Manfaat Peterseli


Berdasarkan riset  yang dilakukan tim dari Universtas Missouri, Salman Hyder, salah seorang peneliti mengatakan bahwa pada Manfaat peterseli yang didalamnya terdapat zat apigenin yang dipercaya berkhasiat membantu proses penyembuhan penyakit yang terkait hormon progestin seperti kanker payudara. Menurut penelitiannya, bahwa Apigenin memperlambat perkembangan sel kanker payudara dengan cara menginduksi kematian sel, menghambat proliferasi sel, dan dengan mengurangi reaksi gen yang berhubungan dengan pertumbuhan kanker. Pada tumbuhan Peterseli diketahui banyak mengandung nutrisi seperti zat besi, yang mengandung kalsium, protein, asam folat, betakarotin, klorofil, zat antoksidan, zat antibakteri, serta vitamin, A, B12, dan C.

Penelitian tersebut juga mendeteksi bahwa pembuluh darah yang memberi nutrisi pada sel kanker terjadi penyempitan setelah mengkonsumsi apigenin. Ini akan membuat sel kanker menjadi kesulitan  untuk berkembang dan meluas. Hasil penelitian tersebut telah dipublikasi dalam Jurnal Hormon dan Kanker.

Selain obat Kanker, manfaat peterseli adalah membersihkan ginjal. Fungsi ginjal adalah menyaring darah dengan membuang garam, racun dan yang tidak diinginkan memasuki tubuh kita. Seiring berjalannya waktu, terjadi akumulasi garam dan hal ini memerlukan perawatan pembersihan. Nah dengan mengkonsumsi peterseli, dipercaya bisa membersihkan ginjal sebagai upaya perawatan organ yang satu ini,  caranya : ambil seikat peterseli dan cucilah sampai bersih, berikutnya dipotong dalam ukuran kecil dan masukkan ke dalam panci lalu tuangkan air bersih dan didihkan selama sepuluh menit dan biarkan dingin dan kemudian saring dan tuangkan dalam botol yang bersih dan simpan di dalam lemari es hingga dingin. Minum secara teratur 1 gelas setiap hari dan Anda akan melihat semua akumulasi garam dan racun lain yang keluar dari ginjal Anda dengan buang air kecil. Anda juga akan melihat perbedaan yang  tidak pernah rasakan sebelumnya. 

Manfaat Peterseli lainnya adalah sebagai obat kanker - Leukemia, dimana pada penelitian lain, ilmuwan di Belanda berhasil mendeteksi adanya kandungan flavanoid dan apigenin yang bisa mencegah leukemia dengan mengonsumsi daun peterseli. Sang peneliti yakni Meikel Peppelenbosch dari University of Groningen di Belanda menyebutkan bahwa eksperimen memperlihatkan  apigenin yang umum terdapat pada buah dan sayuran– dapat menghentikan perkembangan 2 jenis sel pada leukemia dan mencegah peluangnya untuk bertahan hidup.

Leukemia atau kanker darah adalah sekelompok penyakit neoplastik yang beragam dan ditandai oleh perkembangan secara tak normal atau transformasi maligna sel-sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid. Sel-sel normal di dalam sumsum tulang digantikan oleh sel tak normal atau abnormal. Sel abnormal itu keluar dari sumsum dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi. Sel leukemia mempengaruhi hematopoiesis atau proses pembentukan sel darah normal dan kekebalan tubuh penderita. Dengan hasil penemuan tersebut menunjukkan apigenin dapat menjanjikan dalam pencegahan leukemia.


Selain itu, manfaat peterseli adalah untuk mengatasi berbagai keluhan seperti anemia, gangguan pencernaan, liver, tekanan darah tinggi, kolesterol, ginjal, paru-paru, hormonal perempuan atau gangguan menstruasi, gangguan penglihatan, batuk, demam, dan bau mulut.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita