Pengertian dan Definisi Kanker Payudara


Kanker payudara terjadi dimulai dalam sel-sel payudara itu sendiri. Baik wanita dan pria memiliki payudara, namun wanita memiliki jaringan payudara lebih dari laki-laki. Payudara seorang wanita terutama terdiri dari kelenjar penghasil susu (disebut lobulus) dan tabung (disebut saluran), yang dikelilingi dan dilindungi oleh jaringan lemak. Jaringan payudara mencakup wilayah yang lebih luas dari sekedar payudara termasuk tulang selangka dan dari ketiak menyeberang ke dada di tengah dada. Payudara terdapat pada otot dada yang menutupi tulang rusuk. Payudara terbuat dari kelenjar, saluran (tabung tipis) dan jaringan lemak. Lobulus ini merupakan kumpulan kelenjar yang dapat memproduksi ASI. ASI mengalir dari lobulus melalui suatu saluran ke puting susu. Puting susu berada di tengah-tengah daerah yang lebih gelap dari kulit yang disebut areola. Pada rongga antara lobulus dan saluran terdapat jaringan lemak yang bertujuan untuk melindungi.
Payudara wanita merasa berbeda pada waktu yang berbeda sesuai siklus menstruasi, kadang-kadang menjadi kenyal sesaat sebelum menstruasi. Selain itu, payudara juga berubah seiring dengan bertambahnya usia. Payudara pada wanita muda yang sebagian besar dibentuk oleh kelenjar dan saluran susu, namun payudara wanita yang lebih tua sebagian besar terdiri dari jaringan lemak.

Pada payudara juga terdapat pembuluh getah bening dan kelenjar getah bening, yang merupakan suatu bagian dari sistem limfatik. Sistem ini berfungsi membantu melawan infeksi. Pembuluh limfe ini akan memindahkan cairan getah bening ke kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening akan menetralisir bakteri, sel-sel kanker dan zat berbahaya lainnya. Kelenjar getah bening dekat payudara di bawah lengan, di dekat tulang selangka dan di dada di belakang tulang dada.

Nah, Sel-sel kanker payudara ini di mulai dalam saluran yang disebut karsinoma duktal atau lobulus (lobular carcinoma). Duktal karsinoma adalah jenis yang paling umum dari kanker payudara. Kanker payudara adalah kanker yang paling sering didiagnosis pada wanita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita