14 Cara Jitu Membangun dan Mengelola Toko Online


Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai 9 alasan mendasar mengapa perlu membangun toko online. Sebelum anda membuka suatu toko online, maka anda perlu menentukan terlebih dulu bisnis yang akan anda bangun. Cara paling mudah dan paling jitu menentukan bisnis yang akan anda bangun adalah berdasarkan latar belakang hobi. Bisnis yang berasal dari hobi anda, pasti terasa lebih mudah dilakukan. Anda pun akan merasa senang saat melakukan bisnis karena minimal anda sudah punya pengetahuan dasar mengenai bisnis tersebut dan anda hanya perlu mendalami, mengembangkan, mengikuti trend terbaru bisnis tersebut.
           
Nah, jika anda sudah memilih jenis bisnis dan memutuskan untuk membangun toko online, maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar toko online yang anda bangun dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan omset penjualan anda. Berikut ada 14 Cara jitu membangun dan mengelola toko online, sebagai berikut :

  1. Pilihlah nama situs atau toko online dengan nama yang gampang diingat. Pilihlah nama situs yang mewakili diri atau barang yang anda jual dan nantinya anda konsisten menggunakan nama tersebut (jangan diganti-ganti nama situsnya).
  2. Design-lah situs online anda secara sederhana namun terkesan professional sehingga mudah diakses dengan waktu loading yang relative cepat. Waktu ideal loading pengunjung untuk mengakses situs anda kira-kira  kurang dari 10 detik.
  3. Gunakan animasi atau musik atau grafis, dll seperlunya saja pada tampilan situs anda. Perlu anda ketahui bahwa animasi atau musik atau grafis yang berlebihan akan memperlambat waktu loading situs anda, sementara kebanyakan orang ingin mendapatkan informasi dengan cepat.
  4. Gunakan teks pada situs anda dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti karena hakekatnya anda sedang berkomunikasi secara tidak langsung dengan pelanggan dalam menawarkan barang dagangan.
  5. Jika anda menggunakan tombol khusus pada situs, usahakan tombol tersebut berada dalam satu tempat yang mudah terlihat dan bisa langsung diakses.Lengkapi juga dengan petunjuk sederhana yang bisa membimbing pengunjung dalam menjelajahi, memesan barang, atau sekedar mencari informasi barang dari situs anda.
  6. Lakukan update informasi terbaru secara berkala untuk jenis barang, foto, harga, spesifikasi, dsb, sehingga memudahkan pelanggan menemukan informasi yang lengkap mengenai barang yang anda tawarkan. Calon pembeli yang merasa kurang atau tidak puas dengan informasi yang anda berikan maka ia tidak jadi membeli. Update bisa hanya menambahkan satu jenis barang baru saja, yang penting rutin dilakukan. Update bisa juga jika ada perubahan dalam hal kontak, harga, pembayaran, dan pengantaran barang, yang harus segera diinformasikan kepada pelanggan.
  7. Design formulir pemesanan barang sesederhana mungkin yang mudah diisi dan dipahami calon pembeli anda. Pada formulir pesanan anda bisa sisipkan pilihan bersedia/tidak untuk menjadi member anda atau pilihan setuju/tidak setuju untuk anda kirimkan brosur barang atau informasi secara online via email atau account sosial lainnya seperti facebook, twitter, dsb. Strategi ini dilakukan untuk membina hubungan dan mempertahankan pelanggan anda.
  8. Pada tahap awal anda membangun toko online, bisa jadi jumlah barang yang anda tawarkan tidak terlalu banyak, namun pastikan jumlahnya cukup (misalkan 30 s/d 50 item). Strateginya adalah, anda jangan menampilkan sekaligus foto semua produk yang anda tawarkan namun dengan cara mencicil. Jadi sebagian foto barang dagangan anda simpan agar bisa tetap melakukan update dan carilah produk atau anda buat kreasi baru dari produk tersebut.
  9. Lakukan kreativitas anda dalam menampilkan barang dagangan dan melakukan penawaran dengan sesuatu yang berbeda dari toko online sejenis. Mengingat calon pembeli tidak melihat langsung barang dagangan maka anda harus bisa menampilkan foto-foto barang dagangan semenarik mungkin dan tambahkan kata-kata yang menarik perhatian pelanggan serta mendetailnya. Tujuannya supaya calon pembeli bisa mengetahui dengan pasti bentuk barangnya.
  10. Foto lah produk dari berbagai sudut dan jarak dan bila perlu beri hiasan yang menarik pada barang anda ketika hendak di foto, sehingga menambah nilai jual barang tersebut dan calon pembeli menganggap bahwa barang anda istimewa serta menarik
  11. Tetap focus pada barang dagangan yang anda jual dan bila anda memiliki ide ingin menjual barang dagangan lainnya yang tidak berhubungan dengan barang dagangan anda saat ini, maka disarankan untuk membangun situs tersendiri, sehingga barang dagangan pada toko online anda tidak campur aduk.
  12. Tampilkan info kontak Anda seperti Nama, No. Telepon, Pin BB, dsb secara jelas dan mudah terlihat sehingga calon pelanggan anda mudah untuk menghubungi dan merasa yakin berbisnis dengan anda. Sediakan juga fasilitas untuk ngobrol atau chatting dengan pelanggan anda. Untuk ini anda bisa memanfaatkan fasilitas Chat dari yahoo, google, dsb.
  13. Untuk melakukan promosi, anda bisa mengunjungi komunitas dunia maya, forum diskusi, dll lakukan pencarian dengan menggunakan search engine Google. Jika sudah anda temukan, maka lakukanlah promosi. Jangan malu-malu untuk menawarkan/memasarkan produk anda kepada mereka. Makin banyak yang mengenal bisnis Anda, makin besar kemungkinan mendapatkan pembeli. Hanya saja yang mesti anda ketahui ketika berpromosi, anda harus ikutilah aturan-aturan yang berlaku dalam komunitas tersebut dan jangan melanggar ketentuan tersebut.
  14. Berikan keunikan dan nilai plus pada toko online anda sehingga anda bisa merebut hati calon pembeli anda dan mereka akan kembali memesan serta membeli barang dari anda. Caranya dengan memberikan pelayanan yang ramah dan memuaskan serta menyediakan layanan konsultasi produk anda atau bisa juga dengan memberikan pelayanan antar barang yang cepat serta harga barang yang kompetitif untuk barang sejenis dibandingkan kompetitor anda 

6 komentar:

  1. Tnks buat infonya gan..
    Sangat menginspirasi..
    Salam, pasarlokal.net

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih yah sudah mampir ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  2. Makasih infonya mas buat nambah2 ilmuku dalam mengembangkan bisnis onlineku.jangan lupa mampir ya di www.butikhervi.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Hervianti Naval,
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus
  3. Terima kasih Infonya. Sangat bermanfaat buat saya yang ingin punya toko online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Ipunk,
      Terima kasih yah sudah berkunjung ke blog mas BW... salam : Bambang Warsita

      Hapus

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita