Tanda dan Jenis Kanker


Setiap kanker tumbuh atau menyebar dengan cara yang berbeda, tanda-tanda dan gejala nya pun juga berbeda tergantung pada jenis kanker, ukuran, lokasi dan efeknya pada jaringan atau organ terdekat. Namun ada kalanya kanker juga terjadi pada organ jauh di dalam tubuh dan tidak menimbulkan tanda-tanda atau gejala segera. Tanda atau gejala kanker cenderung akan semakin jelas seiring berjalannya waktu. Kanker yang sama bisa saja tumbuh secara cepat atau lambat pada setiap orang tergantung kondisi orang tersebut.

Untuk mengetahui apa yang menyebabkan tanda-tanda dan gejala perlu dilakukan suatu tes yang dikenal dengan istilah tes diagnostik. Diagnosis merupakan suatu proses untuk menemukan penyebab masalah kesehatan. Tes diagnostik ini diperlukan jika tanda-tanda dan  gejala dari kanker yang hadir atau jika dokter mencurigai pasien menderita kanker. Tes diagnostik diperlukan untuk :

  • Memastikan bahwa pasien memang menderitai kanker caranya dengan mengambil sejumlah kecil sel-sel atau jaringan (biopsi) untuk diperiksa di bawah mikroskop.
  • Mengidentifikasi jenis kanker
  • Menemukan lokasi atau bagian tubuh mana kanker dimulai (tumor primer)
  • Menggambarkan tentang sejauh mana kanker (stadium)
  • Menentukan tindakan pengobatan kanker
Dokter yang akan menafsirkan hasil tes tersebut berdasarkan pada kondisi kesehatan secara keseluruhan dari pasien kanker untuk merencanakan pengobatan yang terbaik untuk setiap penderita kanker. 

Jenis-jenis Kanker
Beberapa contoh kanker yang sering dijumpai :
Kanker Otak
Kanker Tulang
Kanker Payudara
Kanker Serviks
Kanker Empedu
Leukemia
Kanker Hati
Kanker Prostat
Kanker Usus
Kanker Ginjal
Kanker Kulit
Kanker Kelenjar Getah Bening

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita