Perbedaan Tumor Jinak dan Tumor Ganas


Tumor Jinak  bukan termasuk kanker, Tumor jinak jarang mengancam jiwa. Pada ummumnya, tumor jinak dapat diangkat. Dan biasanya setelah diangkat tidak tumbuh kembali. Tumor jinak tidak menyerang jaringan sekitarnya dan tidak pula menyebar ke bagian tubuh lain.

Tumor ganas atau kanker umumnya lebih serius daripada tumor jinak. kanker dapat mengancam nyawa penderitanya. Meskipun Tumor ganas dapat diangkat, namun terkadang ia dapat  tumbuh kembali.

Tumor ganas dapat menyerang dan merusak jaringan di dekatnya dan organ dan ke bagian tubuh lainnya (bermetastasis). Sel kanker menyebar dengan memecah dari tumor (primer) asli dan memasuki aliran darah atau sistem limfatik. Menyerang sel-sel organ lain dan membentuk tumor baru yang merusak organ-organ ini. Penyebaran dari kanker disebut metastasis.

Ketika kanker menyebar dari tempat asalnya ke bagian lain tubuh, tumor baru mempunyai jenis yang sama sel-sel abnormal dan nama yang sama dengan tumor primer. Sebagai contoh, jika kanker prostat menyebar ke tulang, sel-sel yang ditemukan di kanker tulang sebenarnya merupakan sel-sel kanker prostat. Penyakit ini metastasis kanker prostat, bukan kanker tulang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita