11 Cara Ampuh Bisnis Mainan Boneka


Bermain boneka merupakan kegiatan anak-anak, terutama anak perempuan. Namun sekarang anak laki-laki pun menyukai mainan boneka, bukan hanya itu bahkan orang dewasa juga banyak yang menyukai mainan boneka. Ini mengindikasikan bahwa mainan boneka bukan hanya untuk anak-anak.  Bisnis mainan boneka memiliki prospek yang baik karena mainan boneka sering kali dijadikan sebagai hadiah atau gift yang tepat untuk kado ulang tahun, acara seremoni, maskot event olah raga, dsb. Tentu saja ini menjadikan peluang yang menggiurkan bagi penjual mainan boneka.

Anda tertarik dan ingin mencoba bisnis mainan boneka ? Yuk, simak 11 cara ampuh bisnis mainan boneka berikut ini :
  1. Tentukan segmen pasar yang ingin anda layani. Jika bisnis mainan boneka yang ingin anda bangun bisa melayani segala usia dan tidak membedakan jenis kelamin, maka pilihlah karakter boneka yang bisa diterima luas misalnya Teddy bear ™, Hello Kitty ™, Winnie the Pooh ™, Doraemon ™ Micky & Minie Mouse ™, Popeye ™, atau tokoh kartun yang sedang popular saat ini seperti  Shaun the Sheep ™,  Sponge Bob ™, Angry Bird ™, Upin Ipin ™, Ben 10 ™, Oscar ™, Timmy ™, dll.
  2. Variasikan dan lengkapi koleksi produk bisnis mainan boneka yang akan anda jual mulai dari bentuk boneka gantungan kunci, boneka ukuran kecil, boneka ukuran sedang, boneka ukuran besar, dan extra besar. Bisa juga anda kombinasikan dengan bentuk bantal, guling, dsb.
  3. Jika anda memutuskan untuk membuka toko untuk bisnis mainan boneka, pilihlah lokasi yang strategis dan banyak lalu lalang orang seperti mal, pasar, dan lokasi lainnya yang mudah dijangkau.
  4. Tempatkan mainan boneka pada etalase dengan susunan yang menarik, misalnya untuk karakter tokoh kartun yang sedang populer di tempatkan di depan dengan berbagai pose dan ukuran sehingga terkesan bisnis mainan boneka atau toko anda profesional dan mengikuti trend karena susunan layout ini juga berpengaruh terhadap minat orang untuk membeli.
  5. Perbanyak dan update selalu koleksi anda dengan mainan boneka terbaru yang lagi hot di pasaran dalam negeri dan luar negeri, agar bisnis mainan boneka anda tidak ketinggalan mode.
  6. Packaging atau kemasan yang unik juga perlu anda kreasikan, karena bisa menambah daya tarik pelanggan terhadap produk mainan boneka yang anda jual terlihat agar terkesan unik dan istimewa. Hal ini bisa membantu pelanggan anda agar tidak membungkus mainan boneka tersebut yang bisa jadi akan diberikan sebagai hadiah kepada orang lain.
  7. Coba buat dan design boneka khusus yang ukurannya relatif besar yang melambangkan toko mainan boneka anda, sehingga orang tahu bahwa toko anda menjual mainan boneka. Atau kalau anda membuka toko online, anda menampilkan aneka mainan boneka pada halaman depan dari situs bisnis mainan boneka anda.
  8. Anda harus mencari sentra-sentra penjualan atau membeli langsung boneka dari produsen, selain harganya relatif murah anda juga bebas memilih sesuai dengan selera konsumen dan karakter boneka yang lagi diminati. Sehingga bisnis mainan boneka anda bisa mendapatkan margin yang anda inginkan.
  9. Gunakan sistem member get member dalam bisnis mainan boneka anda untuk  mendatangkan pelanggan baru. Anda juga bisa menawarkan kesempatan kepada siapapun untuk menjadi Reseller dan Agen dengan pembelian dalam jumlah tertentu serta diskon harga, misalnya diskon 10 hingga 20% untuk minimal pemesanan 2 lusin
  10. Sering melakukan check harga ke pesaing, anda bisa berperan seolah-olah sebagai pelanggan. Dan manfaatkan moment tertentu dengan membuat harga yang relative lebih murah dibanding kompetitor anda sehingga bisnis mainan boneka atau toko anda terkenal dengan harga yang lebih murah. Dalam hal ini anda menerapkan strategi dengan meningkatkan volume penjualan. Selain itu juga perlu anda perhatikan antara kualitas bahan yang dipakai untuk mainan boneka dengan harga yang anda tawarkan.
  11. Promosikan bisnis mainan boneka atau toko anda dengan menjadi sponsor melalui event-event atau pameran tertentu misalnya acara ulang tahun, dsb atau bisa juga promosi lewat akun jejaring sosial dan anda bisa juga membuka toko online untuk memperluas konsumen anda. Menjalin kerja sama dengan pihak event organizer juga perlu dicoba karena produk ini juga berpeluang dijadikan sebagai merchandise atau souvenir dalam promosi sebuah acara. Sistem konsinyasi dengan toko pernak-pernik juga salah satu strategi pemasaran yang juga bisa anda lakukan.

2 komentar:

  1. salam kenal...terimakasih banget ya kak.. sngat membantu buat perkembangan usaha bonekaku... kunjungi bonekakartun.com ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali.... Terima kasih yah, sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita