Penyebab Kanker Prostat


Kanker prostat dimulai dalam sel-sel kelenjar prostat. Prostat adalah kelenjar yang terdapat di bawah kandung kemih pria. Prostat merupakan bagian dari sistem reproduksi pria dan saluran kencing. Prostat mengelilingi dasar (atau leher) dari kandung kemih, di depan rektum. Prostat mengelilingi uretra, tabung yang membawa urin dan air mani melalui penis . Fungsi utama prostat adalah untuk memproduksi/membuat bagian dari cairan (air mani) yang bercampur dengan sperma dari testis untuk membuat semen.  Cairan inilah yang melindungi dan menyalurkan sperma Semen keluar ketika ejakulasi saat berhubungan seks.

Kanker Prostat adalah kanker yang paling sering didiagnosis pada pria. Kanker prostat terjadi ketika sel-sel prostat tumbuh lebih cepat daripada kondisi normal sehingga membentuk benjolan atau tumor yang memiliki keganasan. Kanker prostat ini paling umum pada pria, terutama mereka yang berusia di atas 65 tahun.

Faktor-faktor penyebab kanker prostat tidak diketahui akan tetapi yang memungkinkan seorang pria terkena kanker prostat antara lain
  • Usia,  sebagian besar kasus kanker prostat terjadi pada pria usia lanjut.
  • Riwayat keluarga dan faktor keturunan. Jika ayah atau saudara laki-laki Anda terkena kanker prostat pada usia relatif muda (di bawah 60), risiko dan kemungkinan Anda terkena kanker prostat lebih tinggi. Sama juga halnya bila saudara perempuan Anda terkena kanker payudara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita