Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (biasa disingkat SEO) atau dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi Optimisasi Mesin Pencari  merupakan serangkaian proses sistematis terhadap suatu situs atau website dalam rangka meningkatkan jumlah lalu lintas atau traffic kunjungan melalui mesin pencari dengan memanfaatkan cara kerja mesin pencari tersebut. 

Dengan SEO sebuah situs web bisa muncul pada posisi teratas, atau halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci (keyword) tertentu yang anda gunakan. Jika situs web anda muncul pada posisi teratas atau halaman pertama hasil pencarian akan memiliki peluang lebih besar untuk dibuka oleh para pengunjung. Bila situs anda kebetulan memuat usaha yang anda tekuni saat ini misal situs jual beli atau toko online, maka  posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang anda  untuk mendapatkan pelanggan baru. Keuntungan lain bila website anda muncul pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian untuk subyek tertentu akan memberikan citra dan reputasi yang baik bagi sebuah situs di mata pengunjung.

Tidak semua orang paham akan SEO, sehingga peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi individu atau usaha yang memanfaatkan media online (internet) dalam bisnisnya. Alasannya sederhana, sebuah situs harus ekstra keras dan berusaha agar alamatnya lebih mudah ditemukan pengunjung di antara jutaan alamat situs lain dari seluruh dunia yang menjadi kompetitornya, dan salah satu pintu masuk utama ke alamat situs anda berasal dari mesin pencari seperti Google, Yahoo!, Bing, dll, sehingga bila situs anda tidak dapat ditemukan oleh mesin pencari, maka sebenarnya anda kehilangan kesempatan memperkenalkan website anda yang mungkin saja website anda tersebut menyediakan konten, jasa, produk, atau informasi yang sedang mereka cari. 

Oleh karena itu, dengan SEO maka situs anda akan semakin mudah ditemukan oleh para pengunjung yang sedang mencari subjek (keyword) tertentu dan fakta membuktikan bahwa trafik dari dari mesin pencari dapat membantu kesuksesan sebuah website yang anda bangun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita