11 Strategi Ampuh Bisnis Jasa Pengiriman Barang


Bingung mau bisnis apa ? Nah, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan peluang bisnis yang menjanjikan yakni bisnis jasa pengiriman barang atau dikenal dengan jasa kurir. Bisnis jasa pengiriman barang memiliki prospek yang baik sejalan dengan semakin berkembangnya media internet. Lha apa hubungannya ? Begini, saat ini orang lebih suka bertransaksi bisnis via internet misal memesan/membeli barang dari situs internet (toko online, web pribadi, dsb) maka si penjual akan memerlukan jasa pengiriman barang kepada konsumennya. Sehingga berdampak pada peningkatan aktivitas bisnis pengiriman barang.

Anda tertarik dan ingin sukses  menekuni bisnis ini ? Ikuti 11 Strategi ampuh bisnis jasa pengiriman barang berikut ini :

  1. Anda harus tentukan wilayah operasional usaha, jika di dalam kota sebaiknya menyediakan sepeda motor. Jika wilayah anda juga ingin keluar kota maka sediakan mobil box sehingga bisa membawa paket lebih banyak dengan ukuran besar. Jangkauan yang luas juga akan mendatangkan keuntungan bagi anda.
  2. Tetapkan jasa dan jenis barang yang akan diantar, apakah hanya jasa  pengiriman surat menyurat, dokumen penting, atau paket-paket kecil dengan wilayah kerja di dalam kota saja atau juga keluar kota.
  3. Tetapkan besarnya tarif yang sesuai, simpelnya untuk tarif mengantar surat biasa dengan dokumen rahasia berbeda, sama halnya dengan paket untuk paket biasa dan khusus juga harganya berbeda. Anda perlu membuat klasifikasi tarif berdasarkan jenis, berat, ukuran dan jarak tempuh tujuan.
  4. Tentukan jam operasional, batas pengiriman barang, biaya tambahan dan layanan lainnya yang ditawarkan. Contohnya, jam batas pengiriman barang yang langsung diantar hari ini sampai pukul 12.00 WIB, jika lewat jam tersebut maka akan diantar keesokan harinya.
  5. Untuk promosi, bisa dengan kartu nama, brosur atau leaflet. Selain itu buat papan nama didepan lokasi usaha, pasang iklan di koran, radio, yelow page, atau internet. Kalau anda mau kreatif, buat website dengan meminta jasa perusahaan yang profesional guna membantu usaha anda secara online. Pada website tersebut anda cantumkan daftar tarif, wilayah operasional, waktu pengiriman dan jenis barang yang dapat diantar. Untuk tahap awal operasi, anda bisa memberikan penawaran harga khusus untuk mendapatkan pelanggan baru. Jika mereka puas dengan harga dan layanan anda, mereka pasti akan menggunakan jasa pengiriman Anda kembali.
  6. Jangan lupa mengurus Izin usaha, karena menyangkut kredibilitas dan legalitas usaha anda karena pelanggan memerlukan kepastian usaha anda berkaitan dengan barang mereka akan sampai sesuai dengan layanan. Surat Izin yang diperlukan seperti NPWP perusahaan, Akta Pendirian perusahaan, SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), TDP (Tanda Daftar Perusahaan), Izin Gangguan (HO), dll
  7. Khusus untuk pengiriman barang yang berada diluar wilayah operasi,  anda bisa bekerjasama dengan perusahan jasa pengiriman terkemuka seperti FedEx, Tiki atau JNE, Pos Indonesia, dsb.
  8. Ketepatan waktu dalam mengantarkan kiriman juga penting, anda bisa menyesuaikannya dengan harga jasa pengiriman. Selain itu garansi ketepatan waktu, barang rusak atau hilang, uang kembali, penghantaran saat hari libur juga menjadi daya tarik buat konsumen anda untuk memilih jasa pengiriman anda.
  9. Sediakan layanan packaging atau pengemasan barang khusus untuk paket yang mudah retak maupun pecah, misal untuk barang terbuat dari keramik, kaca, makanan, dsb.
  10. Perhatikan kualitas pelayanan dari karyawan anda, pilih karyawan yang mempunyai loyalitas tinggi untuk menjamin kepuasan pelanggan.
  11. Jika anda tidak mau repot-repot dan modal anda juga terbatas, tetapi anda sudah mempunyai lokasi serta kendaraan, tidak ada salahnya menjadi mitra perusahaan pengiriman barang dengan sistim waralaba seperti JNE, FedEx, Star Express, dll. Dengan jumlah karyawan yang relative sedikit yakni 3 orang anda sudah bisa menjalankan bisnis jasa pengiriman ini dengan mendapatkan imbalan keuntungan netto rata-rata 30 %.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita