Pengobatan Kanker Prostat dengan Terapi Radiasi


Terapi radiasi menggunakan sinar berenergi tinggi dengan tujuan untuk membunuh sel-sel kanker. Untuk tahap awal, pengobatan kanker prostat melalui terapi radiasi dapat digunakan sebagai pengganti operasi. Hal ini juga dapat digunakan setelah operasi untuk menghancurkan sel-sel kanker apapun yang tetap di daerah. Pada stadium akhir kanker prostat, terapi radiasi dapat digunakan untuk membantu mengurangi rasa sakit.

Ada 2 jenis terapi radiasi untuk mengobati kanker prostat :
  • Radiasi eksternal: radiasi berasal dari sebuah mesin besar di luar tubuh. Untuk perawatan ini biasanya 5 hari seminggu selama beberapa minggu. 
  • Radiasi internal (implan radiasi) radiasi berasal dari bahan radioaktif biasanya terkandung dalam biji kecil. Benih-benih tersebut dimasukkan ke dalam jaringan dan bisa bekerja selama berbulan-bulan. 
Efek samping tergantung terutama pada dosis dan jenis radiasi, bisa jadi akan timbul kelelahan. Jika menggunakan radiasi eksternal, kemungkinan akan mengalami diare atau sering buang air kecil dan tidak nyaman. Kulit di daerah yang dirawat bisa menjadi merah, kering, dan lembut. Mungkin juga kehilangan rambut di daerah yang dirawat. Rambut tidak bisa tumbuh kembali. Terapi radiasi internal dapat menyebabkan inkontinensia. Baik radiasi internal dan eksternal dapat menyebabkan impotensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita