Deteksi dan Gejala Kanker Payudara


Deteksi dini bertujuan untuk menemukan dan mencari kanker atau diistilahkan kondisi prakanker pada tahap awal. Berdasarkan pengalaman, jika kanker payudara ditemukan kanker secara dini, akan meningkatkan kemungkinan pengobatan lebih berhasil. Oleh karenaya setiap wanita harus memperhatikan payudara mereka. Bila ada perubahan-perubahan, seorang wanita harus memeriksakannya ke dokter.

Sel-sel kanker payudara ini di mulai dalam saluran yang disebut karsinoma duktal atau lobulus (lobular carcinoma). Duktal karsinoma adalah jenis yang paling umum dari kanker payudara. Kanker payudara adalah kanker yang paling sering didiagnosis pada wanita.
Berikut ini merupakan beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko kanker payudara :
1.      Riwayat kanker payudara
2.      Riwayat keluarga kanker payudara
3.      Memiliki payudara padat
4.      Memiliki mutasi pada gen BRCA1 atau BRCA2

Tes diagnostik akan dilakukan jika tanda-tanda dan gejala kanker payudara yang hadir, beberapa caranya :
·         Diagnostik mamografi
·         USG
·         Biopsi
·   Tes tambahan, seperti x-ray dan tes pencitraan lainnya, dapat dilakukan untuk menentukan seberapa jauh penyakit itu telah berkembang

Tes ini dilakukan untuk mengetahui: Jenis kanker payudara karena kebanyakan kanker payudara dimulai di jaringan kelenjar payudara dan disebut adenokarsinoma.  Sel-sel kanker dapat mulai dalam saluran (ductal carcinoma) atau lobulus (lobular carcinoma).

Berikut beberapa Tanda dan gejala kanker payudara :
·         Benjolan di payudara atau ketiak
·         Perubahan ukuran atau bentuk payudara
·         Perubahan kulit atau puting payudara

Selain itu kita perlu mengetahui seberapa jauh kanker payudara telah berkembang. Tahapan ini didasarkan pada ukuran tumor dan juga ada atau tidak kanker pada setiap kelenjar getah bening, atau apakah kanker telah menyebar ke area lain dari tubuh. Kanker payudara yang masih kecil dan masih terbatas pada daerah di mana kanker mulai dikembangkan, itu adalah non-invasif. Namun, jka telah menyebar melewati saluran atau lobulus ke jaringan sekitarnya dan melewati wilayah mana awalnya dimulai, itu adalah kanker invasif.

Beberapa lokasi / situs yang paling umum di mana kanker payudara dapat menyebar meliputi:
·         Tulang
·         Hati
·         paru-paru
·         otak

Pengelompokan dan klas dari kanker payudara sebagai berikut   :
1.      Low-grade, sel kanker lebih lambat untuk membagi dan kanker umumnya kurang agresif.
2.  High-grade, Sel kanker akan membelah lebih cepat dan kanker yang lebih mungkin untuk menyebar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita