9 Alasan Mendasar Mengapa Perlu Membangun Toko Online


Apakah sudah memiliki bisnis ? Apakah anda ingin memiliki toko untuk menjual barang dagangan anda ? Jika, jawaban ya, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya memiliki toko. Ups, tapi tunggu dulu yang saya maksud disini adalah toko dunia maya bukan toko offline seperti dalam kehidupan nyata sehari-hari. Trus apa keuntungannya memiliki toko di dunia maya dibandingkan dengan memiliki toko yang sebenarnya di dunia nyata. Yuk, mari kita simak artikel berikut ini.

Seiring perkembangan teknologi terutama internet, maka saat ini bisnis sudah tidak ada lagi batas jarak dan waktu. Jika anda saat ini sudah memiliki toko offline, dan kemudian anda juga membangun toko online maka peluang bisnis anda semakin lebih maju akan semakin besar. Ada 9 alasan mendasar mengapa perlu membangun toko online, sebagai berikut  :

  1. Faktanya saat ini diperkirakan lebih dari 2 miliar warga dunia telah terkoneksi dengan internet sehingga terjadi perubahan pola kehidupan. Internet saat ini bukan lagi menjadi sesuatu yang istimewa karena hampir semua orang bisa mengakses internet dengan relative mudah dengan biaya yang terjangkau serta menggunakan perangkat yang beraneka ragam.
  2. Pasar jual beli melalui internet diprediksi akan tumbuh dengan sangat pesat, untuk Indonesia saja diperkirakan ada sekitar 50 Juta orang yang mengakses internet setiap harinya.  Jumlah ini merupakan peluang pasar dalam membuka toko online.
  3. Target market bisa anda sesuaikan misalnya berdasarkan asal negara, usia, jenis kelamin, status sosial, tingkat pendidikan, dsb
  4. Dari total jumlah penduduk Indonesia, diperkirakan hanya sekitar 1 % nya saja yang memanfaatkan internet untuk transaksi jual beli.
  5. Perkembangan media sosial seperti Facebook, Twitter, dsb telah mendorong penggunaan internet. Dengan adanya media sosial ini, bisa dimanfaatkan untuk membangun relationship dan sebagai database customer.
  6. Perkembangan perangkat (device) portabel yang murah dan fleksibel dalam pengoperasiannya dipercaya menjadi pendorong sebagian orang untuk mencoba belanja secara online.
  7. Dengan internet, toko online anda bisa diakses non stop 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, 365 hari pertahun, tidak memerlukan karyawan yang mesti standby 24 jam penuh, bisa diakses siapa saja dan dimana, serta bisa terjadi transaksi jual beli secara online meskipun anda sedang istirahat (tidur).
  8. Fleksibilitas dalam hal pembayaran transaksi yakni dengan memanfaatkan jaringan online bank, ATM, kartu kredit, paypal, dsb
  9. Adanya perubahan pola hidup masyarakat yang ingin lebih praktis dan efisien dalam hal waktu dan juga tidak ingin ribet dalam melakukan transaksi jual beli sehingga memanfaatkan order dan transaksi jual beli secara online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita