8 Cara Paling Mudah Berwisata ke Kolam Abadi dan Air Terjun Teroh Teroh, Langkat Sumatera Utara

http://bambang-warsita.blogspot.com/2014/09/8-cara-paling-mudah-berwisata-ke-kolam.html
Air Terjun Teroh-Teroh
Banyak orang senang berwisata ke daerah pantai, pegunungan, sungai, danau, dsb untuk menikmati pemandangan alam yang indah bersama keluarga ataupun teman-teman. Jika anda yang gemar berpetualang dan ingin rekreasi yang memiliki tantangan, tidak ada salahnya anda mencoba lokasi wisata yang satu ini yakni Kolam Abadi dan Air Terjun Teroh-Teroh yang terletak di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. 

Mungkin bagi sebagian besar, nama dan lokasinya sedikit asing, jarang terdengar, dan masih banyak yang belum mengetahui objek wisata ini. Kebanyakan pengunjung objek wisata ini mengetahuinya dari promosi mulut ke mulut karena selain tempatnya yang berada di pedalaman, minim spanduk, dan kurangnya peran pemerintah daerah dalam mengelola objek wisata ini. Namun demikian tidak ada salahnya bila anda mencoba berwisata ke tempat ini, alasannya :
  1. Objek wisata ini menyimpan keindahan yang eksotis, asri, dan belum banyak terjamah tangan kotor manusia
  2. Lokasinya yang tersembunyi akan membuat anda menjadi penasaran ingin berkunjung.
  3. Kolam Abadi dan Air Terjun Teroh Teroh merupakan objek wisata yang saling berdekatan dan berhubungan karena air dari kolam abadi nantinya mengalir ke air terjun teroh teroh tersebut. Sehingga sekali anda berwisata, bisa melihat 2 objek wisata sekaligus 
  4. Lokasi wisata ini menjadi paling favorit di Langkat, dan sangat sayang sekali bila anda lewati, khususnya bagi mereka yang gemar berpetualang dan menyukai tantangan.
Kolam abadi memiliki air yang sangat jernih dan dingin, sehingga anda dapat dengan jelas melihat dasar kolam layaknya sebening kaca. Selain itu debit airnya juga tetap (abadi) sepanjang tahun meskipun sedang musim kemarau. Sementara teroh-teroh berarti bawah-bawah bukit (bahasa karo), dan kenyataannya memang air terjun tersebut lokasinya di bawah bukit. Untuk mencapai lokasinya yang tersembunyi bukan perkara mudah, anda harus melewati rindangnya pepohonan dan menaiki serta menuruni bukit yang sudah barang tentu aktivitas ini sangat menantang dan bisa memicu adrenalin anda. 

Untuk mencapai lokasi camp, anda harus menempuh jarak sekitar 50 Km dari Medan atau sekitar 2-3 jam perjalanan. Camp merupakan posko yang dibangun oleh penduduk dan tempat berkumpulnya ranger (pemandu lokal) yang dikoordinir oleh penduduk setempat. Ranger akan mengantarkan tamu ke lokasi wisata kolam abadi dan air terjun Teroh teroh. Letak camp tersebut di pinggir jalan yang akan menuju ke kota Telagah (lihat pada peta). Pada camp inilah para wisatawan memarkirkan/menyimpan kendaraannya dan kemudian menempuh perjalanan dengan berjalan kaki selama sekitar 45-60 menit menyusuri kebun karet dan pepohonan dengan trekking yang curam (jurang). Anda tidak perlu khawatir karena para ranger akan membantu anda dan pada saat trekking inilah yang membuat wisata menjadi seru dan menantang. Untuk keperluan jasa pemandu (ranger) anda tidak perlu khawatir karena harganya relative murah, cukup Rp. 25.000,- s/d Rp. 30.000,- per orang, per objek wisata anda sudah bisa dipandu untuk sampai ke lokasi yang diinginkan. Jadi, bila anda ingin mengunjungi kolam Abadi sekaligus Air Terjun Teroh Teroh atau 2 objek wisata, maka anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp. 50.000,- per orang untuk jasa pemandu (ranger). Biaya tersebut sudah termasuk sewa baju pelampung dan parkir kendaraan.
Selama perjalanan menuju lokasi wisata tersebut, anda akan berjalan kaki melalui jalanan yang sempit, terkadang terjal, licin, dan curam sehingga harus ekstra hati-hati karena salah-salah anda bisa terpeleset. Anda juga harus jalan menanjak dan menuruni tebing curam dengan anak tangga dari tanah dengan berpegangan pada tali atau bamboo yang dipasang oleh penduduk setempat untuk mempermudah pendakian atau penurunan. Sehingga membuat suasana perjalanan menjadi semakin seru. Bila anda merasa lelah dan perlu istirahat, banyak tersedia posko-posko yang dibangun dan memang untuk beristirahat pengunjung sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Letaknya pun berbeda-beda misalnya yang menuju ke Kolam Abadi dan yang menuju Air Terjun Teroh Teroh. Sambil beristirahat, anda juga bisa menikmati makanan dan minuman ringan, sehingga anda tidak perlu khawatir kelaparan ataupun kehausan ditambah lagi harganya yang tidak terlalu mahal. 

Nah jika anda penasaran ingin mengunjungi lokasi wisata tersebut, berikut ini ada 8 Cara Paling Mudah Berwisata ke Kolam Abadi dan Air Terjun Teroh Teroh, Langkat Sumatera Utara, yang perlu anda ketahui, sebagai berikut :
  1. Tidak selalu tersedia angkutan umum sampai ke lokasi, jadi sebaiknya anda menyewa kendaraan (mobil) atau bisa naik sepeda motor, tapi lumayan lelah terkecuali bagi para anak muda/remaja yang memang gemar naik motor bersama teman-teman.
  2. Usahakan anda tiba pagi hari, agar merasa puas menikmati dinginnya air pegunungan dan bermain air serta mandi di Kolam Abadi serta Air Terjun Teroh Teroh. Untuk itulah, anda perlu memakai pakaian pelampung, sehingga anda bisa bebas sepuasnya berenang ke sana kemari. 
  3. Simpan barang-barang yang tak terlalu penting di dalam mobil dan jika tidak perlu sebaiknya jangan dibawa karena justru membuat kewalahan saat anda menyusuri sungai dengan aliran air yang sedikit deras.
  4. Kenakan dan pasang baju pelampung yang diberikan ranger untuk keamanan anda, hal ini untuk mengantisipasi serta mempermudah anda ketika trekking dan menyusuri sungai dari lokasi Kolam Abadi menuju lokasi Air Terjun Teroh Teroh. Selama perjalanan dari kolam Abadi menyusuri aliran sungai menuju Air Terjun Teroh Teroh, anda juga akan menemukan beberapa tempat yang kedalaman airnya mencapai 3-4 meter, sehingga pelampung ini sangat membantu anda agar tetap mengapung dan menikmati hanyutan derasnya aliran air (body rafting). 
  5. Sebaiknya gunakan pakaian yang simpel dan sandal atau sepatu untuk mendaki gunung. Akan lebih baik lagi bila anda tidak memakai alas kaki karena banyak tanah yang berlumpur selama perjalanan dan anda juga harus menyusuri aliran sungai untuk mencapai Air Terjun Teroh Teroh bila anda sudah selesai mengunjungi Kolam Abadi. 
  6. Bila anda ingin membawa kamera atau gadget untuk mengabadikan momen-momen disana sebaiknya siapkan case waterproof-nya. Andaikata pun anda tidak memiliki case waterproof, para ranger (pemandu wisata) juga sudah menyediakan kantong plastik untuk menyimpan semua barang pribadi anda yang akan ia pegang seluruhnya, sehingga ketika anda melakukan body rafting anda tidak lagi merasa repot dengan barang pribadi tersebut.
  7. Sediakan selalu kotak P3K untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan senantiasa mengikuti arahan ranger (pemandu wisata)
  8. Rute yang bisa anda tempuh bisa anda lihat seperti pada peta, penjelasannya seperti berikut :
    • Medan – Binjai – Lewat sedikit Binjai Supermall, lalu pilih jalan yang menuju ke arah Namoukur atau sei Bingai -  Lewat depan Asrama Yonif 100/Raider - jalan terus ke arah Namoukur – Namoukur - Maju lagi sampai anda menemukan di sebelah kanan ada pamflet penunjuk jalan ke arah polsek sei Bingai
    • Masuk saja dan ikuti arah panah pamflet tersebut, nanti sekitar 500 meter akan terlihat kantor polsek sei Bingai
    • Jalan terus saja sampai sekitar 500 meter lagi, maka anda akan mendapatkan pertigaan ( simpang 3), langsung belok kiri ke jalan yang menuju ke arah kota Telagah
    • Ikuti rute tersebut sejauh ± 17 Km, sampai anda menemukan camp di sebelah kiri jalan di daerah Desa Rumah Galuh. Nanti disepanjang perjalanan menuju camp, banyak spanduk yang menawarkan jasa pemandu wisata ke Kolam Abadi dan Air Terjun Teroh Teroh, tapi sebaiknya anda jalan terus, cari saja lokasi camp paling ujung (terlihat banyak parkir kendaraan roda 2 dan 4) dan ada spanduk besar Pemandian Alam Kolam Abadi dan Air Terjun Teroh Teroh yang berarti anda sudah mencapai camp untuk selanjutnya anda akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki mencapai lokasi wisata tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita