Pengertian dan Definisi Kanker


Kata Kanker diperkirakan berasal dari bahasa Yunani yaitu Karkinos yang berarti kepiting untuk menggambarkan tumor dan kemudian diterjemahkan ke bahasa latin sebagai kanker. Disebut Kanker dikarenakan penyakit ini biasanya terdiri dari beberapa kelompok penyakit yang berbeda, dan biasanya terjadi sebagai akibat dari gangguan yang sama dalam pertumbuhan dan pembelahan sel.

Kanker merupakan penyakit yang dimulai dalam sel kita. Sel yang terdapat dalam tubuh kita diperkirakan jumlahnya triliunan sel, yang membentuk jaringan dan organ-organ seperti paru-paru, hati, otot dan tulang. Pada Sel tersebut terdapat yang dinamakan Gen. Gen akan memberikan perintah kepada setiap sel sel untuk tumbuh, bekerja, mereproduksi dan mati. Maka, sel-sel tersebut akan tumbuh dan memperbanyak diri dengan cara yang teratur untuk menggantikan penuaan dan sel-sel yang rusak dan tubuh kita akan menjadi sehat. Namun kadangkala sel yang sudah diperintahkan oleh gen tersebut tidak berperilaku normal karena ada gangguan. Sel-sel akan terus tumbuh dan membelah, sehingga mereka berbeda dari sel yang normal. Sel yang seharusnya mati malah terus tumbuh di luar kendali. Sampai kemudian,  kelompok sel yang abnormal tadi membentuk suatu benjolan atau tumor, dan beberapa diantaranya berubah menjadi kanker (neoplasma). Proses ini bisa jadi berlangsung bertahun-tahun. Dan kenyataannya kita baru bisa mendeteksi kanker tersebut beberapa tahun kemudian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita