Termometer Alat Pengukur Suhu


Termometer alat pengukur suhu tubuh yang paling akurat. Saat ini dipasaran tersedia termometer digital dan termometer air raksa. Termometer digital saat ini harganya relative murah, mudah didapat, dan cara paling akurat untuk mengukur suhu. Dipasaran bisa anda membelinya dengan harga Rp. 20 ribu. Jika menggunakan termometer air raksa, sedikit beresiko karena mengandung merkuri yang berbahaya saat terpapar ke tubuh, bila termometer pecah (insiden). Bila yang ada hanya termometer raksa, pastikan untuk hati-hati saat menggoyang-goyang termometer sebelum digunakan.

Sering kita temukan mengukur suhu tubuh anak dengan cara merasakan kulit anak. Padahal cara ini tidak akurat. Cara seperti ini disebut suhu taktil (sentuhan) karena bersifat subyektif, yaitu pengukuran sangat dipengaruhi oleh suhu orang yang merasakan kulit si anak.

Dari beberapa cara, paling akurat adalah dengan suhu rektal. Untuk mengukur suhu oral bisa akurat bila dilakukan pada anak di atas 4-5 tahun. Mengukur suhu telinga pada anak dilakukan untuk usia diatas 6 bulan. Mengukur suhu ketiak adalah yang paling kurang akurat, namun dapat berguna saat dilakukan pada anak kurang dari 3 bulan. Bila suhu ketiak lebih dari 37.2ÂșC, maka suhu rektal harus diukur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita