9 Kiat dan Strategi Jitu Bisnis Catering ( Katering atau Rantangan )


Salah satu peluang bisnis yang menjanjikan adalah bisnis catering. Bisnis Catering adalah jasa layanan makanan dan minuman untuk berbagai acara seperti pesta. Bisnis Catering  meliputi penyediaan makanan di lokasi acara, memasak, dan menyajikan makanan, dengan menyediakan tenaga pelayan, dekorasi tempat hidangan, dan kebersihan ruangan tempat acara hidangan. Bentuk penyajian makanan bisa berupa layanan hidang atau menu prasmanan (ambil sendiri). Biasanya para pemilik catering juga membantu mengatur ruang makan (dekorasi), pengaturan meja dan pencahayaan agar acara terlihat menarik dan berkesan. Pada bisnis catering menu makanan dan minuman sering dijual berdasarkan per pack / per orang. Sedangkan dalam hal pengaturan dekorasi, layout meja, biasanya juga sudah diperhitungkan dalam paket harga catering.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam bisnis catering dan berikut ada 9 kiat dan cara jitu bisnis catering (katering atau rantangan) yang bisa anda praktekan :
  1. Menu makanan dan minuman bersifat umum, karena bisa jadi diantara undangan yang hadir ada yang memiliki pantangan terhadap makanan tertentu terkait dengan masalah haram dan halal, vegetarian, diet, alergi makanan.
  2. Tersedia menu pembuka sebelum makan, disediakan kurang lebih satu jam sebelum acara jamuan makan sebenarnya.
  3. Menyediakan meja, kursi, alat makan seperti piring, sendok; garpu; gelas; taplak meja; hiasan meja; lampu dekorasi, dsb.
  4. Staf catering harus yang memiliki keahlian, seperti juru masak, pelayan, bartender, dll. Jumlah staf catering harus disesuaikan dengan kebutuhan acara agar pelayanan bisa optimal.
  5. Memperhitungkan biaya-biaya untuk tambahan dekorasi seperti pencahayaan, hiasan di atas meja, kalungan bunga, pernak-pernik dekorasi, dsb
  6. Jika pelanggan hanya menginginkan penyediaan makanan dan minuman tanpa layanan tambahan lainnya, pastikan pengiriman makanan dalam kondisi yang baik dan dikemas dalam wadah/tempat yang baik pula.
  7. Makanan dan minuman sudah tiba di lokasi acara minimal 2 jam sebelum acara dimulai
  8. Harga dan menu makanan atau minuman yang disajikan cukup kompetitif dan relative terjangkau
  9. Promosikan bisnis catering anda pada media-media seperti majalah, koran, radio, media online, website, dsb. Dengan tujuan agar usaha anda dikenal masyarakat secara luas.
Beberapa contoh jenis makanan dan minuman umum yang bisa anda hidangkan dalam bisnis catering antara lain:
  • Nasi, mie, ayam, daging, telur, ikan tuna, salad, sayuran vegetarian
  • Minuman seperti air, jus buah, minuman bersoda, dll
  • Makanan ringan seperti kue basah
  • Kerupuk, kripik
  • Buah-buahan
  • Puding, cocktail buah




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita