Stadium Kanker Prostat


Awalnya kanker prostat masih terlokalisasi, namun pada tingkat lanjut dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh seperti tulang dan nodus limfa di selangkangan. Untuk mengetahui stadium kanker prostat sangat ditentukan oleh seberapa jauh tingkat penyebarannya.

Berikut ini istilah yang dipakai untuk menentukan Stadium kanker prostat dengan menggunakan sistem TNM, T=tumor, N=nodus, M=metastase :
  • T1  = tumor hanya ada di dalam prostat, belum dapat dirasakan melalui perabaan lewat anus.
  • T2  = tumor masih di dalam prostat, sudah dapat dirasakan melalui perabaan.
  • T3 =tumor sudah menyebar ke jaringan sekitarnya seperti kelenjar seminal vesicle yang memproduksi semen
  • T4 = tumor telah menyebar ke tulang atau nodus limfa
  • N1-3 berarti kanker telah menyebar ke nodus/kelenjar limfa. 
  • N0 berarti belum menyebar ke nodus.
  • M dan diikuti 1a, b atau c menunjukkan kanker telah menyebar ke tulang atau organ tubuh lain.
Pemberian metode pengobatan yang tepat sangat tergantung pada stadium kanker prostat, kelas tumor, gejala, dan kesehatan umum diri kita. tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Pengobatan yang terbaik untuk satu orang mungkin tidak terbaik bagi yang lain. Metode Pengobatan mungkin melibatkan operasi, terapi radiasi , atau terapi hormon atau bisa juga kombinasi. Pengobatan kanker prostat dapat dilakukan dengan terapi lokal atau terapi sistemik :
  • Terapi Lokal: Pembedahan dan terapi radiasi adalah pengobatan lokal. Caranya dengan  menghancurkan kanker di prostat. Ketika kanker prostat telah menyebar ke bagian lain dari tubuh, dengan metode terapi lokal ini juga dapat digunakan untuk mengendalikan penyakit di daerah-daerah tersebut.
  • Terapi sistemik: Terapi hormon adalah terapi sistemik. Hormon diberikan untuk mengontrol kanker yang telah menyebar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita