7 Khasiat dan Manfaat Utama Buah Tomat yang Wajib Diketahui


Pada tulisan sebelumnya, saya sudah menjelaskan mengenai manfaat tomat. Nah, pada kesempatan kali ini penulis akan menginformasikan khasiat Tomat. Tomat juga mengandung banyak vitamin B1 dan vitamin B2. Vitamin B1 esensial untuk berbagai fungsi tubuh, produksi energi, dan membantu memelihara kesehatan syaraf dan otot, membantu tubuh membuat dan memakai protein. Sedangkan vitamin B2 terlibat dalam banyak proses tubuh, khususnya memproduksi energi yang tersedia dari makanan, pertumbuhan pada anak, memperbaiki dan memelihara jaringan tubuh dan membantu menata kembali keasaman tubuh. Mau tau khasiat buah tomat lainnya ? Simak 7 Khasiat Utama Buah Tomat yang Wajib Diketahui sebagai berikut :


1. Wajah lebih halus
Untuk urusan wajah menjadi masalah yang sangat penting bagi kita terutama para wanita kususnya. Nah, ternyata khasiat buah tomat bisa juga digunakan sebagai masker untuk wajah. Caranya : Peras tomat yang berwarna merah tua lalu oleskan pada wajah atau gosok irisan tomat pada wajah. Lakukan hal ini secara teratur setiap hari, maka wajah akan menjadi lebih halus. Bagi yang memiliki masalah pada jerawat, irisan tomat yang ditempel pada lokasi jerawat selama beberapa waktu, dan akan membantu menghilangkan jerawat. Mengapa bisa demikian? Ternyata, kandungan tomatine pada tomat berkhasiat anti-radang. Tomat juga mengandung karoten dan vitamin C yang berkhasiat sebagai antioksidan. Sementara asam sitratnya juga mengangkat kotoran dan lemak pada wajah berjerawat.

2. Gusi Berdarah atau sariawan
Gusi berdarah bisa sangat mengganggu kegiatan berbicara sehari-hari. Karena itu, sebelum penyakit ini tiba, sebaliknya dicegah terlebih dahulu. Khasiat buah tomat juga untuk membantu menyembuhkan gusi berdarah atau sariawan. Caranya, setiap hari konsumsilah 1 buah tomat dalam keadaan segar. Jika tidak suka rasanya, bisa ditaburi gula. Sebelum dimakan, ingatlah untuk selalu mencucinya.

3. Mengatasi Sembelit
Jika anda susah buang air besar, ternyata berkat khasiat buah tomat yakni dengan mengkonsumsi jus tomat masalah sembelit tersebut bisa diatasi. Jus tomat bisa dikombinasi dengan buah lain seperti jeruk untuk membuat rasanya makin lezat. Untuk hasil terbaik, minum jus tomat di pagi hari sebagai ganti sarapan, atau di sore hari sebagai makanan sehat.

4. Melawan stroke dan penyakit jantung
Hasil penelitian yang dilakukan Rowett Research Institute di Aberdeen, Skotlandia, menemukan khasiat buah tomat yakni bijinya berguna bagi kesehatan. cairan licin atau jelly berwarna kuning yang terdapat di sekitar biji tomat, ternyata mengandung senyawa atau bahan campuran yang manjur untuk melawan stroke dan penyakit jantung. Riset ini juga mendapatkan bahwa jika kita meminum jus tomat tanpa membuang bijinya, maka sekitar 72 persen kita telah mengurangi risiko terjadinya penggumpalan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung.

5. Mencegah kanker
Khasiat buah tomat berikutnya adalah mengurangi risiko kanker mengincar kita, terutama kanker prostat (bagi kaum pria), kanker paru-paru dan kanker perut. Khasiat tomat terletak di lycopene, senyawa kimia yang membuat warna tomat merah. Lycopene sangat efektif sebagai bahan antikanker. Caranya dengan cara mengkonsumsi buah tomat secara teratur.

6. Memulihkan fungsi lever
Khasiat buah tomat juga untuk menyembuhkan penyakit lever dikenal sejak tahun 1834. Para peneliti medis jaman itu sudah menyimpulkan bahwa jus tomat secara klinis efektif untuk menyeimbangkan gangguan lever. Cara yang dipercaya dan paling baik dalam meningkatkan kesehatan dan menyeimbangkan fungsi lever dengan cepat, adalah dengan meminum jus tomat.

7. Menyembuhkan bisul
Khasiat buah tomat juga bisa untuk penyakit bisul. Penyakit yang satu ini, dapat segera diatasi dengan memanaskan seluruh daging dan biji tomat. Setelah itu, segera taruh di atas bisul. Biasanya, bisul itu lalu pecah tak lama kemudian, sembuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita