Pembedahan untuk Penyembuhan Kanker Prostat


Pembedahan adalah salah satu yang umum untuk pengobatan kanker prostat tahap awal yaitu dengan mengangkat seluruh prostat atau hanya bagian dari itu. Pada beberapa kasus, bisa juga menggunakan metode yang dikenal sebagai saraf-sparing. Jenis operasi mungkin mengamankan saraf yang mengontrol ereksi. Operasi ini tidak bisa dilaksanakan bilamana terdapat tumor besar atau tumor yang sangat dekat dengan saraf.

Jenis pembedahan kanker prostat beserta manfaat dan risikonya, sebagai berikut : 

  • Prostatektomi radikal retropubik: yaitu menghapus seluruh prostat dan dekat kelenjar getah bening melalui insisi (memotong) di perut.
  • Prostatektomi radikal perineum: yaitu menghapus seluruh prostat melalui pemotongan antara skrotum dan anus. Kelenjar getah bening terdekat dapat dihapus melalui dipotong terpisah dalam perut.
  • Prostatektomi Laparoskopi: yaitu menghapus seluruh prostat dan kelenjar getah bening di dekatnya melalui sayatan kecil, bukan dipotong panjang tunggal dalam perut. Sebuah tabung tipis bercahaya (laparoskop a) digunakan untuk membantu menghilangkan prostat.
  • Reseksi transurethral dari prostat (TURP): yaitu menghilangkan bagian dari prostat dengan perangkat, panjang tipis yang dimasukkan melalui uretra,. kanker dipotong dari prostat. TURP mungkin tidak menghapus semua kanker. Tapi itu dapat menghapus jaringan yang menghambat aliran urin.
  • Cryosurgery: Jenis operasi untuk kanker prostat yang sering diajarkan di beberapa pusat pengobatan.
  • Limfadenektomi panggul merupakan tindakan yang rutin dilakukan selama prostatektomi yaitu menghilangkan kelenjar getah bening di panggul untuk melihat apakah kanker telah menyebar ke mereka. Jika ada sel-sel kanker di kelenjar getah bening, penyakit ini mungkin telah menyebar ke bagian lain dari tubuh. 


Waktu yang diperlukan untuk menyembuhkan pasca operasi sangat berbeda untuk setiap orang dan tergantung pada jenis operasi dia memiliki. Dengan adanya obat-obatan dapat membantu mengontrol rasa sakit. Setelah operasi, uretra butuh waktu untuk penyembuhan dan selama proses penyembuhan akan dipasang kateter .Kateter adalah tabung dimasukkan melalui uretra ke dalam kandung kemih untuk mengalirkan urin. Anda akan memiliki kateter selama 5 hari sampai 3 minggu. Setelah operasi, biasanya ada kemungkinan sulit mengontrol aliran urin ( urinary incontinence ) dan baru normal setelah beberapa minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita