9 Cara Paling Mudah dan Murah Meriah untuk Berwisata ke Lost World of Tambun, Ipoh - Malaysia

http://bambang-warsita.blogspot.com/2014/12/9-cara-paling-mudah-dan-murah-meriah_30.html
Saat memasuki musim liburan akhir tahun, libur sekolah, cuti akhir tahun, dimana sebagian besar orang akan berwisata (melancong) ke tempat rekreasi menarik yang belum pernah dikunjungi. Berbagai tujuan wisata pun banyak ditawarkan oleh agen atau biro perjalanan (tour & travel), paketnya juga bervariasi tergantung tujuannya, mulai destinasi domestic maupun manca negara (luar negeri). Bagi anda yang memiliki banyak uang bukan menjadi persoalan untuk membeli paket wisata ke luar negeri, dari biro perjalanan. Namun tidak demikian bagi sebagian mereka yang memiliki keterbatasan dana dan ingin juga mengunjungi lokasi wisata luar negeri. Pada kesempatan ini saya akan memberikan informasi kepada anda yang ingin tetap berwisata ke luar negeri namun tidak ingin menggunakan jasa biro perjalanan dengan pertimbangan untuk menghemat dana, maka anda bisa menyimak artikel berikut ini.

Tujuan wisata luar negeri yang relative paling murah, menyenangkan, dan menarik untuk anda kunjungi dalam mengisi waktu liburan bersama keluarga salah satunya adalah Theme Park Lost World of Tambun yang terletak di Negara Bagian Perak Malaysia. Lokasi tepatnya adalah di Persiaran Lagun Sunway 1, No. 1 Sunway, Kota Ipoh, Perak - Malaysia.

Ada beberapa alasan mengapa anda harus mengunjungi lokasi wisata ini, antara lain :
  1. Objek wisata ini menyimpan keindahan yang eksotis, asri, dan sangat indah karena berada diantara bukit-bukit dengan pepohonan yang alami dan udaranya yang sejuk serta segar.

  2. Pada lokasi tersebut terdapat beberapa taman (park), sehingga sekali anda berkunjung ke lokasi ini, maka anda akan menemukan berbagai taman antara lain :
    • Lost world amusement park, terdapat lokomotif kuno yang bisa membawa anda dan keluarga berkeliling (tour singkat), menaiki ayunan, menaiki dragon flight, menaiki kapal bajak laut (perompak), dan permainan menyenangkan lainnya yang cocok untuk anak-anak
    • Lost World Water Park, terdapat The Jungle Wave Pool yakni kolam ombak terbesar di Malaysia dengan gelombang yang bisa mencapai sekitar 3 meter, Sandy Bay untuk berjemur di bawah sinar matahari, bermain volley pantai, berkeliling menyusuri sungai dengan menggunakan pelampung sambil menikmati pemandangan, dsb
    • Lupe’s Adventure, terdapat roller coaster yang akan memacu adrenalin anda
    • Tiger Valley, terdapat lokasi Harimau Siberia yang memiliki kelincahan dan kekuatan fisik. Anda bisa menikmati atraksi harimau saat memanjat pohon untuk menerkam makanan atau menangkap makanan tepat di mulutnya yang diberikan oleh penjaga theme park. Atraksi ini dapat anda nikmati ketika waktu pemberian makan tiba, yakni : weekend/hari libur pukul 15.00-16.00 waktu setempat
    • Lost World Team Building Park, terdapat arena untuk kelompok (rombongan) yang ingin belajar dan membangun tim, memimpin regu, dsb,
    • Lost World Tin Valley, terdapat simulasi proses penambangan timah lengkap dengan pintu air, pompa kerikil asli, sehingga anda seolah-olah seperti sedang mendulang bijih timah. Selain itu pengunjung juga bisa belajar tentang sejarah pertambangan timah dan melihat artefak masa lalu
    • Lost World Swan Lake, terdapat perahu menyerupai angsa dan anda bisa berkeliling di danau angsa dengan menggunakan perahu tersebut
    • Lost World Petting Zoo, terdapat taman margasatwa mini dengan berbagai spesies hewan sehingga anda dan keluarga bisa belajar dan melihat beberapa jenis hewan.
    • Lost World Spring & Spa, terdapat sumber air panas alami yang bisa membuat anda rileks sekaligus mengendurkan otot tubuh yang lelah.
  1. Lokasi wisata ini menjadi sangat favorit dan terkenal di manca negara maupun di Malaysia, terbukti banyak sekali wisatawan yang mengunjungi tempat ini pada hari libur atau weekend dengan jam operasional :
    • Senin – Jum'at : Pukul 11.00 s/d Pukul 18.00 waktu setempat
    • Hari besar/libur : Pukul 10.00 s/d Pukul 18.00 waktu setempat
    • Waktu operasi Hot Springs : Pukul 18.00 s/d 23.00 waktu setempat
    • Waktu operasi Crystal Spa by Night : Pukul 15.00 s/d 23.00 waktu setempat
Bila anda ingin mengunjungi lokasi Lost World of Tambun, anda bisa menempuh perjalanan dari kota Ipoh sekitar 20 menit dengan menggunakan taksi. Besarnya tarif masuk yang dikenakan per orang adalah Ringgit Malaysia atau RM 50.00 (Dewasa), RM 43.00 (anak-anak), sementara untuk balita dengan tinggi kurang 90 cm (gratis).

Nah jika anda penasaran ingin mengunjungi lokasi wisata tersebut, berikut ini ada 9 Cara paling Mudah dan Murah Meriah untuk berwisata ke Theme Park Lost World of Tambun, Ipoh - Malaysia yang perlu anda ketahui, sebagai berikut :
  1. Tidak selalu tersedia bus atau angkutan masal untuk mencapai lokasi Theme Park Lost World of Tambun, sehingga anda harus naik taksi atau rental (menyewa) kendaraan
  2. Sesuaikan waktu kedatangan anda dengan jam operasi theme park sehingga anda dan keluarga dapat bermain sepuasnya.
  3. Persiapkan pakaian renang, pelampung untuk anak-anak dan dewasa (pelampung bisa disewa di lokasi) karena pengelola theme park ini mewajibkan pengunjung menggunakan pakaian renang saat bermain di wahana atau kolam air sambil menikmati ombak buatan. Bagi anda yang ingin menggunakan pakaian renang muslimah juga diperkenankan. Namun bila anda hanya sekedar duduk-duduk santai sambil mengawasi putra-putri anda tidak masalah memakai pakaian biasa.
  4. Bila anda ingin membawa kamera atau gadget untuk mengabadikan momen-momen dalam arena permainan air disana sebaiknya anda mempersiapkan case waterproof-nya.
  5. Bila anda berasal dari Indonesia dan berdomisili di Aceh dan Sumatera Utara, berikut ini pedoman rute perjalan yang bisa anda tempuh : 
    • Perjalanan via pesawat dengan rute penerbangan Medan – Penang dengan waktu perjalanan sekitar 45 menit.
    • Sampai di airport Penang, anda naik taksi ke terminal bus Sungai Nibong dengan tarif sekitar RM 15.00 – RM 20.00 (nego) dan perjalanan sekitar 15 menit
    • Cari counter bus Sri Maju, pilih jurusan Sungai Nibong-Ipoh (Jalan Bendahara Ipoh) dengan jadwal : 07.45, 12.45, 02.15, 16.45, 19.25, 21.00 waktu setempat dan tarifnya RM 19.50 per orang. Sementara jadwal pulang bus Sri Maju Ipoh (Jalan Bendahara) – Sungai Nibong (Penang) adalah : 08.45, 10.00, 12.00, 14.45, 17.00, 19.15 waktu setempat. Anda juga bisa mencari bus lain (misal New Asian Express, dsb), namun dengan harga yang sedikit mahal yakni sekitar RM 22.00 s/d RM 25.00.
    • Perjalanan Penang – Ipoh (Jalan Bendahara) akan menempuh jarak ±125 Km atau sekitar 2 s/d 2.5 jam perjalanan yang akan melalui jembatan terpanjang yang menghubungi Pulau Penang dengan daratan Malaysia.
    • Untuk memastikan jadwal kepulangan anda dan ketersediaan bus dari kota Ipoh menuju Penang, sebaiknya anda langsung memesan tiket bus pulang begitu anda baru tiba dan berada di terminal bus Sri Maju di kota Ipoh. Hal ini untuk menghindari anda tidak mendapat tiket pulang (kembali) ke Sungai Nibong (Penang) karena ramainya penumpang. Bila anda tidak mendapat tiket bus karena kehabisan, maka anda harus berangkat ke terminal bus umum Amanjaya di Ipoh. Ongkos taksi dari Ipoh ke Terminal bus Amanjaya sekitar RM 20.00 - RM 25.00 (nego) dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.
  1. Bila anda sudah tiba di kota Ipoh diatas pukul 15.00 waktu setempat, maka sebaiknya anda bermalam saja dan bisa mengunjungi objek wisata ini keesokan harinya. Untuk hotel, cukup mudah karena anda bisa mencarinya melalui situs online terpercaya seperti Traveloka, Agoda, dsb dan pilih hotel sesuai budget anda rata-rata sekitar RM 100 s/d RM 180 per malam. Atau sebagai pedoman, anda bisa mencari hotel di sekitar Jalan Veerasamy-Ipoh (misal Pi Hotel, Ipoh Hotel, dsb) yang dekat dengan terminal bus Sri Maju (sekitar 1.3 Km) atau sekitar 5 menit perjalanan. Ongkos taksi dari terminal bus Sri Maju ke hotel ini sekitar RM 5.00 - RM7.00 (nego) 
  2. Dari lokasi hotel di Ipoh ke objek wisata rata-rata memerlukan waktu tempuh sekitar 20 – 30 menit menggunakan transportasi taksi dengan tarif RM 20.00 s/d RM 25.00 (nego) atau sekitar Rp. 72 ribu – Rp. 90 ribu (asumsi Ringgit Malaysia atau RM 1.00 = Rp. 3.600,-).
  3. Pastikan anda pulang sebelum pukul 18.00 waktu setempat atau anda akan mengalami kesulitan mendapatkan taksi karena harus berjalan sekitar 500 meter untuk menemukan jalan raya demi mendapatkan taksi pulang ke Ipoh. Jika anda ingin pulang lebih lama, maka sebaiknya anda mempunyai contact nomor driver taksi yang mengantarkan anda ke lokasi wisata, sehingga bisa memintanya untuk menjemput anda kembali.
  4. Untuk memudahkan kalkulasi biaya perjalanan anda, berikut rincian biaya yang anda keluarkan : Tiket pesawat PP Medan-Penang (Air Asia) sekitar RM 150.00, taksi dari bandara Penang ke Sungai Nibong (PP) RM 40.00 (share), tiket bus Penang ke Ipoh (PP) RM 40.00, Hotel di Ipoh per malam RM 150.00 (share), ongkos taksi dari terminal bus Sri Maju ke Hotel (PP) RM 14.00, ongkos taksi dari Ipoh ke Theme Park Lost World of Tambun (PP) RM 50.00 (share), tiket masuk per orang RM 50.00. (yang dimaksud share disini adalah bila anda pergi berdua, maka biaya ini bisa dibagi /sharing cost). Silahkan anda bandingkan biaya untuk tujuan yang sama bila anda menggunakan jasa biro perjalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita