7 Cara Paling Mujarab Mengatasi dan Mengobati Mimisan (Hidung Berdarah)


Apakah anak anda sedang mengalami mimisan (pendarahan dari lubang hidung ) ? Uppss…jangan anda panik jika tiba-tiba melihat darah segar mengalir dari hidung anak anda. Mimisan biasa sering dialami oleh anak-anak, namun tidak tertutup kemungkinan terjadi pada orang dewasa. Mimisan atau epistaksis ( epistaxis) adalah suatu keadaan keluarnya darah dari hidung akibat adanya pendarahan yang terjadi di dalam rongga hidung yakni berupa robeknya selaput lender tipis pada bagian dalam hidung sehingga mengeluarkan darah. Mimisan akan berhenti apabila darah sudah membeku. Namun bisa jadi akan keluar lagi jika penderita berada pada kondisi lingkungan yang bersuhu panas contohnya aktivitas dibawah terik sinar matahari.

Mimisan dapat terjadi karena beberapa faktor penyebab seperti :

  1. Temperature ekstim (termasuk perubahan temperature udara secara mendadak), seperti cuaca sangat panas dan kering (terik matahari) atau suhu yang sangat dingin, menyebabkan selaput lendir hidung menjadi kering dan pecah.
  2. Kebiasaan mengorek hidung terlalu keras (dengan kuku) karena gatal, atau anak berusaha mengeluarkan kerak hidung yang mengering sehingga terjadi luka pada mukosa hidung..
  3. Ada benda asing yang masuk ke rongga hidung atau anak memasukkan  suatu benda ke dalam hidungnya.
  4. Anak sering minum obat yang mengencerkan darah (obat mengandung asetosal dan ibuprofen ).
  5. Adanya kelainan pada anak, namun biasanya mimisan seperti ini dapat hilang dengan sendirinya saat usia anak bertambah (biasanya saat usia anak diatas 10 tahun mimisan akan hilang).
  6. Polusi asap seperti rokok, asap knalpot, dll yang menyebabkan iritasi dan membuat selaput lendir yang tipis pada rongga hidung lecet serta robek.
  7. Akibat benturan (terjatuh) atau terkena pukulan pada hidung yang disertai patah tulang hidung
  8. Infeksi dan peradangan pada hidung akibat penyakit seperti demam berdarah (kurang trombosit), darah sulit membeku (hemofilia), leukemia (kanker darah), hipertensi (tekanan darah tinggi), influenza, sinusitis, tumor pada hidung, dsb
  9. Kebiasaan membuang lendir (ingus) terlalu keras
  10. Terhirup bahan kimia seperti asam sulfat, bensin, thinner, amonia, penggunaan obat pelega hidung yang mampet (semprot atau dihirup) secara berlebihan dan terus menerus, serta sering mengkonsumsi minuman beralkohol pada orang dewasa
Nah, jika anak atau anda sendiri sedang mengalami mimisan, segera ambil langkah untuk mengobati mimisan. Berikut ada 7 Cara paling ampuh mengatasi mimisan pada anak dan orang dewasa :
  1. Pencet cuping hidung (jangan terlalu keras) dengan ibu jari dan telunjuk, dan tahan kira-kira 3 s/d 5 menit dan bernafaslah sementara dengan menggunakan mulut. Bila setelah 5 menit masih tetap berdarah, pencet lagi cuping hidung selama 10 menit, lakukan kembali sampai pendarahan terhenti.
  2. Kompres hidung dengan memakai handuk yang telah dibasahi air es tujuannya untuk mengecilkan pembuluh darah (vasokonstriksi) serta untuk membekukan darah yang keluar dari hidung sehingga perdarahan pun cepat berhenti
  3. Ambil 1 lembar daun sirih yang masih muda, bersihkan daun sirih dengan air, remas dan gulung daun sirih seperti corong lalu sumbatkan ke lubang hidung. Biarkan beberapa saat, dan posisi wajah anda menengadah ke atas. Daun sirih ini akan membantu mengecilkan pembuluh darah untuk menghentikan pendarahan.
  4. Minta anak anda duduk dan bersandar dengan posisi kepala sedikit menunduk ke depan (membungkuk). Tujuannya agar darah tidak mengalir ke bagian belakang dan mengalir ke kerongkongan serta lambung (darah tertelan dan menimbulkan batuk atau mual sehingga anak muntah). Dengan posisi duduk akan membuat aliran darah menjadi lebih lambat karena letak posisi jantung lebih rendah dari hidung. Jangan dibaringkan, karena jika anak dibaringkan, darah akan mengalir relatif lebih cepat dan darah dapat tertelan karena posisi jantung berada sejajar dengan hidung.
  5. Jangan panik bila anak anda mengalami muntah darah, karena sebenarnya ia hanya memuntahkan darah yang tertelan. Demikian juga bila ia batuk darah, hal ini bukan berasal dari paru-paru, melainkan karena gerak spontan otot pada saluran pernafasan (batuk) yang bertujuan mendorong darah (benda asing) agar tidak masuk ke saluran pernafasan dan paru-paru.
  6. Apabila setelah 10 menit perdarahan (mimisan) masih berlanjut, dan disertai panas, sebaiknya segera bawa anak ke dokter. Bisa jadi hal ini merupakan indikasi ada penyakit serius. Biarkan dokter yang menangani dan mencari tahu sumber perdarahan serta memberikan pengobatan medis yang sesuai.
  7. Selama dalam perjalanan ke dokter, usahakan agar anak selalu dalam posisi duduk menyandar dan hidungnya tetap disumbat dengan kain kasa atau sapu tangan yang bersih agar darah tidak terus mengalir. 

71 komentar:

  1. sembuh juga mimisan gue.. thanks gan.. sempet bingung gimanacara ngatasinya coz terakhir mimisan waktu SD dulu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jika mimisannya sudah sembuh... terima kasih ya, sudah berkenan mampir di blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  2. wah penting ini. .... terimakasih ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya ke blog mas BW....salam : Bambang Warsita

      Hapus
  3. Penting ne Cara Mengatasi Mimisan pd anak n orang Dewasa Thx y Info ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Dian,
      Terima kasih atas kunjungannya ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  4. Terima kasih infonya maz, hehehe ijin share di Facebook yach

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Dian Nugraha,
      Silahkan di share, siapa tau bermanfaat buat membantu orang lain dan semoga menjadi amal jariyah buat mbak Dian...Amin... Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  5. Anak saya terbentur di hidung yg menyebabkan mimisan,, setelah ke dokter, dan sampai di rumah, anak saya menjadi mampet ( pikiran saya ini karena darah yg membeku) nah yg jadi pertanyaan, apa yg harus saya lakukan pada darah yg membeku dan menyumbat hidungnya? apa didiamkan saja? apa gimana ya bagusnya? Thx b4,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Devit,
      Bila pada bagian luar hidung yang terbentur terdapat sakit (memar atau bengkak), sebaiknya di kompres terlebih dahulu dengan air dingin (es) sekitar 15 menit sambil agak ditekan pelan-pelan untuk menghentikan pendarahan dan memarnya. Kemudian bagian luar hidung bisa dioleskan minyak minol (bahan alami) untuk menghilangkan bengkak/memar nya (beli minyak minol nya di apotek atau kalo tidak ada cari di hypermart atau carrefour). Ulangi setiap selesai mandi atau 2-3 x sehari.
      Bila hidung menjadi mampet akibat lendir bercampur darah, jangan dikorek dengan jari karena bisa menimbulkan luka/infeksi. Untuk mengeluarkan lendir tersebut mbak bisa gunakan alat sedotan hidung (nasal aspirator atau nose cleaner) yang biasa dipakai untuk menyedot lendir di hidung saat bayi pilek (cari di apotek atau toko perlengkapan bayi). Demikian infonya semoga dapat membantu dan semoga anaknya lekas sembuh yah. Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW.. Salam : Bambang Warsita

      Hapus
  6. mimisan saat pilek ni gan... bagi solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Bogenk F,
      Kemungkinan ada selaput lendir pada bagian hidung yang robek ketika membuang lendir (ingus) terlalu keras atau tanpa sengaja luka terkena kuku ketika mengorek rongga hidung.
      Coba buang dahulu lendir yang ada di hidung (di sisih secara perlahan) atau kalo khawatir terluka kembali, pakai sedotan lendir yang biasa dipakai untuk bayi ketika pilek (Nasal Aspirator atau nose cleaner). Tujuannya untuk melegakan pernafasan.
      Lalu pencet cuping hidung sekitar 5 menit. Ulangi sampai pendarahan terhenti (Tips No. 1). Kompres bagian hidung dengan es yang dibungkus kain atau handuk sekitar 10 menit untuk mengecilkan pembuluh darah agar darah tidak kembali keluar. Kemudian ambil selembar daun sirih, bersihkan, remas-remas dengan tangan, dan sumbat ke lubang hidung yang mengeluarkan darah. Sementara waktu bernafaslah dengan mulut (Tips No.3) sampai darah berhenti. Demikian infonya semoga dapat membantu... Terima kasih yah, sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita.

      Hapus
  7. pacarku sering mimisan makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Hery Yansyah,
      Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW.... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  8. Pas lagi mimisan nih mas, pas ketemu blognya mas bambang. Makasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Ponco,
      Semoga lekas sembuh mimisannya, yah... Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  9. jika mimisan terus menerus apakah berbahaya?sebelumya terimakasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Bella Novelia,
      Bila mimisan terjadi pada anak-anak, biasanya saat usia anak diatas 10 tahun akan hilang dengan sendirinya.
      Bila mimisan terjadi terus menerus, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk dicari tahu penyebabnya, apakah karena faktor bawaan, kelainan, atau karena penyakit (misal demam berdarah, hemofilia, hipertensi, dsb). Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  10. Maaf ni Pak, pacar aku sblmnya g pernah mimisan, tapi setelah sakit tifus dan mengalami benturan pada punggung belakangnya, sudah 2x ini dia mimisan. nah yang sekarang mimisannya hampir 30 menitan gak berhenti, kira2 kenapa ya pak? mohon pencerahannya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Susan,
      Banyak penyebab keluarnya darah dari rongga hidung, bisa karena benturan, obat-obatan, asap rokok, infeksi (peradangan) pada rongga hidung, penyakit, dsb. Untuk kasus mimisan seperti yang dialami teman mbak, dicoba dulu yah cara seperti diatas. Jika tidak berhasil, sebaiknya segera dibawa ke dokter atau pusat layanan kesehatan untuk mengetahui penyebab serta langkah penanganannya. Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  11. maksih yah...ini info yg bermanfaat banget,,,dan ringan tapi ngeuna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih yah mas, sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  12. ini info yg ringan gampang di serap dan pastinya sangat bermanfaat..thank yah

    BalasHapus
  13. thank infonya,..pacar saya mimisan terus mas,..
    apa bahaya ya mas jika mimisan terus menerus,..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Ega Sida,
      Bila kejadiannya hanya sesekali biasanya tidak apa-apa, kemungkinan selaput lendir hidung sangat sensitif misal karena perubahan temperatur secara drastis. Namun jika frekuensinya terlalu sering, sebaiknya diperiksakan ke dokter THT untuk memastikan ada atau tidaknya masalah pada hidung ataupun penyakit tertentu seperti demam berdarah, darah sulit membeku (hemofilia), leukemia (kanker darah), hipertensi (tekanan darah tinggi), influenza, sinusitis, tumor pada hidung, dsb.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
    2. mas ..mo nanya ..obat alami sinusitis apaan? mohon infonya maz..trima kasih

      Hapus
    3. Dear mas Dede Armanda,
      Sinusitis merupakan peradangan pada jaringan yang melapisi sinus di sekitar rongga hidung akibat bakteri, virus, dan jamur yang selanjutnya menyebabkan infeksi sehingga hidung menjadi tersumbat. Untuk mengobatinya bisa dengan antibiotik seperti amoxicillin. Untuk obat alami bisa dengan mengkonsumsi madu-propolis dan habbatussauda (jintan hitam). Untuk selengkapnya ulasan mengenai sinusitis nanti akan saya tulis dalam artikel tersendiri dalam waktu dekat. Demikian info nya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  14. mas apa penyebab mimisan disertai muntah dan sakit kepala?

    penyakitnya apa terus cara mengobatinya bagaimana? terima kasih sebelumnya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Siska Putri,
      Banyak lho penyebab mimisan itu, mulai dari temperatur udara yang ekstrim (suhu udara yang panas dari biasanya), kebiasaan membuang lendir terlalu keras, Infeksi dan peradangan pada hidung akibat penyakit seperti demam berdarah, hipertensi (tekanan darah tinggi), influenza, sinusitis, sampai karena penyakit kanker, dsb.
      Kalo disertai muntah, kemungkinan karena ada darah yang tertelan, sehingga membuat rasa eneg (ingin muntah)
      Begitu juga halnya jika mengalami sakit kepala, kemungkinan karena reaksi tubuh terhadap banyaknya darah yang keluar akibat mimisan dan juga akibat temperatur panas yang tinggi.
      Mohon maaf mbak, saya tidak bisa memastikan penyakitnya hanya berdasarkan informasi diatas. Namun sebagai petunjuk untuk memastikan mimisan bukan terjadi karena sesuatu penyakit, mbak bisa coba lakukan tips seperti pada artikel diatas terlebih dahulu.
      Nah, bila dalam waktu sekitar 10-15 menit, darah tidak kunjung berhenti. Kemungkinan besar memang ada masalah serius (penyakit tertentu) yang membuat darah keluar dari hidung. Kalo kondisinya seperti itu, sebaiknya segera diperiksakan ke klinik untuk mendapatkan diagnosa penyakit dan pengobatan yang tepat.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  15. tipsnya sangat bermanfaat ,,,,terima kasihnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Gilang Rapi,
      Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  16. saya sampai saat ini masih mimisan tapi itu jarang sekali,, gimana ya solusinya thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Chacha Vika,
      Banyak penyebab terjadinya mimisan, umumnya karena temperature ekstrim (terlalu panas atau terlalu dingin), polusi asap, terhirup bahan kimia, penyakit tertentu, dsb.
      Sepengetahuan saya, mimisan akan hilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia.
      Mohon maaf mbak, saya tidak bisa menyimpulkan penyebabnya hanya berdasarkan info yang mbak berikan, saran saya sebaiknya mbak berkonsultasi dengan dokter spesialis THT.
      Untuk sementara waktu solusinya adalah menghindari penyebabnya seperti aktivitas yang berlebihan dibawah terik matahari, menghindari zat penyebab polusi, dsb.
      Jika terlanjur terjadi mimisan, tips diatas Insya Allah bisa menolong. Demikian infonya semoga bisa membantu. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
    2. salam kenal mas. saya mengalami benturan di hidung hingga berdarah. bagamaimana cara agar menyembuhkan luka dalam yg ber ada di hidung agar tidak terjadi yg namanya infeksi. mksih mass

      Hapus
    3. salam kenal mas. saya mengalami benturan di hidung hingga berdarah. bagamaimana cara agar menyembuhkan luka dalam yg ber ada di hidung agar tidak terjadi yg namanya infeksi. mksih mass

      Hapus
    4. Dear mas Oby,
      Untuk mengobati bagian hidung yang memar karena benturan coba tips berikut :
      1. Kompres bagian hidung dengan air dingin (es) selama 15 menit agak ditekan sedikit
      2. Lap kering, lalu oleskan minyak minol pada bagian yang bengkak di hidung bagian luar
      3. Ulangi proses ini setiap 4 jam sekali
      4. Untuk bagian dalam tidak perlu diberikan apapun.
      Monggo dicoba dulu... bila tidak ada kemajuan dalam 3 hari maka sebaiknya diperiksakan ke dokter spesialis THT.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  17. saya umur 13tahun saya mimisan kadang sehari dua kali memang cuaca disini panas saya tinggal di pesantren yang kegiatannya sangat padat sehingga waktu istirahat kurang memang waktu kecil mimisan tapi jarang.apa yang harus saya lakukan,mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Muhamad Naufal,
      Temperature udara yang ekstrim (sangat panas) merupakan salah satu yang bisa menyebabkan mimisan. Bila anda sering mengalami mimisan, maka sedapat mungkin hindari tubuh terpapar langsung sinar matahari dalam waktu lama saat beraktivitas di luar ruangan, terutama di bagian kepala dan wajah.
      Karena saat ini anda di pesantren, coba pakai penutup kepala (kopiah/peci) dari bahan yang sedikit tebal.
      Untuk menutupi bagian sekitar hidung (bila memungkinkan) bisa menggunakan sapu tangan atau handuk. Jika suatu waktu kondisi udara memang sangat panas, anda bisa membasahi handuk atau sapu tangan dengan sedikit air.
      Biasanya mimisan ini akan berhenti dengan sendirinya seiring bertambahnya usia. Namun, bila terjadi mimisan, lakukan hal berikut :
      1. Pencet cuping hidung sekitar 5 menit. Ulangi sampai pendarahan terhenti.
      2. Kompres bagian hidung dengan es yang dibungkus kain atau handuk sekitar 10 menit untuk mencegah agar darah tidak keluar lagi.
      3. Ambil selembar daun sirih, bersihkan, remas-remas dengan tangan, dan sumbat ke lubang hidung yang mengeluarkan darah.
      4. Sementara waktu bernafaslah dengan mulut sampai darah berhenti.
      Demikian infonya semoga dapat membantu... Terima kasih yah, sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita.

      Hapus
  18. Balasan
    1. Dear mbak Muria Dwi Lestari,
      Terima kasih yah sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  19. Gmna ea cra ngbti orng mmisan brtrusan sampai pingsan gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Arif,
      Untuk mengobati mimisan bisa dicoba tips berikut :
      1. Pencet cuping hidung dengan ibu jari dan telunjuk, sekitar 3 menit. Bila masih tetap berdarah, pencet lagi selama 10 menit, lakukan sampai pendarahan berhenti.
      2. Kompres hidung dengan memakai handuk/kain yang telah diisi atau direndam air es untuk mengecilkan pembuluh darah.
      3. Ambil 1 lembar daun sirih yang masih muda, bersihkan dengan air, remas dan gulung daun sirih seperti corong lalu sumbatkan ke lubang hidung.
      4. Usahakan beberapa saat posisi wajah menengadah ke atas.
      Bila pendarahan tetap tidak berhenti, segera dibawa ke klinik kesehatan atau rumah sakit karena bisa jadi kemungkinan akibat infeksi atau penyakit tertentu.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  20. Nice info, saya juga baca dr referensi laiinya kalo mimisan maka kita duduk dan membungkukkan badan ke depan sedikit, lalu kita bisa bernafas dari mulut untuk sementara waktu, saya baca di udoctor.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Zaki Dinul,
      Terima kasih atas kunjungan dan sharingnya semoga bisa bermanfaat buat pembaca lainnya. Salam : Bambang Warsita

      Hapus
  21. Terimakasih Atas Portingannya Bagi Saya Ini Sangat Bermanfaat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Rangga Lesmana,
      Terima kasih yah sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  22. Anak saya 3th lagi tidur mimisan, krn di bantal dan bajunya byk darah, apakah berbahaya? krn setau saya jika mimisan harus duduk.. Kemudian bangun tidur masih mimisan, saya panik krn blm pernah menghadapi spti ini.. Untung ada blog ini, terima kasih Pak Bambang Warsita.. (Yuan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Yuan Eunike,
      Bila anak anda mengalami mimisan, dan saat ini usianya 3 tahun, serta frekuensinya tidak sering, Insya Allah tidak apa-apa, nanti juga akan hilang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia si kecil.
      Alhamdulillah bila artikelnya bisa membantu dan semoga si kecil lekas sembuh ya.. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  23. Tanks ya mas informasinya sangat berguna.moga tetp sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Hamdan,
      Terima kasih sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  24. mas pacar aku sering sakit kepala di sertai mimisan ..
    minta solusinya donk mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Een,
      Banyak kemungkinan yang bisa menyebabkan mimisan. Maaf, apakah pacar mbak een merokok ? kalo ya, kemungkinan masalahnya dari asap rokok yang dihisap dan menyebabkan iritasi serta membuat selaput lendir pada hidung lecet atau robek.Solusinya : berhenti merokok.
      Kalo pacar mbak Een tidak merokok, kemungkinan hanya pengaruh selaput lendir pada hidungnya yang sensitif terhadap perubahan temperature atau akibat polusi udara.
      Untuk mengatasinya bisa dengan cara pada artikel diatas ya...
      Namun demikian ada baiknya juga dicoba untuk diperiksakan ke dokter, siapa tau ada masalah lain pada rongga hidungnya.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  25. Salam mas....
    Anak saya sudah 13th..,masih sering mimisan ..,apa bisa karena faktor keturunan ya mas,..ayahnya dulu juga sering mimisan...
    salam sehat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Nur Rejeki,
      Salah satu penyebab mimisan bisa karena adanya kelainan bawaan sejak dalam kandungan (faktor genetik). Namun mbak jangan khawatir, karena biasanya seiring bertambahnya usia anak, maka mimisan ini akan hilang dengan sendirinya (biasanya saat usia anak > 10 tahun atau masa remaja). Yang perlu diperhatikan adalah penanganan saat terjadi mimisan pada anak, untuk tipsnya seperti yang sudah dijelaskan pada artikel diatas ya...
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW.. salam : Bambang Warsita

      Hapus
  26. Mas BW mau tnya ciri pnyakit yg aku drita apa yaa, gatl yg mnybabkan luka dibgian betis dan paha aku, skalian mnta cra pngobatannyaas BW

    BalasHapus
  27. Cra pengobatan gatal yg sdh mnybabkan luka gmn mas BW? Udah 4 blan trkhir tpi kudisnya ngga hilng":(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Dejan Syafriyadi,
      Mohon maaf agak telat balas komentarnya...
      Boleh diinfokan secara lengkap, gejala atau bentuk gatal-gatal yang dimaksud. Apakah sudah diperiksakan ke dokter ? Obat yang dipakai selama ini ? Kalo bisa coba kirimkan foto bagian yang gatal/luka untuk memastikan penyebabnya. Kirim via Google+ atau Facebook aja....saya tunggu ya
      Salam : Bambang Warsita

      Hapus
  28. Saya br 6 hari di operasi sinusitis menurut dokter sy harus di operasi 2 kali yg pertama utk meluruskan 3 tulang yg bengkok sudah saya lalui operasi selanjutnya utk pengangkatan sinusitis. Yg menjadi pertanyaan bgmn cara menghentikan pendarahan seusai operasi krn stlh tampon di hidung sy di lepas hidung saya kadang msh keluar darah dan kadang msh keluar darah lewat mulut. sy di beri nasal spray dan breathy serta obat2 lainnya tp kok msh pendarahan.
    Mhn penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Nia Nirwana,
      Sebenarnya pendarahan yang terjadi tersebut ada kaitan dengan operasi sinusitis.
      Penyebab darah keluar dari mulut dikarenakan ada darah yang menetes dari hidung ke dalam tenggorokan dan mengalir keluar melalui mulut.
      Untuk menghentikan pendarahan sementara waktu dapat dilakukan tindakan dengan mengkompres memakai air dingin (es). Caranya bisa dengan menempelkan handuk yang sudah direndam air es atau dengan memasukan beberapa buah es pada lap/kain/sapu tangan, lalu tempelkan pada bagian hidung.
      Biasanya pendarahan akan berhenti dengan sendirinya dalam waktu sekitar 2-3 minggu. Namun kalo tetap masih keluar, coba diperiksakan kembali ke dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  29. Mas saya sdh pake scabimite dr dr. En luka scabies sdh mulai mengering ... Dan seminggu kemudian sy pake lg ... Br kemaren ... Tp kok malah timbul bentol lg ... Padahal pemakaian 1 sdh g ada bentol yg keluar ... Apakah krn alergi scabimite atau masih ada tungau nya y ... Mohon pencerahan dari mas bambang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mulyo Uji,
      Bila masih timbul bentol, kemungkinan masih ada tungau atau larva (telurnya) yang belum dibasmi dengan pengolesan pertama. Coba oleskan kembali scabimite-nya cukup 1xpagi dan 1xsore/malam dan pengolesan dapat diulang kembali 1 minggu kemudian bila masih timbul bentol2.
      Untuk lebih lengkapnya bisa dibaca pada artikel saya tentang scabies ya, mas...
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  30. saya dari kecil sampai umur 23 th masih suka mimisan jika hidung saya terkorek terlalu dalam dan keras. dan itu hanya hidung sebelah kiri saja. ada yg bilang selaput hidung saya luka. bagaimana pengobatannya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak/mas
      Selaput pada rongga hidung memang sangat tipis dan mudah robek bila terkena benda keras apalagi tajam seperti kuku.
      Pengobatan bisa dilakukan dengan mengikuti cara diatas (tips 1 s/d 3).
      Yang perlu anda lakukan sebenarnya adalah tindakan pencegahan dengan menghilangkan kebiasan mengorek hidung agar tidak menimbulkan luka.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  31. Balasan
    1. Dear mas Arifin Hamid,
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  32. saya mau tanya saya mempunyai teman 18 tahun semenjak badannya terserang flu dia sering sekali mimisan.. apakah itu adalah penyakit berbahaya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Shelly Mareni,
      Ya...mimisan bisa terjadi salah satunya disebabkan oleh penyakit seperti influenza, sinusitis, dsb yang menyebabkan infeksi atau robeknya selaput lendir hidung.
      Untuk kondisi ini sebaiknya diperiksakan ke dokter guna mendapat penanganan yang tepat karena bisa saja kemungkinan terdapat infeksi lain pada rongga hidung.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  33. Anak saya umur 3thn 9bln anakxa sich aktif banget nggk prnh mau diam trs senang betul pake AC atau kipas angin...apakh semua itu ada ngaruhnya sampe bisa mimisan,soal anakku suka mimisan dan sampe skrg nich masih bingung knpa bsa bgtu...sblmnya makasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Asarinasri Safar,
      Penyebab mimisan salah satunya bisa karena temperature ekstim (perubahan temperature udara secara mendadak), misal cuaca sangat panas dan kering atau suhu yang sangat dingin (AC). Sehingga dapat menyebabkan selaput lendir hidung menjadi kering dan pecah.
      Anda gak perlu khawatir karena biasanya mimisan seperti ini dapat hilang dengan sendirinya saat usia anak bertambah dan umumnya saat usia anak diatas 10 tahun mimisan akan hilang.
      Yang perlu anda lakukan adalah tindakan saat anak mengalami mimisan. Penjelasannya seperti pada artikel diatas.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  34. Saya sebelumnya gapernah mimisan sampe saya umur 16 tahun ,tapi semenjak saya pernah mengalami gejala dbd saya mimisan ,udah dirawat di rs dan penyakit saya berangsur sembuh tapi mimisan saya kok sering muncul ,dan saya bingung mau tidur posisinya gimana soalnya nanti dia balek lagi mimisannya mohon solusinya:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Fauzal Azim,
      Penyebab mimisan salah satunya adalah akibat penyakit seperti demam berdarah. Bila DBD sudah sembuh biasanya mimisan juga sudah tidak keluar lagi. Untuk sementara waktu lakukan tindakan mengompes bagian hidung dengan handuk yang dibasahi dengan air dingin (es) untuk mempersempit pembuluh darah di sekitar hidung.
      Untuk posisi tidur jangan telentang sebaiknya posisi miring ke kiri atau kanan dan kepala lebih tinggi (tidak sejajar tubuh), karena dikhawatirkan bila terjadi mimisan maka darah dapat tertelan.
      Bila dalam 3 hari tidak kunjung membaik, maka segera diperiksakan kembali ke dokter atau klinik kesehatan.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Semoga cepat sembuh ya...
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita