Penyebab Demam


Penyebab demam pada anak adalah secara umum bersumber dari infeksi, terutama infeksi virus. Jika tubuh mampu mengatasi infeksi tersebut, suhu tubuh akan kembali normal dengan sendirinya. Ibu tetap bisa tenang, apalagi jika saat demam  pada anak mereda, anak relatif masih aktif atau mau main, dan tampak riang.

Infeksi merupakan penyebab demam terbanyak pada anak. Pengertian Infeksi adalah keadaan tubuh yang dimasuki kuman penyebab penyakit, bisa virus, parasit, atau bakteri. Contoh penyakit infeksi dengan gejala demam adalah flu, radang saluran pencernaan, infeksi telinga, croup, dan bronkhiolitis. Beberapa imunisasi anak-anak juga dapat menyebabkan demam pada anak. Kapan demam akan timbul tergantung dari vaksinasi yang diberikan (biasanya imunisasi DPT, HiB, dan MMR). Sedangkan anak yang sedang tumbuh gigi, menurut suatu penelitian, tidak menyebabkan demam pada anak.

Perhatikan gejala-gejala lain yang muncul. Tanyakan pada anak, adakah keluhan lain yang dirasakan, semisal: pusing, sakit kepala, nyeri saat kencing, kesulitan bernafas, dan lain-lain. Demam pada anak bisa jadi merupakan tanda bahwa ada gangguan pada kesehatan anak atau gejala dari penyakit tertentu. Para orang tua hendaknya bijaksana dalam menghadapinya. Orang tua hendaknya tahu kapan demam pada anak diperiksakan ke dokter (tempat pelayanan kesehatan) dan kapan demam yang dapat dirawat sendiri di rumah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita