11 Strategi Jitu Bisnis Aksesoris Wanita

Sudah kodratnya setiap wanita ingin mempercantik diri dan selalu ingin tampil modis, cantik, dan mempesona. Penampilan  ini bisa mulai dari gaya rambut, pakaian, make up, aksesoris, tas, sepatu dan lain sebagainya.  Sehingga hampir setiap bisnis yang berhubungan dengan wanita selalu laris manis dan merupakan peluang usaha yang menjanjikan salah satunya adalah aksesoris wanita yang merupakan bagian penunjang busana wanita. Aksesoris wanita berupa gelang, kalung, bros, cincin, bando, penjepit rambut, jenis syal, ikat pinggang, topi bando, dsb akan menambah rasa percaya diri mereka. Jadi inilah alasan mengapa setiap bisnis aksesoris wanita, laris manis diserbu para wanita.

Berikut 11 strategi jitu bisnis aksesoris wanita :
  1. Tentukan segmen pasar yang akan menjadi target anda, apakah wanita dengan taraf ekonomi menengah ke bawah, atau menengah ke atas. Hal ini penting untuk menentukan strategi pemasaran.
  2. Pilih model aksesoris yang lagi trend atau laris di pasaran, anda bisa memanfaatkan  referensi dari majalah, televisi, mall atau internet.
  3. Coba anda buat kreasi sendiri dan modifikasi dengan merangkai aksesoris sendiri dari berbagai koleksi anda agar tercipta kombinasi produk yang menarik.
  4. Biasanya kaum wanita yang memiliki hobi mengkoleksi aksesoris wanita  sangat teliti dan memperhatikan detail aksesoris yang akan dipakainya, jadi anda juga harus bisa menyesuaikan produk yang akan anda pasarkan.
  5. Untuk memperoleh barang dagangan, usahakan langsung dari produsen atau distributor, agar anda dapat menjual kembali dengan harga yang bersaing, sehingga margin keuntungan anda bisa optimal.
  6. Dalam menentukan harga jual aksesoris, buat secara bervariasi  dari yang paling murah hingga yang mahal. Sesuaikan harga dengan kualitas bahan yang digunakan.
  7. Pilih produk aksesoris dari bahan plastic, karet, bahan alami seperti kayu, batu-batuan, mutiara, bahan daur ulang dan lainnya. Kualitas dari bahan aksesoris juga perlu diperhatikan karena ada sebagian konsumen yang mempunyai kulit sangat sensitive, terutama untuk aksesoris seperti anting-anting, gelang tangan. Jangan sampai anda nantinya mendapat komplai dari pelanggan anda.
  8. Untuk memasarkan produk aksesoris anda bisa melalui media online seperti  website, toko online maupun jejaring social, bisa juga secara langsung dengan cara menawarkan kepada teman, tetangga, keluarga, toko-toko aksesoris, butik atau jika memiliki modal lebih, bisa membuka toko aksesoris sendiri. Jika anda memutuskan membuka toko, carilah Lokasi yang strategis, tetapi tidak perlu terlalu besar. Lokasi yang strategis di daerah kampus, sekolah, dan pusat hiburan atau pusat perbelanjaan. Susunlah display aksesories dan layout tempat sehingga konsumen  nyaman dalam berbelanja atau memilih aksesoris yang diinginkan. Pelayanan kepada pelanggan yang baik dan memuaskan juga menjadi factor penentu keberhasilan bisnis anda.
  9. Jika memungkinkan, tampilkan foto model atau selebriti dalam berbagai situasi baik di rumah, kantor, pesta, dsb yang tengah mengenakan aksesoris yang anda pasarkan.
  10. Buat serangkaian promo, misalnya dengan menawarkan paket pembelian dan juga hadiah bila konsumen  memiliki nilai transaksi pembelajaan tertentu atau bila mereka mendaftar sebagai member anda. Dengan menjadi member konsumen akan mendapatkan informasi berupa katalog mengenai aksesoris baru yang sedang trend yang telah tersedia di outlet. Strategi ini bertujuan untuk mempertahankan loyalitas konsumen anda. Katalog tersebut bisa anda kirimkan melalui newsletter atau email.  
  11. Pakai aksesori yang anda pasarkan di setiap kesempatan sebagai ajang promosi produk anda. Serasikan aksesories dengan baju, tas, dan sepatu yang anda kenakan sehingga terlihat trendy dan membuat orang tertarik untuk memilikinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita