15 Tips Jitu Bisnis Minuman Jus Buah


Siapa yang tidak mengenal juice atau jus buah ? Minuman yang satu ini paling banyak digemari oleh masyarakat dari semua golongan tanpa memandang usia. Selain rasanya yang segar, minuman jus buah juga mengandung manfaat yakni untuk menjaga kesehatan tubuh. Mengingat pangsa pasarnya yang relative luas, prospek bisnis yang menjanjikan, dan modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini relative sedikit serta keuntungan yang menjanjikan, maka tidak ada salahnya anda untuk mencoba usaha yang satu ini.

Anda tertarik memulai bisnis minuman jus buah ini ? Yuk, simak 15 Tips jitu bisnis minuman jus buah berikut ini :
  1. Pilih lokasi yang strategis, yakni lokasi yang ramai lalu lalang orang, seperti sekitar sekolah, kampus, pertokoan, perkantoran, mall, pasar swalayan, terminal, stasiun, bandara, pinggir jalan, pasar, tempat rekreasi seperti kolam renang, pantai, pemandian alam, dan didaerah padat penduduk serta tempat kos-kosan.
  2. Sediakan peralatan yang dibutuhkan seperti lemari pendingin untuk menyimpan buah-buahan agar tetap segar, gerobak atau etalase untuk tempat pajangan buah-buahan, blender, pisau untuk mengupas buah, gelas, piring, sendok, kursi, meja, galon air, dsb
  3. Sediakan buah-buahan yang segar yang bermutu baik. Anda bisa mendapatkannya di pasar buah atau grosir buah-buahan yang khusus menjual berbagai macam buah-buahan fresh. Beberapa contoh buah-buahan yang biasanya dicari pelanggan seperti : mangga, melon, sirsak, apel, pear, jeruk, semangka, jambu biji, belimbing, alpukat, strowberi, wortel, tomat, mentimun, terong belanda, markisa,  buah naga, dll
  4. Susunlah buah-buahan anda pada etalase kaca atau gerobak dengan rapi dan menarik perhatian orang sehingga mereka tertarik untuk mencoba jus buah anda.
  5. Cara pembuatan jus buah juga harus tepat yakni memilih buah yang segar dan matang untuk diolah menjadi jus buah (jangan menggunakan buah mentah atau mencampur buah yang sudah hampir membusuk karena rasanya akan menjadi kurang enak). Potong buah tersebut dalam porsi yang cukup, tambahkan gula pasir (gula pasir yang sudah dicairkan secukupnya) dan air galon (air mineral) sedikit saja agar jus buah anda segar, kental, dan banyak porsinya. Keseluruhan bahan tersebut diblender dan tambahkan es batu secukupnya. Ingat, pergunakan pemanis berupa gula asli dan jangan sekali-kali anda memakai pemanis atau pewarna buatan karena dapat membahayakan kesehatan konsumen anda
  6. Bila perlu anda juga bisa menambahkan susu kental manis sebagai ramuan jus (sesuai permintaan konsumen). Susu biasanya digunakan sebagai topping jus buah agar tampilan juice menjadi menarik. Begitu juga halnya dengan sirup rasa buah bisa anda tambahkan pada jus buah bila diperlukan (sesuai selera konsumen).
  7. Untuk wadah jus buah, gunakan cup dan sedotan dari bahan plastik putih yang memiliki ketebalan yang cukup agar jus buah anda dapat dinikmati dengan mudah dan tidak mudah tumpah ketika dibawa.
  8. Sediakan daftar menu jus beserta harganya yang pas di kantong dan terjangkau oleh konsumen. Mungkin dengan kisaran harga Rp. 5.000,- s/d Rp. 10.000,- dirasa sudah pas dan wajar.
  9. Sajikan jus buah dengan waktu yang cepat sehingga konsumen tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk menikmati jus buah anda.
  10. Selalu menjaga kebersihan, mulai dari etalase tempat buah, kemasan jus, peralatan minum (gelas, sendok, piring, dsb), blender, pisau buah, tempat pencuci buah, serbet, celemek karyawan anda, dan cara membuat jus buah haruslah yang bersih dan higienis seperti selalu mencuci wadah blender, mencuci buah yang akan di jus, dan juga mencuci tangan setelah selesai mem-blender buah.
  11. Bila anda kreatif, coba anda meramu berbagai jenis buah untuk dijadikan sop buah yang segar dan menyehatkan. Tambahkan cocktail atau nata de coco dan susu sebagai pelengkap sop buah anda.
  12. Coba anda cari informasi dan pahami mengenai manfaat buah-buahan bagi kesehatan, sehingga dalam melayani pelanggan anda bisa memberikan saran kepada konsumen mengenai jus apa yang baik untuk dikonsumsi konsumen anda. Misalnya, manfaat jus jambu biji untuk mengatasi diare, diabetes, kolesterol, DBD, contoh lain, manfaat jus tomat untuk  obat sariawan, sembelit, dll
  13. Untuk promosi bisa dengan membuat merk usaha jus buah anda pada spanduk, brosur, yang berisi informasi harga serta manfaat jus buah bagi kesehatan dan sebarkan brosur di tempat-tempat strategis sekitar lokasi usaha anda.
  14. Sediakan meja-kursi untuk pelanggan yang ingin menikmati jus buah anda di tempat. Sambil menikmati jus buah anda, agar lebih semarak lagi, ada baiknya pelanggan juga ditemani dengan alunan lagu-lagu dari pemutar CD yang telah anda siapkan.
  15. Jika anda merasa repot untuk membuka merk usaha sendiri, anda bisa bergabung dengan sistim waralaba (franchise). Biasanya mereka juga menawarkan paket usaha jus buah yang bisa disesesuaikan dengan kondisi keuangan anda. Kelebihannya, anda bisa menggunakan merk mereka yang sudah popular dan terkenal lebih dahulu.

14 komentar:

  1. Terima kasih sobat atas infonya, mantap..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih yah krn sudah berkunjung ke blog saya...

      Hapus
    2. Dok cara mngatasi susah kencing pada bayi gmn ya??
      Tolong d'jawab yach...

      Hapus
    3. Dear mas Maulana Syarif,
      Kalo bayi mengalami sulit buang air kecil dan bukan karena ada masalah pada saluran air seni nya, kemungkinan asupan cairannya kurang. Untuk bayi sebaiknya mengkonsumsi air sekitar 500 - 800 ml per harinya. Cara mudahnya, sediakan saja air mineral dalam botol 1 Liter.
      Pemberiannya dapat diselang seling antara pemberian susu dan air putih. Bila ia mengkonsumsi ASI, pastikan ia mendapatkan ASI dalam jumlah yang cukup dengan cara si ibu banyak mengkonsumsi air, sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung air.
      Bila dalam 2-3 hari tidak juga menyelesaikan masalah, sebaiknya segera dibawa ke dokter spesialis anak untuk didiagnosa dan mendapat penanganan yang tepat.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  2. Keren nih, Insya Allah sehabis lebaran mau buka usaha jus buah, Bismillah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Daffy, terima kasih atas kunjungannya ke blog mas BW. Kalo boleh sy sekedar kasih pendapat atau usul, sebaiknya dipertimbangkan untuk buka usaha jus nya saat bulan Ramadhan seperti sekarang ini. Untuk modal awalnya relatif murah, dan itung-itung sebagai uji coba (soft opening). Harga jus nya juga buat aja harga promo (murah) untuk menarik pelanggan baru. Ntar abis lebaran udah banyak pelanggannya, usaha jus buahnya bisa langsung tancap gasss....Semoga usaha jus buah nya sukses yah,..... aminnn.... salam : Bambang warsita

      Hapus
  3. Balasan
    1. Dear mas Mujiono Yono,
      Terima kasih yah sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  4. Balasan
    1. Dear mas Adekampai,
      Terima kasih yah sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  5. Slmt mlm mas. Mau nanya anak sy umur 3 bulan stgah. Dr umur 2 bulan babny sminggu skali. Anak sy asi x. Sy bw k puskesmas ktany wjar klu asi aja. Tp sy takutkan masa stiap bab harus sminggu skali bahkan lebih mas ? apa itu ada masalah ya mas. Mkasih .mhon infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Ratna Lutfi,
      Sebenarnya komentar mbak sudah saya tanggapi di artikel saya : 11 Tips Ampuh Mengatasi Susah Buang Air Besar (Sembelit) pada Bayi dan Anak. namun tidak mengapa, saya tulis kembali disini yah...
      Kalo masih 1 minggu sekali, karena ia mengkonsumsi ASI eksklusif, sebenarnya masih bisa dimaklumi. Namun kalo sudah lebih dari 1 minggu, kemungkinan ada masalah pada pencernaannya. Karena usianya kurang dari 1 tahun dan mengkonsumsi ASI, besar kemungkinan penyebab masalah BAB-nya akibat ibunya kurang mengkonsumsi makanan yang kaya serat. Saran saya sebaiknya anda perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buahan.
      Demikian infonya semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  6. terimakasih mas, sangat membantu informasinya,,, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Dika Prastya,
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita