Pengertian dan Definisi Kanker Serviks


Kanker serviks terjadinya berawal  dalam sel-sel dari leher rahim. Yang dimaksud Leher Rahim adalah bagian yang sempit bawah rahim (atau rahim). Leher rahim ini merupakan lorong yang menghubungkan rahim dengan vagina. Leher rahim sendiri merupakan  bagian dari sistem reproduksi pada kaum wanita yang membuat lendir guna membantu sperma bergerak dari vagina menuju masuk ke dalam rahim. Hal ini terjadi saat darah menstruasi pada wanita mengalir dari rahim melalui leher rahim menuju  vagina. Saat wanita mengalami kehamilan, serviks secara otomatis akan ditutup. Hal ini bertujuan untuk menjaga bayi di dalam rahim. Dan saat persalinan, leher rahim terbuka (dilate) sehingga bayi yang akan lahir dapat melewati vagina.
Sebelum kanker serviks muncul, maka sel-sel dari leher rahim mulai berubah dan menjadi abnormal. Perubahan abnormal ini merupakan proses pra kanker, yang berarti tidak kanker, tetapi kemudian bisa berubah menjadi sel kanker. Perubahan pra kanker pada serviks dapat disebut displasia serviks, neoplasia intraepithelial servikal (CIN), lesi squamous intraepithelial (SIL) atau sel glandular atipikal. Jika tidak segera ditangani maka perubahan prakanker dapat menjadi kanker. Memang butuh waktu bertahun-tahun (rata-rata sekitar 10 tahun atau lebih) untuk perubahan dari kondisi prakanker untuk berubah menjadi  kanker serviks, tapi terkadang bisa saja terjadi kurang dari 10 tahun. Bila kondisi prakanker ini segera ditangani, maka dapat dengan mudah untuk diobati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita