Campuran Es dan Garam


Hampir setiap orang suka makan es krim. Biasanya penjual es krim menjajakan es krim dengan sepeda, gerobak, dsb.

Tahukah anda bahwa untuk membuat es krim menggunakan alat yang didalamnya berisi es dan garam ? Apa hubungannya es dan garam dalam pembuatan es krim ? Yuk, kita simak penjelasan ilmiahnya berikut ini.

Temperatur yang diperlukan untuk membekukan es krim sekitar -3 ºC atau lebih rendah lagi. Temperatur campuran es dan air hanya sampai 0 ºC. Nah, supaya bisa mencapai suhu -3 ºC maka tugas inilah yang dilakukan oleh garam. Mengapa dipilih garam ? jawabnya karena harganya yang relative murah.


Saat es dan garam dicampur, sebagian membentuk air garam dan es secara spontan juga terlarut dalam air garam, sehingga menyebabkan air garam akan semakin banyak. Pada es molekul-molekul air membentuk struktur tatanan geometric yang kaku. Tatanan tersebut seketika rusak karena diserang garam sehingga molekul-molekul air bergerak bebas dalam wujud zat cair.

Untuk merusak struktur padat pada molekul es diperlukan energi, dan energi tersebut hanya dapat diperoleh dari kandungan panas dalam air garam. Maka ketika es mencair dan terlarut proses ini meminjam panas dari air dan menurunkan temperaturnya. Saat setelah temperature  dingin tercapai, dalam pemanfaatannya campuran  itu mendapatkan panas pengganti dari adonan es krim. Hasilnya akan diperoleh es krim padat dan lezat seperti yang kita inginkan.

Percobaan Ilmiah Sederhana es dan garam:
Letakan kedalam 2 gelas dengan bongkah es yang sama, tuang air secukupnya sampai es tadi mengapung.

Masukan garam ke salah satu gelas dan usahakan agar seluruh es tertutup garam. Sehingga ada 2 gelas percobaan yakni gelas 1 hanya berisi es, dan gelas 2 berisi es dan garam. Setelah beberapa menit periksa temperaturnya dengan thermometer (gunakan thermometer yang dapat mengukur suhu dibawah 0 ºC ). 

Hasilnya gelas yang berisi es dan garam jauh lebih dingin dari gelas tanpa garam. Bahkan kita bisa melihat bunga salju yang terbentuk pada bagian luar gelas yang berisi campuran es dan garam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita