19 Tips Ampuh Bisnis Warung Internet (Warnet) dan Game Online


Apakah lokasi rumah anda berada sekitar sekolahan, kampus, kos-kosan, komplek perumahan ? Anda memiliki ruangan seperti garasi mobil yang cukup luas dan menganggur ? Daripada kosong dan mubazir, lebih baik dimanfaatkan buat bisnis atau usaha yang menguntungkan. Mau tau bisnis apa itu ? Yuk, simak artikel menarik berikut ini.

Saat ini perkembangan teknologi informasi sangat pesat, hal ini ditandai dengan semakin banyaknya pengguna internet. Di Indonesia, pengguna internet meningkat signifikan dari berbagai golongan usia dari anak-anak hingga orang dewasa tanpa memandang status apakah pelajar, mahasiswa, karyawan, bahkan ibu rumah tangga sering mengakses informasi via internet. Melihat fakta itu, bisa dikatakan peluang usaha  yang berhubungan dengan internet berkembang pesat.

Perlu disadari, tidak semua orang punya perangkat untuk mengakses internet. Pertimbangannya adalah jika mengakses internet dari perangkat sendiri dirasakan lebih repot karena harus membeli perangkat, membayar biaya akses internet, dll. Kebanyakan orang mengakses internet untuk keperluan tertentu misalnya anak remaja hobby nya bermain game online, chatting, update status melalui jaringan sosial seperti Google, Facebook, Twitter, dll, atau mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas dan mencari bahan artikel dari internet, ibu rumah tangga yang berjualan barang online, dsb

Nah, berdasarkan hal tersebut maka ada peluang bisnis yang bisa kita buat, yakni bisnis warung internet atau popular dengan sebutan warnet. Bisnis warnet ini bisa mendatangkan keuntungan bagi anda apabila dikelola dengan baik. Bagaimana caranya ? Yuk, simak 19 Tips Ampuh Bisnis Warung Internet (Warnet) dan Game Online berikut ini :
  1. Pilih lokasi yang strategis, misal dekat sekolahan, kampus, kos-kosan, sekitar komplek perumahan, atau daerah padat penduduk.
  2. Jika kebetulan rumah anda, di lokasi strategis tersebut, anda bisa memanfaatkan ruangan seperti garasi yang dimodifikasi untuk tempat usaha warnet dan game online.
  3. Tentukan desain dan layout  warnet, serta meja dan kursi yang akan digunakan. Jangan membuat bilik (kamar) tertutup pada warnet anda guna menghindari hal-hal yang negatif, sebaiknya dibuat penyekat meja saja. Design yang baik akan memberikan kenyamanan kepada pelanggan sehingga betah berlama lama di warnet. Selain itu dengan layout yang baik akan memberikan kemudahan untuk instalasi listrik dan jaringan (networking) PC.warnet anda
  4. Buat partisi (sekat pemisah) dengan kaca transparan, sesuai pangsa pasar yang akan digarap. Contohnya, pelanggan anak-anak, wanita, atau orang yang menginginkan ruangan AC bebas asap rokok disediakan ruangan memakai pintu kaca. Sebaiknya pelanggan yang menginginkan “smoking area” bisa disiasati dengan memasang kipas angin dan exhaust fan di ruangan terbuka.
  5. Pasang daya listrik yang cukup memadai, misalnya sekitar 6600 watt untuk keperluan 20 PC
  6. Agar usaha anda legal, usahakan untuk mengurus perizinan warnet ke instansi terkait, dokumen sebagai persyaratan umum untuk  perorangan biasanya adalah KTP, NPWP, Surat keterangan dari kelurahan yang memberikan persetujuan pendirian warnet di tempat tersebut.
  7. Sediakan perangkat dan peralatan pendukung warnet dengan kualitas yang baik dan bergaransi seperti UPS, Server, HUB atau Switch Hub, kabel jaringan, Ethernet Card (LAN Card), connector (RG 45), dsb.
  8. Beli Perangkat komputer (khusus untuk warnet), yang layak namun relative tidak mahal. Sesuaikan spesifikasi komputer dengan kebutuhan warnet anda, karena selain bermain game online, ada konsumen yang hanya sekedar browsing, chatting, mencetak dokumen, atau hanya sekedar update status di jaringan sosial seperti google, facebook, twitter, dsb.
  9. Jumlah PC harus memadai (umpama 20 unit) guna menghindari pengunjung mengantri terlalu lama dan meninggalkan warnet anda. Konsekuensi jumlah PC yang banyak, harus diimbangi dengan kecepatan akses koneksi yang memadai.
  10. Khusus untuk software, agar menggunakan yang asli (original), jangan bajakan karena hal ini illegal dan melanggar hukum.
  11. Pilihlah koneksi internet dengan lebar bandwidth yang sesuai dengan kebutuhan warnet anda dan jumlah PC yang ada. Dengan menggunakan bandwidth yang baik, koneksi internet warnet anda akan lancar dan cepat sehingga pelanggan merasa puas ketika mengakses situs dan akan kembali berkunjung ke warnet anda.
  12. Jika anda tidak mau repot-repot, saat ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan jasa paket peralatan dan instalasi untuk membuka warnet  (PC, Meja, Kursi, instalasi, jaringan, dsb). Sehingga anda terima bersih dan hanya tinggal mengoperasikannya saja.
  13. Tentukan jam operasional warnet buka dan tutup setiap hari, misal buka mulai pukul 08.00 dan tutup 24.00 WIB. Untuk ini diperlukan 2 shift karyawan dengan jam kerja masing-masing 8 jam (include 1 jam istirahat).
  14. Tetapkan harga yang murah dan bersaing disesuaikan dengan ruangan yang dipilih. Umpamanya untuk ruangan ber AC, anda bisa memasang tarif Rp. 3.000,- per jam atau anda bisa memasang tarif dengan paket Rp. 5.000,- per 2 jam atau Rp. 10.000,- per 5 jam, sedangkan untuk non AC anda bisa memasang tarif Rp. 2.000,- per jam atau paket Rp. 5.000,- per 3 jam atau Rp. 10.000,- per 7 jam. Dengan sistim paket ini para penggemar game yang biasanya bermain game online antara 3 sampai 7 jam bisa lebih hemat dan menguntungkan. Dilain sisi, dengan sistim paket ini akan dapat mengoptimalkan keuntungan anda. Untuk printing bisa ditetapkan Rp. 150,- per lembar atau burning Rp. 3.000,- per keping CD, scan dan file Rp. 500,- per file, dsb.
  15. Berikan pelayanan yang baik dan ramah serta upayakan ruangan warnet anda selalu bersih dan nyaman misalnya dengan memasang alat pengharum otomatis yang bisa menyemprotkan parfum setiap 30 menit sekali, serta anda sebaiknya membersihkan ruangan setiap 2 atau 3 jam sekali (lantai disapu & di-pel) agar ruangan tetap nyaman.
  16. Update aplikasi berkala dan buat shortcutnya agar memudahkan pelanggan menggunakan aplikasi tersebut. Aplikasi standard seperti MS Office, Pemutar Video, Pemutar Musik, Winzip, Winrar, dll yang anda install di PC. Software antivirus, keamanan warnet anda dan aplikasi game berkualitas beserta patch game-nya wajib anda update secara berkala di PC.
  17. Anda juga bisa membuka usaha sampingan dengan menjual rokok, soft drink dingin, syrup dingin, dan makanan ringan (snack), kue, roti, atau bisa juga anda menyediakan mie instant, mie goreng, nasi goreng, dsb. Sehingga sambil berinternet ria, konsumen anda bisa tetap menikmati makanan atau camilan.
  18. Jangan lupa untuk mempromosikan warnet anda dengan memasang spanduk (banner) yang menarik, menyebarkan brosur, pamflet, dsb
  19. Jika usaha warnet anda berkembang, terutama game online nya, anda bisa bekerjasama dengan para gamer berbisnis chip, coin game, alat & senjata virtual game, dll yang bisa mendatangkan penghasilan buat anda.

42 komentar:

  1. assalamualaikum, slmat pagi mas BW, moga hari ni Mas BW sekeluarga selalu sehat dan aktivitasnya di ridhoi Allah,aamiin.... Mas BW skarang saya sudah Buka toko ATK, ada laminating, jilid, pengetikan print out, dan lain2, tetapi saya belum punya mesin foto copy, tolong info dimana ada foto copy murah, dan saya minta saran Mas BW cara untuk meningkatkan penjualan,atau trik2 mendapatkan banyak2 pelanggan, terimakasih Mas BW, salam rudianto sekeluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas rudi anto,
      Wa alaikum salam, wr.wb..
      Alhamdulilah kalo sudah buka toko ATK nya. Untuk mesin copy cari aja vendor dari merk yg sudah terkenal dan teruji seperti Canon, Xerox, dsb. Coba cari infonya di kota mas Rudi, apakah ada yang menyewakan mesin copy untuk usaha. Kalo ada, sebaiknya sewa saja dengan sistim bulanan supaya bisa lebih hemat. Namun kalo tidak ada, bisa beli yang baru atau second (recondition), kira-kira kondisi sekitar 80-85 % juga sudah bagus. Pembayaran usahakan jangan cash namun secara kredit (cicilan), sehingga dananya bisa diputar kembali buat membeli stock ATK. Mengenai tips-tips lainnya, coba deh mas Rudi baca artikel saya dengan judul : 19 Tips dan Strategi Jitu Bisnis Alat Tulis Kantor (Stationery) dan Fotocopy atau URL : http://bambang-warsita.blogspot.com/2013/05/19-tips-dan-strategi-jitu-bisnis-alat.html . Baca juga komentar yang sudah saya posting disana. Kalo mau mencari vendor mesin copy, coba kontak vendor mesin copy yang beriklan di blog saya pada artikel tersebut.
      Saya do'akan semoga usahanya nanti makin maju dan rejekinya semakin lancar... amin...
      Demikian infonya semoga dapat membantu...Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  2. Klu saya baru sedikit2 mengerti komputer apa saya harus kursus dulu gitu ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Rahmat Dee,
      Gak apa2 mas... bisa koq belajar sendiri secara otodidak. Caranya : sering browsing di internet seperti yang mas lakukan saat ini. masukan kata kunci pada pencarian Google sesuai topik yang mas inginkan. Nah, mas akan mendapat banyak tutorial/pelajaran atau informasi, baik mengenai komputer atau info apa saja secara gratis. Demikian infonya semoga dapat membantu... Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  3. Mas sy mau nanya yg paling bgus pemasangan internet buat warnet baru
    Dgn 5 pc yg tidak menguras budget pilih yg kategori apa yaa dspeedy??
    Trus ad gk vendor slain speedy yg tarif perbulannya agak lumayan gt dlm pemasangan internet tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Eris W,
      Kalo saran saya, meskipun saat ini hanya tersedia 5 unit PC, namun kan tidak tertutup kemungkinan penambahan unit PC, bila ternyata bisnis warnet ini ke depannya cendrung maju. Jadi untuk antisipasi hal tersebut, sebaiknya diperlukan broadband internet yang handal dan sudah teruji.
      Sepengetahuan saya, layanan broadband internet untuk keperluan bisnis seperti warnet, perusahaan, dsb yang banyak digunakan pemilik warnet adalah paket Speedy yakni Speedy Gold unlimited dengan sistim paket berlangganan/abonemen, punya kecepatan sampai 100 Mbps, dan memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari Speedy Reguler.
      Namun demikian agar lebih jelas mengenai produk speedy, sebaiknya mas tanyakan langsung ke telkom speedy. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  4. Mas bambang,
    trima ksih banyak atas sarannya
    Bermanfaat skli buat sy krn sy bener2 gie bingung ma mslh td .

    sukses slu buat mas bambang warsita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Eris W,
      Semoga nanti bisnis warnet nya semakin berkembang yah... Sukses selalu juga buat mas Eris... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  5. terima kasih atas informasi nya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Abdul Haris Zailani,
      Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  6. Assalamu'alaikum
    Mas mau nanya untuk modal awal seperti yang mas tulis di artikel mas yang sekitar 5-10jt itu apa benar benar cukup mas?soalnya saya ingin mencoba bisnis stationery.dan untuk stock awal tu minimnya berapa kalau untuk bisnis seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Agung Fitriyanto,
      Wa alaikum salam wr. wb.
      Untuk bisnis ATK (Stationery) modalnya relatif mas, tinggal tergantung size (skala) usahanya aja. Kalo untuk tahap awal (merintis) sudah cukup Rp. 5 - 10 juta sudah bisa jalan mas, caranya beli barang yang paling laris (banyak dicari sehari-hari seperti pulpen, pinsil, buku, kertas, penghapus, lem, dsb) meskipun jumlahnya masih sedikit yang penting usahakan tokonya komplit. Nah, untuk tips lengkapnya bisa dibaca pada artikel saya : 19 Tips dan Strategi Jitu Bisnis Alat Tulis Kantor (Stationery) dan Fotocopy atau URL : http://bambang-warsita.blogspot.com/2013/05/19-tips-dan-strategi-jitu-bisnis-alat.html . Demikian infonya semoga dapat membantu.. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW.. salam : Bambang Warsita

      Hapus
  7. Asskum mas BW.
    Saya mau nnya nih, di usaha warnet saya itu ada Paket Malam yg biayanya 10rb 10jam, apakah itu terlalu murah??
    bila iya, tolong ksih tau biaya yang cocok untuk Paket Malam di warnet saya. Mksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas,
      Saya coba bantu cara menghitung biaya (cost) untuk HPP Warnet :
      Biaya Listrik
      1. Asumsi tarif listrik per Kwh = Rp. 1.365,- (Tarif terbaru Thn 2014)
      2. Daya PC (Desktop) = 60 - 250 watt, (Average = 155 Watt)
      3. Pemakaian 10 jam (Paket)
      Maka :
      HPP untuk listrik :
      155/1000 x 10 Jam = 1.55 Kwh x Rp. 1.635,-/Kwh =Rp. 2.534,25 per 10 Jam atau Rp. Rp. 253.42 per jam

      Tarif Koneksi :
      Paket unlimited warnet = Rp. 2.500.000,-/bln (speedy).
      maka :
      Tarif per hari = Rp. 83.333,33 per hari atau Rp. 3.472,22 per jam. Asumsi untuk 10 PC atau Rp. 347,22 per PC per jam

      Sehingga jika dihitung, maka HPP warnet/PC adalah : Tarif Listrik + Tarif Koneksi = Rp. 253,42 + Rp. 347,22 = Rp. 600,64 / jam

      Biaya tersebut diluar biaya operasional warnet seperti gaji karyawan, biaya perawatan, perangkat lain seperti kipas angin, AC,dsb. Jika diasumsikan biaya perawatan, gaji, dll Rp. 1.000,- maka idealnya Tarif paling murah adalah Rp. 1.600,64 dibulatkan Rp. 1600,- dengan catatan mas tidak mendapatkan keuntungan apapun (titik impas).
      Jadi kalo mas buat tarif Rp. 10.000,- per 10 jam atau Rp. 1.000,-per jam, maka mas harus subsidi selisihnya. Jadi seharusnya, minimum harga paket per 10 jam adalah sekitar Rp. 16 - 17 ribu (tanpa keuntungan) atau kalo mau tambahan keuntungan minimal Rp. 20 ribu harga Paket per 10 jam.
      Ini hanya perhitungan secara ilustrasi yah, mas.. silahkan anda sesuaikan dengan kondisi di lapangan dengan mempertimbangkan daya beli masyarakat, persaingan, dsb
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  8. Terima kasih atas informasinya.
    sukses buat mas BW (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Yudi Prayudi,
      Terima kasih yah sudah berkunjung ke blog mas BW.. Semoga sukses senantiasa menyertai mas Yudi... amin... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  9. mas kalo mau buka warnet kira kira modalnya brp

    10 komp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Loenardi Candrajaya,
      Untuk membuka warnet & game online dengan 10 PC, estimasi biaya nya sekitar Rp. 40 - 60 juta. Biaya tersebut sudah termasuk untuk 10 unit PC, pembuatan partisi (sekat), instalasi, koneksi internet, dsb.
      Untuk biaya perangkat komputernya sendiri tergantung spesifikasi yang diinginkan pemilik, harga paketnya bervariasi mulai dari Rp. 20 - 35 juta (untuk 10 PC).
      Untuk lebih pastinya, coba hubungi pusat penjualan komputer di kota anda, biasanya mereka juga menyediakan paket untuk membuka warnet & game online dan sekaligus pemasangan (instalasinya). Atau bisa juga coba browsing di internet, banyak kok yang menawarkan paket pembuatan warnet & game online. Jadi anda gak perlu repot-repot membeli satu per satu unit PC. Anda hanya tinggal menyesuaikan dengan budget yang dimiliki, tapi biasanya vendor mematok minimal 5 PC.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  10. terimakasih atas tips nya.
    saya dan 2 orang teman sedang membuka usaha warnet di daerah Garut.
    boleh saya minta pendapat dari pak Bambang mengenai gaji untuk operator warnet.
    saya sudah sepakat dgn teman utk memberikan gaji kpd operator (600rb gaji tetap, ditambah 10% dari laba bersih), hal itu dilakukan karena dia sudah jadi operator warnet di tempat lain selama 5 tahun dan tidak ada peningkatan gaji. ditempat sebelumnya dia digaji (400rb gaji tetap, ditambah 10% dari laba bersih).
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Agus Rachmat Gumilar,
      Mas, coba tentukan dulu berapa jam warnet akan buka dan berapa shift operator yang diperlukan. Idealnya operator bekerja 7+1 jam istirahat. Jika warnet buka 24 jam berarti diperlukan 3 shift. Saran saya jika memang ada 3 operator, maka untuk operator senior wajar mendapat gaji pokok Rp. 600 ribu (asumsi 1 hari Rp. 30 Ribu), untuk 2 operator lainnya yang junior sebaiknya diberikan gaji sedikit lebih rendah, misal Rp. 400-500 ribu. Mengenai insentif sebesar 10% dari laba bersih, terserah mas Agus. Itu juga bagus untuk menambah semangat kerja karyawan, namun tetap harus dikalkulasi secara tepat agar jangan sampai lebih besar pengeluaran daripada pemasukan. Misalnya, minimum mas sediakan 20 PC, dengan asumsi 1 PC bekerja rata-rata 12 jam @ Rp. 2.000,-/jam. maka setiap harinya akan menghasilkan Rp. 480 ribu,-/hari (kotor) atau 1 bulan Rp. 14,4 Juta (kotor). Kira-kira demikian hitung-hitungannya mas. Kalo mau detail, coba baca komentar dan tanggapan saya untuk Sting (Tgl. 02 Mei 2014 diatas). Demikian infonya semoga dapat membantu. Selamat berbisnis warnet, semoga sukses selalu.... salam : Bambang Warsita

      Hapus
    2. terimakasih banyak.
      sukses selalu untuk pak Bambang

      Hapus
    3. Dear mas Agus Rachmat Gumilar,
      Semoga bisnisnya berjalan lancar dan sukses yah... amin... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  11. tips yang sagat mantap, makasih mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Fazriel Ahmad,
      Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  12. Mas BW saya penggila game online..kira2 klo dana 40 jt cukup untuk berapa PC dan speck untuk game onlinenya apakah bisa lebih dapat 10 pc mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Reborn
      Budget sekitar Rp. 40 juta sudah bisa untuk memulai bisnis ini dengan 10 unit PC, pembuatan partisi, instalasi, koneksi internet, dsb.
      Biaya perangkat komputernya sendiri tergantung spesifikasi yang anda inginkan, Sepengetahuan saya, harga paketnya bervariasi mas mulai dari Rp. 20 - 35 juta (untuk 10 PC). Namun untuk lebih pastinya, coba hubungi pusat penjualan komputer terdekat, biasanya mereka menyediakan paket untuk membuka warnet & game online dan sekaligus jasa instalasinya. Bisa juga coba search di internet, banyak vendor yang menawarkan paket pembuatan warnet & game online. Jadi mas tidak perlu membeli satu per satu unit PC sendiri.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  13. jasa paket peralatan dan instalsi warnet itu di mana mana aja ada gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju dan sependapat dengan mas, bahwa di setiap kota pastinya ada yang menawarkan jasa paket warnet sekaligus instalasinya.... Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  14. numpang tanya mas , berapa harga paket speedy kalau untuk game online 8-10 pc .
    trus kalau kita ambil yang 1mb apa tidak lag untuk game online ?
    biaya bulanan warnet itu apakah cuma bayar speedy aja mas ?
    tolong penjelasan nya :)
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Eko Budiyanto,
      Untuk 8-10 unit PC sebenarnya bisa pakai speedy regular (unlimited), namun saran saya sebaiknya pakai Speedy Gold (unlimited) dengan kecepatan sampai 100 Mbps, yang kualitasnya lebih baik dari Speedy Reguler. Untuk harga paket Speedy Gold bervariasi tergantung speed-nya. Untuk warnet mulai dari Rp. 700 Ribu (1 Mbps) s/d Rp. 2.8 Juta (5 Mbps), namun agar lebih jelas mengenai produk speedy, sebaiknya mas tanyakan langsung ke telkom speedy yah...
      Apakah yang mas maksud biaya bulanan warnet itu, harga pokok penjualannya ? simplenya biaya yang harus dikeluarkan untuk usaha warnet ? Jika ya, maka yang masuk kategori biaya bulanan adalah :
      1. Biaya Listrik
      2. Biaya Koneksi (speedy)
      3. Gaji karyawan
      Untuk lebih jelasnya mengenai perhitungan biaya tersebut (harga pokok), coba baca komentar yang sudah saya posting untuk Sdr.Stingrayzetler (Tgl. 02 Mei 2014) diatas.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  15. Salam kenal dr Rere malang..
    Lngsng k point ya 😊..
    Sy ingin buka usaha loundry d daerah kos2an dan sy jg pny 2 pesaing serupa tp beda blok dr rmh sy.
    Bgmn saran mas bw dan brp modal awal yg aman ntuk usaha ini..
    Trmksh ya 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Rere,
      Salam kenal kembali ya...
      Waduhh... sepertinya salah kamar, mbak.. hehehehe..
      Tapi gak mengapa juga berkomentar disini.
      Untuk memulai bisnis laundry diperlukan beberapa peralatan seperti :
      1. Mesin cuci kapasitas minimal 7-8 Kg dengan pintu samping + mesin pengering (optional),
      2. Setrika 2 unit, salah satunya setrika uap,
      3. Timbangan digital 1 buah,
      4. Mesin cash register,
      5. Telepon,
      6. Instalasi air bersih dan listrik yang cukup,
      7. Kendaran (optional)
      Kalo modal yang diperlukan, relatif ya, mbak... tergantung dengan jenis, merk, dan kapasitas peralatan yang digunakan. Namun taksirannya sekitar Rp. 8-10 juta sudah cukup memadai untuk membeli peralatan tersebut. Selain itu juga perlu dipersiapkan tambahan modal untuk gaji karyawan minimal 6 bulan ke depan. Karena kemungkinan dalam 6 bulan usaha relatif belum stabil dan keuntungan juga belum optimal.
      Untuk lokasi usaha sudah tepat di daerah kos-kosan.
      Mengenai pesaing jangan dipikirin, yang terpenting bagaimana cara mengelola usaha tersebut agar bisa memenangkan persaingan.
      Agar mbak bisa sukses dalam berbisnis laundry ini, coba baca tips lengkap yang sudah saya tulis pada artikel dengan judul : 11 Tips Jitu Bisnis Laundry dan Dry Cleaning atau URL : http://bambang-warsita.blogspot.com/2012/11/11-tips-jitu-bisnis-laundry-dan-dry.html
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  16. selamat pagi bapak bambang warsita
    saya denil dari balikpapan

    saya sedikit mau curhat nih..awal tahun 2014 saya buka usaha warnet dgn 10 unit pc..awal bukanya sangat rame..sehari bisa dpt omset kotor 500 sampai 700/24jam operasional..tp 3 bulan trakhir ini bisnis warnet saya anjlok total..sangat sepi..sehari paling mentok dpt 200rb.. saya ingin minta saran hal apa yg harus saya lakukan agar warnet saya bisa rame seperti dulu lg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Denil,
      Dalam bisnis sudah menjadi hal biasa terjadi pasang-surut, yang penting bagaimana caranya anda bangkit kembali. Beberapa pertanyaan yang perlu anda renungkan kembali, sebagai berikut :
      1. Apakah di sekitar warnet, muncul pesaing baru ?
      2. Bagaimana pelayanan anda (bandwith, perangkat, kondisi ruangan, dsb) kepada pelanggan saat ini dibandingkan sebelumnya ? apakah terjadi penurunan service ?
      3. Apakah anda rutin meng-update aplikasi/game ?
      4. Bagaimana strategi harga anda saat ini dibanding pesaing ?
      Jika anda sudah mengetahui jawabannya, maka lakukan langkah sebagai berikut :
      1. Pasang banner atau spanduk yang mencolok dan lebih menarik perhatian
      2. Lakukan peremajaan ruangan, misal dengan melakukan pengecatan kembali, menjaga kebersihan ruangan, memasang perangkat AC tambahan,
      3. Memperbaiki perangkat yang rusak (keyboard, monitor, dsb) sehingga bisa berfungsi optimal kembali, memperbaiki kecepatan akses (beli paket yang lebih cepat), dsb
      4. Lakukan update game online yang sedang trend atau aplikasi lainnya
      5. Lakukan promosi harga yang lebih menarik, misal main 3 jam gratis 1 jam. Atau buat sistim paket misal 1 jam Rp. 3.500,- beli paket 3 jam gratis minuman dingin (fruit tea kotak, teh botol kotak, dsb)
      6. Membuat usaha tambahan di depan warnet yang menjual makanan dan minuman ringan, sehingga sambil main game bisa menikmati makanan ringan
      7. Jika ada keluhan pelanggan, catat keluhan tersebut dan lakukan langkah perbaikan
      8. dsb
      Intinya, anda harus kreatif dan inovatif dalam hal pemasaran untuk menjaring calon pelanggan dan jangan lupa perhatikan keluhan/kritik pelanggan untuk kemajuan usaha anda.
      Dengan cara-cara diatas, Insya Allah akan dapat mengembalikan warnet menjadi ramai kembali.
      Demikian infonya semoga dapat membantu... Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  17. mas bw mau nanya ni
    saya mau bka warnet tpi ga kuasai komputer
    kira" low mau kursus komputer itu butuh brapa lma bsa kuasai komputer.
    tramaksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Cinta L,
      Untuk membuka usaha warnet, memang memerlukan pengetahuan komputer minimal dasar-dasar pengoperasiannya. Kalo mau kursus, paling cuma 1 bulan atau 8-10 kali pertemuan.
      Sebenarnya kalo mau buka warnet, mbak setidaknya menggaji seorang operator komputer. Nah, mbak bisa belajar pengenalan dasar komputer dengan operator tersebut saat warnet beroperasi.
      Untuk membuka warnet saat ini cukup mudah, banyak lho di koran yang menawarkan jasa pembuatan dan instalasi warnet. Atau kalo sulit, coba mbak datang ke pusat penjualan komputer di kota anda, biasanya sudah ada vendor penyedia paket warnet dengan berbagai spesifikasi yang diinginkan. Jadi mbak hanya perlu menyediakan dananya saja dan menggaji seorang operator yang mengerti komputer (sekalian merangkap tekhnisi), maka warnet sudah bisa beroperasi.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  18. Slmt sore & slm kenal mas bambang
    Mau nanya nich, sy rncana mw buka usaha game online dg jml pc 7 unit (di awal).
    Dg jml sgitu kira2 brapa daya listrik & bandwidth yg memadai?? Dan apa hrus ngurus izin usaha dg jml 7unit tsb?
    Mohon penjelasn ny, trmksih
    Salam, hermawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Arie Ngalam,
      Salam kenal kembali, mas..
      Untuk tahap awal disarankan 8-10 unit PC.
      Daya listrik per unit PC sekitar 60-250 watt, average sekitar 155 Watt/PC. Kalo anda pakai 8 PC, diperlukan daya sekitar 1.240 watt.
      Mengenai koneksi, bisa pakai speedy regular (unlimited), namun sebaiknya pakai Speedy Gold (unlimited) dengan kecepatan sampai 100 Mbps, yang kualitasnya lebih baik dari Speedy Reguler. Mengenai harga paket Speedy Gold bervariasi tergantung speed-nya. Untuk warnet mulai dari Rp. 700 Ribu (1 Mbps) s/d Rp. 2.8 Juta (5 Mbps), namun demikian supaya lebih jelas mengenai produk speedy, monggo ditanyakan langsung ke telkom speedy yah...
      Untuk izin usaha, minimal surat keterangan dari kelurahan/kecamatan.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  19. mas Bw saya mau buka usaha warnet di desa sekitr tmpt tinggl saya.mskipun di desa tp strategis,dket dng bengkel (usaha kakak)toko baju accesories(usaha kakak) dan dr tmpt saya ke warnet terdekat itu sktr 10km. sedangkn d temot saya org2nya rata2 udah melek teknologi, tetapi mesti kluar jauh klo mau akses internet.jadi mnrt saya usaha ini prospeknya bagus, karna saya jg ingin lngkpi dng cuci fto, print,pulsa, game online, ps. tpi kndala nya tempt saya jauh dr kabel PLN/TELKOM. jadi klo saya mau usha itu saya harus bangun tower, n butuh biaya yg gk sedikit. saya tanya2 20jt sekitr. gmn mnrt mas Bw?trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Neni Lestari,
      Terlihat mbak sangat memahami kondisi lingkungan sekitar dan bisa menangkap peluang bisnis. Jika memang ingin membuka warnet, coba pastikan apakah lokasi desa tersebut bisa dijangkau oleh jaringan operator selular. Bila ada, coba tanyakan ke telkom atau operator selular lainnya untuk perangkat modem (gak mesti menggunakan line telkom) via jaringan seluler sebagai koneksinya sehingga bisa menekan investasi awal (daripada membangun tower). Alternatif lainnya, coba cari lokasi lain (sewa) yang bisa diakses jaringan telkom/operator seluler dan tempatnya sama strategisnya (mungkin radius 5 km dari desa anda).
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih ya sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  20. Tarif 2000/jam spesifikasi komputernya apaan tuh? Listrik daya 6600 sebulan dalam sebulan pemakaiannya brapa buat 20pc? Kenapa tarif sewa malah turun saat harga sparepart terus naik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Awan,
      Untuk tarif per jamnya, biaya listrik, dsb itu hanya ilustrasi saja untuk memudahkan perhitungan, jadi silahkan anda sesuaikan dengan kondisi di lapangan karena artikel ini saya tulis sejak tahun 2013 dan sudah pasti perlu penyesuaian dengan harga saat ini.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW...salam : Bambang Warsita

      Hapus

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita