14 Khasiat dan Manfaat Utama Jambu Biji


Buah Jambu biji dikenal kaya akan nutrisi dan zat yang berguna bagi tubuh kita. Kandungan Nutrisi yang terdapat pada jambu biji seperti Vitamin, likopen, crytoxanthin, lutein, beta-karoten merupakan senyawa yang diketahui memiliki sifat anti oksidan. Jambu biji juga kaya akan kalium, bahkan lebih banyak dibandingkan dengan pisang per 100 g berat buah. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Jambu biji mengandung vitamin C hingga sebanyak 2x dari kandungan Vit C pada jeruk manis. Kandungan vitamin C ini paling banyak terdapat pada kulit dan daging buah terutama ketika buah akan matang. Dengan adanya berbagai nutrisi tersebut maka jambu biji dikenal sebagai buah yang berkhasiat.

Berikut adalah 14 khasiat dan manfaat utama jambu biji yang paling umum untuk anda ketahui :

  1. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh
  2. Mencegah kanker prostat, bersumber dari zat anti oksidan Likopen pada jambu biji
  3. Menurunkan hipertensi (tekanan darah)
  4. Menurunkan kolesterol
  5. Mengobati diare, bersumber dari zat pada daun jambu biji atau jambu biji putih
  6. Batuk dan flu, bersumber dari daun jambu biji
  7. Merawat kulit,  jambu biji juga mengandung vitamin A, C dan potasium yang memiliki fungsi sebagai antioksidan. Nutrisi ini akan membantu proses detoksifikasi dan menjaga kulit tetap sehat serta bebas keriput
  8. Mencegah sembelit, Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji efektif untuk mencegah sembelit atau konstipasi. 
  9. Membantu menurunkan kadar gula darah sehingga bisa dijadikan herbal untuk diabetes. Jambu Biji juga meningkatkan produksi hormon Insulin. Insulin merupakan hormon yang berfungsi untuk merubah gula dalam darah menjadi gula otot sehingga tidak ada kelebihan gula dalam darah. 
  10. Mengobati diabetes melitus dilakukan dengan cara mengkonsumsi jus buah jambu biji yang dilarutkan dalam air konsentrasi 25% (25 g buah jambu diji dilarutkan dalam 100 ml air) selama 32 minggu.
  11. Menurunkan berat badan
  12. Obat Sariawan, gusi berdarah
  13. Obat Demam berdarah, untuk mengobati demam berdarah, biasanya orang mengonsumsi jusnya. Ekstrak daun jambu biji ternyata dapat menghambat pertumbuhan virus dengue penyebab demam berdarah dengue (DBD). Ekstrak daun jambu biji bisa meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. pada penderita DBD, jumlah Trombosit akan menurun sangat drastis sehingga mudah terjadi pendarahan. Pengujian juga membuktikan bahwa ekstrak daun jambu biji ini tidak bersifat racun sama sekali (aman untuk dikonsumsi).
  14. Meningkatkan fungsi otak, Jambu biji kaya akan vitamin B3 dan B6. Vitamin B3,dikenal juga sebagai niasin yang berfungsi merangsang fungsi otak dan meningkatkan aliran darah, dan vitamin B6, juga dikenal sebagai pyridoxine, adalah nutrisi penting untuk otak dan fungsi saraf. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita