Penyebab dan Pengobatan Batuk


Anda pernah Batuk ? Batuk merupakan refleks otomatis dari tubuh yang bertujuan menyingkirkan sesuatu yang mengiritasi saluran udara, dimana saluran tersebut adalah rongga tempat udara yang masuk dari hidung dan mulut menuju ke paru-paru. Batuk bisa terjadi saat sel-sel sepanjang saluran udara teriritasi dan memicu rantai peristiwa yakni udara di paru-paru akan dipaksa keluar dengan tekanan tinggi.

Batuk diklasifikasikan menjadi 2 kategori, yakni :
  1. Batuk akut adalah salah satu yang telah hadir selama kurang dari tiga minggu. 
  2. Batuk kronis adalah mereka yang hadir selama lebih dari tiga minggu. Penyebabnya dari infeksi (disebabkan oleh infeksi) dan tidak menular. Infeksi virus, infeksi sinus, bronchitis, pneumonia dan batuk rejan.
    • Asap rokok penyebab paling umum dari batuk kronis. 
    • Penyakit asma, emfisema, dan bronkitis kronis. 
    • Penyakit pada jaringan paru-paru
    • Penumpukan cairan di paru-paru
    • Infeksi sinus kronis,
    • Infeksi tenggorokan
    • Menggunaan obat inhibitor ACE untuk tekanan darah tinggi
    • Kanker kelenjar getah bening
    • Iritasi dari esophagus dan laring sehingga produksi refleks batuk.
 Penyebab batuk 
Iritasi akibat polusi udara meliputi debu, serbuk sari, bulu hewan peliharaan, partikulat, industri  kimia dan polusi, asap cerutu dan pipa, semprotan aerosol, dan udara dingin atau kering

Pengobatan batuk
Minum lebih banyak cairan, Air membantu melonggarkan lendir dan menenangkan tenggorokan teriritasi sebuah. Minum madu yang dilarutkan ke dalam air panas, teh, atau jus lemon. Jangan memberikan madu kepada anak-anak < dari usia 1 tahun. Tinggikan kepala Anda dengan bantal tambahan di malam hari untuk meredakan batuk kering.Berhentilah merokok.Hindari paparan iritasi dihirup, seperti asap, debu, atau polutan lainnya, atau menggunakan masker untuk hidung dan mulut. Memeriksakan diri ke untuk mengetahui jenis batuk dan penanganan yang lebih tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita