13 Tips Ampuh Bisnis Rumah Kost

Peluang bisnis yang layak anda coba adalah bisnis rumah kost (Kos-kosan). Bisnis rumah kost adalah usaha menyewakan kamar kepada perorangan yang pembayarannya dilakukan per bulan, per enam bulan, atau per tahun. Bisnis rumah kost ini biasa banyak ditemukan di kawasan sekitar perkantoran, pabrik, pertokoan, sekolah dan kampus.Kenyataannya banyak orang enggan memulai bisnis rumah kost ini, karena bisnis ini memerlukan modal yang tidak sedikit.

Jika anda tertarik untuk memulai bisnis ini, simak 13 Tips Ampuh Rumah Kost berikut :


  1. Pilih lokasi yang cocok dan strategis, misalnya di kawasan perkantoran, pertokoan, pabrik, sekolah maupun kampus. Sebaiknya pilih lokasi di pinggir jalan dan lokasi rumah kost tidak harus berdekatan dengan kawasan tersebut, namun memiliki akses yang mudah dijangkau dan tersedia transportasi umum.
  2. Diperlukan bangunan yang memiliki banyak kamar. Dengan memiliki banyak kamar untuk disewakan tentunya akan lebih menguntungkan buat penghasilan anda. Jika anda sudah memiliki bangunan, tinggal melakukan renovasi untuk pembuatan kamar-kamar. Namun jika berupa tanah kosong, maka anda harus mengeluarkan modal untuk membangun kamar-kamar.
  3.  Jika anda tidak memiliki modal untuk membangun atau merenovasi, coba ajukan pinjaman KPR ke bank atau mengundang investor untuk pembangunan/renovasi lokasi yang akan anda jadikan kost-kost an. Sumber pembayaran angsuran bisa dari pembayaran sewa kamar kost setiap bulannya.
  4. Ukuran kamar juga harus yang memadai, jangan terlalu sempit karena akan menimbulkan ketidaknyamanan penghuni, dan bisa saja penghuni akan beralih ke tempat lain.
  5. Urus perijinan kepada ketua RT/RW setempat secara tertulis untuk dilanjutkan ke kelurahan.
  6. Siapkan fasilitas listrik, air, kamar mandi yang memadai berikut fasilitas kamar seperti tempat tidur, lemari, meja dan kursi.
  7. Tentukan kriteria kamar, misal kamar standar adalah tempat tidur plus kasur, meja belajar, kursi, lemari, kipas angina, kamar mandi di tiap kamar. Untuk Kamar Vip, selain fasilitas kamar standar juga dilengkapi dengan AC dan Televisi, namun biasanya kualitas perabotan seperti tempat tidur, lemari, meja dan kursi lebih baik.
  8. Fasilitas pendukung lainnya yang bisa anda siapkan seperti pantry (dapur), ruang tamu, telepon dan televisi, dan sesuaikan dengan konsumen anda. Jika konsumen Anda kebanyakan karyawan, perlu disediakan jasa laundry dan membersihkan kamar. Layanan internet gratis juga bisa menjadi daya tarik dan merupakan pertimbangan utama konsumen dalam memilih kamar kost Anda, karena konsumen anda bisa memanfaatkan nya untuk berbagai keperluan mulai dari browsing, chating, atau akses email dan ke situs perusahan mereka, sehingga mereka juga dapat bekerja dari kamar kost anda.
  9. Lengkapi dengan fasilitas keamanan seperti pagar tembok, security, kamera CCTV, pintu gerbang/portal. Selain itu, juga siapkan tenaga pengawas dan kebersihan agar kamar kost senantiasa terjaga keamanan dan kebersihannya serta memberikan rasa nyaman kepada penghuninya.
  10. Tentukan harga yang wajar sesuai dengan kelengkapan fasilitas kamar kost yang tersedia  Semakin lengkap fasilitas, harga juga semakin mahal.
  11. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan karena ketidakjelasan asal-usul penghuni kos, Anda bisa melakukan seleksi melalui obrolan ketika mereka akan menjadi penghuni kos Anda. Informasiyang perlu digali seputar tentang tempat asal, tempat kerja, dan status mereka. Jangan lupa untuk meminta data diri penghuni kost berupa fotocopy KTP untuk arsip Anda
  12. Buat tata tertib yang berlaku dalam Kost anda, karena ini menentukan citra kos-kosan Anda di mata lingkungan sekitarnya. Contoh: Jam malam ditetapkan sampai pukul 23:00, tidak diperkenankan pengunjung lawan jenis masuk kamar, kalaupun terpaksa masuk kamar pintu kamar harus dibuka, pengunjung lawan jenis bisa menemui penghuni  kos di ruang tamu yang telah ditentukan.
  13. Disamping penghasilan dari uang sewa kamar kost yang Anda terima setiap bulan, Anda pun bisa menambah penghasilan dengan beberapa peluang usaha seperti menyediakan jasa Laundry, jasa catering, counter isi ulang pulsa, mini market yang menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti rokok, sabun mandi, sabun cuci, gula, kopi, teh dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita