulan
Tahap perkembangan bayi usia ini, bayi biasanya senang sekali bila kedua tangannya ditarik untuk membantunya belajar duduk. Kepalanya pun sudah bida diatur dnegan baik setiap kali badannya dimiringkan. Bayi anda juga senang telungkup dan bertopang lama pada kedua lengannya yang ditegakkan. Badan bagian atas dapat terangkat dan berat badan tertumpu pada perut dan kedua lengan. Ia mulai mencoba gerakan seperti berenang akan tetapi tidak maju. Bila kita memberinya sesuatu yang menarik, maka tangannya akan berusaha meraihnya.  Berikan sesuatu yang mendorongnya untuk melakukan gerakan tersebut.

Usia 7 Bulan
Tahap perkembangan bayi usia 7 bulan, dimana sekarang ia masih suka membalikkan badan dari terlentang hingga telungkup untuk melatih gerakan memutar antara pinggul dan bahu. Ia bahkan sesekali berbaring sambil memainkan kedua kakinya bahkan sesekali memasukkan jari kaki ke mulutnya. Saat melakukan gerakan ini sebenarnya ia sedang melatih pinggul dan jari tangannya untuk dapat memegang dengan tepat. Berilah mainan yang berbunyi di usia ini sehingga dapat menarik perhatiannya.

Usia 8 bulan
Tahap perkembangan bayi di usia 8 bulan, dimana pada usia ini terlihat bayi anda sudah semakin besar. Ia mulai ahli saat bertopang dengan sebelah tangannya ke samping supaya badannya tidak jatuh terguling. Dengan bantuan jari ia juga bisa mengangkat tubuhnya untuk duduk selama beberapa saat. Tetapi ia terus bertumpu pada sebelah atau dua tangannya agar tidak terguling. Ia akan senang bereksperimen dengan suatu barang, menelitinya, membanting, melemparkannya. Kadang juga ia suka memasukan ke dalam mulut.Untuk bereksperiman, anda dapat memberikan cangkir plastik dan tutupnya, atau botol susu dan tutupnya. Ajarkan ia bagaimana cara membuka dan menutupnya serta beri semangat dan pujian bila ia berhasil melakukannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita