Istilah dalam Google Analytics

Dalam Analytics dikenal beberapa istilah yang perlu anda pahami, mengingat istilah ini menunjukan ukuran-ukuran yang bisa menggambarkan bagaimana aktivitas suatu website. Beberapa istilah penting dalam analytics sebagai berikut :
  1. Visits
  2. Pageviews
  3. Unique visitors
  4. Keywords and keyphrases
  5. Bounce rate
  6. Referrers
VISITS
Yang dimaksud dengan Visits (session) merupakan aktivitas kunjungan ke suatu website. Setiap 1 kali kunjungan akan dicatat dan diperhitungkan sebagai 1 Visit. Apabila  pengunjung tidak melakukan aktifitas selama  30 menit atau lebih di website tersebut, maka jika ia mengunjungi website tersebut kembali akan dianggap dan dihitung sebagai kunjungan baru. Namun jika pengunjung telah meninggalkan website anda, kemudian ia kembali dalam waktu kurang dari 30 menit, maka  tidak akan dihitung kembali (tetap 1 visits).

PAGEVIEWS

Pageviews maksudnya setiap kali halaman-halaman yang ada pada website anda dibuka oleh pengunjung. Contoh : bila pengunjung membuka 2 halaman, maka akan dihitung sebagai 2 pageviews. Analytics akan memberikan informasi rata-rata halaman yang dibuka oleh pengunjung. Hasil analisa penting untuk keputusan untuk menambah konten ataupun mengubah design website.

UNIQUE VISITORS

Unique visitors maksudnya adalah jumlah orang yang mengunjungi website. Setiap pengunjung hanya dihitung 1 kali. Unique vistors mengidentifikasi pengunjung berdasarkan IP address dari perangkat yang digunakan. Jadi bisa saja 1 orang pengunjung melakukan kunjungan lebih dari 1 kali, dan akan dihitung lebih dari 1 kali visits, namun hanya dihitung sebanyak 1 Unique visitors. Contoh, jika seseorang mengunjungi website tersebut 3 kali, maka akan dihitung 3 visits, namun dihitung hanya 1 unique visitors.

KEYWORDS AND KEYPHRASES

Keywords and keyphrases merupakan kata atau frase yang berpotensi membawa pengunjung ke website anda. Pengunjung biasanya mengetikKeywords and keyphrases bisasanya jika mereka melakukan pencarian melalui search engine. Analytics akan mencatat kata keywords and key peyphrases apakah yang membawa para pengunjung untuk mengunjungi situs anda.
BOUNCE RATE
Bounce rate merupakan persentase kunjungan dari suatu halaman. Jika bounce rate tinggi mengandung arti bahwa halaman yang mereka kunjungi kemungkinan tidak relevan dengan apa yang sedang mereka cari dan pengunjung kemudian langsung meninggalkan website anda tanpa melihat halaman lainnya. 
REFERRERS
Referrers biasanya merupakan halaman ataupun website yang terdapat link menuju ke website anda. Bisa saja link ke webside anda berasal dari search engine, website milik orang lain, email, jejaring social, dsb. Analytics mencatat asal usus URL yang membawa kunjungan ke website anda tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita